follow us

Mencicip 5 Jajanan Filipina: Dari Yang Lezat Sampai Makanan Ekstrim

Sudah pernah dengar nama Jetstar? Atau mungkin Sobat Blogger sudah pernah naik maskapai yang berasal dari Australia ini? Meski punya markas di Melbourne Australia, ternyata maskapai ini juga melayani penerbangan Internasional Indonesia-Filipina. Tak hanya dari kota Jakarta, Jetstar terbang dari Bali, Surabaya, Pekanbaru, Palembang dan Medan menuju ibukota Filipina, Manila.

Nah bagi Sobat Blogger yang bingung mau ke mana di liburan kali ini, boleh nih mencoba berlibur ke Filipina. Kenapa sih harus Filipina? Percayalah, karena di sana banyak tempat wisata menarik dan makanan yang bisa Sobat Blogger cicipi. Selain menu kuliner yang berat, aneka jajajan di pinggir jalan pun patut untuk dicoba. Mulai dari yang rasanya super lezat, sampai makanan dari bahan yang ekstrim. Berani coba?

Banana Que

mencicip jajanan filipina 1
Sumber: Wikipedia
Kuliner manis ini merupakan pisang goreng khas Filipina dengan cara masak yang unik. Tanpa dibalut tepung, pisang cukup ditusuk dengan sebilah bambu yang kemudian dimasak dengan cara digoreng hingga warnanya berubah kecoklatan. Rasa manis dari pisang sudah cukup membuat kudapan bernama Banana que ini menari di lidah Sobat Blogger semua.

Di Filipina sendiri, mencarinya kulineran ini pun tak sulit, penjualnya ada di berbagai penjuru kota, dan biasanya ada di tepi jalan dengan kios sederhana. Ya, anggap saja beli gorengan pinggir jalan di Indonesia. Ada di mana-mana bukan?

Saang

mencicip jajanan filipina 2
Sumber: Sole_iAn - Flickr
Kuliner selanjutnya ada Saang. Sobat Blogger Suka kerang? Coba deh, cicipi Saang ini dan rasakan sensasi makan sate kerang mentah yang ditusuk dengan sebilah bambu. Di Filipina, makanan ini dikenal dengan nama Saang. Biasanya dijual dalam bentuk sudah diwadahi plastik yang terdiri dari beberapa tusuk saang.

Bila Sobat Blogger mencicipnya, jangan lupa mencelupkan Saang ke dalam cuka khas Filipina. Cuka ini memiliki cita rasa seperti acar di Jawa, dengan potongan bawang merah dan cabe yang membuat rasanya jadi segar. Hmm, kalau ada yang sering dan suka acar pasti udah bisa ngebayangin nih rasa segar cuka khas Filipina ini.

Suman

mencicip jajanan filipina 3
Sumber: Wikipedia
Sekilas nih ya, kuliner ini mirip dengan jajanan dari Jawa. Bahan pembuatan pun mirip, diolah dari beras ketan yang diberi warna ungu dan kemudian dikukus menggunakan daun pisang. Cara makannya pun ternyata juga mirip dengan kudapan Jawa, yaitu dengan kelapa parut dan gula merah cair. Apakah rasanya sama dengan makanan di Indonesia? Sobat Blogger icip saja deh ya langsung di sana.

Kamaru

mencicip jajanan filipina 4
Sumber: thedailymeal.com
Berani coba tantangan, iciplah Kamaru yang merupakan jajanan favorit masyarakat Filipina. Dalam bahasa Indonesia, Kamaru artinya belalang. Namun berbeda dengan belalang goreng di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Kamaru di sana memiliki ukuran yang lebih besar loh. Hal ini memang disebabkan oleh jenis belalang yang berbeda. Konon rasanya gurih, dengan sensasi kriuk yang menarik. Hmm.. yummy.

Balut

mencicip jajanan filipina 4
Sumber: Wikipedia
Mungkin dengan melihatnya langsung sebagian Sobat Blogger di sini sudah ada yang berkata, “Iyuuuh”. Nah, menurut penduduk setempat, Balut ini menjadi kudapan paling lezat loh. Balut ini merupakan telur bebek yang sudah berupa embrio. Secara spesifik, menurut masyarakat setempat, yang paling lezat dari Balut adalah yang usianya sudah 21 hari. Jadi bentuk embrionya sudah mendekati sempurna. Makanan ini tak seseram itu kok, banyak orang yang berani coba makan balut dan menyukainya.

Mencicipi kuliner ini biasanya disantap dengan garam dan cuka, serta ditemani dengan minuman bersoda yang segar. Rasanya? Kamu harus icip sendiri di Filipina. Yang pasti, makanan ini selalu membuat wisatawan dari luar negeri penasaran. Kamu tinggal menumpang Jetstar bila berniat datang ke Filipina demi mencicip Balut, karena kuliner ini memang tidak ditemui di negara lain.

Kira-kira itu dia kuliner Filipina yang unik dan wajib Sobat Blogger cicipi. Beli tiket Jetstar sekarang juga dan terbanglah ke Filipina. Aneka makanan unik ini pasti membuat liburanmu jadi lebih berkesan. Jangan lupa untuk mengabadikannya, meski manannya ekstrim, pasti seru kalau kamu berani coba memakannya dan share pengalaman ke media sosial. Kasih makan instagram gaes. Hehe

Setelah puas menikmati makanan-makanan tadi, kamu bisa bersantai sejenak di Manila Bay. Saran sih, jika berkunjung ke sana pas sore menjelang, karena bakal ada ada sunset cantik yang menemani kamu dan perutmu yang sudah tenang itu. Indahnya berlibur!

3 Responses to "Mencicip 5 Jajanan Filipina: Dari Yang Lezat Sampai Makanan Ekstrim"

himawan sant mengatakan...

Makanan khasnya unik-unik ..
Paling terasa sensasional, Balut.
Antara pengin nyicipin juga rada kasian 😁, ngga tega lihat fisik bayi ayam yang udah mulai terlihat seperti itu..

mohamad sobari mengatakan...

Waah.... bahas Kuliner sudah sampas ke Filipina niih.... Coba bandingkan ddngan Kuliner Manado.... SeperSeper rada-rada mirip yaa...

amanda nasution mengatakan...

Balut ga kali ya....

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel