follow us

Semangat Ani Berta (ISB) Mengajak Blogger Pemula Menjadi Blogpreneur



Guys, kepengen gak kalian bisa jalan-jalan ke luar kota tapi semuanya serba gratis? Bahkan dibayar. Kepengen gak kalo kita duduk di depan laptop, sekitar 20 menit sampai 1 jam tapi bisa menghasilkan pemasukan bagi si kecil atm? Tentu mau dong? Gimana caranya? Jadi blogger.

Ya, zaman sekarang, bisa saya yakini sudah banyak di antara kita yang memiliki blog pribadi atau platform website sejenisnya. Penggunaan blog ini tentu beragam macamnya. Tentu, tujuan utamanya adalah menuangkan ide, gagasan atau sebagai sarana memberikan informasi yang dibutuhkan orang banyak.

Tapi, menjadi seorang blogger ternyata gak sampai di situ aja. Setelah bertemu dengan fanspage blogger, saya baru engeh ternyata ada loh ya istilah blogpreneur. Ya, ISB yang menjadi singkatan dari Indonesia Social Blogpreneur. Bagaimana kita bisa menghasilkan pendapatan dari ngeblog. Hobi yang diseriuskan menjadi sebuah profesi.

Nah, berhubungan dengan blogpreneur inilah, saya sekarang mulai mencoba mendalami profesi ini. Salah satu caranya dengan mengikuti kegiatan workshop yang di adakan oleh ISB di Flavor Bliss Alam Sutera.




Workshop yang mengusut tema Blog untuk Pemula ini diisi langsung oleh Mba Ani Berta selaku pendiri ISB. Hal ini menjadi sebuah kebanggan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Mba Ani Berta. Hal yang saya suka pastinya dari Mba Ani ini adalah secara langsung telah mensugesti peserta untuk mengajak menjadi seorang Blogpreneur. Sebagaimana rekam jejak yang telah dia geluti. Berhenti menjadi karyawan, dan fokus menjadi seorang full blogger (content writer, brand endorser dan workshop fasilitator).

Pada workshop kemaren, Mba Ani secara jelas dan gamblang menyampai dasar-dasar menjadi blogger pemula. Mulai dari pengertian blogger, tujuan menulis blog, kegiatan apa saja yang dilakukan saat ngeblog, sampai pada bagaimana cara membuat blog.

Nah, dari beberapa materi serta  sesi tanya jawab yang telah berlangsung. Ada beberapa poin penting yang bisa diambil untuk menjadi seorang blogger pemula.
1. Istikomah mengisi konten blog. Jelas, untuk bisa rutin dan konsisten ngisi blog bukan perkara mudah loh guys bagi seorang pemula. Contohnya ya target mengisi konten. Misal dalam satu mingggu berapa tulisan, dalam satu bulan berapa tulisan. Kalo gak niat ngeblog, pastinya gak akan ada target yang dicapai atau malah sama sekali gak peduli misal dalam satu bulan gak nulis blog.

2. Dalam meningkatkan trafik tulisan, rajin-rajinlah share di semua social media. Baik whatsapp, fb, group fb, fanspage, twitter dan google +. Etss, ternyata google+ punya pengaruh banyak bagi trafik kita loh. 

3. Manjakan pembaca tulisan kita dengan menampilkan gambar ataupun video.

4. Jika ingin menjadi blogpreneur. Sebagai blogger pemula ambil kesempatan untuk review acara-acara workshop atau seminar yang kamu ikuti. Ini juga sebagai latihan kita dalam membuat konten tulisan. Semakin sering diasah akan semakin bagus.

5. Dari segi konten tulisan. Minimal pembuatan kata dalam tulisan 500 kata dan maksimalnya pokoknya jangan panjang-panjang. Pegel pasti pembaca kelamaan lihat layar hp. Kalau bisa, size foto diperkecil terlebih dahulu agar tidak membuat lemot pembaca saat membuka blog kita. Oh ya, sama jangan terlalu banyak tools dalam blog kita. Bikin lemot juga.

6. Kalau mau jadi blogger dan mau jadi blogpreneur, pastinya kita harus join dengan komunitas-komunitas blogger. Karena merekalah yang akan menjadi wadah sebagai sarana berbagi ilmu dan berbagi job.

Yup, jadi itu dia point penting dari materi “Blog untuk Pemula” menurut versi saya. Kesan-kesan setelah mengikuti workshop bersama Mba Ani. Menurut saya Mba Ani sangat profesional sebagai pembicara. Ya, di tengah kesemrautan EO mengorganizir acara yang tidak baik. Secara profesional, Mba Ani tetap semangat menyampaikan materi dan melakukan tanya jawab. Saking seriusnya, sampe pengen ditanya terus Mba Aninya, padahal kitanya udah gtw lagi mau nanya apa. Hehe

Jadi, terima kasih buat ISB dan Mba Ani atas sharing ilmunya. Ditunggu event-event selanjutnya. Dan semoga ISB bisa terus mencetak blogpreneur-blogpreneur lainnya. Aamin. 

5 Responses to "Semangat Ani Berta (ISB) Mengajak Blogger Pemula Menjadi Blogpreneur"

  1. Makasih buat tip2nya mas....

    BalasHapus
  2. istiqomah mengisi konten blog. huaaaa merasa diingatkan lagi... sip tengkyu nice sharing

    BalasHapus
  3. sip, istiqomah itu emang cantik, eh penting.

    BalasHapus
  4. @Agatha Mey: Sip, sama-sama ka.
    @dekCrayon Sip, semangat ngisi konten ...
    @Yogi Setiawan: Beda pak itu mahhhh....

    BalasHapus
  5. Seneng banget nimba ilmu langsung dari pakarnya. Makasi sharingnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel