Thursday, June 29, 2017

Wah! Serambi Pertamax Kebanjiran Testimoni Positif dari Pemudik 2017 di Social Media

Serambi Pertamax: by Fanspage PT. Pertamina

Mana nih suaranya yang mudik pulang kampung??? Pasti seru banget ya bisa lebaran kumpul bareng keluarga di kampung halaman. Ketemu sanak saudara dan kawan-kawan di kampung. Pasti seruuuu... Oh ya, apa hari ini ada yang sudah kembali ke Ibu Kota?

Btw, kalian udah tahu kan ya selama musim mudik/balik Pertamina memberikan fasilitas istirahat melalui Serambi Pertamax? Jadi Serambi Pertamax menjadi sebuah tempat yang sangat nyaman dijadikan titik peristirahatan dalam perjalanan mudik.

Beragam fasilitas yang sangat memanjakan pemudik diberikan. Seperti pijat refleksi gratis, kebutuhan air bersih dan toilet yang bersih, ada wifi gratis, dining area yang sangat bermanfaat sebagai tempat berbuka puasa secara gratis. Tidak sampai di situ, Serambi Pertamax juga menyediakan ruang bermain bagi anak dan tidak kalah penting ada area free charging yang bikin hp tetap aktif selama perjalanan mudik.

Nah banyaknya fasilitas yang sangat memanjakan ini Serambi Pertamax kebanjiran testimoni positif dari penggunanya (pemudik). Beragam postingan melalui instagram bermunculan.
Seperti postingan yang diunggah oleh akun @nobigalih yang memposting foto saat pijat refleksi dengan captionnya, “Pijat plus, Plus gejoh. #SerambiPertamax”


Postingan lucu lainnya ditampilkan oleh akun instagram @amin.purnomo yang menampilkan postingan seorang laki-laki sedang tidur (tapi kok tidurnya kaya sambil senyum foto gtu ya?) di atas sofa dengan selimut sarung ala kadarnya. Caption yang diberikan pun tidak kalah lucunya, “Mudik nyaman... molor gratis, makan gratis, pijat gratis. #SerambiPertamax”


Postingan lainnya yang diupload oleh akun @heristyono yang mengunggah foto keluarganya sedang beristirahat di #SerambiPertamax Tol Cipali Rest Area Km 102 dengan captionnya, “Nyaman kali nih.” Dia pun juga mengunggah sebuah foto seorang bapak yang sedang menikmati pijat refleksi yang disampingnya seorang anak dengan  gaya sedang difoto. Sepertinya menikmati sekali...



Dan pastinya masih banyak unggahan-unggahan social media dengan Serambi Pertamax yang gak kalah serunya,termasuk salah satu foto yang diunggah oleh akun @pertamaxind yang memposting foto pemenang Samsung S8 di Serambi Pertamax. Wahhh,,, saya mauuuuuu Samsungnya ini.

Oh ya, lokasi Serambi Pertamax ini tersebar di 10 titik. Info detailnya sebagai berikut:



Bagi kamu yang belum pernah mampir, cobain mampir deh guys. Buat dokumentasi social media sebagai moment perjalanan mudik atau kembali ke Ibu Kota seru tuh. Selain itu, manfaat Serambi Pertamax sebagai tempat beristirahat sangat baik untuk keamaan dan keselamatan selama dalam perjalanan. Tetap utamakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan ya guys, Jangan dipaksakan jika memang sudah lelah.

Selamat merayakan idul fitri 1438 H. Semoga mendapatkan kebahagian dan keberkahan hidup. Aamin. 

Jangan lupa follow:
Ig/Twitter: nursaidr_
Ig: pertaminaind
Twitter: @pertamina

Serambi Pertamax: by fanspage PT. Pertamina 

Serambi Pertamax: by fanspage PT. Pertamina

Serambi Pertamax: by fanspage PT. Pertamina

Serambi Pertamax: by fanspage PT. Pertamina

Serambi Pertamax: by fanspage PT. Pertamina

Friday, June 23, 2017

Serunya Mudik Gratis, Ketemu Artis dan Dapet Uang Tunai dari Pertamina



Berlokasi di TMII, lapangan parkir Keong Mas. Pukul 04.00 subuh sudah sangat ramai oleh para pemudik. Benar-benar suasana yang gak pernah saya rasakan. Maklum, gak punya kampung. Hehe

Pada tanggal 23/6 kemaren, PT. Pertamina melaksanakan program mudik gratis yang diikuti oleh peserta ibu Guru PAUD, marbot (pengurus mushola) dan keluarga pasukan orange. Mau tahu berapa jumlah seluruh peserta yang ikut #barengbarengmudik bersama Pertamina?


Melalui program Pertamax Enduro Bareng Bareng Mudik (BBM) 2017 ini, sekiranya ada 4800an peserta mudik gratis bersama Pertamina ini. Jadwal keberangkatan bus dilaksanakan pada tanggal 19, 22 dan 23.


Pada tanggal 19, ada sekitar 10 bus yang sudah berangkat yang membawa 450 pemudik. Pada tanggal 22 ada 6 bus yang membawa 330 pemudik dan pada tanggal 23 Juni 2017 melepas 65 bus dengan jumlah peserta mudik sebanyak 4.023. hal ini menjadi pelepasan mudik mudik terbanyak pada tanggal tersebut.

Armada bus Bareng Bareng Mudik melayani keberangkatan 3 jalur. Jalur Selatan melayani keberangkatan ke Majenang, Mojokerto, Purworejo dan Wonogiri. Di jalur Utara melayani keberangkatan Kudus, Pemalang dang Surabaya. Terakhir Jalur Palembang yang menuju Palembang.




Sebelum pelepasan keberangkatan peserta mudik. PT. Pertamina menyuguhkan banyak sekali hiburan. Seperti menghadirkan Nycta Gina sebagai MC dan MC Cowonya yang saya gak tau siapa. Hehe Oh ya, peserta mudik juga dihadirkan Teuku Zacky yang wajahnya juga tidak asing lagi di layar kaca. Di event ini, Teuku Zacky bekerja sebagai EO acara Bareng Bareng Mudik (BBM) bersama Pertamina.




Kemeriahan lainnya Pertamina juga menghadirkan Wali Band yang mengisi beberapa lagu dan mendapatkan sambutan yang sangat antusias oleh peserta mudik. Merapatkan barisan semua langsung ke depan panggung. Rapetttt pake bangettt.

 


Setelah beberapa lagu, acara dilanjutkan dengan tausiyah dan doa keberangkatan ke kampung halaman oleh Ustad. Subki Al-bughuri. Gaya Tausiyah yang renyah dan gurih beliau sangat disambut hangat oleh peserta mudik. Peserta asik mendengarkan dengan sesekali banyolan-banyolan dilontarkan membuat banyak orang tertawa.


Oh ya, lepas Wali Band mengisi beberapa lagu, ternyata ada lomba instagram dan kostum terunik. Ada 5 pemenang dengan kategori mengupload kegiatan mudik bareng dengan hastag #barengbarengmudik  yang mendapatkan hadiah uang tunai Rp 500.000. kategori lainnya ada 1 pemenang  dengan likes instagram terbanyak serta 2 pemenang dengan kategori kostum terunik yang dimenangkan oleh 2 orang masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 1juta.
Pemenang kategori kostum unik dan likes terbanyak

Pemenang kategori upload keseruan #barengbarengmudik bersama Pertamina 

Wahh, pokoknya seru banget acara Bareng Bareng Mudik bersama Pertamina. Saya yang gak mudik aja malah jadi kepengen ngerasain uforianya mudik bareng-bareng. Hehe kayaknya seru ya. Apalagi bisa jadi pesrta mudik gratis bersama Pertamina. Mudik gratis dan dapat uang.

Semoga di tahun depan akan ada terus acara mudik gratisnya... Aamin. Jangan lupa share dan kasih komentarnya ya. Boleh absen juga nih pada mudik ke kota mana kalian??

Jangan lupa juga difollow:
T: @pertamina
IG: @pertaminaind
T dan IG: @nursaidr_




Wednesday, June 21, 2017

Kepercayaan Blue Bird Tentang Nilai-Nilai Agama dalam Mendorong Semangat Kerja Keras dan Jujur

Simbolik, pemberian bingkisan kpd karyawan terpilih berangkat ke tanah suci.
Sebagai perusahaan besar dan tidak lagi berusia muda. Sudah barang tentu PT Blue Bird telah melewati pahit manisnya dari perjuangan. Tidak lupa dengan permasalahan terbaru yang menghampirinya persaingan transportasi umum berbais online.

Menjadi perusahaan raksasa, yang terbilang merajai di Indonesia, tidak menjadikan PT Blue Bird bisa hidup santai. Gejolak persaingan transportasi umum berbasis online menjadi bukti nyata bahwa di era modern inilah awal dari babak baru lagi  bagi si Burung Biru.

Terobosan, kreativitas maupun inovasi terbaru harus selalu dimunculkan. Jelas, ini berlaku untuk semuanya, tidak hanya pada Blue Bird. Kendati perihal terobosan, kreativitas dan inovasi, ada 1 prinsip keyakinan dari PT Blue Bird yang mungkin telah  membesarkan dan terus melebarkan sayapnya bagi si Burung Biru tersebut.

Saturday, June 17, 2017

Mini Resto Ody Bangil Sajikan Ayam Bakar Tulang Lunak Khas 28 Resep Tradisional




Pecinta kuliner mana suaranya nih??? Kali ini saya mau sharing Mini Resto Ody Bangil bertempat di depan Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Tahu gak sih? Mini resto ini milik siapa? Jadi, saya juga baru tahu, kalo resto ini milik Aktor Chalidi Asadil Alam. Pemeran utama dalam film layar lebar, Ketika Cinta Bertasbih dan pada serial sintreon Tukang Bubur Naik Haji.

Jadi, mini resto yang persis di jejeran kuliner depan makam pahlawan ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Setahun setelah nama dan wajahnya booming di layar kaca. Ngobrol bareng dengan beliau, Ustad. Chalidi menceritakan kalo keputusannya berbisnis di dunia kuliner karena ia tidak ingin bergantung sepenuhnya pada dunia entertainment. Ia juga ingin bebas secara finasial dan waktu. Dan pastinya, ingin menikuti jejak Rasulullah Saw sebagai pedagang sukses.

Nah, kuliner yang dibangun ini pada mulanya menyajikan ayam bakar tulang lunak dengan andalan resep rahasia 28 macam bumbu tradisional. Dan wah, ketika sudah buka bisnisnya ini laku keras. 1 hari, kuliner ayam bakar tulang lunak laku keras. 1 hari bisa mencapai 400 potong.




Sunday, June 11, 2017

Rayakan Bukber Mewahmu di Hotel Aston Marina Jakarta Hanya 50.000an

Photo by: Blogger Crony


Kegiatan buka puasa bersama di bulan ramadhan udah menjadi tradisi sebagai ajang silaturahmi. Mulai dari kumpul kawan SD, SMP, SMA, Kuliah, Kerja, dan kumpul Mantan. Ehhh ...

Kumpul-kumpul bukber ini pastinya pengen diadain di tempat yang istimewa pastinya. Apalagi kalo bisa menawarkan harga murah. Wah, inceran banget tuh. Biasanya, destinasi tempat bukber kalo tidak di rumah, kafe mall-mall yang terjangkau jarak dan harganya. Pastinya, kalo bukber di kafe mall-mall tempatnya ramai banget. Karena terbuka untuk umum.

Pengen gak sih ngerayain buka bersama di hotel. Tempatnya yang eksklusif, mewah, ala-ala artis sosialita gitu. Dan yang terpenting harganya yang gak sampe seratus ribu. Pasti mau banget.

Aston Marina Hotel Jakarta, Ancol. Ya, kalo kamu pengen ngadain acara bukber yang eksklusif, mewah, ala-ala artis sosialita dan harganya yang murah. Ke Cumi-Cumi Cafe, Hotel Aston Marina Jakarta aja.


Saturday, June 10, 2017

D’Besto: Menciptakan Lapangan Pekerjaan, Kunci Kesuksesan Bisnisnya



Menjadi seorang entrepreneur sudah barang tentu bukanlah perkara mudah. selalu ada tekad, usaha, keyakinan serta doa yang mana butuh proses panjang untuk mencapai puncaknya. Menjadi seorang entrepreneur juga bukan tentang sekedar bagaimana kita mencari keuntungan diri. Melainkan, gebrakan apa yang akan kita buat hingga hasilnya bisa dinikmati oleh orang banyak juga.

Ya, dalam bisnis dunia entrepreneur, maka wajib bagi kita untuk menciptakan entrepreneur-entrepreneur baru. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh D’Besto. Ya, kuliner ayam goreng yang banyak kita jumpai di pinggir jalan ternyata telah membuka lapangan pekerjaan untuk 2000 karyawan.

Bisnis ayam oreng yang sudah digeluti oleh orangtua Yashinta ini dimulai pada tahun 1994. Dan dilanjutkan setelah masa-masa krismon. Setelah sempat menutup semua bisnis pada tahun 1998, Yashinta menuturkan bisnis paling menjaminkan di antara semua usaha yang pernah dicoba orangtuanya adalah ayam goreng. Maka, pada saat itu, orangtua Yashinta mulai serius mengembangkan bisnis ayam goreng dengan mengganti nama D’Besto yang sebelumnya pada tahun 1994 menggunakan nama KuFC.

Doa Nabi Sulaiman Agar Selalu Diberikan Ilham dalam Mensyukuri Nikamt Allah Swt



رَ‌بِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ‌ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا
 تَرْ‌ضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَ‌حْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ


Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. (QS. An Naml : 19). 

Merayakan Hari Raya idul Fitri: Menghayati Kembali Tujuan Satu Bulan Puasa


Berbahagia dalam menyambut hari raya idul fitri memang tidak disalahkan. Karena sudah sepantutnya bagi kita umat muslim bisa berbahagia di hari raya kemenangan. Setiap orang sudah tentu akan merasa bahagia, baik anak-anak, orang dewasa maupun para orangtua. Pasti, setiap diri kita akan merasa bahagia diberikan umur bisa sampai pada hari kemenangan ini.

Namun, tidak boleh lupa, atau menjadi berlebihan dalam menyambut hari raya idul fitri. Bagi mereka yang begitu menghayati makna bulan suci Ramadhan dan hari raya, akan ada perasaan sedih dalam menyambut hari raya. hal ini sebagaimana dirasakan bagi Sahabat dan ulama salafus shalih, di mana mereka akan merasa sedih di akhir bulan Ramadhan.

Bagi mereka, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Tatkala harus berpisah dengan bulan suci Ramadhan, berat akan meninggalkannya. Hal ini karena bulan  suci Ramadhan hanya akan bisa kita temui satu kemudian, sedangkan kita tidak pernah tahu apakah usia kita bisa sampai bertemu di bulan suci Ramadhan berikutnya.

Melepas kesedihan melewati bulan suci Ramadhan dan menyambut kemenangan hari raya sangatlah diperbolehkan. Bagaimana pun, menyambut kebahagiaan hari raya adalah kewajiban bagi kita umat muslim. Namun, dalam menyambut kemenangan hari raya, jangan sampai kita berlebihan sampai lupa akan dari nilai dari idul fitri tersebut. Karena, selalu ada batas dan langkah tepat dalam menyambut hari raya idul fitri.

Menghayati Kembali Tujuan Satu Bulan Puasa
Menyambut kemenangan idul fitri tak lantas melupakan tujuan kita berpuasa. Karena memaknai kemenagan hari raya adalah kita telah berhasil atau mampu menahan hal-hal negatif yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Serta kita telah memperbanyak dan memperdalam kualitas keimanan.

Tujuan kita berpuasa adalah agar menjadi orang yang bertakwa. Oleh sebab itu, banyak dari kita yang berlomba-lomba dalam mengerjakan amal kebaikan. Namun, apakah kita sudah meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah Swt? Sehingga, kita akan merasa menjadi manusia yang bertaqwa?
Memahami menjadi manusia bertaqwa pun tidak sampai di bulan suci Ramadhan saja. Bila selama berpuasa kita semaksimal mungkin menjadi manusia yang bertaqwa dengan menjalankan yang ma’ruf dan mencegah dari munkar. Maka, setelah bulan suci Ramadhan pun demikian juga. Karena itulah makna dalam menyambut hari raya idul fitri.

Kita telah berhasil, berproses menjadi manusia bertaqwa di bulan suci Ramadhan, dan siap menjadi manusia bertaqwa di bulan-bulan selanjutnya. Bila di bulan suci Ramadhan kita banyak berbuat kebaikan, sama halnya dengan setelah bulan suci. Demikian bila di bulan suci kita banyak menahan hawa nafsu dalam berbuat hal-hal negatif, maka di bulan berikutnya pun demikian.

Ubay bin Ka’ab memberikan sebuah gambaran mengenai apa itu taqwa. Umar bin Khattab pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang taqwa. Ubay berkata, “Apakah Anda pernah melewati jalan yang banyak durinya?” “Pernah,” jawab Umar. “Bagaimana jika Anda melewatinya lagi?” Umar menjawab, “Saya sungguh akan berhati-hati melewati jalan tersebut.” Ubay pun berkata, “Itulah arti taqwa yang sebenar-benarnya.”
Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk merenungi selama satu bulan penuh berpuasa, apa saja yang sudah kita perbuat. Sudahkan kita menjadi mansia yang bertaqwa sebagai Allah Swt menyerukan firmannya kepada kita semua. Sungguh, jangan kita jadikan diri kita sendiri termasuk orang berpuasa yang hanya mendapat lapar dan haus saja. “Betapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali lapar dan dahaga.” (HR. At-Thabrani.)

Sambut Idul Fitri dengan Melaksanakan Sunnahnya
Agar tidak meninggalkan keberkahan hari raya idul fitri, maka sangat baik bila seorang muslim menyambut idul fitri dengan melaksanakan sunnahnya. Adapun sunnah dalam menjalankan idul fitri seperti bertakbir.

Mengumandangkan gema takbir sudah pasti bisa kita dengar dari satu masjid ke masjid lain yang saling bersahutan. Bahkan, sudah sejak malam hari, setelah selesai berpuasa, semua masjid, mushola mengumandangkan gema takbir.nah, sunnah mengumandangkan gema takbir di hari raya idul fitri dilaksanakan dimulai sejak terbenam matahari masuknya bulan syawal hingga salat ied dilaksanakan.

Sunnah selanjutnya adalah salat idul fitri. Salat ied sendiri dijatuhkan hukum sunnah muakkad. 

Namun, beberapa ulama ada yang mewajibkannya. Hal ini karena salat ied menjadi salat yang sangat dianjurkan. Sunnah selanjutnya seperti makan sebelum salat, berpakaian rapi dan berhias, mandi pagi dan pulang dari tempat salat ied dengan jalan yang berbeda.   *(NSR/BerbagaiSumber). 

