Selamat Datang

Mencicipi 9 Kuliner Pariaman Sumatera Barat yang Wajib Disantap

Halo Sobat Blogger semua.
Wah, udah lama banget kayaknya gak review makanan nih. Terakhir ngecek tulisan soal kuliner ternyata bulan Desember tahun lalu. Gak pake nanggung ya jedanya, satu tahun. Nah, hari ini saya mau ngereview kuliner Pariaman Sumatera Barat. Sesuai janji saya di tulisan Menyaksikan Langsung Hari Nusantara 2019 di Pariaman Sumatera Barat. Kalau saya mau buat ulasan juga soal wisata dan kuliner khasnya.

kuliner pariaman sumatera barat
Jajanan Pisang Khas Pariaman di Pantai Gondariah
4 hari 3 malam di Pariaman. Rasanya belum puas buat saya mengeksplore kota ini lebih jauh. Karena emang kemaren sekalian mengikuti acara sih. Jadi, gak punya waktu bebas pergi.  Kalau ditanya kangen gak sih sama kulineran di sana? Kangen banget.

Salah satu kuliner yang nempel banget itu cemilan kerang khasnya di sana. Bumbunya sedap dan gurih. Ya, bagi saya, kuliner di sana itu murah dan enak. Beneran deh, gak bikin kantong jebol. Ya udah yuk, langsung aja ke reviewnya.

8 Kuliner Pariaman Sumatera Barat

Ada sekitar 8 aneka makanan dan jajanan khas Pariaman yang saya coba. Mulai dari makanan berat sampai jajanannya. Di antara semua yang udah saya icip nih ya. saya paling suka sama Langkitang dan Rakik. Wah, 2 cemilan ini enak banget dimakan sambil menikmati pemandangan laut di sana.

Buat tahu apa itu Langkitang dan Rakik. Yuk baca reviewnya.

1. Nasi Ampera
Masyarakat Jakarta tak asing dengan nasi ampera sebenarnya. Kalau di Ibu Kota, kita mengenal kuliner ini sebagai Nasi Padang. Nah, kalau di sini. Gak ada itu namanya warung makan Padang atau Nasi Padang, adanya Nasi Ampera.

kuliner pariaman sumatera barat


Rasanya sama gak? Bukan soal namanya aja yang beda. Soal rasa dan isinya rupanya juga berbeda menurut saya. Mulai dari penggunaan beras/nasi khas Padangnya yang punya tekstur pecah saat dipegang namun tetap lembut saat digigit.

Isiannya, satu porsi Nasi Ampera itu dua ungkep nasi, lauk ayam (sesuai pesanan saya), bumbu kuah, urap, sambal dan keripik. Jujur sih, agak kaget waktu dikasih dua ungkep nasi ini. Porsinya jadi banyak banget, dan pertanyaan saya di kepala pun muncul. Kalau makan di tempat aja nasinya segini, gimana kalau dibawa pulang?

Oh ya, nasi padang itu identik dengan sambal hijau kan ya kalau di Jakarta. Sayangnya, waktu beli. Saya gak dapat sambal hijaunya. Cuma dikasih sambal merah saja yang menurut saya, gak pedas dari segi rasa. Satu porsi ini kalau tidak salah harganya Rp 17.000. Maap kalau salah, lupa nyatat harganya kemaren.

2. Sate Merah Khas Pariaman
Jadi, menurut informasi yang saya dapat. Di Sumatera Barat ini punya aneka jenis sate yang berbeda dari setiap daerah. Hal ini termasuk Sate Padang dan Sate Pariaman. Kalau Pariaman, punya sate merah.

kuliner pariaman sumatera barat


Merah di sini adalah bumbu satenya yang berwarna merah. Pas saya tanya sih, yang bikin merah itu pake cabe giling dan aneka bumbu rahasia. Jadi, warnanya bikin merah. Rasanya sih emang sedikit pedas, tapi bagi saya masih terbilang wajar.

Karena waktu itu saya dibeliin. Jadi kurang tahu nih satu porsi harganya berapaan. Tapi, informasi yang saya dapat dari supir yang jemput saya di Bandara. Harganya dibandrol Rp 10.000 aja untuk satu porsi.

3. Nasi Sek
Namanya cukup unik untuk makanan ya. Pasalnya, pengucapannya mirip mirip dengan kosa kata yang berbau sensual. Tapi bukan itu maksudnya. Sek ini ternyata singkatan dari kata Seribu Kenyang. Konon, dulu harga Nasi Sek ini murah meriah. Sekarang? Ya lumayanlah ya.

kuliner pariaman sumatera barat


Sobat Blogger suka makan di Warung Makan Sederhana? Nah, begitulah rupanya penyajian Nasi Sek ini. Pembeli akan disediakan banyak lauk yang bisa dicicipi sesuai seleranya. Oh ya, soal Nasi Sek. Pembedanya ini emang ada di Nasi Seknya yang dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk mengerucut menjulang tinggi.

Harganya gimana? Kemaren saya makan 1 porsi Nasi Sek, 1 ayam opor, 1 ayam kalio dan 1 porsi sop daging dan 1 es kelapa bulat habis Rp 57.000.

kuliner pariaman sumatera barat


Btw, ayam kalio ini mirip sama bumbu rendang, tapi prosesnya sebelum matang jadi bumbu rendang, jadi dahulu kalio. Lebih mudah dimengertinya, rendang setengah jadi. Dan yang saya suka banget dari makan besar ini adalah sop dagingnya yang super lezat. Gurih dan berasa banget kuah dagingnya.

4. Katupek Gulai Tunjang

kuliner pariaman sumatera barat

Katupek Gulai Tunjang atau ketupat gulai kikil ini jadi makanan khas Pariaman. Jadi, waktu saya ke salah satu warung Katupek Tunjang, ada 3 makanan khasnya yang bisa dibeli. Gule ketupat kikil, gule ketupat yang masih ada tulang kaki sapi dan gule bumbu rujak kulit. Ya, pada dasarnya semuanya memang menggunakan bahan kaki sapi. Dan yang diolah hanya pada bagian kulit dan tulang lunaknya saja.  

kuliner pariaman sumatera barat


Buat yang gak mau repot dan blepotan makan tulang kaki sapi, bisa banget pesan gule ketupat kikil langsung. Dan buat yang mau cari rasa beda, bisa pesan gule dengan bumbu rujak kulit. Pas saya coba, bumbu rujak ini punya rasa yang lebih pedas daripada bumbu gule.

kuliner pariaman sumatera barat


5. Sala Lauak Bulek
kuliner pariaman sumatera barat

Bentuknya kuning dan bulat-bulat ini rupanya jenis gorengan khas Pariaman. Mirip dengan comro yang punya isian oncom. Tapi, yang bikin khasnya ini adalah isiannya jenis ikan atau udang halus. Jajanan ini banyak banget yang jual. Yah, waktu saya nyobain. Satu aja sih yang kurang, gorengannya udah gak hangat. Rasanya ada gurih-gurih dari ikan atau udang halusnya.

6. Kerang Pensi dan Langkitang
Suka keong dan kerang? Jujur saya engga suka. Tapi begitu nyobain Langkitang dan Pensi ini, langsung suka. Langkitang jadi hewan bercangkang menyerupai keong ini punya bentuk memanjang dengan bumbu khasnya yang kuat dan ditaburi bawang goreng. Makanya, jajanan ini bagi saya gak meninggalkan rasa amis. Melainkan kuat di bumbu (saya tebak sih bumbu gulai) dan bawang gorengnya.

kuliner pariaman sumatera barat


Nah kalau pensi, menyerupai kerang kecil-kecil. Beda dengan bumbu Langkitang, Pensi begitu saya coba bumbunya mirip dengan opor ayam.

Harganya yang murah banget, cuma Rp 5.000 untuk satu porsi ini. Rupanya jadi jajanan yang tinggi protein dan punya manfaat bagus untuk kesehatan tubuh. Wah, asik ya. Btw, makan ini mesti dibawa santai. Paling enak sih, disantap sambil menikmati pemandangan laut di Goandariah Pariaman.

7. Rakik

kuliner pariaman sumatera barat

Rakik ini jadi rempeyeknya di Pariaman. Diisi sama udang, anak kepiting ataupun ikan. Ada yang bentukannya lebar kaya peyek pada umumnya, ada yang ditusuk kaya sate. Asli, ini enak juga dan harganya murah meriah. Satu Rakik yang bentuk bulat lebar kemaren isian udang saya beli cuma Rp 2.000 saja. Dan yang satean isi udang ini saya lupa berapa harganya kemaren.

8. Kerupuk Mie Kuah

kuliner pariaman sumatera barat

Dan terakhir, ada Kerupuk Mie Kuah khas Pariaman. Ya, banyak dijual di pinggir pantai Gondariah. Sesuai namanya, jajanan ini berupuk kerupuk yang diberi mie dan dikasih kuah sate padang. Dan harganya murah meriah, hanya Rp 1.000 aja.

Kuliner Kekinian Mie Kuali Pariaman Sumatera Barat

Adakah Sobat Blogger di sini yang gak bisa lepas dari mie instan? Pernah gak sih, lagi ke luar kota gitu kepikiran pengen ke warkop cari mie instan? Saya suka begini ini. Ada  aja bisikan setan yang tiba-tiba pengen mie instan buatan warkop.

Nah, waktu di Pantai Gondariah pun saya sempat kumat kepikiran yang namanya mie instan. Begitu saya iseng, mau makan apa malam-malam. Ketemulah sama salah satu warung yang rame diisi sama anak-anak kids jaman nownya di kota tersebut. Dan ini dia yang mau saya rekomendasiin kuliner ke 9 di Pantai Gondariah, Pariaman.

kuliner pariaman sumatera barat


Di bagian depan nampak papan menggantung bertulliskan G’Shake Waroeng Gondariah Food Drink n Fun. Nampak juga agak ke dalam berjejer bungkusan susu murni yang biasanya dipakai oleh es kopi susu kekinian. Pikir saya ini coffee shopnya di sini nih. Ya sudah, karena penasaran. Saya pun memutuskan untuk melihat ke dalam. Dan begitu saya lihat pengunjung yang datang, semua makannya mie instan lengkap sama kuali-kualinya.

kuliner pariaman sumatera barat


Wah, makin penasaran saya. Akhirnya coba melihat menu. Dan ternyata memang jadi menu utama di sini mie instan dengan ke khasannya disajikan di atas kuali. Saya pun memesan satu mie instan kuah dengan telor serta minumannya sejenis pop ice begitu. Saya pesan rasa coffee juga waktu itu, tapi lupa namanya apa.

Gak butuh waktu lama, sekitar 5 menitan mie instan saya sudah tersaji di atas kuali dengan kualinya. Dan begitu saya coba, wah rasanya gurih sesai merek mie instan yang saya dipakai. Oh ya, waktu pesan mienya, ada tingkat level pedasnya. Kalau tidak sata 1-3 saya pilih di tengah-tengah, level 2.

kuliner pariaman sumatera barat


Dan bagian ini yang saya suka. Pedasnya seperti menggunakan bumbu racikan sendiri. Jadi, tanpa tambahan saus sendiri. Kuahnya memang sudah merah dan pedasnya pas dan enak.

Kalau ke Pantai Gondariah, Pariaman. Mesti cobain sih. Mampi aja. Harganya juga murah-murah. 1 porsi mie instan dibandrol sekitar Rp 10.000 saja. Belum sama tambahan topingnya ada telor, sosis, keju dan bakso. Minnuman juga termasuk murah, sekitar Rp 10.000an saja.

kuliner pariaman sumatera barat


Jadi, itu dia 9 kuliner Pariaman Sumatera Barat yang berhasil saya cicipi. Sebenarnya ada yang lain lagi. Tapi, saya tidak sempat foto. Jadi saya skip saja. kira-kira, Sobat Blogger penasaran sama yang mana kah? Atau ada yang sudah pernah atau sering mencicipinya?

nursaidr Hai, saya Said. Saat ini saya aktif sebagai Fulltime blogger. Saya sangat tertarik menulis tentang lifestyle, traveling dan kuliner.

Belum ada Komentar untuk "Mencicipi 9 Kuliner Pariaman Sumatera Barat yang Wajib Disantap"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel