follow us

Cermat Menyajikan Menu Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bertenaga



Google.com

Salam Marhaban ya Ramadhan, di bulan Mei ini kita akan kembali bertemu dengan bulan penuh berkah dan bulan suci Ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui, pada bulan Ramadhan, kita akan menjalankan ibdah puasa selama 30 hari. Menahan lapar dari waktu sahur sebelum subuh hingga matahari terbenam. Menaham nafsu syahwat dan segala tindakan. Serta memperbanyak amal ibadah.

Walau menjalankan ibadah puasa, segala aktivitas pun sudah seharusnya tidak menjadi kendala bagi kita. Saat berpuasa justru kita dianjurkan untuk memperbanyak kegiatan positif guna mendulang amal ibadah di bulan suci Ramadhan. Bukan malah menjadi malas dalam menjalankan aktifitas. Dan memilih banyak bersantai, seperti tidur.

Berpuasa pun bukan menjadi suatu bencana bagi umat muslim yang akan mendatangkan penyakit. Justru, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa mendatagkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Perlu diketahui, dalam menjaga kesehatan tubuh, tentu ada aturannya juga. Beukan, berarti selama berpuasa kita bebas makan apa saja dan sepuasnya guna mengikuti nafsu menahan lapar dan haus selama berpuasa.

Jelas, pola makan harus tetap dijaga. Baik sahur maupun berbuka. Di sini, penting peran orangtua untuk bijak menyajikan hidangan saat sahur dan berbuka sesuai kebutuhan. Agar badan tetap sehat dan bertenaga saat menjalankan ibadah puasa dan bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur. Berikut, tips memilih makanan saat sahur agar badan tetap sehat dan bertenaga.

Tips Memiliki Menu Sahur yang Baik Tubuh
Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bertenaga saat berpuasa memang tidak mudah. Apalagi jika kita punya aktivitas yang pada dimulai dari pagi hingga sore. Belum lagi, kita tetap harus menyisihkan tenaga untuk melaksanakan salat tarawih. Di mana tubuh sudah enak dibawa istirahat setelah berbuka, tapi kita perlu menahan jadwal istirahat tersebut untuk salat tarawih.

Nah, pastilah, setiap apa yang sudah Allah Swt perintahkan kepada kita semua mendatangkan kebaikan. Dan pastilah Allah Swt sudah memberikan kepada kita kekuatan selama menajalankan puasa dan ibadah lainnya. Hal ini tinggal bagaimana kita menjalankannya. Termasuk menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat yang bersumber dari makanan.
Menjaga pola hidup sehat saat berpuasa adalah dengan memilih menu makanan yang tepat saat sahur. Lantas apa yang perlu diperhatikan saat menyajikan menu sahur? Pertama adalah memperhatikan asupan cairan yang cukup. Ya, saat berpuasa rasa haus menjadi godaan yang paling sulit untuk dihindarkan. Oleh sebab itu, perhatikan juga kecukupan air yang kita minum dengan bangun sahur lebih awal dan minum air 1 gelas. Dilanjutkan sahur pada akhir waktu dan minum kembali 1 gelas.

Kedua menyajikan menu karbohidrat kompleks dan serat. Karbohidart kompleks di sini berfunngsi mengatur pelepasan energi secara perlahan. Di sini, nasi merah serta roti gandum bisa menjadi pilihan tepat  dalam menyajikan menu sahur.

Ketiga memperhatikan nutrisi serta buah dan sayuran. Perlu diingat, bagi orangtua untuk tidak lupa menyajikan menu dengan nutrisi yang lemgkap 4 sehat 5 sempurna. Sehingga, saat berpuasa, tubuh bisa tetap sehat dan bertenaga. Tidak lupa juga, untuk menyajikan buah-buahan serta sayur mayur saat sahur. Buah di sini boleh disajikan utuh, maupun dijadikan jus/smoothies.

Keempat sajikan menu sahur yang mengandung protein. Otot dan darah membutuhkan asam amino. Di mana asam amino ini dihasilkan oleh protein. Oleh sebab itu, jangan lupa menyajikan menu sahur daging atau penggantinya seperti telur, ikan serta kacang-kacangan yang mnejadi sumber protein yang baik.

Kelima sajikan makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi di sini seperti hati ayam, sayur bayam dan sayur daun singkong. Banyak kekurangan zat besi saat berpuasa akan berbahaya bagi yang mengidap penyakit anemia dan kurang darah. Oleh sebab itu, jangan lupa perhatikan zat besi dalam menu sahur.

Keenam perhatikan juga magenisum dan potassium. Manfaat magnesium bagi tubuh ini seperti protein. Menawarkan cadangan energi secara bekesinambungan. Untuk mendapatkan itu semua, bisa didapatkan dari buah jeruk dan buah pisang.

Ketujuh sajikan susu. Susu memiliki banyak kandungan gizi bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, saat berpuasa maupun tidak, sangat dianjurkan bagi anak dan orangtua untuk meminum susu sesuai dengan jenisnya. Khususnya di bulan Ramadhan ini. Susu memiliki aneka vitamin dan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Nah, menyajikan susu, pilihlah susu yang tanpa lemak. Seperti susu nabati/susu kedelai.

Terakhir adalah tips menghindari menu sahur dari makanan ini: 1. Makanan berkadar gula: kue-kue manis, biskuit, roti putih. Makanan tersebut lebih mudah dan cepat melakukan proses pembakaran. Sehingga, kamu tubuh akan merasa lapar lebih cepat. 2. Hindari lemak jenuh seperti gorengan. Makanan tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk dan lemas. 3. Minuman berkafein seperti teh dan kopi di mana mereka mampu mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh.

Demikian tips memilih menu sahur yang baik bagi kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Semoga di bulan Ramadhan nanti kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan full, dan mampu memperbanyak kegiatan positif yang mendatangkan pahala. Aamin ya Rabbal alamin.   *(NSR/berbagaisumber). 

0 Response to "Cermat Menyajikan Menu Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bertenaga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel