Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Apresiasi Astra SATU Indonesia Awards, Pengabdian Asas Kepedulian untuk Kemajuan Bersama

 

Generasi Muda Agent of Change and Moral Force and Social Control

Generasi Muda menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai peran penting dalam suatu pembangunan daerah hingga negara. Kita bisa melihat keterlibatan mereka ini diambil dari banyak aspek seperti fisik yang bugar, pemikirian/gagasan baru, inovasi, hingga kreativitas. Sehingga mereka punya kualitas yang mampu merubah diri sampai membawa perubahan bersama-sama dalam skala besar ke arah yang lebih baik (di lingkup sosial/masyarakat).

Mempertegas betapa pentingnya generasi muda untuk perkembangan serta kemajuan suatu daerah hingga negara. Mari kembali mengingat perkataan Bung Karno yang sudah sering kita dengar juga, “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia.”

Sejatinya, generasi muda memiliki 3 fungsi, sebagai:

1. agent of change, di mana ada harapan dari generasi sebelumnya kepada generasi muda saat ini yang dapat meneruskan perjuangan/memberikan perubahan ke arah yang lebih baik untuk suatu lingkungan maupun negara.

2. moral force, bagaimana pemuda-mudi menjadi suri tauladan di tengah masyarakat yang akan diamati, dinilai hingga ditiru. Sehinga segala tindakan yang dilakukan akan memberikan pengaruh kepada suatu lingkungan ke arah positif ataupun negatif.  

3. Social control, generasi muda menjadi penggerak di suatu masyarakat maupun bangsa dalam menyelesaikan masalah.

Kini, Indonesia menghadapi bonus demografi di mana proporsi usia produktif (15-64 tahun) lebih besar 60% daripada usia nonproduktif pada tahun 2030 – 2040 mendatang. Hal ini bisa menjadi keuntungan sendiri dalam memberikan perubahan dan kemajuan bersama-sama suatu negara yang digerakaan oleh generasi muda.

Tentu saja ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi yang berkualitas, bukan sekedar kuantitas saja. Memiliki generasi muda yang membawa tekad dalam lubuk hati sebagai agent of change, moral force dan social control.

Apresiasi Astra SATU Indonesia Awards, Portofilio Generasi Muda Berkualitas



Lalu apakah Indonesia sudah siap menghadapi bonus demografi? Benarkan generasi muda Indonesia sudah memiliki kualitas guna memberikan perubahan untuk bangsa? Ya jawabannya, optimis, mulai dari diri sendiri bagaimana kita bisa memberikan manfaat sekecil apa pun untuk orang banyak.

Indonesia tidak kekurangan generasi muda yang berkualitas. Ada banyak pemuda yang mengabdikan dirinya untuk memberikan manfaat bagi lingkungan atau masyarakat luas sebagai agen perubahan yang tentu saja memberikan dampak positif bagi kemajuan bersama.

Hal ini sebagaimana yang didapatkan Astra melalui program  Apresiasi Astra SATU Indonesia Awards. SATU Indonesia Awards merupakan apresiasi dari Astra yang diberikan kepada generasi muda (baik individu/kelompok) yang mempunyai peran sekaligus tengah menjadi penggerak bagi kemajuan suatu lingkungan masyarakat serta memberikan kontribusi positif baik di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirasuahaan, dan Teknologi.

Melalui ajang SATU Indonesia Awards, Astra mencari dan mengumpulkan generasi muda yang berkualitas dengan memberikan perubahan positif bagi masyarakat yang tersebar dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua.

Mengutip dari laman Antaranews, disampaikan oleh Presiden Direktur Astra Djoni Bunarto Tjondro, “Begitu banyaknya anak muda Indonesia yang tersebar dari ujung barat Sumatra hingga ujung timur Papua, dengan segala keterbatasannya, yang memiliki semangat dan inovasi yang luar biasa untuk membuat perubahan psotifi bagi masyarakat sekitarnya.”

SATU Indonesia Awards dimulai sejak tahun 2010, terhitung hingga tahun 2023 ini tengah berlangsung selama 14 tahun. Sekiranya, dari generasi muda yang sudah terpilih ini dari tahun ke tahun, terus menunjukkan data banyaknya anak muda yang dapat memberikan harapan guna memberikan perubahan positif untuk perkembangan dan kemajuan suatu daerah maupun negara.

5 Finalis Penerima Apresiasi Astra SATU Indonesia Awards

Mengutip dari laman Astra Satu Indonesia, tahun ini telah terpilih 5 penerima apresiasi generasi muda berkualitas SATU Indonesia Awards 2023:

1. Theresia Dwiaudina Sari Putri - NTT



Mengabdikan diri sebagai bidan tenaga honorer dengan upah “seikhlasnya”. Theresia menjadi Pejuang Kesehatan dari Timur Indonesia di yang berhasil menurunkan angka stunting secara signifikan dengan memberikan edukasi kepada orangtua terkait pola asuh yang baik dan nutrisi sehat untuk anak.

2. Diana Cristiana Dacosta Ati – Papua



Diana menjadi Pengabdi Pendidikan di Pelosok Papuas Selatan yang mengabdikan dirinya di daerah terpencil, Kampung Atti, Kab. Mappi, Papua Selatan. Dari yang banyak anak-anak lebih memilih bekerja dibanding sekolah, fakta anak SD kelas 6 belum bisa membaca, dengan kehadiran Diana dan 2 rekannya anak-anak Kampung Atti mulai bisa membaca dan menulis. Bahkan jumlah minat sekolah anak-anak di sana bertambah dan memberikan dampak semangat melanjutkan sekolah ke jenjang SMP.

3. Alan Efendhi - Yogyakarta



Berawal dari keresahan perihal merebaknya isu kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) akibat pola hidup konsumsi makanan kurang sehat, Alan Efendhi mengembangkan minuman sehat dari Aloe Vera dengan pemanis alami daun Stevia. Hingga kini, Alan mengembangkan budidaya aloe vera dan memproduksinya dengan melibatkan 125 orang mitra petani binaan.

4. Reza Permadi – DKI Jakarta



Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak positif yang luas bagi perkembang bisnis baik sektor F&B, fashion hingga wisata. Peluang ini dimanfaatkan oleh Reza yang menciptkan Autorin Visitor Management System (AVMS) yang menjadi program dari Autorin sebagai perusahaan rintisan. Program ini memberikan manfaat bagi pengelola destinasi wisata atau desa wisata menjual paket, atraksi wisata dan layanan lainnya.


5. Rengkuh Banyu Mahandaru (Penerima Preasiasi Bidang kelompok) – DKI jakarta



Peduli akan lingkungan, khususnya masalah pembungkus plastik dan styrofoam. Rengkuh Banyu mendirikan Pelepah perusahaan rintisan yang memproduksi kontainer makanan ramah lingkungan dari bahan baku pelepah daun pinang.

Tentu dari diangkatkan kisah inspiratif 5 generasi muda di atas, diharapkan bisa menjadi penggerak untuk kita semua bisa menyebarkan semangat optimisme menjadi agen perubahan guna memberikan manfaat seluas-luasnya kepada banyak orang.

Menjadi generasi muda yang memberikan kesejahteraan masyarakat baik sektor pendidikan, lingkungan, kesehatan, kewirausahaan dan teknologi. Menutup, penulis mengucapkan selamat kepada 5 Finalis Satu Indoesia Awards 2023. Semoga segala perjuangan yang sudah dilalui dalam masa pengabdian kepada masyarakat bisa menjadi inspirasi banyak generasi muda lainnya.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Apresiasi Astra SATU Indonesia Awards, Pengabdian Asas Kepedulian untuk Kemajuan Bersama"