follow us

Menyambut Hari Raya yang Sehat Bagi Penderita Diabetes



Sudah menjadi tradisi bagi kita semua memasuki hari lebaran, banyak di antara kita yang disibukkan dengan mempersiapkan aneka makanan ringan untuk menyambut tamu. Dimulai dari kue kering, aneka wafer serta permen dan coklat utnuk anak-anak. Setiap rumah akan memenuhi meja makan tamu mereka dengan aneka jenis makanan ringan.

Apakah pernah kita terbayang berapa banyak makanan ringan yang masuk ke dalam tubuh kita saat lebaran? Berkunjung dari satu rumah ke rumah lain, jika tidak mengontrol makan kita akan banyak mengambil aneka kue yang tersedia. Oleh sebab itu, banyak di antara kita yang beranggapan bahwa saat lebaran saat di mana kita harus bersiap untuk naiknya berat badan.

Lantas bagaimana jika ada yang menderita diabetes mengkonsumsi aneka cemilan lebaran? Apakah mereka sama sekali tidak boleh makan aneka kue yang tersedia? Menurut dr. Sandra Utami Widiastuti, SpPD, melalui detikHealth mengatakan bahwa penderita diabetes boleh-boleh saja mengkonsumsi kue-kue manis yang tersedia saat lebaran. Namun, jumlahnya harus tertakar dengan baik, serta ia harus bisa mengontrol diri mengatur pola makan saat lebaran.

Dr.Sandra pun menambahkan, jika seorang penderita diabetes tidak bisa mengontrol pola makannya saat lebaran, mengabaikan pantangan-pantangan yang diberikan dokter, ia bisa saja mengalami peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) biasa disebut gula darah yang tidak terkontrol.
Kondisi gula darah yang tidak terkontrol inilah yang nanti bisa menyebabkan timbulnya komplikasi diabetes, baik yang akut (cepat terjadi) atau yang kronis (membutuhkan proses waktu jangka panjang).

Menangani kasus seperti ini, dr. Sandra menyarankan bagi penderita diabetes untuk mengimbanginya dengan berolah raga secara teratur. Melakukan pemantauan kadar gula darah secara mandiri sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh dokter. Seperti informasi pemantauan waktu.

Oleh sebab itu, walau saat lebaran kita merasa sangat senang dalam merayakan hari raya idul fitri yang identik dengan penyajian aneka kue. Kita juga mesti berhati-hati mengontrol pola makan. Jangan sampai terlalu tergiur, membuat kita lupa akan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah, bagi kamu yang menderita penyakit diabetes pun tidak perlu takut untuk menahan makan berlebihan. Pasalnya, saat lebaran nanti, kamu juga masih bisa menikmati makanan lezat dan enak sebagaimana orang lain menikmati hari lebaran.

Ada beberapa makanan ringan yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Seperti kacang. Kacang menjadi pilihan tepat bagi setiap orang, khususnya penderita diabetes. Khususnya lagi kacang almond menjadi salah satu makanan ringan yang sehat bagi tubuh. Pilihan kacang lainnya seperti kacang kenari, kacang tanah dan kacang mete.

Makanan selanjutnya adalah buah-buhan. Rasanya, tidak jarang juga ada tuan rumah yang menyajikan buah-buhan saat lebaran. Nah, bagi penderita diabetes, memilih buah-buhan yang disajikan menjadi pilihan baik untuk mengontrol kadar gula. Sehingga, kita tetap bisa makan dan menikmati gaya hidup sehat.

Selanjutnya ada makanan daging putih. Ya, daging putih ini seperti daging kalkun ataupun daging ayam. Jadi, saat lebaran nanti, kita masih tetap bisa membuat ketupat sayur, atau opor ayam untuk disuguhkan dan disantap bersama keluarga. Kamu juga bisa membuat salad ayam dan roti sandwich coklat.

Terakhir makanan yang bisa kamu konsumsi seperti yogurt rendah lemak, kerupuk gandum, susu skim, sayuran mentah yang direbus dan ditambahkan bumbu dengan sedikit lada bubuk sebagai penyedap.

Jadi, yuk sambut hari raya idul fitri dengan penuh gembira dan tidak melupakan pola hidup sehat. Khususnya bagi yang mengalami diabetes. Tetap rajin-rajin berolahraga, jaga pola makan dan jangan lupa cek kadar gula dan pergi ke dokter. Semoga kita semua bisa menyambut hari raya idul fitri dalam keadaan sehat wal afiat. Aamin.   *(NSR/BerbagaiSumber).


0 Response to "Menyambut Hari Raya yang Sehat Bagi Penderita Diabetes"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel