follow us

Sudah Tahu Makna dan Logo Baru Wonderful Indonesia?


Halo Sobat Blogger semua.
Indonesia, sebagai negara dengan kepulauan terbanyak dengan aneka ragam suku, budaya dan agama tentu menjadi daya tarik yang sangat menjanjikan sebagai pariwisata Indonesia. Bukan hanya menjadi daya tarik penduduk lokal saja, melainkan mancanegara. Sehingga, banyak turis berdatangan untuk bisa menikmati alam Indonesia yang begitu memesona.

logo baru wonderful indonesia


Kekayaan alam dan budaya menjadi bagian penting dari daya tarik pariwisata Indonesia yang mampu memikat siapa pun untuk bisa melihatnya secara langsung. Iya, kita bisa berbangga hati bisa menjadi bagian dari warga negara Indonesia yang memiliki sekitar 17.508 pulau membuat negara kita dijuluki sebagai negara kepulauan terbesar. Indonesia juga mendapati posisi ketiga sebagai negara dengan garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa.

Berdasarkan data tahun 2009, pariwisata Indonesia menempati urutan ketiga sebagai penerima devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Lalu, pada tahun 2016, diperkirakan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia diperkirakan berjumlah 11.525.963 juta lebih.

Angka di atas tentunya terus bertambah seperti tahun 2017 wisatawan mancanegara melejit naik menjadi 14 juta. Dan pada tahun 2018, wisatawan mancanegara ini terus naik menjadi 15.81 juta.

Tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ada 11 provinsi yang menjadi destinasi wisata palings ering dikunjungi oleh wisatawan. Menduduki posisi pertama ada Bali, lalu DKI Jakarta, Jogjakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Banten dan Sumatera Barat.

Ngomongin soal pariwisata Indonesia. Tentu, kita sangat mengenal dengan logo Wonderful Indonesia sebagai media pemasaran destinasi wisata di Indonesia.  Sekarang ini, Sobat Blogger sudah tahu belum sih makna dan logo wonderful Indonesia terbaru? kalau belum, berikut informasi seputar makna dan logo terbaru Wonderful Indonesia.


Makna dan Logo Baru Wonderful Indonesia

Logo Wonderful Indonesia telah mengalami beberapa perubahan sejak diluncurkannya pada tahun 2011 lalu. Logo ini merepresentasikan semangat yang penuh dengan warna dari Indonesia. Pada logo baru, burung berada di sebelah kanan sebagaimana foto di atas.

Logo Wonderful Indonesia yang menampilkan kekhasan gambar burung garuda ini menampilkan 5 komponen warna-warna cerah. Kata Wonderful sendiri memiliki makna Indonesia kaya akan ketakjuban di dalamnya. Baik dilihat dari aspek manusia, suku, budaya hingga alamnya yang mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Sedangkan, makna tulisan Indonesia yang berwarna hitam dan lebih besar dari kata Wonderful sendiri memiliki arti untuk mengedepankan dan memperkuat Indonesia diantara persaingan pariwisata internasional.

Pemilihan ikon burung sendiri memiliki arti dari karakter burung itu sendiri yang gemar hidup berkelompok inilah yang melambangkan kehidupan masyarakat Indonesia damai antar sesama masyarakat Nusantara.

Penggambaran sayap terbuka juga menggambarkan hasrat untuk terbang jauh, melintasi batas serta ingin dikenali oleh semuanya.  

Memiliki 5 komponen warna yang berbeda-beda pada logo ini memiliki arti keterbukaan dengan masing-masing arti tersendiri di tiap warna. Ya, hal ini sejalan dengan ciri khas Indonesia yang menjadi negara dengan keramah tamahannya. Artinya, sudah sejak dahulu kala Indonesia mampu menyambut wisatawan dengan tangan terbuka dan penuh keramah tamahan.

Pada logo Wonderful Indonesia terdapat 5 warna yang memiliki filosofi berbeda-beda.
1. Warna hijau menunjukan kreativitas, serta ramah kepada alam dan keselarasannya.
2. Warna ungu menjadi daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin.
3. Warna jingga berarti inovasi, semangat pembaharuan dan keterbukaan.
4. Warna biru memiliki arti kesemestaan, kedamaian dan keteguhan.
5. Magenta menjadi warna yang mewakili keseimbangan, akal sehat dan sifat praktis.

Pada logo terbaru Wonderful Indonesia, terdapat dua komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam pemasangan logo ini. Yakni Logogram yang merupakan komponen dari logo burung dan Logotype pada tulisan Wonderful dan Indonesia.

logo baru wonderful indonesia


Dan untuk pemasangan logo Wonderful Indonesia memiliki dua jenis penggunaan logo yang benar; logo primer dan logo horizontal. Logo primer yang tersedia dengan 2 jenis warna full colour dan monochrome white digunakan sebagai call to action pada setiap materi komunikasi. Seperti, ATK, media cetak, online, elektronik, poster dan merchandise.

logo baru wonderful indonesia


Sedangkan logo horizontal digunakan pada media berukuran ektrem atau juga tidak konvensional, seperti tulang belakang buku, spanduk dan papan iklan horizontal besar.

Jadi itu dia informasi yang bisa saya sampaikan seputar makna dan logo baru Wonderful Indonesia. Semoga bermanfaat.

Oh ya, buat Sobat Blogger yang sudah baca artikel ini. Bisa banget ikutan give away saya di Instagram @nursaidr_ 

Bisa dicek postingan IG saya yang ini,


Bakal ada 2 pemenang yang berhak mendapatkan paket merchandise dari Kementerian Pariwisata yang terdiri dari:
• Backpack
• Steel tumbler
• Canvas totebag
• Tenun camera strap
• Lurik travel pouch
• Nano block WI
• Exclusif book

Menarik bukan? Selamat mencoba dan semoga beruntung.

1 Response to "Sudah Tahu Makna dan Logo Baru Wonderful Indonesia?"

  1. wonderful indonesia seperti menjembatani para pecinta alam untuk melihat keindahan indonesia dengan bebas dan tanpa batas seperti layaknya burung garuda.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel