follow us

Sanitasi Lingkungan, Benarkah Septic Tank Disedot Bila Sudah Penuh Saja?


Halo Sobat Blogger semua.
Sanitasi lingkungan, secara KBBI Sanitasi memiliki usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat. Sedangkan Sanitasi lingkungan upaya menyehatkan lingkunan hidup manusia terutama lingkungan fisik yang berhubungan dengan tanah, dair dan udara.

sanitasi lingkungan


Eh btw ini kenapa saya langsung bahas soal sanitasi ya? Jadi begini, kemaren pada Selasa (19/11) saya mendapatkan kesempatan undangan kumpul Blogger dan Vlogger yang membahas ‘Sanitasi Aman Mulai Kapan?’ oleh USAID IUWASH PLUS dan PD PAL JAYA.

Bersyukur banget saya bisa diajak dalam diskusi ini. Selain ada diskusi soal sanitasi, kami pun para blogger dan vlogger turut diajak berkeliling melihat langsung penampakan warga pinggir kali Tebet Timur yang sudah menerapkan sanitasi aman dengan membuat septic tank IPAL Komunal. Tak lupa, dengan warga yang belum menerapkannya juga.

sanitasi lingkungan


Menyoal sanitasi aman. Ada beberapa pertanyaan yang menjadi fakta baru untuk saya ketahui. Beberapa pertanyaan itu seperti, Berapa lama kita melakukan sedot wc/septic tank? Sudahkah septic tank di rumah kedap air? Saat melakukan sedot wc, ke mana kita menghubungi?

Baca juga: Kirim Sampah PLastik Botol Bekas Dapet Voucher Listrik Sampai Gopay

Sanitasi Lingkungan, Fakta Soal Septic Tank

Ada beberapa fakta yang baru saya ketahui setelah mengikuti temu blogger dan vlogger ini. Fakta yang saya dapat ini sebagaimana 3 pertanyaan yang sebutkan di atas. Di mana saya coba rangkum dari hasil diskusi kemaren.

1. Sedot septic tank, harus nunggu penuh. Benarkah?

sanitasi lingkungan

Fakta ini salah besar. Ternyata, yang paling benar untuk menguras tangki 2 sampai 3 tahun sekali. Kenapa? Jadi, septic tank yang sudah penuh tidak akan menjalankan fungsinya kembali di dalam wadah untuk mengolah kotoran. Sehingga, hal ini pun akan sangat rawan terhadap kebocoran yang nantinya akan meluap dan mencemari lingkungan. Sehingga, hal ini menjadi sanitasi yang tidak aman untuk lingkungan.

Gak mau kan sumber air di rumah kotor dan tercemar bakteri dari kotoran yang sudah meluap itu?

2. Sudah kedap air kah septic tank di rumah?
Sobat Blogger sudah tahu kah kalau septic tank punya standar nasionalnya? Ada 2 jenis septic tank yang tidak ber-Stadar Nasional Indonesia. pertama, tidak kedap air. Dan kedua, tidak pernah di kuras. Oh ya, gak lupa sih Jarak septic tank yang aman dari sumber air di rumah sekitar 10m.

sanitasi lingkungan


Kenapa harus kedap? Jawabannya ini masih merujuk pada pertanyaan nomor satu. Agar tidak terjadi kebocoran atau pencemaran kuman dari limbah kotoran terhadap lingkungan (tanah dan air di dalamnya).

sanitasi lingkungan


Dijelaskan bahwa tinja menjadi sumber penyakit yang mnegandung miliar mikroba, seperti bakteri Ecoli dan Salmonella, Virus Hepatitis dan ribuan telur cacing. Di dalam 100gr tinja, ada sekitar 1000 bakteri yang dapat menyerang manusia yang mampu mengakibatkan diare. Termasuk, cacing yang rentan menyerang balita.

Septic tank kedap menjadi solusi dari masalah bakteri tinja ini. berfungsi sebagai tempat penampungan, septic tank menjadi wadah pengolahan tinja sementara yang akan menguraikan secara anaerobik.

Pada tahap selanjutnya, septic tank akan menjalankan fungsinya melalui proses resapan filter/sanitasi aman sehingga air limbah ini aman dibuang dan tidak akan mencemari sumber air dan lingkungan.

3. Sudah benarkah layanan sedot septic tank yang kita panggil?
Terakhir ini nih. Kalau mai sedot septic tank, biasanya Sobat Blogger nelpon ke mana? Jasa panggil sedow wc swasta yang suka nempelin iklan di tiang listrik itu kah? Hal ini ternyata sangat tidak disarankan. Kenapa?

sanitasi lingkungan


Membahayakan dari sedot wc swasta ini. Kita tidak pernah tahu, tinja yang sudah disedot akan di kemanakan? Diolah seperti apa? Atau malah dibuang di kali. Kalau begini, tentu jadinya sama saja. menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Dan setelah saya nanya dengan salah satu warga Tebet Timur yang kebetulan sedang melakukan sedot wc dengan PD PAL Jaya. Sebelumnya, ibu yang sudah nampak memasuki usia tua ini kaget dengan murah harga jasa PD PAL yang hanya menarik biaya Rp 330rb untuk 2m kubik. Harga ini sudah termasuk penyedotan, transport dan pengolahan.

Sedangkan jasa sedot wc yang pernah digunakan sebelumnya. Sang Ibu dikenakan tarif Rp 800 ribu rupiah.

Jadi, sekarang sudah tahu bukan. Selain harganya yang murah, PD PAL juga menjadi perusahaan resmi milik Pemrov. DKI Jakarta dalam pengolelaan air limbah sistem perpipaan, jasa layanan pengelolaan air limbah sistem setempat dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

Nah, itu dia Sobat Blogger beberapa fakta baru yang saya dapati soal Sanitasi Lingkungan khususnya terkait Septic Tank ini. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Sanitasi Lingkungan, Benarkah Septic Tank Disedot Bila Sudah Penuh Saja?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel