Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Sarinah Jakarta Hadirkan The Atjeh Connection: Tempat Ngopi Masa Kini yang Sediakan Coworking Space


Sarinah Jakarta- Tahukah kamu, Sarinah Jakarta merupakan pusat perbelanjaan tradisional yang sudah berdiri sejak tahun 1962 dan didirikan oleh Presiden RI Pertama Ir. Soekarno. Berdirinya Sarinah jakarta menjadi bukkti sejarah perdagangan produk tradisional dalam negeri yang mempunyai 3 gugus bisnis : Ritel, Perdagngan dan Properti.
Baca: Sejarah Seputar Presiden RISoekarno Sebagai Pendiri Sarinah.
Logo The Atjeh Connectiion
Sebagai pusat perbelanjaan produk Indonesia, tentu Sarinah ingin memberikan citra kepada masyrakat bahwa jika ingin belanja produk lokal, Sarinah tempatnya. Tapi, tahukah Sahabat Blogger, kalo Sarinah telah membina lebih dari seribu UKM di Indonesia. Di mana, Sarinah ingin, produk lokal bisa bersaing dan bahkan melakukan ekspor produk ke luar negeri.

Sarinah Jakarta
Seiring perkembangan zaman. Sarinah tidak hanya ingin menjadi pusat perbelanjaan tradisional saja. Di era teknologi masa kini, tentu Sarinah ingin mengibarkan citranya sebagai pusat perbelanjaan yang gaul, trend dan tidak kuno. Peremajaan ini seperti pengembangan website jual beli online, mengadakan event-event yang kekinian seperti fashion show, ikut meramaikan kegiatan mingguan Car Free Day dan yang baru ini dilakukan adalah dengan membuka coffe shop baru yang nyaman dijadikan tempat nongkrong: The Atjeh Connection.

Pekerja The Atjeh Connection

The Atjeh Connection: Tempat Ngopi Berkelas Kekinian dan Punya Coworking Space

Ruang Depan The Atjeh Connection
Halo Sahabat Blogger. Nyari tempat ngopi itu emang susah-susah gampang ya. Susahnya ya kaya kita mesti nyari ngopi yang asli khas masing-masing daerah, mesti nyari tempatnya yang nyaman dan aman dengan fasilitas yang lengkap. Nah, saat ini kalau Sahabat Blogger pengen nyari tempat ngopi yang khas dengan Kota Aceh, bisa banget nih mampir di The Atjeh Connection.

Ruang Tengah The Atjeh Connection
Hadirnya The Atjeh Connection ini tentu menjadi harapan bagi Sarinah Jakarta agar masyarakat Indonesia mau menjadikan trend ngopinya masa kini ya dengan ngopi di produk lokal. Sarinah Jakarta ingin The Atjeh Connection ini sebagai pusat tempat ngopi di 2018.
Properti The Atjeh Connection
The Atjeh Connection sendiri merupakan restoran kopi dengan mengandalkan menu khas Aceh. Saat ini, The Atjeh Connection sudah hadir di Sarinah. Tempat lainnya ada di SCBD, Sabang, Gajahmada dan Slipi.

Di Sarinah sendiri, The Atjeh Connection buka mulai pukul 07.00 pagi sampai 00.00 malam pada hari senin-kamis. Pada hari Jumat sampai minggu, The Atjeh Connection buka mulai jam 07.00 sampai pukul 02.00 pagi.
#NgobrolBarengSarinah
Pada saat kunjungan saya ke The Atjeh Connection Kemaren, senin (19/18). Setelah selesai acara #NgobrolBarengSarinah Sarinah Jakarta, saya mendapatkan info menarik mengenai kopi unggulan mereka, Kopi Sanger.

Es Kopi Susu, Milo dan Teh tarik The Atjeh Connection
Ketika saya tanya apa itu Kopi Sanger kepada salah satu pekerja di The Atjeh Connection, ada jawaban lucu keluar dari ucapannya. Jadi, Kopi Sanger merupakan singkatan dari “sama-sama ngerti”. Tentu, singkatan ini ada sejarahnya. Oh ya, sebelum lanjut ke sejarahnya, Kopi Sanger ini pada dasarnya merupakan kopi hitam khas Aceh, Gayo.

Sejarah Kopi Sanger menurut owner The Atjeh Connection Amir Faisal, pada tahun 1980an, banyak mahasiswa pecinta kopi yang menjadi langganan kopi Acehnya ini dipadu dengan susu. Namun, di akhir bulan, karena keuangan menipis, mahasiswa tersebut minta Kopi Aceh dengan susu, tapi harga lebih murah. Maka, mereka berinisiatif minta Kopi Aceh dengan susu, tapi jumlahnya sedikit. Jumlah sedikit inilah, mahasiswa tersebut meminta pengertiannya. Maka, jadilah namanya Kopi Sanger.

Ayam Tangkap The Atjeh Connection
Menu spesial lainnya di The Atjeh Connection ada Ayam Tangkap. Ayam tangkap ini isinya ada daun pandan dan daun kari. Karena ramai daunnya yang disajikan di atas piring. Maka, ayamnya ini harus dicari dan ditangkap. Begitu sejarah namanya ayam tangkap.

Menu spesial lainnya juga ada Kepiting Jamaica, Sambal Ganja (Belimbing Ulung, Udang dan Daun Jeruk), Tiram Khas Aceh, dan Kue Ade. Bila Sahabat Blogger mampir ke The Atjeh Connection cabang Sarinah Jakarta, maka rekomendasi saya adalah pesan ke 6 menu spesial khas Aceh tersebut.

Oh ya, soal harga. Satu porsi Kopi Sanger dijual seharga Rp 35.000/Rp 40.000 (hot/ice). Kopi Susu yang pada tahun 1980 menjadi idola banyak mahasiswa dijual seharga Rp 40.000/Rp 45.000 (hot/ice). Menu Kepiting Jamaica Masak Aceh dijual seharga Rp 200.000. Tiram Khas Aceh seharga Rp 75.000 dan Sambal Ganja dijual seharga Rp 27.000. Menu Ayam Tangkap Kampung dibandrol seharga Rp 100.000, dan Kue Ade dijual dengan harga murah Rp 10.000.

Ikan Kayu The Atjeh Connection
Selain menu spesial di atas. Sahabat Blogger wajib coba juga yang namanya menu Ikan Kayu. Jadi, Ikan Kayu ini merupakan Ikan Tongkol yang dimasak dengan sambal khas Aceh. Sebagai pecinta pedas, saya bilang ini enak banget. Sumpah dan jujur loh ini.  Sambalnya itu punya cita rasa khas yang gak cuma pedas aja. Dan tingkat kepedasannya bisa request loh. Satu porsi Ikan Kayu dijual seharga Rp 35.000.

Kalau Sahabat Blogger mau mampir ke The Athej Connection dengan menu murah meriah tapi ngenyangin, bisa banget nih pesan Nasi Goreng Polos yang dijual dengan harga standar Rp 20.000. Aneka lauk lainnya ada Mie Aceh, Indomie, Sop Iga dan Buntut, Aneka Ikan, Telor, Aneka Sayuran, Snack (Timpan, Pulot, Kuah Duren, Jala Durian, Tahu Isi, Bakwan Ranjau, Pisang Goreng, Rom-Rom, Bakpia Sabang dan lainnya).

Kue Ade The Connection
Untuk minumnya sendiri ada Espresso, Kopi Hitam Khas Aceh, Cappucino, Caffe Latte, Caffe Mocca, Kopi Susu, Milo, Kopi Sanger, Teh Tarik, Es Teh Manis, Aneka Jus, Ice Lemon Tea, Mineral Water, Soda Susu. Harga minumannya dibandrol mulai Rp 10.000 sampai Rp 40.000.

Coworking Space Besar The Atjeh Connection
Terakhir yang bikin keren dari The Atjeh Connection Sarinah Jakarta kalau mereka punya ruang meeting atau coworking space yang bisa disewa. Biasa disebut ruang VVIP, ada yang besar dan kecil. Ruang besarnya, bila Sahabat Blogger mau sewa, bisa memesan dengan harga Rp 3juta/2 jam dan ruang VVIP kecil seharga Rp 1.5juta/2jam. Penyewaan sudah mendapatkan makanan all you can eat.

Coworking Space Kecil The Atjeh Connection
Jadi itu dia tempat nongkrong baru yang keren, khas anak bangsa tapi tetap berkelas. Yuk, Sahabat Blogger saatnya ngopi ke The Atjeh Connection cabang Sarinah Jakarta?

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

43 komentar untuk "Sarinah Jakarta Hadirkan The Atjeh Connection: Tempat Ngopi Masa Kini yang Sediakan Coworking Space"

Marga Apsari 3 April 2018 pukul 15.00 Hapus Komentar
Wah, mau cobain ayam tangkapnya dong!
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 4 April 2018 pukul 09.04 Hapus Komentar
Besok mampir sini ah, kebetulan ada meeting didaerah Wahid Hasyim besok
nursaidr 4 April 2018 pukul 10.24 Hapus Komentar
Langsung ka mampir. Mantab
nursaidr 4 April 2018 pukul 10.24 Hapus Komentar
Cobain ikan kayunya ka.. yahuutt
Catcilku 4 April 2018 pukul 14.10 Hapus Komentar
tertarik sama kue ade mas bukan kopinya #eh :)
Oline 4 April 2018 pukul 14.50 Hapus Komentar
Waaaah asiiikk di Sarinah ada tempat nongkrong baruu
Aku jadi punya referensi tempat kerja baru disini sambil nunggu suami jemput :)
My Daily Workout Progress 4 April 2018 pukul 22.34 Hapus Komentar
sebagai pecinta kopi, rasanya tongkrongan ini wajib dikunjungi apalagi lokasinya strategis di sarinah, meluncuuur
Catatan Langkah Pemenang 5 April 2018 pukul 00.14 Hapus Komentar
Kopi sanger! Namanya lucu. Ternyata sama-sama ngerti hahaha. Bolehlah dicoba di Atjeh Connection
Atisatya Arifin 5 April 2018 pukul 00.25 Hapus Komentar
Suka sama interior kafenya. Bagus banget kaya kembali ke tempo dulu...
idfipancani 5 April 2018 pukul 10.22 Hapus Komentar
waaah atjeh connection ya... bisa jadi alternatif untuk nongkrong sambil kerja over a cup of coffee.
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.40 Hapus Komentar
Haha saya juga lupa nyobain kemaren. Keasikan foto...
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.40 Hapus Komentar
Cobain kopi nya mba online. 🙌 Josss buat mba online yg suka ngopi sambil ngeDL.
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.41 Hapus Komentar
Meluncur akak...
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.41 Hapus Komentar
Haha iya mba R. Lucu ini namanya. Hihi
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.41 Hapus Komentar
Iya, kece interiornya. Bagus buat foto2.
nursaidr 5 April 2018 pukul 11.42 Hapus Komentar
Meluncur massss...
lita chan lai 7 April 2018 pukul 00.17 Hapus Komentar
kapan2 mampir ah....
Sapa Dunia 7 April 2018 pukul 10.02 Hapus Komentar
Lama ga masuk ke dalam Sarinah, biasanya lewat doank.
Ternyata ada tempat keren
Nurul Dwi Larasati 7 April 2018 pukul 23.07 Hapus Komentar
Wah ada tempat baru di Sarinah setelah sudah lama nggak kesana. Lantai berapa ini tempat?
Fenni Bungsu 8 April 2018 pukul 05.30 Hapus Komentar
Ini di sarinahnya yang bagian food court nya atau dimana kak?
nursaidr 8 April 2018 pukul 14.55 Hapus Komentar
Di atas KFC ka.
nursaidr 8 April 2018 pukul 14.55 Hapus Komentar
Di atasnya KFC ka.
nursaidr 8 April 2018 pukul 14.56 Hapus Komentar
Iya ka cobain mampir. Emak2 menu f&b nya.
nursaidr 8 April 2018 pukul 14.56 Hapus Komentar
Jangan lupa mampir pak agung.
Puspa 9 April 2018 pukul 11.14 Hapus Komentar
Aku penasaran dengan ikan kayunya nih. Kalau ayam tangkap udah pernah mencoba dan enak.
Ivonie 9 April 2018 pukul 11.51 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ivonie 9 April 2018 pukul 11.53 Hapus Komentar
makin asyik ya kalau Sarinah menyediakan co woking space juga dengan adanya the atjeh ini. Kalau di Malang, baru ditambah food court sayang masih kalah saing nih dengan mall baru. Padahal tempatnya dekat dengan alun-alun malang.
FaniaSurya 9 April 2018 pukul 13.57 Hapus Komentar
Pingin nyobain ayamtangkap sama ikan kayu nih. Rasanya seperti apa ya? Belum pernah makan makanan aceh kecuali mie aceh.
achi hartoyo 9 April 2018 pukul 14.33 Hapus Komentar
seru niiih di sarinah pula
Yayat 9 April 2018 pukul 15.28 Hapus Komentar
ooo ini cabang yang di sabang ya.. kalo saya seringnya ke sabang.. cuman tempatnya kecil sih jadi buat kerja gak nyaman juga.. asik nih baru tau ada di sarinah
Sadewi 9 April 2018 pukul 15.50 Hapus Komentar
Kalau lagi ke daerah sarinah mampir kesini ah
Yunita 9 April 2018 pukul 18.02 Hapus Komentar
Baru tau di Sarinah ada The Atjeh Connection, biasanya aku ke TAC yg di jalan Sabang minum kopi sanger. Tempatnya bagusan yg di foto2 kamu sih. Oke deh thanks infonya
Nchie Hanie 9 April 2018 pukul 23.30 Hapus Komentar
Noted banget niih, tempatnya enak yaa..ahh, mau ngopi sanger nih..
Biasanya kalo ngopi di sarinah starbak lagii molo..
Andiyani Achmad 10 April 2018 pukul 08.29 Hapus Komentar
Spot baru buat numpang kerja nih. Deket pulak. Thanks mas buat reviewnya.
urmilamile 10 April 2018 pukul 09.08 Hapus Komentar
aku udah pernah nyobain nih yang di senopati, hihi enakkk :D
Cerita Bang Doel 10 April 2018 pukul 12.49 Hapus Komentar
kykny enak nh
wenny kumala tendean 10 April 2018 pukul 13.09 Hapus Komentar
aku suka ikan kayuu.. enak banget ituuu
hida 10 April 2018 pukul 16.56 Hapus Komentar
Ahhh jadi kangen masakan Aceh..kapan2 boleh nih mampir nyicipin ikan kayu atau timpannya. Makasih sharing infonya ya.
nur annisa 12 April 2018 pukul 08.11 Hapus Komentar
asik banget tempatnya bisa buat kerja dan ngopi di tengah kota :)
Silvia Putri 12 April 2018 pukul 11.16 Hapus Komentar
Note place. Wajib di kunjungi nii
Unknown 18 April 2018 pukul 09.16 Hapus Komentar
Kue Ade itu rasanya gimana? Aku penasaran hahahaha
nursaidr 1 Mei 2018 pukul 07.36 Hapus Komentar
Dan saya juga sampe lupa nyobain ini..saking asiknya foto2 sama nanya2 soal atjeh connectionnya
mude mudrikah 7 Juni 2018 pukul 15.24 Hapus Komentar
Aku pernah coba ayan tangkap dan penasaran sm teh tariknya nih