Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Depresi dan Pengalaman Konsultasi Psikolog Murah

Halo Sobat Blogger.
Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah- Pada tulisan ini akan menjadi awal tahu dari cerita kalau saya sedang dalam keadaan yang kurang baik. Mungkin banyak di antara teman-teman yang melihat saya saat ini hidup dalam keadaan bahagia. Apalagi didukung dengan beragam macam prestasi yang sudah saya dapatkan di tahun 2019 lalu.



Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


“Cuma bisa ketawa”, itu adalah penggambaran tentang saya yang sering terdengar di lingkungan rumah. “Gak bisa marah”, itu beberapa perkataan dan pertanyaan yang orang lontarkan kepada saya.

Dan pada akhirnya, saya mau bilang kalau gak semua yang bisa kamu lihat adalah perwujudan sesungguhnya dari kehidupan seseorang. Apalagi, kalau hanya sebatas melihat saya dari bingkai Instagram yang setiap postingannya sudah saya atur sedemikian rupa dengan tujuan untuk menunnjukan kesan wah kepada pengikut saya di social media.

Saya jadi teringat dengan sapaan seorang teman yang tiba-tiba saja mengirim pesan di Instagram dan melemparkan pertanyaan layaknya pernyataan opini pribadinya.

Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Depresi atau stress. Sejenak berpikir apakah saya mengalami hal tersebut? kalau iya, atas dasar apa saya menilainya dan melebeli diri seperti ini? Entahlah.

Menjawab semua ini saya pun mencoba mencari tahu apa itu depresi dalam pencarian saya di berbagai laman google bahkan iseng menjadi pencarian apakah depresi itu benar bisa dikaitkan dengan kurang iman? Mulailah pencarian saya ini dan saya mulai sedikit bercerita di Insta Story yang sudah saya highlight dan simpan di profile Instagram.

Jadi, Apa itu Depresi?

Bermula dari rasa penasaran apakah saya depresi sampai akhirnya menemukan sebuah postingan mengenai kata tersebut. Saya mulai serius menjelajahi kata tersebut melalui mesin pencarian google.

Melalui sebuah postingan di social media dijelaskan. Depresi adalah gangguan mental serius yang ditandai dengan memburuknya suasana hati, kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya disukai, sedih berkepanjangan hingga menggangu produktivitas sehari-hari.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Dalam dunia medis yang dijelaskan oleh Dr. Suryo Dhamono, Sp.KL orang yang mengalami gangguan jiwa ini mengalami keadaan di mana ia merasa putus asa, merasa bersalah, tidak bisa tidur, tidak mau makan, kehilangan minat dan energi bahkan bisa berujung menjadi pribadi yang psimis.
Apakah penyakit gangguan jiwa ini datang secara tiba-tiba? Tentu saja tidak. Ada beberapa faktor yang bisa ditemukan atas terjadi hal tersebut:
1. Mengalami peristiwa traumatis atau tekanan batin.
2. Memiliki penyakit kronis atau serius.
3. Memiliki kepribadian tertentu; merasa rendah diri, psimis, terlalu keras menilai diri.
4. Ketergantungan alkohol dan narkoba.
5. Konsumsi obat-obatan.
6. Memiliki riwayat gangguan mental lain.

Apakah Saya Depresi?

Berdasarkan pencarian saya di atas. Saya pun mulai menilai dan melihat ke dalam diri jauh-jauh atas apa yang saya alami. Beberapa hal yang saya alami:
1. Adanya trauma di masa lalu hingga menyebabkan mimpi buruk selalu datang atas kejadian tersebut dan membuat tidur menjadi sangat melelahkan.
2. Adanya traumatis atas beberapa kejadian yang menyebabkan badan mulai merinding dan panas dingin ketika melewati suatu tempat.
3. Ketika emosi sedang naik dan semuanya ditahan. Tangan dan kaki mulai serasa gemetar, panas dingin dan ingin memukul atau menghancurkan sesuatu akibat menahan marah yang tidak disalurkan. 
4. Di suatu masa. Bahkan saya pernah merasa ingi mati saja, tidak ingin dilahirkan dan tidak ingin hidup di dunia ini.
5. Pusing, mual saat banyak tekanan dan lainnya.

Berbekal sharing soal depresi di social media. Memunculkan berbagai macam respon sampai pendapat orang-orang soal gangguan jiwa ini. Pada akhirnya, teman-teman yang pernah dan sedang menjalani konsultasi sampai terapi di psikolog pun sharing kepada saya mengenai pengalaman mereka.

Yah, dari situ akhirnya saya mulai memikirkan untuk mencoba konsultasi. Tapi, mengingat biaya konsultasi yang saya tahu tidak murah. Saya masih mengurungkan niat untuk konsultasi psikolog. Bahkan, teman saya bercerita ia menjalani 1 kali konsultasi dikenakan biaya Rp 500.000.

Oke baik, bila kondisinya saya bekerja dan memiliki jaminan kesehatan dari kantor semuanya terasa baik-baik saja. Tapi, faktanya saya yang sekarang adalah seorang fulltime blogger atau freelancer yang tidak memiliki jaminan kesehatan dari kantor.

Akhirnya ada yang sharing soal biaya konsultasi yang ditanggung BPJS dan semuanya gratis. Oke, BPJS. Sayangnya saya tidak memiliki ini. Karena yang saya pakai adalah KJS. Saya pun mencoba mencari tahu soal ini.

Sampai pada akhirnya saya menemukan artikel kalau sudah ada layanan konsultasi psikolog di Puskesmas yang murah meriah. Ya, setelah saya baca-baca. Kalau ternyata sekarang sudah ada layanan psikolog yang murah meriah di Puskesmas. Bermodalkan Rp 30.000, saya maupun Sobat Blogger sudah bisa melakukan konsultasi dengan seorang psikolog.

Konsultasi Psikolog Murah di Puskesmas

Oke, berdasarkan informasi yang sudah saya dapat. Ada beberapa puskesmas yang memiliki layanan psikolog di Jakarta.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah

1. Puskesmas Kecamatan Kemayoran
2. Puskesmas Kecamatan Taman Sari
3. Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama
4. Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan
5. Puskesmas Kecamatan Pancoran
6. Puskesmas Kecamatan Kramat Jati
7. Puskesmas Kecamatan Kramat jati
8. Puskesmas Kecamatan Mataram
9. Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo
10. Puskesmas Kecamatan Johar Baru
11. Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu
12. Puskesmas Kecamatan Tebet
13. Puskesmas Kecamatan Setiabudi
14. Puskesmas Kecamatan Duren Sawit
15. Puskesmas Kecamatan Cipayung



Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Buat Sobat Blogger bisa banget nantinya berkunjung ke lokasi puskesmas terdekat.

Mencari Layanan Konsultasi Psikolog Murah di Puskemas Jakarta

Oke, jadi. Berdasarkan pengalaman seseorang yang dia tulis dan saya temukan di mesin pencari google. Kalau untuk mendapatkan layanan konsultasi ini gak mudah. Alias, gak bisa langsung datang dan konsultasi. Masih ada harus melihat jadwal tunggunya.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah

Maka, percobaan kunjungan saya pertama adalah Puskesma Kecamatan Mampang Prapatan. Sekitar pukul 07.30an sampai di peskesmas dan ambil nomor antrian serta sudah diberi tahu satpam nanti untuk layanan konsultasi psikologi bisa cek jadwal dulu. Akhirnya nomor saya pun dipanggil dan menuju loket. Di loket saya diberikan nomor whatsapp pribadi psikolog di sana dan menanyakan jadwal.

Baiklah, saya save nomornya dan saya whatsapp untuk mendapatkan jadwal konsultasinya. Dan gak berselang lama sih, pesan saya sudah dibaca dan dibalas. Dan diberitahukan kalau baru ada jadwal bulan Februari. Jelas saja ini saya tolak. Karena saya butuhnya segera. Akhirnya pesan saya balas lagi untuk meminta izin cek jadwal di puskemas lain.

Saya pun meluncur menuju Puskesmas Kecamatan Setiabudi. Sampai di sana, ambil antrian dan saya dipanggi ke loket. Begitu ditanya mau ke mana kunjungannya dan saya jawab psikolog. Dijawab, kalau saat ini layanan psikolog sedang tidak ada SDMnya. Karena sedang ada jadwal di kementerian.

Oke, saya melanjutkan pencarian layanan konsultasi ke Puskesmas Kecamatan Tebet. Luar biasa antriannya saat itu. Mengingat sudah memasuki jam siang sekitar pukul 09.00an. Ambil nomor antrian pun jarak dipanggilnya jauh sekali. Tapi ya sudah kepalang tanggung. Akhirnya sekitar setengah jaman saya menunngu. Nomor saya dipanggil dan ditanyakan kunjungannya mau ke mana.

Sebelumnya saya sudah berpikir, kalau sampai jadwalnya lama. mau saya telponin dulu lokasi-lokasi Puskesmas terdekat dan tanya jadwalnya dulu. Dan begitu saya sebutkan tujuannya mau ke Psikolog. Dikonfirmasilah bisa langsung dapet jadwal siang itu juga. Ya sudah, Langsung saya jawab gak apa-apa nunggu juga sampe siang.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Oh ya, saya berobat di sini non BPJS ya. Jadi saat mendaftarkan diri di loket. Cukup bawa KTP saja dan didata nanti. Dan bisa langsung ke layanan psikologinya dengan biaya Rp 30.000 saja. Ya, saran sih kalau emang mau berkunjung dan gak mau ribet. Bisa telpon puskesmas kecamatannya dahulu untuk memastikan jadwal psikolognya. Kalau ada di hari itu, bisa langsung berkunjung.

Konsultasi Psikolog Murah, Apa yang Harus Disiapkan?

Sebelum datang untuk konsultasi. Saya pun sudah mencari info terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan.
1. Mental
2. Menyusun atau memetakan pokok masalah apa saja yang ingin disampaikan
3. Penyelesaiannya apa yang kita inginkan?



Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Kenapa nomor satu mental?  Begini ceritanya.

Pada saat itu, begitu dapat info bisa langsung konsultasi. Saya udah senang banget nih bisa langsung curhat ngeluarin semua uneg-unegnya. Tapi, ternyata gak gitu doang. Sekitar 10 menit sebelum konsultasi. Psikolognya muncul dan mencari tahu di luar ruang tunggu siapa yang mau konsultasi. Dan begitu ketemu psikologinya, mulai kena serangan panas dingin dari atas kaki sampai kepala.

Dan begitu masuk ke ruangan sama psikolognya. Buyar sudah, kepala mulai pening seperti mendapatkan tekanan. Untung saja sebelumnya saya sudah tahu kondisi ini. Jadi, saya coba tahan dan fokus ke cerita.

Selanjutnya memetakan cerita.
Iya, saat ditanya sama psikolognya, “Jadi gimana nih mas. Ada yang mau diceritakan?” Gtw deng lupa kalimat tepatnya begitu atau bukan. hehe

Pokoknya, setelah psikolog berbasa basi mengajak berkenalan dan sebagainya. Lalu dipersilahkan saya untuk bercerita. Saya pun sudah menyebutkan kalau saya punya 3 masalah utama. Semuanya saya ceritakan sesuai alur waktu dan kejadiannya.

Ya, dibalik cerita yang sudah saya persiapkan di kepala saya ini. Rupanya, tekanan yang didapat masih bisa membuat pikiran goyah dan hilang kendali. Akhirnya ada beberapa cerita yang tidak tersampaikan atau lupa.

Pentingnya sudah memetakan cerita. Saya pun jadi tidak panjang lebar konsultasi untuk bercerita saja. Karena akan ada sesi tanya jawab dan penyelesaian masalahnya seperti apa. Saya pun sempat mendapatkan terapi. Tapi, ya begitu dah. Karena waktu itu emang kepala makin gak karuan dengan segala tekanan yang saya dapat. Benar-benar ngeblang dan terapi tolak karena menganggap tidak merasakan apa-apa.

Terakhir, maunya menyelesaikan masalahnya seperti apa?
Begitulah yang ditanya psikologinya kepada saya. Jadi, saya maunya bagaimana? Ini yang tidak saya persiapkan. Jadi, ya sudah. Saya jawab seadanya saja saat itu. Kalau saya pengennya begini dan begitu.

Dan setelah saya sampaikan. Dicoba dilihat deh masalahnya apa di saya? Dan penyelesaiannya apa? Ya sudah, selesai konsultasi, terapi, tanya jawab dan diliat masalahnya. Saya dikasih PR yang sampai saat ini belum saya kerjakan. Dikasih batas sebenarnya 4 hari maksimal. Tapi ini udah lewat kayaknya. Hehe

Oh ya, bahas soal tekanan yang saya ceritakan di atas. Tekanan seperti apa sih? Jadi gini, saat hendak bercerita. Tentu saja saya akan kembali membuka memori lama itu. Trauma, ketakutan, kecewa serta kebencian yang udah saya simpan di box rapih-rapih. Tapi, saya keluarkan dan bahkan saya buka lagi.

Bukan cuma sekedar ngebuka cerita lama. Tapi, saya harus meraba, mengingat dan merasakan setiap kejadian yang pernah dialami itu. Akhirnya, energi-energi negatif itu seperti berkumpul dan menyelimuti saya. Dan membuat saya merasa tertekan atas setiap kata yang saya keluarkan. Semacam ada pertahanan diri lah ya. Makanya ngerasa kaya ada tekanan tapi saya harus melindungi pertahanan itu.

Bertahan gak boleh marah, gak boleh nangis di depan psikolognya. Eh, tapi kalau Sobat Blogger mau melampiaskan dan mengekspresikan emosinya sekalian sambil nangis juga gak apa. Mungkin rasanya nanti lebih plong. Oh ya, Dan badan panas dingin kepala pusing ini baru netral sekitar pukul 01.00 dini hari sejak pagi kemaren saya konsultasi.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Begitu ceritanya. Senang juga sih, waktu konsultasi saya kemaren itu kayaknya lebih dari satu jam. Karena gak ada pasien lagi selain saya. Jadi, kaya gak ada batas waktu. Pokoknya, kemaren konsultasi sekitar jam 10an sampai azan zuhurlah. Normalnya, konsultasi itu 1 jam. Sudah termasuk cerita, tanya jawab dan pendapat psikolognya.

Konsultasi Psikolog Murah di Puskesmas Kecamatan Tebet Memuaskan

Saya bilang memuaskan bukan karena biayanya yang murah saja. Melainkan, perlakuan kaka psikolognya. Oh ya, selama saya konsultasi. Saya gak pernah manggilnya sebutan dok atau dokter. Soalnya, dari awal ngobrol kaya dibuat dengan suasana bukam lagi ada saya sebagai pasien dan di depan saya dokter. Tapi, ya kaya teman aja. Dan didukung dengan penampilan fisik yang belum tua sih ini. Akhirnya, saya panggil aja ka.

Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Pelayanan baik yang saya dapat begini.... Ruang Psikologi di Puskesmas Kecamatan Tebet ini masih numpang di ruang Poli PKPR dan Sahabat. Psikolognya seperti mengerti, kalau saya pasti gak akan nyaman untuk konsultasi dengan kondisi ruang bercampur.

Awal saya menunggu di ruang tunggu dan dipanggil siapa yang mau konsultasi. Psikolognya ini yang nyamperin saya di ruang tunggu dengan posisi saya duduk. Akhirnya, disamperlah saya dan psikolognya ini menceritakan kalau di sini ruang Psikologinya sedang dipersiapkan di lantai 3. Tapi, masih tahap persiapan. Belum rampung, jadinya masih numpang.

Sambil berdiri dan menyender ke tembok, psikolognya ini menawarkan opsi. Mau konsultasi di ruang Poli PKPR dan Sahabat dengan kondisi campur atau mau dicarikan tempat dulu? Sedangkan nunggu sepi agak susah dan takut terlalu siang. Karena psikolognya juga ada jadwal jam 13.00an. Ya sudah, saya bilang cari tempat sepi lain aja.


Depresi dan Konsultasi Psikolog Murah


Di sini saya sudah tahu, bakal dapet ruang seadanya. Tapi setidaknya, ruangannya benar-benar hanya saya dan psikolognya saja. Dan psikolognya pun akhirnya mencoba mencari tempat yang nyaman buat saya. Akhirnya dapet ruang belakang, steril dari banyak orang. Dekat dengan mushola, tapi benar-benar ada 1 ruang steril berukuran kecil 1x1 saja mungkin dengan 2 kursi yang sepertinya sudah disiapkan untuk saya berkonsultasi.

Dan yang bikin saya senang selama berkonsultasi. Psikolog tidak menjudge negatif terhadap apa yang sudah saya alami. Fokus terhadap masalah yang sudah saya dapat, melihat lingkungan yang tidak sehat dan melihat pokok permasalahannya di mana. Pastinya, gak dibilang, “Kamu kurang iman itu.” Hehe Malah pas selesai konsultasi, dan sebelum pisah keluar pintu. Sempet diingatkan, “Gak lewat kan Mas Solat 5 waktunya?” Yah, saya jawab. Alhamdulillah masih bisa dijalankan 5 waktunya ka. Dan saya pun pamit. Disapa sama Psikolognya, “Jangan lupa PRnya.”

Jadi, itu dia pengalaman saya konsultasi psikolog murah di Puskesmas Kecamatan Tebet. Pesan saya, kalau emang merasa depresi dan punya gejala-gejala yang saya sebutkan. Bahkan sampai meubah pola hidup jadi gak bagus akibat mood turun. Cobalah datang ke psikolog. Tapi jangan terlalu melebeli diri sebagai orang stress atau depresi ya. Asli, itu gak bagus buat mental diri juga.

Btw, buat yang udah baca tulisan ini dan kalo ketemu saya. Udah ya, jangan tanya lagi gimana saya dan sebagainya. Insya Allah saya tetap baik-baik saja dan bisa mengontrol semuanya di depan teman-teman seperti sebelum-sebelumnya.

Selamat berkonsultasi,
sehat mental dan jiwa adalah hak setiap individu.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

17 komentar untuk "Depresi dan Pengalaman Konsultasi Psikolog Murah"

Linz 14 Januari 2020 pukul 01.14 Hapus Komentar
Andaikan jika semua orang paham akan pentingnya kesehatan jiwa kayak bang said, pasti semua udah bisa hidup lebih baik dan bahagia. Setiap org wajar bgt kok dlm hidupnya punya trauma atau masalah tertentu. Makasi ya bang sudah berbagi..
Maseko Sakazawa 31 Januari 2020 pukul 19.49 Hapus Komentar
Hebatnya bisa memahami diri sendiri jika sebetulnya butuh konsultasi.. Jadi, kapan ke flip burger lagi? di sana es kopi susunya by anomaly <3
deddyhuang.com 31 Januari 2020 pukul 20.34 Hapus Komentar
orang yang di luar terlihat ceria, barangkali dalamnya tidak. aku suka keputusanmu, memang masalah mental kita punya masing-masing. semoga aku pun juga nanti berkunjung ke psikolog untuk masalah kejiwaan sendiri :) TFS, said.
Ulihape 31 Januari 2020 pukul 21.08 Hapus Komentar
Wah..good. terima kasih sudah berbagi sehat2 ya id..thank u
Helena 1 Februari 2020 pukul 06.02 Hapus Komentar
Thank you infonya mas Said. Semoga layanan psikolog segera Ada di puskesmas dekat rumahku. Hebatlah berani konsul. Berarti sadar diri untuk sembuh.

Eh kalau konsul soal pernikahan apa bisa ke psikolog di puskesmas?
Sera Wicaksono 1 Februari 2020 pukul 06.25 Hapus Komentar
Kalau dikihat dari ciri atau tanda2, berarti kayaknya ak dlu pernah mengalaminya, tp alhamdulillah tidak parah sih karna ga semua tnda itu muncul.

Tp mas nya hebat bisa jujur sama diri sendiri buat konsultasi. Karna ga semua org bisa gini.
Rach Alida Bahaweres 1 Februari 2020 pukul 07.23 Hapus Komentar
Sehat selalu dan semangat ya. Semoga semua bisa tertangani dengan baik
Lisa 2 Februari 2020 pukul 10.15 Hapus Komentar
Thank u atas sharingnya kak, btw kalo boleh tau terapinya itu di apain ya?
Sally Fauzi 2 Februari 2020 pukul 17.39 Hapus Komentar
Yah Puskesmas Kecamatan Ciracas belum ada ya. Said, makasih ya infonya. Aku jadi kepingin nyoba juga, mendam emosi bikin aku depresi juga
Anonim 29 Mei 2021 pukul 22.02 Hapus Komentar
Terimakasih mas Said, saya lagi bimbang mau konsul tapi hari ini sudah sangat mengganggu aktivitas saya. Semoga kita selalu diberi kesehatan, ya.
Anonim 4 Juni 2021 pukul 09.17 Hapus Komentar
Kalo selain di puskesmas di atas belum ada ya kalo sekarang?
Anonim 8 Juli 2021 pukul 14.07 Hapus Komentar
Kalo saya punya KTP non DKI tapi ada BPJS apakah gratis?
nursaidr 4 Agustus 2021 pukul 11.19 Hapus Komentar
Halo ka, jujur saja saya bukan pengguna BPJS melainkan kartu lain. Tetapi, sepaham saya dari teman. Kartu BPJS didaftarkan di lokasi faskes yang sudah didaftarkan oleh pengguna. Jadi, kalo emang fasker yang didatangi emang yang didaftarkan. Iya bisa gratis.
Anonim 22 Oktober 2021 pukul 00.57 Hapus Komentar
Halo Mas Said, kalau boleh tau perlu berapa kali konsultasi ya untuk memastikan apakah kita benar mengalami depresi,stress, atau mental illness lainnya ?
Makasih ...
nursaidr 12 November 2021 pukul 02.24 Hapus Komentar
kalau ditanya perlu berapa kali saya gak bisa jawab ka. Pastinya ini psikolog langsung yg benar bisa melihat kondisi kakaknya. dan saya pribadi memang sudah merasa mengalami depresi karena sudah berlangsung sejak kecil hingga sekarang larinya berdampak ke fisik.
Atika Rizki 12 Desember 2021 pukul 16.53 Hapus Komentar
Halo mas Said, terima kasih sudah membagikan ceritanya.
Saya ada rencana untuk konsul dengan psikolog juga. Apa boleh tau nama psikolognya? Terima kasih banyak dan sehat selalu yaa
nursaidr 26 Desember 2021 pukul 15.13 Hapus Komentar
Halo, nama psikolognya ka debby Irani, sepaham saya di Puskesmas Kecamatan Tebet Psikolognya cuma beliau. Oh ya, update jadwal psikolog di Puskesmas Kecamatan Tebet senin, rabu dan jumat dari pagi sampai siang. Terima kasih.