Menyambut Hari Raya yang Sehat Bagi Penderita Diabetes



Sudah menjadi tradisi bagi kita semua memasuki hari lebaran, banyak di antara kita yang disibukkan dengan mempersiapkan aneka makanan ringan untuk menyambut tamu. Dimulai dari kue kering, aneka wafer serta permen dan coklat utnuk anak-anak. Setiap rumah akan memenuhi meja makan tamu mereka dengan aneka jenis makanan ringan.

Apakah pernah kita terbayang berapa banyak makanan ringan yang masuk ke dalam tubuh kita saat lebaran? Berkunjung dari satu rumah ke rumah lain, jika tidak mengontrol makan kita akan banyak mengambil aneka kue yang tersedia. Oleh sebab itu, banyak di antara kita yang beranggapan bahwa saat lebaran saat di mana kita harus bersiap untuk naiknya berat badan.

Lantas bagaimana jika ada yang menderita diabetes mengkonsumsi aneka cemilan lebaran? Apakah mereka sama sekali tidak boleh makan aneka kue yang tersedia? Menurut dr. Sandra Utami Widiastuti, SpPD, melalui detikHealth mengatakan bahwa penderita diabetes boleh-boleh saja mengkonsumsi kue-kue manis yang tersedia saat lebaran. Namun, jumlahnya harus tertakar dengan baik, serta ia harus bisa mengontrol diri mengatur pola makan saat lebaran.

Yuk Maaf-Maafan Sama Ayah dan Ibu di Hari Raya



Subuh ini suasana sekitar sudah dirasakan berbeda oleh Adi. Gema takbir mneyambut hari raya dari satu masjid ke masjid lain sudah saling bersahutan. Adi yang baru dibangunkan segera menuju kamar mandi untuk bersiap-siap pergi menuju masjid, tidak lupa melaksanakan solat subuh.

Selesai mandi, Adi kemudian mendapati pakaian muslimnya sudah tersedia di atas kasur. Sehingga, Adi tinggal memaikai pakaiannya saja. Setelah selesai, Adi langsung pergi ke kamar sebelah, Kak Angga untuk melihat apakah kakaknya tersebut sudah rapi. Setelah masuk kamarnya, ia melihatnya kakaknya sudah rapih-rapih dan sedang asyik membaca Al-Qur’an.

Benarkah Membeli Pakaian Baru Hari Raya adalah Sunnah Rasulullah Saw?



Apakah kamu selalu membeli baju baru untuk hari raya? Ya, membeli baju baru di hari raya idul fitri sudah bukan lagi hal yang tabu bagi masyarakat Indonesia. Orangtua akan berusaha membelikan anaknya pakaian baru. Begitupun dengan anak remaja, tak mau kalah ikut meminta membeli baju baru yang menunjang trend penampilan fashion saat hari raya idul fitri.

Berbagai elemen masyarakat akan berbondong-bondong menyerbu pasar maupun mal-mal. Begitupun dengan pusat-pusat perbelanjaan, semua serentak memberikan harga diskon besar-besaran agar mampu menarik perhatian masayarakat yang akan membeli baju baru.

Pada dasarnya, melaksanakan hari raya bukan sekedar untuk berbahagia dan bersenang-senang saja. Harus bisa lebih fokus juga untuk kembali mendekatkan diri kepada Allah Swt, dan yang terpenting membersihkan dan menjaga kembali hati dari sifat-sifat kotor.

Oleh sebab itu, umat muslim, seharusnya tidak terlalu fokus pada pakaian baru menjelang hari raya. Tetap berfokuslah pada ibadah bulan suci ramadhan dan tidak melupakan membayar zakat. Jangan sampai kita menjadi orang mampu membeli baju baru, tapi tidak mampu dalam menunaikan zakat.
Lantas bagaiaman Islam memandang fenomena membeli pakaian baru ini?

Begini Adab  Berhari Raya Idul Fitri
Fenomena membeli pakaian baru di hari sudah menjadi hal yang lumrah. Asal, kita yang membeli memang tidak memaksakan diri. Jika ada rezeki untuk membeli, diperbolehkan, jika tidak, maka tidak boleh dipaksakan membeli.
Tahu kah kamu, bahwa sebenarnya di zaman Rasulullah Saw membeli pakaian baru juga sudah menjadi hal yang lumrah. Ya, beberapa hadits meriwayatkan bahwa Umar menyarankan Rasulullah Saw untuk membeli jubah baru yang terbuat dari sutera. Namun, karena bahannya dari sutera, Rasulullah saw pun menolaknya.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar ra, beliau berkata, “Umar mengambil jubah dari sutera tebal yang dijual di pasar. Beliau mengambilnya dan diberikan kepada Rasulullah Saw dan mengatakan, “Wahai Rasulullah, belilah ini, berhias dengannya untuk hari raya dan (menerima) tamu utusan.” Maka Rasulullah Saw mengatakan kepadanya, “Sesungguhnya ini adalah pakaian orang yang tidak dapat bagian (di akhirat).

Syekh Ibnu Jibrin rahimahullah mengatakan, “Untuk menghadiri salat id terdapat (amalan) sunnah dan anjuran yang banyak. Diantaranya, berhias dan memakai pakaian terbaik. Umar pernah menawarkan kepada Rasulullah Saw pakaian dari sutera untuk berhiasa di hari raya. Akan tetapi beliau menolaknya, karena pada pakaian tersebut didapati bahan yang terbuat dari sutera. Beliau mempunyai jubah khusus yang dipakai untuk hari raya dan hari jumat.”

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa Rasulullah Saw tidak memungkiri untuk berhias di hari raya. Asal, cara berhias yang dilakukan tetap dengan sesuai aturan syari yang berlaku. Termasuk, tidak memaksakan diri jika memang tidak sanggup untuk membeli pakaian baru.

Perlu diketahui, bahwa pada hari raya idul fitri terdapat adab dan sunnah dalam menajlankannya. Pertama mandi sebelum salat id. Ibnu Qayyim dalam Za’dul Maad mengatakan, Nabi mandi pada dua hari raya. Kedua memakai pakaian terbaik dan minyak wangi. Pakaian terbaik di sini sebenarnya dimaknai sebagai pakaian yang dimiliki, tidak mesti beli baru. Oleh sebab itu, dalam membeli pakaian baru diperbolehkan saja. Tidak diwajibkan.

Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa Rasulullah Saw memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkuban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya. (HR. Al-Hakim).

Ketiga adalah makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat idul fitri. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, “Pada saat idul fitri, Rasulullah Saw tidaklah berangkat untuk salat sebelum makan beberapa kurma.” Murajja bin Raja berkata, berkata kepadaku “Ubaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi Saw: “beliau memakannya berjumlah ganjil.”

Keempat melaksanakan salat idul fitri di mushola (lapangan). Dijelaskan bahwa Rasulullah Saw tidak pernah salat idul fitri di masjid, kecuali di lapangan (mushala). Dalam kondisi seperti ini, misal di kota Jakarta yang jarang ditemukan lapangan luas. Maka, dilaksanakan di masjid. Kondisi-kondisi lainnya pun seperti misal hujan, lapangan berlumpur atau becek, maka salat dilakukan di masjid.


Kelima dianjrkan wanita dan anak-anak hadir di lapangan. Ummu Athiyah ra berkata, “Kami diperintahkan Rasulullah Saw untuk mengeluarkan anak-anak gadis, wanita haid, wanita yang dipingit, pada hari idul fitri dan idul adha. Adapun wanita haid, mereka terpisah dari tempat salat. Agar mereka bisa menghadiri kebaikan dan doa kaum muslimin. Aku berkata, “Wahai Rasulullah, salah seorang kami tidak memiliki jilbab.” Beliau menjawab,  “Hendaknya saudarinya memakaikan jilbabnya untuknya.” (HR. Bukhari dan Muslim).   *(NSR/BerbagaiSumber).

Monday, June 5, 2017

Semangat Ani Berta (ISB) Mengajak Blogger Pemula Menjadi Blogpreneur



Guys, kepengen gak kalian bisa jalan-jalan ke luar kota tapi semuanya serba gratis? Bahkan dibayar. Kepengen gak kalo kita duduk di depan laptop, sekitar 20 menit sampai 1 jam tapi bisa menghasilkan pemasukan bagi si kecil atm? Tentu mau dong? Gimana caranya? Jadi blogger.

Ya, zaman sekarang, bisa saya yakini sudah banyak di antara kita yang memiliki blog pribadi atau platform website sejenisnya. Penggunaan blog ini tentu beragam macamnya. Tentu, tujuan utamanya adalah menuangkan ide, gagasan atau sebagai sarana memberikan informasi yang dibutuhkan orang banyak.

Tapi, menjadi seorang blogger ternyata gak sampai di situ aja. Setelah bertemu dengan fanspage blogger, saya baru engeh ternyata ada loh ya istilah blogpreneur. Ya, ISB yang menjadi singkatan dari Indonesia Social Blogpreneur. Bagaimana kita bisa menghasilkan pendapatan dari ngeblog. Hobi yang diseriuskan menjadi sebuah profesi.

Thursday, June 1, 2017

Cermat Menyajikan Menu Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bertenaga



Google.com

Salam Marhaban ya Ramadhan, di bulan Mei ini kita akan kembali bertemu dengan bulan penuh berkah dan bulan suci Ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui, pada bulan Ramadhan, kita akan menjalankan ibdah puasa selama 30 hari. Menahan lapar dari waktu sahur sebelum subuh hingga matahari terbenam. Menaham nafsu syahwat dan segala tindakan. Serta memperbanyak amal ibadah.

Walau menjalankan ibadah puasa, segala aktivitas pun sudah seharusnya tidak menjadi kendala bagi kita. Saat berpuasa justru kita dianjurkan untuk memperbanyak kegiatan positif guna mendulang amal ibadah di bulan suci Ramadhan. Bukan malah menjadi malas dalam menjalankan aktifitas. Dan memilih banyak bersantai, seperti tidur.

Berpuasa pun bukan menjadi suatu bencana bagi umat muslim yang akan mendatangkan penyakit. Justru, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa mendatagkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Perlu diketahui, dalam menjaga kesehatan tubuh, tentu ada aturannya juga. Beukan, berarti selama berpuasa kita bebas makan apa saja dan sepuasnya guna mengikuti nafsu menahan lapar dan haus selama berpuasa.

Jelas, pola makan harus tetap dijaga. Baik sahur maupun berbuka. Di sini, penting peran orangtua untuk bijak menyajikan hidangan saat sahur dan berbuka sesuai kebutuhan. Agar badan tetap sehat dan bertenaga saat menjalankan ibadah puasa dan bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur. Berikut, tips memilih makanan saat sahur agar badan tetap sehat dan bertenaga.

Yuk Cek Koleksi dan Harga Batik di Sarinah Indonesia.



Sebagai masyarakat Indonesia, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk  bangga dalam menggunakan batik. Apalagi, saat ini sudah banyak ragam batik yang mengikuti trend fashion. Sehingga, menambah nilai seni itu sendiri pada hasil karya batik.

Batik sudah menjadi warisan budaya negara kita, Indonesia. Rasanya, kita sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bangga baik dalam mengenakan maupun memperkenalkan kepada masyarakat luas.




Nah, beragam macam desain dan konsep batik telah disesuaikan saat ini. Sehingga, pemakaiaannya bisa diterapkan dalam acara apa saja. Termasuk acara santai. Saya sendiri punya satu kaos yang memiliki nuansa sentuhan batik pada bagian kantong dada dan pundak kanan, kiri. Perpadudan warna dasar putih dengan sentuhan batik ini menurut saya sangat keren. Mengangkat nilai kesopanan dari pemakaian kaos itu sendiri. Ini menurut saya.