follow us

Gak Pake Ribet! Berikut Syarat Perpanjangan SIM di Gerai Blok M Square


Syarat perpanjangan SIM apa aja ya kira-kira nanti?
Begitulah pikiran saya beberapa hari yang lalu saat mau perpanjang SIM C saya di Blok M Square. Kalau beberapa bulan lalu saya perpanjang STNK Motor di Blok M Square, kini bakal jadi pengalaman pertama saya memperbaharui SIM C saya setelah habis masa berlakunya 5 tahun.

syarat perpanjangan sim


Sempet bingung pastinya iya. Mikirin ada syarat perpanjangan SIM apa aja yang mesti dipersiapkan dan dibawa? Terus bakal kena biaya perpanjang berapa? Terus birokrasinya seperti apa nanti pas di lokasi?

Maka, sebelum memutuskan berangkat untuk ke gerai SIM Blok M Square, saya pun mencoba mencari tahu terlebih dahulu pengalaman orang-orang yang sebelumnya telah lebih dahulu perpanjang SIM. Oh ya, awalnya saya sempat minta tolong difotoin dan cari tahu sama teman yang lagi di Blok M Square cari info langkah-langkah perpanjang SIM di sana kaya apa.

Dikirim lah langkah-langkah beserta foto-foto yang tersedia di lokasi gerai samsat tersebut. Pada saat itu, saya agak males ya untuk yang namanya ngurus surat kesehatan dari rumah sakit yang menjadi salah satu persyaratan. Tapi, setelah baca-baca pengalaman dari ulasan teman-teman blogger yang sudah lebih dahulu perpanjang. Saya jadi dapet gambaran ternyata gak ribet toh syarat-syaratnya.
Langsung aja deh yuk dibaca pengalaman saya perpanjang SIM di Blok M Square, lantai 3A seperti apa. Oh ya, untuk lokasi gerai SIM ataupun STNK di Blok M Square ini sudah pindah ya di lantai 3A. Posisi ada di pojokan belakang, dekat tempat Gym. Saya lupa namanya apa. Nanti Sobat Blogger bisa tanya satpam sekitar aja ya.

Syarat Perpanjangan SIM

Kalau Sobat Blogger ngerasa perpanjangan SIM itu ribet. Tenang, dari mulai syarat dan cara perpanjang sebenarnya simpel dan mudah banget. Syarat perpanjang sim pun cuma dua.
1. Bawa KTP Asli + foto copy 2
2. Bawa SIM + foto copy 2 (optional mau foto copy di rumah atau di Blok M Square juga bisa).
Sebenarnya ada tambahan syaratnya lagi, surat kesehatan. Tapi, di sana sudah disediakan tempat cek kesehatannya nanti. Cek kesehatan di sana cuma cek mata  soal warna, cek mata, dan ngukur berat badan.  Udah itu aja.

Pokoknya, yang paling penting Sobat Blogger wajib bawa KTP dan SIM aslinya ya. Jangan punya orang yang dibawa.

Btw, gimana kalau SIM  nya bukan asli Jakarta atau misal domisili Tangerang? Tenang, ini bisa aja kok melakukan perpanjang di sana. Asal... asal, eKTPnya memang sudah terdaftar oleh sistem mereka.

Jadi, tadi, pengalaman saya perpanjang di Blok M Square itu banyak eKTP yang ditolak alias datanya tidak masuk ke data mereka. Akhirnya, disuruh ngurusnya di Samsat Daan Mogot. Dan banyak sih yang seperti ini kasusnya tadi. Ya sudah, jadi itu dia syaratnya. Udah tahu nih syaratnya. Sekarang, gimana langkah-langkah perpanjang SIM di Blok M Square?


syarat perpanjangan sim


Btw, daftar SIM online bisa gak? Bisa. Daftar di sini: Perpanjangan SIM online

Cara Perpanjang SIM di Blok M Square

Untuk memulai ini, saya akan coba menceritakan semuanya dari awal saya berangkat hingga selesai.

1. Wajib dateng pagi jam 10.00

Saya memutuskan berangkat ke Blok M Square pukul 09.00 dan sampai lokasi 09.45 pagi. Sedangkan gerai samsat di sana baru buka pukul 12.00 siang. Loh, kenapa saya berangkat pagi banget? Jadi, pengalaman saya di hari sebelumnya dateng pukul 11.30 itu sudah kehabisan quota harian.

syarat perpanjangan sim
Gerai SIM baru buka pukul 11.00 dan mulai beroperasi pukul 13.00 (foto kanan gerai STNK sudah buka sejak pukul 09.00)
Makanya, di kedatangan kedua, setelah dikasih tahu penjaganya kemaren. Banyak yang dateng pukul 09.00. Ya, saya coba ikut dateng pagi juga. Dan benar saja. Jam 09.45 di gerai SIM lantai 3A sudah ada sekitar 16 pengunjung yang hadir. Untuk masuk mall Blok M Square pukul 09.00, Sobat Blogger bisa lewat lantai paling bawah ya, masuk mall lewat lift. Karena, jam 10.00 pintu mall lantau UG sampai atas baru dibuka.

syarat perpanjangan sim
Antrian mengular sejak gerai dibuka mulai pukul 11.00 sampai pukul 13.00 lewat/sampai kuota habis
Setelah menunggu dari pukul 10.00 sampai pukul 11.00, akhirnya gerai SIM dibuka. Tapi, hanya untuk pendaftaran dan cek data eKTP dan SIM. Jujur, begitu gerai dibuka, langsung semua yang datang bergerombol rebutan masuk posisi paling depan. Saya pun sempat kecewa dan kesal karena ada yang dateng belakangan tapi bisa dapet antrian duluan.

Apalagi ada yang antri ngasal, gak ikut barisan.  Jadi, kalau Sobat Blogger udah dateng pagi, usahakan ambil tempat duduk di depan. Biar pas rebutan ambil nomor antrian, bisa langsung dapet posisi paling depan.

syarat perpanjangan sim
Foto rebutan verifikasi eKTP, SIM dan ambil nomor antrian
Catatan saya, pada tahap ini seharusnya sejak pagi yang datang untuk perpanjang SIM dibuatkan absen data nama. Sehingga, begitu dibuka gerai. Gak bar-bar langsung diserbu gitu. Penjaga tinggal sebutin aja nama-namanya sesuai absen.

Dan pastinya, yang dateng lebih awal, bakal dapet nomor urut antri lebih dahulu sesuai absen. Kalo kaya gini kan enak, antrinya rapih pasti tinggal sebutin aja 10 nama 10 nama berdasarkan absen.

Dan kalau absen juga ketahuan, kuota sudah penuh atau belum. Karena, pas antri daftar doang itu tadi banyak yang sudah antri lama dan panjang. Ternyata kuota habis. Tara, zonk banget kan! Kalau didata kan enak. Penjaga tinggal sebutin aja, kuota perhari yang disediakan berapa, dan yang sudah isi absen berapa. Kalau full, kan tinggal gak ikut nunggu. Enak toh?!

2. Verifikasi eKTP, SIM dan Ambil nomor antrian

syarat perpanjangan sim

Setelah eKTP dan SIM saya lolos verifikasi data dan dapet nomor antrian pembuatan SIM. Sebagaimana yang saya katakan di atas, sebelum dapet nomor antrian pembuatan SIM. Kita bakal antri dulu untuk verifikasi data eKTP dan SIM. Kalau data kita ada di server mereka, maka kita bisa perpanjang di gerai SIM tersebut. Kalau gak ada, biasanya dioper ke Samsat Daan Mogot. Kalau udah lolos, baru lah dapet nomor antrian. Dan saya kebagian nomor urut 12.

3. Cek kesehatan

Proses tahapan perpanjang SIM akan dimulai pukul 13.00. Jadi, setelah dapet nomor antrian 12 itu sekitar pukul 12.00. 1 jam lah untuk rebutan antri verifikasi data dari jam 11.00 sampai giliran saya. Nah, sesambil nunggu jam 13.00, saya memutuskan solat dulu di masjid Blok M Square dan makan di lantai 6. Di sana ada warung, bisa makan nasi atau indomie. Ya, ala-ala warteg lah. Murah meriah.

syarat perpanjangan sim


Sekitar pukul 12.45 selesai saya solat dan makan. Saya langsung turun ke lokasi dan menunggu antrian nomor urut saya disebutkan.sekitar pukul 13.00 gerai SIM sudah mulai beroperasi. Nomor urut 1 sampai 5 pun disebutkan untuk disuruh masuk ke ruangan cek kesehatan. Ini sih jadi satu juga nanti ruangannya dengan ambil foto.

Cek kesehatan seperti yang saya bilang, ada cek mata soal warna, dan kejeliaan tes mata dan terakhir timbang berat badan yang pake sepatu lalu berart badan akan dikurangin 2kg dari hasil yang keluar. Hehe dan setelah itu, lanjut ke luar ruangan untuk proses selanjutnya.

4. Pembayaran asuransi PT. Bhakti Bhayangkara

Setelah cek kesehatan, langkah selanjutnya adalah isi biodata untuk pendaftaran asuransi PT. Bhakti Bhayangkara. Untuk isi biodata akan diberikan formulirnya nanti dan sudah ada contohnya yang bisa dilihat. Jadi, gak perlu bingung ngisinya. Penting diperhatikan, bawa pulpen sendiri ya.

syarat perpanjangan sim


Oh ya, sedih sih ini kalau diceritain. Jadi, setelah saya selesai bayar administrasi asuransi mendadak sistem jaringan gerai SIM eror alias offline. Ini lumayan lama pake banget ngulur waktu sampai 1 jam lebih. Gegara ini, banyak yang memutuskan untuk pulang saja, khususnya yang dapet nomor uruut di atas 30.

Dan ternyata, setelah dicari tahu. Gerai SIM di Blok M Square ini masih dalam tahap percobaan. Sehingga, memang sudah dari sejak awal adanya kekurangan, dan gerak lambat mungkin masih masa proses mereka di gerai baru lantai 3 ini. Dan ternyata, di beberapa gerai mall lainnya juga ada yang mengalami sistem eror alias offline juga. Ini cerita saya dapat dari peserta lainnya yang akhirnya memutuskan lari ke gerai SIM Blok M Square.
Ya, semoga aja kedepannya semakin baik.

5. Terakhir foto SIM baru

Setelah selesai ngurus administrasi asuransi, saya langsung nunggu lagi dipanggil nama saya untuk menyelesaikan administrasi pembuatan SIM dan langkah terakhir foto. Oh ya, buat yang cowok wajib berkemeja ya. Jangan pake kaos, nanti disuruh beli kemeja kan repot. Tapi kalaiu mau sekalian belanja sih gpp. Wong di mall ini banyak toko baju juga kok. hehe

syarat perpanjangan sim


Setelah nama saya dipanggil untuk bayar administrasi, saya kembali nunggu untuk dipanggil foto. Setelah nama saya dipanggil, terakhir proses foto, nunggu beberapa menit. Jadi deh SIM C saya.

Di tempat foto SIM bakal langsung dibagikan, dan keluar ruangan tinggal ambil KTP yang ditahan pas verifikasi eKTP di awal sekalian balikin nomor urut. Jangan dibawa pulang ya nomor urutnya. hehe

Baca juga: Perpanjang STNK Motor. (Ulasan saya perpanjang STNK di gerai Blok M Square sebelum pindah ke lantai 3A. Tapi, bisa diambil info persyaratan dan langkah-langkahnya aja. Sepertinya masih sama).

Biaya Perpanjangan SIM

syarat perpanjangan sim
biaya penerbitan dan perpanjangan SIM
Dari tadi saya gak bahas soal biaya berapa saja yang dikeluarkan. Nah, di sini saya akan menyebutkan berapa berapanya biaya yang dikeluarkan. Jadi, sesuai pemaparan saya di atas, ada 3 biaya yang saya keluarkan. Biaya, cek kesehatan, biaya asuransi dan biaya SIM. Terus berapa biayanya?

Pertama, biaya kesehatan dikenakan Rp 25.000
Kedua, biaya asuransi dikenakan Rp 30.000
Ketiga, biaya perpanjang SIM Rp 75.000

syarat perpanjangan sim


Oh ya, dengan ikut bayar premi asuransi Bhakti Bhayangkara hingga 5 tahun kedepan ini, kita sudah bisa mendapatkan jaminan asuransi sumbangan dana berupa:
Meninggal dunia SIM A&B Rp 4.000.000 dan SIM C Rp 2.000.000.
Cacat tetap (maksimal) SIM A&B Rp 4.000.000 dan SIM C Rp 2.000.000
Biaya perawatam RS (maksimal) SIM A&B 4.000.000 dan SIM C Rp 200.000

Nah, jadi itu dia pengalaman saya dari pagi jam 9.45 dan berakhir pukul 16.00 untuk perpanjang SIM. Bila disimpulkan, syarat perpanjangan SIM Cuma 2, bawa eKTP dan SIM aja. Cek kesehatan ada di lokasi.

Sedangkan untuk Cara perpanjang SIM ada 5 aja. Pertama, verifikasi data. Kedua, ambil antrian. Ketiga,cek kesehatan. Keempat, isi biodata dan bayar asuransi. Kelima, bayar SIM dan foto. Selesai.
Semoga infonya bermanfaat. Dan jangan lupa dishare infonya ke kerabat lainnya.

4 Responses to "Gak Pake Ribet! Berikut Syarat Perpanjangan SIM di Gerai Blok M Square"

Zefy Arlinda mengatakan...

betul tuh, perpanjangan sim sebenarnya ga pake ribet. tapi eh tapi jangankan perpanjangan, malah banyak yang ga punya sim lho

Vicky Cahyagi mengatakan...

Nice info. Ngurus perpanjangan sim/pajak kendaraan/stnk 5 thn memang hrs dilakukan scr mandiri, ga ush pake jasa ini itu yg bikin mahal. Justru ribetnya, tanya sana sini, bolak balik, ngantri, n menunggu panggilan, itu jd seni tersendiri n membuat mental kita tangguh, n bs jd bhn sharing jg d blog

Sara Neyrhiza mengatakan...

Di solo juga gampang perpanjangan SIM cepet dan gak pakai ribet

Diah Woro Susanti mengatakan...

Aku pernah ngerasain perpanjangan sim di mobil keliling id. Terus aku kapok soalnya foto aku lecek banget, keringetan. Makasih ya sharingnya

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel