follow us

Kirim Sampah Plastik Botol Bekas Dapet Voucher Listrik Sampai Gopay

Halo Sobat Blogger semua.

Isu soal bahaya dan dampak dari sampah plastik saat ini semakin hangat dibicarakan. Ya, hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan masalah ini. Bahkan, sampah plastik di Indonesia diisukan menjadi penyebab penyumbang tertinggi dari polusi di lautan.


sampah plastik


Saat ini, berbagai upaya kampanye telah dialakukan oleh banyak pihak. Seperti stop penggunaan plastik sekali pakai saat berbelanja, penggunaan kantong plastik daur ulang singkong, setop penggunaan sedotan plastik, kampanye pengguna botol minum sendiri, sampai penyuluhan pemilahan dan pengiriman sampah plastik ke bank sampah.


Pastilah dan saya percaya Sobat Blogger di sini semua termasuk orang-orang yang sudah mulai peduli terhadap masalah ini. Termasuk mengikuti kampanye-kampanye yang sudah ada dan sedang berjalan sebagaimana yang saya sebutkan di atas.

Salah satu perusahaan yang turut andil dan peduli terhadap permasalahan sampah plastik di Indonesia juga datang dari brand minuman Ades yang berkolaborasi dengan Gojek dan didukung juga oleh Waste4Change.


sampah plastik


Melalui kampanye ini, Ades sebagai brand produk minuman dari Coca-Cola Indonesia ingin sekali mempermudah masyarakat mengumpulkan dan mengirimkan kemasan plastik botol bekas ke bank sampah. Ya, program yang menggait perusahaan ojek online dan waste4change ini dkhususkan dalam pengumpulan plastik botol bekas.

Di mana Sobat Blogger semua di sini bisa mengumpulkan minimal 50 botol plastik minuman bekas kemasan apa saja untuk dikirimkan ke bank sampah terdekat. Setiap botol bekas plastik yang dikirim minimal 50, Sobat Blogger akan mendapatkan poin sebanyak 2000 yang setara dengan Rp 20.000.

Nantinya, jika dikumpulkan, Sobat Blogger dapat menukarkannya dengan voucher listrik, pulsa sampai saldo gopay. Semua poin akan terekam di akun Sobat Blogger yang sudah didaftarkan di website Waste4Change.


sampah plastik


Perlu diperhatikan, dalam setiap pengiriman botol plastik bekas harus dalam keadaan kering, bersih dan tertutup rapat. Nantinya, pengiriman akan dilakukan melalui gosend yang dipesan.

Setiap pengiriman menggunakan gosend diperkirakan hanya membutuhkan biaya Rp 15.000 saja. Sehingga, Sobat Blogger yang berpartisipasi masih tetap akan mendapatkan keuntungan Rp 5.000 dari setiap pengiriman.

Sejatinya, program yang dijalan Ades ini bertujuan untuk mengumpulkan niat murni masyarakat agar mau tergerak memulai memilah sampah dan mengirimkan sampah botolplastiknya ke bank sampah. Sehingga, dapat memberikan dampak positif yang lebih besar untuk lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Kerjasama antara Ades, Gojek dan Waste4Change bagi saya pribadi menjadi kerjasama yang sangat menguntungkan masyarakat. Pasalnya, melalui kerjasa dengan Gojek, pengiriman 50 botol plastik ini dimudahkan dengan layanan gosend. Tiinggal kirim dari rumah, sudah bisa berpartisipasi upaya peduli lingkungan dan masyarakat bisa mendapatkan keuntungan poin.


sampah plastik


Sedangkan dukungan dari waste4change dengan menyediakan mitra bank sampah. Sehingga, botol plastik dapat dikirim dan diterima dengan jelas dan dikelola dengan baik di tangan mitra bank sampah yang tepat. Dan masyarakat tidak perlu repot lagi mencari bank sampah yang aktif mengelola plastik bekas.

Hal ini pun akan menguntungkan mitra bank sampah, di mana hasil dari botol plastik yang dikirim dapat dikelola menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai jual kembali.

Baca juga: 3 Alasan Saya Jalan Kaki dan Naik Transportasi Umum

Cara Kirim Sampah Plastik Botol Bekas ke Bank Sampah

Buat Sobat Blogger semua yang mau berpartisipasi dalam program ini. Bisa banget ikutan dengan memulai niat murni nya memilah botol plastik bekasnya yang sudah dalam keadaan kering, bersih dan tertutup rapat.


sampah plastik


Jika sudah, berikut langkah melakukan pengriiman botol plastik ke bank sampah:
1. Masuk ke website waste4change dan buat akun.
2. Pilih daerah lokasimu.
3. Pilih bank sampah terdekat.
4. Pilih alamat pengiriman rumahmu.
5. Akan muncul kode unik, dan silahkan dicatat.
6. Akan muncul QR code untuk melakukan pembayaran gosend dan menyelesaikan transaksi.

Menutup, Sobat Blogger penasaran gak sih kenapa botol plastik Ades memiliki kemasan yang lebih tipis? Ternyata, hal ini sebagai upaya dari Ades dalam mengurangi kadar penggunaan plastik pada botol. Sehingga, bila diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Tentu saja, kadar plastik yang digunakan pun berkurang sangat banyak.

Wah salut sama Ades yang juga peduli terhadap sampah plastik ini. Yuk, ikut andil jadi bagian orang yang peduli terhadap sampah plastik di Indonesia dengan mengirimkan botol plastikmu melalui website Waste4Change. Program ini dilaksanakan di 6 kota besar; Jakarta, Bandung, Semarang Surabaya, Medan dan Makassar. Selamat berpartisipasi.

14 Responses to "Kirim Sampah Plastik Botol Bekas Dapet Voucher Listrik Sampai Gopay"

  1. Wah asyik nih dapet poin juga. Keren banget cara ajak kaum milenial buat peduli buang sampah plastik dengan cara bijak. Cusss menuju waste4change ah. Makasih ya kak.

    BalasHapus
  2. Nilai pointnya lumayan tinggi juga tu
    saya jadi ingin ngumpupin botol bekas ah

    BalasHapus
  3. Wah, asik dapat GoPay dan voucer listrik berkat ngumpulin botol plastik. Ini kerjaan sambilan buat emak- emak nih.

    BalasHapus
  4. Wah keren banget ya inovasinya Gojek, Ades dan Waste4Change, dengan mengembalikan 50 botol minuman Ades bisa dapat poin Gojek. Memang niat mengurangi penggunaan plastik atau sampah plastik ini ngga susah ya, cuma butuh niat. Walau kadang niatnya kurang besar hehehehee....

    BalasHapus
  5. Ades makin keren ya kak, botol plastiknya tipis sehingga mengurai kadar penggunaan plastik.
    .
    Ades pokoknya keren, sekeren kak Said sama kak Uwan.

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang emang paling bener deh kolaborasi, apalagi lintas usaha gini, ya. Yang satu makanan, transportasi, sama pemberdayaan masyarakat untuk daur ulang smapah.

    Idenya menarik ini. Secara nggak sadar, aku suka lupa bawa minum dari rumah dan seringnya beli di luaran. daripada dibuang gitu aja, mending disimpen, ya. Bisa untuk main bareng bocil atau dikumpulin dan tukar dengan saldo GoPay atau token listrik. Lumayan, lhoo 20 ribuuu.

    BalasHapus
  7. Progran keren nih dari ades, boleh dicoba nih. Berarti kalau sudah terkumpul 50 botol harus dikirim pakai gosend ya mas? Tidak boleh diantar sendiri?

    BalasHapus
  8. Kalau di dekat rumah saya, ada tempat sampah khusus plastik. Gak bercampur dengan yang lain. Tetapi, boleh juga sesekali cobain ini. Lumayan banget kan kalau smapai dapat voucher untuk bayar listrik

    BalasHapus
  9. Ya ampunnn ini programnya kok asik banget sih!!
    Dan, ada di Medan dong!
    *langsung klik website ah untuk info lebih banyak.

    Thank youuuuu

    BalasHapus
  10. Asik banget ini programnya, kirim sampah plastik lalu dapat voucher listrik dan gopay. Keren banget programnya Ades ya, kebayang ini kalau banyak orang yang sadar pasti gak akan nemu sampah botol plastik.

    BalasHapus
  11. Wadidaw gojek x ades ada aja idenya, sangat inovatif.. Aku suka nih sama program begini semoga ga semangat di awal aja ya, wajib banget ini diterukan ke seluruh warga Indonesia biar sadar menjaga bumi. Hihi

    BalasHapus
  12. Lumayan banget nih bisa dapet voucher GoPay dari sampah plastik tapi bukan berarti jadi nambah sampah lho ya :)

    BalasHapus
  13. Ini suatu langkah yg positif utk mengelola sampah plastik ya. Saya mau coba manfaatkan program ini, kebetulan ada banyak botol2 plastik di rumah

    BalasHapus
  14. wah seru banget dong ini ka Said, aku jadi makin rajin untuk mengumpulkan botol plastik ini dan tentu mengurangi penggunaannya juga, karena bisa jadi ada aja yg lolos dan ga kita kumpulkan limbah plastik ini.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel