Selamat Datang

6 Tantangan Menjadi Blogger

Hai Sobat Blogger, Banyak di antara teman-teman social media yang bertanya kepada saya, "Ka, buat jadi blogger gimana sih?" Sekiranya ada begitu banyak pertanyaan serupa yang masuk ke dalam list pertanyaan teman-teman. 

6 tantangan menjadi blogger
sumber: pixabay

Saya tahu, alasan dari teman-teman bertanya demikian ingin juga mengikuti jejak saya dan teman-teman blogger lainnya. Seperti yang sudah-sudah, salah satu alasan ingin menjadi blogger adalah karena kegiatan yang saya awali dari hobi menulis ini rupanya bisa ditekuni menjadi profesi yang menghasilkan.

Namun, Sobat Blogger pernah pengen tahu gak sih. Ada begitu banyak tantangan-tantangan selama ngeblog yang saya lalui. Saya akan coba memberikan gambaran tantangan selama ngeblog ini berdasarkan awal memulai terjun ke dunia blogging hingga bisa menjadi profesi. 

1. Membuat blog; Membuat domain, menentukan niche

Kesulitan diawal-awal saya memulai ngeblog ini adalah membuat domain dan menentukan niche. Ya, buat domain diawal jadi langkah penting untuk meyakinkan pembaca atau bahkan calon klien dengan membuat donain berbayar. 

Pertanyaannya adalah, waktu itu saya mau bikin domain dengan nama apa? Lalu tulisan atau nichenya apa? Gak sampai di situ. Buat saya yang agak gaptek teknologi juga jadi masalah awal gimana caranya beli domain? Di mana? Sampe ke urusan pembayaran domainnya? 

Hayo, ngaku siapa yang juga pernah punya masalah seperti ini? Atau memang sekarang lagi galau juga mau memulai ngeblog karena masalah ini juga? Hehe 

Well, permasalahan ini akhirnya terlewati. Saya pun akhirnya memutuskan membuat nama domain dengan nama saya dan memutuskan membuat niche blog lifestyle. Dan urusan beli domain dan cara bayarnya. Beruntung ada teman-teman blogger yang pada saat itu membantu saya. 

2. Menulis blog organik secara rutin

6 tantangan menjadi blogger
sumber: pixabay

Saya inget banget, setiap ditanya kenapa sih harus ngeblog? Saya selalu katakan ingin membagikan ilmu yang sudah saya peroleh agar bisa diambil manfaatnya juga oleh orang lain. Ya, sesuai dengan ajaran Islam salah satu amal jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Nah, sekarang ini jadi agak males gitu buat nulis blog organik. Mengingat, sudah keenakan nulis blog berbayar. Ya Allah, berikan hambamu ini hidayah! Hehe

3. Ngurusin blognya

6 tantangan menjadi blogger
sumber: pixabay

Punya blog terernyata gak gampang. Mesti ngurusin yang namanya eror codingan, beli template yang seo, setting template blog yang nyaman untuk pembaca sampai ngurusin spam scorenya. Duh, ini mesti dipelajari mau gak mau. 

4. Belajar SEO

6 tantangan menjadi blogger
sumber: pixabay
Aaaaahhh, tidaaaaak. SEO, apa itu? Asli, susah banget belajar SEO ini. Saya harus belajar ke 3 orang dan lebih dari 3 bulan baru bisa paham soal SEO ini. Belajar yang namanya SEO on page dan SEO off page. Waktu itu sempat belajar sama teman namanya Darwin, nimbrung kopi darat bareng Komunitas ISB bahas SEO juga, sampai belajar sampe mateng soal SEO sama Indoblognet yang gurunya ada Mas Febryan Lukito. Wah, beruntung banget bisa punya banyak kesempatan diajarin soal SEO ini.  

5. Menulis konten blog lifestyle

Banyak yang menyebutkan kalo blogger lifestyle ini apa saja ditulis, macam gado-gadolah ya. Dasarnya sih memang seperti itu. Apa yang sedang trend saat ini, bisa diulas. Entah itu kuliner, tempat wisata, gadjet, otomotif, kesehatan, keuangan dan banyak lagi.

Tapi, disadari atau tidak oleh teman-teman blogger lainnya. Bagi saya pribadi, terkadang menulis apa saja ini bisa menjadi masalah baru. Mengingat, topik yang akan ditulis terkadang tidak sesuai dengan background pendidikan saya.

Contoh saja, salah satu tantangan event blogger bagi saya itu adalah pembahasan soal investasi. Wah, jujur aja. Saya awam banget soal investasi ini. Tapi, seiiring berjalan dan datang kembali undangan event liputan investasi. Saya malah jadi sedikit demi sedikit paham soal trend investasi saat ini. Wait,  ini gak segampang saya sekali diundang event langsung paham. Pasalnya, saya bahkan sampai harus ketemuan sama teman yang bekerja di salah satu perusahaan penyedia aplikasi saham untuk berdiskusi soal investasi saham ini.

6. Branding diri

Blogger, kayaknya sekarang sudah banyak banget sama yang namanya blogger deh. Apalagi di Jakarta sebagai Ibu Kota. Tentu, banyak sekali blogger yang aktif ngeblog dan mereka jadikan sebagai profesi untuk mencari nafkah, termasuk saya. Oleh sebab itu, diawal memulai karir sebagai blogger. Jelas sekali saya benar-benar tergopoh-gopoh untuk mengenalkan diri saya sebagai blogger pendatang baru di Jakarta.

6 tantangan menjadi blogger
sumber: pixabay


Well, itu dia tantangan saya selama ngeblog. Sekarang, kalau kamu emang mau ngeblog, buat aja dulu dan mulai menulis dengan apa yang kamu senangi. Semangat ya buat Sobat Blogger yang mau ikutan ngeblog. Yakin aja, semua bisa dilalui asal ada kemauan untuk terus belajar. 

Btw, kamu yang menjadikan ngeblog sebagai profesi punya tantangan apa sih? Pasti masih ada lagi dong tantangan lainnya selain yang saya sebutkan. Boleh banget nih sharing di kolom komentar. 


Belum ada Komentar untuk "6 Tantangan Menjadi Blogger"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel