follow us

Cerita Backpacker ke Lombok Murah dengan (tanpa) Situs Booking Hotel


Backpacker ke Lombok - rasanya menjadi banyak impian Sahabat Blogger semua di sini ya, termasuk saya. Sebuah tempat yang banyak dikenal dengan sebutan kota 1000 masjid ini menyimpan banyak keindahan alam, khususnya keindahan lautnya. Tak ayal, bila saat ini banyak orang yang menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata wajib dikunjungi setelah Bali.

kuta-mandalika-lombok
Pantai Kuta Mandalika Lombok
Bahkan, perlu Sahabat Blogger tahu, pulau yang banyak menyimpan keindahan pantai dan lautnya ini pernah menjadi no. 1 destinasi terlarisyang disambangi turis dunia pada tahun 2015. Ya, kalau bagi saya kenapa Lombok wajib disambangi, karena dia kota yang sama seperti Bali. Punya budaya sendiri yang khas dan kental, dan menawarkan keindahan alam/pantai yang masih memesona.

Kalo ngomongin soal backpacker, mungkin akan terbesit jalan-jalan murah. Benar bukan? saya sendiri sebenarnya bukan seorang backpacker sejati. Karena beberapa kali bepergian ke luar kota, seperti Indramayu, Cirebon, Semarang, Surabaya, Banyuwangi, Bali, dan  Kalimantan. Semuanya merupakan fasilitas. Dan pergi ke Lombok ini yang benar-benar baru backpacker. Mikirin budjet dana semurah mungkin bisa pergi dan pulang dengan pengeluaran yang minim.

Dan saya pikir, perjalanan wisata Lombok saya kemaren sudah menjadi budjet yang murah meriah. Habis berapa dan pergi ke mana memang? Lets see baca cerita selanjutnya. Di tulisan ini saya juga bakal kasih info backpacker murah menggunakan situs booking hotel.

Backpacker ke Lombok: Tanjung Ann, Seger dan Kuta Mandalika Lombok

Setelah perjalanan backpacker ke Lombok saya dari Gili Trawangan, satu hari setelahnya saya pergi menuju pantai Tanjung Ann, Seger dan Kuta Mandalika Lombok. Ketiga pantai ini menjadi destinasi wisata Lombok yang juga wajib dikunjungi nih buat Sahabat Blogger setelah Gili Trawangan atau pulau Gili lainnya.

Perjalanan saya ke ketiga pantai ini menggunakan sewa mobil + supir. Jadi, jangan tanya saya rutenya ya. hehe saya gak tahu, tinggal ikut aja.  

pantai tanjung ann lombok
Pantai Tanjung Ann
Di Tanjung Ann ini Sahabat Blogger bisa menjumpai ayunan di pangkal pantai sebagai spot berfoto yang ciamik. Air pantai di sini masih jernih dan biru. Saran saya saja sih, di sini cocok buat berenang manja di bibir pantai. Oh ya, Banyak juga bule-bule yang surfing di sini.

Sayang, waktu saya datang ke sini cuaca hujan. Alhasil, saya tidak bisa bermain air atau berenang di Tanjung Ann. Hanya beberapa kali saja foto-foto dan mencoba bermain di atas bukit kecil sebelum hujan deras menerpa.

Di balik tirai rintik hujan, saya dan teman-teman seperjalanan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan membelah setiap helaian rintik hujan yang menerpa. Awalnya sempat bingung menuju Mandalika dan Kuta Lombok. Karena ternyata, lokasi pantai sekitar sedang ada pembangunan. Nah, cerita dimulai  di sini.

cerita rakyat putri mandalika lombok
Salah Satu Postingan Temen di Instagram yang Berkunjung ke Patung Putri Mandalika
Perjalanan saya ke Pantai Seger harus tertunda mengingat akses jalan ditutup. Padahal saya pengen banget main ke bukit dan melihat patung Mandalika. Di sanalah ada sejarah dan cerita rakyat menarik yang ingin saya rasakan atsmosfir suasananya. Tapi,  mau bagaimana lagi, tidak bisa, ya perjalanan saya lanjut sampai Kuta Lombok.

Di pantai Kuta Mandalika Lombok ini, Sahabat Blogger bakal menemukan butiran-butiran pasir seperti ketumbar. Kalau menginjak pasir di sini, kaki bisa langsung jemblos. Apalagi kalau pake sendal. Wah, repot. Gampang tenggelam, dan berat ditarik. Oh ya, jadi pantai Kuta Lombok ini ada 2 tempat. 1 spot di lokasi yang ada tulisan/landmark Kuta Lombok, satu lagi sedikit jauh dari lokasi tulisan landmark tersebut.

Saya banyak berfoto-foto di lokasi yang tidak ada landmarknya. Lokasi tempat di sini masih sangat sepi. Terbilang cuma ada 1 atau 2 orang saja. Orang-orang jualan pun tidak ada. Untung saja, kami rombongan membawa bekal dari rumah. Dan kami pun bisa makan siang tanpa harus khawatir kelaparan.
kuta-mandalika-lombok
Foto di Kuta Mandalika Lombok

Dan setelah puas berfoto-foto, saya menuju pantai Kuta Lombok yang ada landmarknya untuk berenang. Hal ini seolah menjadi kejadian zonk untuk saya. Kenapa? Entah kenapa pantainya berlumpur. Sungguh, kecewa, sudah jauh-jauh, mesti kehujanan, dan setelah sampai ternyata pantainya berlumpur. Pantas saja, warna airnya tidak berwarna biru bening.

landmark kuta lombok
Landmark Kuta Lombok
Tapi benar, setahun sebelumnya, kaka sepupu saya main ke Kuta Lombok ini masih bersih dan jernih banget airnya. Makanya, pas saya cerita begini, kaka sepupu saya kaget dan langsung nunjukin foto dia dulu main ke Kuta Lombok. Dan emang epik dan biru pantainya.
pantai kuta lombok
Kuta Lombok sebelum Berlumpur
Oh ya, di sini nanti banyak yang menawarkan aneka oleh-oleh seperti souvenir maupun kaos Lombok. Saran saya, jangan ragu untuk beli. Di sini murah-murah soalnya. Harga kaos bisa ditawar sampai 17.500. Bila tidak tega, bisa ditawar 20.000 perkaos. Pesan saya, saat beli kaos di sini, buka dan cek kaos yang diplastikin. Lihat ukuran kaos M, L, XL sudah sesuai belum. Karena pas saya beli, ternyata ukuran L ini kecil seperti ukuran M untuk badan saya. 

Buat yang suka jajan dan memilih gak mau ribet bawa bekal banyak dari lokasi menginap. Di sini tersedia banyak warung buat makan mengisi perut. Jadi, gak perlu khawatir kelaperan sehabis bermain di pantai Kuta Lombok. Hanya saja, Sahabat Blogger mesti bersiap mengeluarkan kocek lebih.

Backpacker ke Lombok Murah ala Saya

Backpacker murah itu banyak pertimbangannya ternyata ya. Mulai dari transportasinya apa, harga, waktu, kenyamanan dan keamanan, penginapan mesti booking hotel atau tidak, makan dan banyak lagi. Di sini saya coba mau share penglaman jalan-jalan ke Lombok murah meriah ala saya.

1. Pilih Mode Transportasi yang Murah, Nyaman dan Aman

Ada dua tipe orang dalam berpergian. Tipe pergi menggunakan pesawat dengan alasan lebih cepat. Dan satu lagi tipe jalur darat dengan alasan lebih terasa perjalanannya dan bisa mampir sana-sini. Pastinya, pengeluaran lebih hemat juga.

Sebagaimana yang saya katakan kalau perjalanan saya ke Lombok ini benar-benar perjalanan backpacker, mencoba sehemat mungkin pengeluaran budjet. Termasuk dalam memilih transportasi apa yang ingin dinaiki. Jalan-jalan saya ke Lombok akhirnya diputuskan dengan menggunakan mode transportasi pesawat.

Bila mau murah memang bisa menggunakan transportasi kereta menuju Surbaya, dilanjutkan dengan Kapal Surabaya-Lombok. Pertimbangan saya tidak jadi melakukan perjalanan darat adalah waktu tempuh yang cukup lama. Kereta Jakarta-Lombok butuh sekitar 10 -12 jam. Lalu, waktu perjalanan pelabuhan Surabaya menuju Lombok memakan waktu sekitar 21 jam. Banyak bukan waktu tempuh yang harus dihabiskan menggunakan jalur darat.

Apalagi yang benar-benar menjadi pertimbangan saya pada saat itu adalah bulan Februari lalu kepergian saya ke Lombok di musim hujan. Sehingga, saya juga harus memikirkan faktor keamanan dan kenyamanan saya selama di perjalanan. Oh ya, biaya perjalanan pp saya pesawat Jakarta-Lombok-Jakarta sudah saya critakan juga berapa nominalnya di artikel sebelumnya, baca: Lombok GiliTrawangan. Walau menggunakan pesawat, alhamdulillah saya tetap bisa dapat tiket harga standar.

2. Menginap di Rumah Sanak Saudara, atau Teman

Beruntunglah saya di jalan-jalan ke Lombok ini pergi bersama saudara yang memang keluarganya asli sana. Jadi, saya bisa menghemat budjet dengan menginap di rumah salah satu keluarganya tanpa harus booking hotel. Dan sepaham saya, banyak backpacker yang memilih alternatif ini. Bahkan, ada saja yang mencari teman baru, yang bersedia menawarkan menginap di rumah teman barunya itu.

Keuntungan lainnya bisa pergi ke luar kota dengan bertemu teman asli kota tersebut adalah mode transportasi dan tour guide lokal. Ya, pastinya teman kita ini akan dengan senang hati menjadi tour guide menemani perjalanan kita selama jalan-jalan. Termasuk memberikan fasilitas kendaraan pribadinya. Jangan lupa, berikan juga fasilitas juga untuk teman kita. Seperti memberikan makan, dan ongkos bensin kendaraan. Ada yang pernah coba ini?

3. Pergi Rombongan Emang Hematin Budjet Banget

Salah satu keuntungan jalan-jalan bareng teman, selain memang asik dan bisa seru-seruan bersama. Sahabat Blogger bisa sharing kos untuk segala urusan. Seperti sewa mobil, makan berdua, penginapan dan banyak lagi. Hal ini sebagaimana yang saya rasakan di Lombok.

Selama perjalanan keliling Lombok, saya menggunakan jasa sewa mobil + supir sehari Rp 300.000 sudah sama bensin. Hitung saja, harga sewa mobil Rp 300.000 dibagi rombongan saya berlima. Perjalanan kita jadi murah meriah dengan cukup mengeluarkan budjet transportasi perorang sekitar Rp 70.000 perhari. Murah bukan?

Backpacker ke Lombok Murah, Mewah dengan Situs Booking Hotel

lalalaway situs booking hotel
photo by: lalalaway

Sesuaui janji saya sebelumnya. Pada artikel ini saya mau memberikan pilihan alternatif backpacker murah namun mewah. Kok bisa? Ya bisa. Jadi, info ini pun baru saya dapat beberapa bulan yang lalu. Kalau ternyata ada situs booking hotel bintang 4/5 yang memberikan harga murah meriah seharga hotel bintang bintang 3.

Kalau Sahabat Blogger di sini punya budjet lebih sedikit untuk jalan-jalan. Rasanya bisa banget nih mencoba backpacker murah dan mewah melalui lalalaway. Sebagai situs flash sale booking hotel, bener gak sih, kita bisa jalan-jalan murah dan mewah?

1. Menginap Hotel Bintang 5, Bayar Rasa Hotel Bintang 3

cari hotel murah lalalaway
booking hotel murah. photo by: lalalaway

Kehadiran lalalaway sebagai situs booking hotel termuah yang aman dan nyaman di Indonesia rasanya akan menjadi pilihan  yang akan memanjakan para traveler. Bagaimana tidak, bila Sahabat Blogger perhatikan pada situs mereka, harga-harga yang diberikan kepada customer semua di bawah rata-rata. Hal ini karena banyaknya promo diskon yang bisa mencapai 70%.

2. Bayar Bintang 3, Fasilitas Full

Apabila Sahabat Blogger sudah booking hotel di lalalaway, dan membayar dengan harga murah. Gak perlu khawatir bakal dapet fasilitas yang seadanya. Karena, hanya di situs ini, customer bisa mendapatkan fasilitas lengkap dengan biaya murah. Fasilitas yang diberikan seperti: antar-jemput bandara, upgrade kamar, pijat dan spa, dan check out dengan waktu yang fleksibel.

3. Bisa Menginap Harga Murah Selama 4 Hari Maksimal

Salah satu keuntungan keuntungan reservasi hotel di lalalaway adalah Sahabat Blogger bisa mendapatkan sewa kamar dengan maksimal 4 hari. Lumayan kan, bisa sewa hotel bintang 4/5 full fasilitas dengan harga murah selama 4 hari. Lumayan banget pastinya.

4. Setiap Minggu Selalu Ada Promo Murah

Sebagai situs booking hotel flash sale, lalalaway selalu memberikan dan update promo berbeda setiap minggunya di hotel yang berbeda. Nah, info menarik ini hanya bisa didapat oleh Sahabat Blogger yang sudah mendaftarkan diri sebagai member di website lalalaway dengan mendaftarkan email. Makanya, kalau mau dapetin info soal promo hotel bintang 4/5, jangan lupa daftar diri Sahabat Blogger sebagai member di sana.

5. Backpacker ke Lombok Murah dan Mewah

promo booking hotel murah
Salah Satu Promo di website lalalaway diskon 71%

Nah, menarik untuk diikuti. Lalalaway ini sudah bekerjasama dengan berbagai hotel bintang 4/5 di kota-kota besar sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Seperti Lombok, Surabaya, Medan, Palembang, Jakarta, Magelang, Yogyakarta, Labuan Bajo dan Bali. Bahkan, destinasi luar negeri pun bisa Sahabat Blogger dapat promonya seperti: Singapore dan Bangkok.

Dengan adanya promo menarik ini, pastinya Sahabat Blogger bisa backpacker ke Lombok dengan murah dan mewah hanya di situs booking hotel terpercaya dan aman, lalalaway.


23 Responses to "Cerita Backpacker ke Lombok Murah dengan (tanpa) Situs Booking Hotel"

  1. Wah ko bisa gitu pantai kuta lomboknya ya... indah2 memang pantai di lombok, perlu dicoba ni lalalaway biar makin cihuy liburannya

    BalasHapus
  2. Menarik. Bisa share nomor kontak/email supir yang kemarin ini bapak pakai? Apakah recommended? Satu mobil itu bisa berapa orang ya dan Rp 300 rb itu biaya per mobil atau per orang? Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  3. wah lagi ke lombo kelum ke pantai tanjyng ann indah sekali

    BalasHapus
  4. Backpackeran itu mengasyikkan yah kayaknya. Soalnya belum pernah merasakan sih. Tapi dengan diselipkan tipsnya, boleh juga nih suatu saat. Yang penting tetep siapin duit dulu yah yang utama, hahaha

    BalasHapus
  5. Baru tahu jasa Lalalaway. Kebetulan setelah Lebaran. Kami rencana ke Rinjani dan lanjut ke Gili. Cek dan ricek ah siapa tahu bisa bantu juga ya... Bantu kasih harga murah maksudnya hehehe

    BalasHapus
  6. Said kalau jalan-jalan ajak akuu donkkk duh apalagi kalau backpackeran gini ga perlu banyak biaya yes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun ini diajak. Blogger lah kuy backpackeran.

      Hapus
  7. Mantap, kak. Artikelnya membantu sekali. 😊
    Btw, salam kenal! 🖐️

    BalasHapus
  8. Nuhun tipsya benar banget waktu ke Jogja walaupun deket aku pakai semua tipsnya, lumayan hemat bugdet, next mudah2an bisa traveling k Bali dng lalaway

    BalasHapus
  9. ini nih tantangan backpacker sebenarnya. membuat itinerary lalu melakukan semua prosesnya sendiri. biasanya kenangan lebih banyak dan banyak hal mengejutkan yang menyenangkan

    BalasHapus
  10. Wah, asik banget pake lalalaway. Ada banyak keuntungannya. Jadi pengen booking jg. Lalalaway sudah ada aplikasi androidnya kah?

    Oya id ralat, Lombok sama Bali nama pulau bukan kota hihi xD

    BalasHapus
  11. Jauh banget ya mas hemat waktunya kalau ditempuh pake pesawat. Mesko murah kalau naik kereta + kapal bisa nyampe 2 hari ha waktu cutinya habis buat perjalanan aja deh. :-)

    Aniwei saya paling senang booking kamar lewat situs itu karena ya itu bisa pesan kamar rasa bintang 5 harga bintang 3.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan waktu tempuh yg harus dihabiskan. Tinggal pilih aja mau cepet atau lama.

      Wah udah sering pakai lalalaway ya. Keren ka.

      Hapus
  12. Wah harga souvenirnya murah2 ya. Gak ada yang nembak gtu? Hehe soale kadang suka males beli souvenir krn males nawar, ditembak tinggi2.
    BTW lumpur yang ada di pantai itu kira2 drmn ya? serius nanya, soale bingung knp berlumpur, apa krn hujan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Souvenir di kuta lombok ga ditembak mba April. Ini yg suka. Makanya kalo beli oleh2 di sana saja sebaiknya. Saya aja beli kaos 1nya cuma 17.500. Bahan sedikit lebih bagus dr kaos yg ada di wisata pusay ibu kota itu.


      Pantai yg berlumpur ada di kuta lombok juga. Sepertinya karena ada pembangunan. Tapi pastinya saya kirang tahu.

      Hapus
  13. aku ada plan ke Lombok bareng keluarga, sipp deh ini buat rekomendasi. Jadi nggak sabar pingin segera ke Lombok

    BalasHapus
  14. Saya belum sampai ke Lombok nih, semoga soon bisa kesana, aamiin

    BalasHapus
  15. Saya lagi nabung buat ke Lombok, kalau open trip lebih hemat ya?

    BalasHapus
  16. wahhh pemandangannya kece. jadi pengen traveling ke lombok. nabung ahhh

    BalasHapus
  17. Kalo istirahat nyaman..jalan2 juga pasti happy ya...
    Bayar kelas 3 fasilitas bintang 5 pasti enak ..banyak promo juga kali ya...

    BalasHapus
  18. Waaah baca postingan ini jadi keinginan ke lombok semakin menggebu-gebu lagi, boleh juga nih tips travaling hematnya, pengen coba juga.

    BalasHapus
  19. Keren ya tempat wisatanya, secara saya pun belum pernah ke Lombok jadi kepingin ke Lombok Kaosnya terbilang murah sih 17.500. Makasih referensinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel