Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

2 Manfaat Gaya Hidup Halal, Indonesia Sehat dan Sejahtera

 

Hai Sobat Blogger semua, gaya hidup halal saat ini sudah menjadi trend. Mayoritas dari masyarakat muslim kita di Indonesia, sudah tidak lagi menganggap halal adalah sebuah tuntutan, melainkan lifestyle yang bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.

gaya hidup halal


Menjalani gaya hidup halal saat ini punya dampak besar bagi pelakunya. Seperti keberkahan hidup dari produk-produk halal yang digunakan. Adanya jaminan kebersihan, kesehatan serta keamanan untuk tubuh baik dikonsumsi maupun dikenakan.

Tapi tahu gak sih, kalau dampak lebih besarnya lagi menjalani gaya hidup halal bisa berpengaruh pada ekonomi masyarakat Indonesia. Sehingga bisa dikatakan menjalani gaya hidup halal menjadi fondasi bagi masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat baik secara fisik maupun materi.

gaya hidup halal


Ngebahas soal menjalani gaya hidup halal di Indonesia. Kemarin pada Rabu (20/4/2022) saya mengikuti webinar dari Danone Indonesia bersama CNN Indonesia dengan tema “Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat” bersama 3 pembicara:

1. Jetti Rosila Hadi, selaku Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestye Center.
2. Prima Sehanputri, selaku Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia.
3. Dr. Muhammad Aqil Irham, M. Si, selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Menjalani Gaya Hidup Halal, Ajak Tubuh Menjadi Sehat

Masa iya gaya hidup halal bisa jadi pondasi indonesia sehat dan kuat? Menjawab pertanyaan di atas,  Ibu Jetti Rosila Hadi mencoba menuturkan kaitan gaya hidup halal ini dengan kesehatan sampai dengan pendorong ekonomi negara.

gaya hidup halal


Sebelumnya, mari kita samakan kalau halal ini bisa diterapkan untuk semua orang. Ibu Jetti menjelaskan, pembahasan ini tertuang dalam surat albaqarah ayat 168, di mana Allah menyebutkan seruannya “untuk manusia”, bukan umat muslim saja. Sehingga, himbauan menjalani kehidupan yang halal berlaku untuk seluruh manusia.

Kata Halal erat kaitannya dengan yang namanya thayyib/baik. Thayyib di sini artinya bersih, aman dikonsumsi, menyehatkan dan bermutu. Sehingga, bagi manusia yang menjalani gaya hidup halal akan mendapatkan jamiinan sebagai fondasi kesehatan bagi tubuh.

Menjalani Gaya Hidup Halal, Fondasi Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Kita ketahui bersama, Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia, tapi bukan juga sebagai negara muslim. Kiya bayangkan, bagaikana aktivitas umat muslim dari bangun tidur sampai tidur lagi yang menggunakan aneka makanan/produk/jasa yang halal. Sehingga, semua produk berlabel halal akan digunakan. Nah, tak terkecuali oleh umat non-muslim itu sendiri. Kembali lagi, karena memang halal untuk semua orang.

gaya hidup halal


Sehingga, ada peranan penting dari logo halal bukan sebagai syarat dari agama saja. Tapi memiliki nilai value sendiri di mata masyarakat yang telah menerapkan gaya hidup halal. Kembali lagi pada poin di atas, halal erat kaitannya dengan kata thayyib.

Pada akhirnya, logo halal memberikan kenyaman secara emosional kepada konsumen. Di mana konsumen merasa nyaman, merasa yakin untuk mengkonsumsi/menggunakannya. Karena halal itu baik, aman dikonsumsi, halal menyehatkan, halal dari seluruh prosesnya harus baik juga, barang didapat dengan baik, pengolahan, pengangkutan, packaging, sampai urusan pembayaran gaji karyawan semuanya baik.

Maka gaya hidup halal semi fondasi indonesia. Bisa dilihat dari aktivitas masyarakat Indonesia dari bangun tidur menggunakan barang/jasa. Sehingga membutuhkan semua barang yg halal dan thayyib.

Pada akhirnya semua akan berkaitan dengan pelaku usaha baik makro maupun mikro. Bayangkan, apabila semua pelaku usaha sudah mendapatkan sertifikat halal. DI mana masyarakat Indonesia menerapkan gaya hidup halal. Tentu, label ini bisa menjadi value tambah yang membuatnya diburu masyarakat. Misalnya saja gorengan kaki lima dengan label halal. Apakah ini tidak menjadi daya tarik sendiri?

gaya hidup halal


Gaya hidup halal ada 10 sektor: makanan, sharia finance, fashio, media dan recreational, halal tourisme, kosmetik, art and culture, farmasi, pendidikan, dan medical care and wellness.

gaya hidup halal


Sekarang, Indonesia Halal Lifestyle Center mencoba fokus pada makanan dan fashion. WHO merekomendasikan makanan dilarang dikonsumi untuk gaya hidup halal;

1. Melarang makan hewan liar
2. Healthy and safety food
3. Tidak meminum alkohol
4. Menjauhi rokok

gaya hidup halal


Menarik untuk dibahas, Ibu Jetti menjelaskan bahwa ada hasil report menyebutkan pasar halal indoensia secara cuan juga besar. Kita harapkan kalo uangnya besar, bergulir ke ekosistemnya. Mengenai ke seluruh masyarakat. Dan berharap kesejahteraan bangsa indonesia bisa meningkat, ekonomi bergerak.

gaya hidup halal


Disebutkan Indonesia membuka pasar konsumen halal terbesar. 3 peluang utama:

1. Punya peluang pertumbuhan eksport.
2. Punya subsidi import.
3. pertumbuhan investasi asing.

Jadi, halal bukan hanya umat muslim yg ingin sehat, aman dan nyaman dalam kehidupannya dengan barang2 yg mereka gunakan. Produk dan jasa pasarnya terbuka untuk semua orang.

gaya hidup halal


Artinya halal lifestyle untuk kualitas lebih baik. Ketika hidup dan keberkahan berpadu menjadi satu, membuat kita sehat dan gembira. Karena kita tahu semua yg kita makan dan pakai sudah menunjang kaidah-kaidah ke islaman dan keilmuan.

Penting untuk diingatkan, Ibu Jetti menjelaskan juga orang luar melihat produk indonesia sedikit halal karena pelaku usaha banyak tidak menerapkan sertifikasi halal. Sedangkan orang indonesia menganggap makanan indonesia halal. Sedangkan ini tidak diketahui orang orang luar.

Upaya Pemerintah Memudahkan Masyarakat Mendapatkan Label Halal

Bagaimana label halal pemerintah menjadi pihak menyusun mekanisme memudahkan masyarakat mendapatkan produk halal dgn sertifikasi halal? Bagaimana pemerintah menargetkan 10 juta produk halal. Realisasinya seperti apa?

gaya hidup halal


Muhammad Aqil Irham menjelaskan, saat ini pemerintah dalam hal ini Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai regulator memberikan jaminan kepada konsumen atau produsen agar aktivitas menghubungakan antara konsumen dan produsen berjalan baik.

Halal bukan gaya hidup saja, tapi berimplikasi soal ekonomi dan industri. Perusahaan harus mengikuti perkembangan konsumen yang ada. Karena memang berpengaruh pada ekonomi industri halal.

Produsen halal terbesar di dunia berasal dari negara bukan mayoritas muslim, bahkan termasuk negara sekuler. Tapi mereka mengekspor barang-barang halal ke seluruh negara-negara muslim di dunia termasuk Indonesia. mereka melihat segmen pasarnya 1.9M di dunia. Dan Indonesia penduduk terbesar sehingga menjadi pasar menggiurkan.

gaya hidup halal


Melihat fakta di atas, kita harus mendorong pelaku usaha dalam negeri, baik skala besar atau mikro kecil agar mereka memperhatikan produk yang mereka produksi secara halal dengan melakukan langkah-langkah interpensi. Khususnya bagaimana kita melakukan interpensi kepada pelau usaha mikro dan kecil. Karena, Pelaku usaha mikro kecil ini belum pada level mengganggap halal sebagai sebuah value/reputasi. Masih pada pemikiran, “kalo sudah halal, ngapain ngurusin sertifikasi halal?”

gaya hidup halal


Oleh sebab itu BPJPH melakukan program sehati, Sertifikat halal gratis kepada pelaku usaha mikro/unit usaha mikro kecil (UMK). Di mana biaya akan ditanggung pemerintah, atau perusahaan besar memfasilitasi membiayai UMK binaan berskala mikro kecil itu.

Sebagai informasi tambahan, saat ini biaya per 1 desember sudah diturunkan. Sebelumnya 3 jutaan ke atas, menjadi Rp 230.000 persertifikat UMK.

Pak Muhammad Aqil menjelaskan, “Kita ingin umk menjadi garda terdepan mempekuat kebutuhan domestik. Kalo bisa UMK yg sudah sertifikat halal ini bisa naik kelas dan produknya bisa dipasarkan ke supermarket, mall, hingga go internasional. Sedangkan perusahaan menengah ke atas/besar bisa tembus juga ke domestik dan ekspor.”

Komitmen Danone Indonesia Menciptakan Produk Halal

IBu Prima Sehanputri selaku Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia menjelaskan kalau halal untuk Danone Indoensia sudah menjadi bagian dari value. Sehingga ada upaya untuk menciptakan adanya keamanan dan mutu menjadi satu kesatuan.

gaya hidup halal


Danone punya internal halal tim, semua dimulai dari manajeman. Halal sebagai komitmen keamanan nutrisi, kualitas. Kami berkomitmen pada prinsip halal thoyiban dan rahmatan lil alamin. Bukan syarat saja. Semua sejalan mulai keamanan, mutu dan kualitas. Seperti adanya penerapan sertifikasi food safety, BPOM, label halal MUI.

Dan Danone Indonesia sudah mendapatkan apresiasi dan penghargaan "halal top brand". Menggambarkan produk Danone mengedepankan keamanan, mutu, keselataman dan kesehatan konsumen.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "2 Manfaat Gaya Hidup Halal, Indonesia Sehat dan Sejahtera "