Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Ada yang Tahu 1 Pohon Mampu Menghasilkan Oksigen untuk Berapa Orang Selama 1 Tahun?

pixabay


Kita semua tahu  dan sepakat betapa penting dan butuhnya masyarakat perkotaan terhadap ruang terbuka hijau. Jenuh dengan kebisingan kota, polusi, macet dan banyak lagi membuat masyarakat kota gemar berlibur/melakukan perjalanan ke tempat-tempat sejuk. Seperti puncak bogor, atau menghabiskan akhir pekan berolahraga di taman-taman kota.

Menghabiskan waktu liburan di taman kota bersama keluarga seolah menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan, dan tak boleh dilewati. Betapa banyak keluarga yang berolahraga di taman-taman kota menikmati sejuknya udara pagi, dan terik sinar matahari. Apalagi dengan adanya kegiatan car free day yang mampu mengurangi polusi udara di pagi itu.

Setiap akhir pekan, di kota besar seperti Jakarta, banyaknya pengunjung keluarga yang berolahraga di taman-taman kota, ataupun setiap sore taman kota ramai pengunjung menjadi bukti kalo masyarakat perkotaan begitu membutuhkan ruang terbuka hijau yang sejuk dan memberikan rasa nyaman.

Tentu semua yang dibicarakan ini adalah tentang pohon. Betapa bergantung dan pentingnya pohon bagi kehidupan kita, khususnya masyarakat perkotaan. Pohon jelas mempunyai peran penting bagi kehidupan di bumi ini. Beragam manfaat dan fungsinya telah banyak kita pelajari sejak di bangku sekolah. Oleh sebab itu, sudah seharusnya sebanarnya setiap manusia peduli terhadap penghijauan. Lantas, sekarang kenapa masyarakat perkotaan butuh pohon?

Manfaat Pohon Bagi Masyarakat Kota
Salah satu fungsi dan peran pohon yang sudah banyak kita ketahui adalah sebagai penghasil oksigen. Sebagaimana yang kita ketahui, pohon mampu memproduksi oksigen yang manusia perlukan untuk bernafas. Disebutkan bahwa satu pohon dewasa mampu memproduksi oksigen yang setara dan cukup untuk 10 orang menghirup oksigen selama satu tahun.

Bisa dibayangkan jika satu kota besar, semakin banyak gedung-gedung tinggi, hingga mengurangi pohon-pohon yang ada. Betapa pengapnya kota tersebut mengingat sedikit pohon, berarti sedikit oksigen yang dihasilkan.

Apalagi kota-kota besar di Jakarta dirasa panas, hal ini menjadi suatu hal yang wajar mengingat sedikitnya pohon yang ada di kota besar. pohon mempunyai fungsi yang mampu menjaga kesejukan udara melalui penyerapan CO2.

CO2 yang merupakan bahan bakar dalam pemanasan globar ini mampu diserap oleh pohon sebagai cara meminimalisir panas bumi. Penyerapan ini pasti dilakukan mengingat pohon membutuhkan CO2 untuk berfotosintesis. Jadi tahu kan, kenapa di kota-kota besar udara dan suhunya panas.

Kelebihan lainnya dari peran pohon pada penyerapan CO2 mampu mengurangi polusi udara. Pohon juga mampu menyerap polutan udara, termasuk karbon monoksida, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Peran pohon ini penting bagi masyarakat kota guna mendapatkan ruang bernafas yang bersih dari polusi udara. Sayangnya, jumlah pohon di kota-kota besar tidak sebanding dengan jumlah polusi udara yang dihasilkan di kota besar.

Manfaat lain pohon bagi masyarakat kota adalah hasil dari pohon itu sendiri yang bisa dinikmati. Bila di desa-desa, atau masyarakat terdalam yang sudah terbiasa memanen buah, sayur dari hasil tanamannya. Bagi masyarakat kota, menanam pohon yang bisa menghasilkan buah ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Setiap masa panen buahnya, rasanya menyenangkan bukan bisa menikmati buah dari pohon yang ditanam di perkotaan, khsuusnya di halaman rumah sendiri.
Sebagaimana yang saya paparkan di paragraf pembuka. Bahwa kehadiran pohon bagi kota-kota besar bisa dimanfatkan sebagai tempat bersantai. Menikmati keteduhan dan kesejukan rindang pohon menjadi hal yang tidak biasa bagi kehidupan masyarakat kota saat ini.

Terakhir manfaat pohon adalah pohon mampu menghasilkan air dan menguangi resiko banjir. Wajar saja jika di perkotaan sering mengalami banjir. Hal ini karena semakin sedikitnya lapangan terbuka hijau, dan minimnya saluran air.
Pohon mampu melembabkan udara melalui suatu proses yang disebut evapotranspirasi. Air yang menguap menjadi hujan dan jatuh akan masuk ke dalam tanah dan menjaga perkembangan tumbuhan dan pertumbuhan pohon.

Rindang dan luasnya tanah terbuka hijau juga mampu menyerap air hujan sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir. Air yang diserap tanah akan dilepas secara perlahan ke dalam suatu tempat penyimpanan. Pada proses ini pula, pohon mampu meningkatkan kualitas air dan mengurangi erosi tanah.

Yuk, sudah banyak gerakan-gerakan atau komunitas yang sadar akan lingkungan hijau. Sudah sepatutnya kita juga membantu menghijaukan kota. Minimal menanam tanaman dekat rumah yang mampu menghasilkan oksigen untuk keluarga kita. Kota yang hijau, untuk masa depan yang sehat.    (NSR/BerbagaiSUmber).



nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

10 komentar untuk "Ada yang Tahu 1 Pohon Mampu Menghasilkan Oksigen untuk Berapa Orang Selama 1 Tahun?"

Tira Soekardi 12 November 2017 pukul 02.35 Hapus Komentar
betapa pentingnya pohon dlm kehidupan kita, gerakan menanam jangan hanya slogan saja tp real di lapangan
nursaidr 12 November 2017 pukul 06.29 Hapus Komentar
Setuju nih.mulai dari rumah sendiri ya ka. Tanam, tanaman yg bisa ditanam sesuai space lahan yg ada.
Unknown 12 November 2017 pukul 12.25 Hapus Komentar
Pohon memang sangat penting mas bagi kehidupan kita ...pada intinya " jika kita bersahabat dengan alam pasti alam juga bersahabat dengan kita "
Unknown 12 November 2017 pukul 12.25 Hapus Komentar
Pohon memang sangat penting mas bagi kehidupan kita ...pada intinya " jika kita bersahabat dengan alam pasti alam juga bersahabat dengan kita "
Eni Martini 5 Januari 2018 pukul 19.59 Hapus Komentar
Alhamdullilah suka pohon dan setiap pundah rumah selalu ada pohon kecil yang kemudian kami rawat menjadi besaaar dan rimbun sampai jadi pagar
nursaidr 5 Januari 2018 pukul 20.22 Hapus Komentar
Mantab. Terima kasih sudah berkunjung.
nursaidr 5 Januari 2018 pukul 20.23 Hapus Komentar
Keren ka Eni. Semoga bermanfaat dan mendapat pahala atas kebaikan yg sudah dikerjakan.
Adriana Dian 5 Januari 2018 pukul 23.56 Hapus Komentar
Suka sedih liat jalur hijau yang ,enghilang karena pembangunan MRT Jakarta. Huhu. Solusinya memperbanyak menanam pohon disekitarnya yaaaa. Semoga semakin tinggi ya tingkat kesadaran warga indonesia tentang pentingnya penghijauan..
mpo ratne 6 Januari 2018 pukul 20.53 Hapus Komentar
Adem duduk di bawah pohon. Tapi kudu di jaga jgn sampai bahaya seperti kena petir yang mengakibatkan tumbang pohon
miss dapur 6 Januari 2018 pukul 20.55 Hapus Komentar
Makanya gedung banyak pohon walau ukuran mini. Segar ngelihat yang ijo saat pengat