follow us

Review Film Ratu Ilmu Hitam: Huek, Bikin Saya Muntah


Halo Sobat Blogger semua...

Ada yang sudah nonton Ratu Ilmu Hitam di bioskop? Kalau belum, wajib pake banget sih ini ditonton. Rasa penasaran saya soal film ini akhirnya terjawab sudah. Beberapa mengatakan film bergenre horor menawarkan cerita yang bagus. Yah, ekspektasi saya soal film ini akan berdampingan dengan film horor sebelumnya Lampor Keranda Terbang dan Perempuan Tanah Jahanam.

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official


Oh ya, akhirnya yang bikin saya makin bulat buat nonton film ini karena beli tiket nonton Cinema 21 XXI di Aplikasi M-Tix lagi banyak promonya. Makanya, saya langsung beli dan ambil promo diskon Rp 20.000.  Sebagai anak promoan, gak mau saya ngelewatin ini. Hehe

ratu ilmu hitam


Film Ratu Ilmu Hitam menjadi kolaborasi yang disutradarai oleh Kimo Stanboel, produser film Gope T Santani, serta ditulis oleh Joko Anwar bersama Rapi Film, Sky Media. Bagi saya sendiri film ini sukses besar memberikan teror berkepanjangan kepada penonton.


ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official
Pemainnya sendiri mengundang pemain-pemain besar maupun yang sedang naik daun. Seperti Ario Bayu, Hannah Al Rasyid, Zara JKT48, Ari Irham, Muzakki, Miller Khan, Salvita Decorte, Tata Ginting, Imelda Therine, Putri Ayudya, Ade Firman Hakim, Sheila Dara dan Shenina Cinnamon.

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official
Rating untuk film ini bisa saya kasih 90. Film ini sukses bikin saya mual dan muntah selesai acara. Ya, di tengah adegan film ada bagian di mana tiba-tiba saya membayangkan hal terjadi di tenggorokan dan mulut saya. Begitu klimak adegan, saya jadi ikut pengen muntah hanya saja saya tahan hingga film selesai. Ya sudah, selesai film saya langsung lari ke toilet untuk menuntaskan yang tertahan itu.

Nah, emangnya seseru apa sih filmnya ini? berikut review saya soal Film Ratu Ilmu Hitam.

Ratu Ilmu Hitam, Teror Tanpa Jeda untuk Penonton

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official
Ada beberapa poin yang bisa saya ulas dari film ini. setidaknya, ada 6 pembahasan menarik soal film yang diadaptasi dari film lama dengan judul yang sama di tahun 1981. Berikut 6 ulasan soal film Ratu Ilmu Hitam:

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official

1. Gak horor, tapi gorenya sadis parah

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official

Pertama-tama yang ingin saya jelaskan kalau film ini tidaklah horor. Melainkan sadis dan menjijikan, bahkan termasuk gore. Kekuatan dari film ini akan sangat terasa bagaimana ilmu santet bertindak dengan teror binatang menjijikan seperti kelabang yang masuk ke dalam mulut dan mata. Serta kesadisan adegan penyiksaan, melukai diri sampai pembunuhan. Sangat wajar bila film ini hanya diperuntukkan untuk kategori penonton 17+.

2. Teror untuk penonton tanpa jeda

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official

Ya, seperti yang saya bilang diawal. Film ini masuk kategori gore yang akan menampilkan adegan-adegan sadis. Menjadi di pertengahan film, akan menjadi teror yang berkepanjangan hingga akhir cerita. Bayangin aja, nonton adegan sadis dengan layar segede itu. Sukseslah bikin saya mual dan muntah.

3. Jalan cerita yang cukup rumit

Yah, salut buat Joko Anwar selaku penulis cerita yang mampu membuat jalan cerita rumit dan gak mudah ditebak. Oh ya, beberapa informasi menyebutkan. Kalau naskah awal yang diberikan Joko Anwar ini lebih sadis daripada yang sekarang sudah tayang. Katanya, sih melewati 7 revisi naskah. Wah, awal naskahnya sesadis apa ya?

4. Film sadis dengan penyiksaan anak kecil

Film sadis dengan penyiksaan orang dewasa. Sobat Blogger pasti akan menganggapnya biasalah. Tapi, kalau ada anak kecil hingga remaja. Rasanya akan menjadi tambahan tayangan yang menegangkan. Namun, sayangnya bagi saya pribadi. Penyiksaan yang ditampilkan untuk anak-anak di sini kurang keluar.

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official

Bagi saya seperti terkesan dikurangi porsinya. Mungkin, naskah awal yang sempat dibilang sangat sadis menawarkan adegan itu?

5. Ada Zara JKT48, pantaskah berada di sana?

Menarik dari Ratu Ilmu Hitam ini adalah menampilkan pemain baru yang sedang naik daun. Setelah sukses membintangi film Dua Garis Biru. Zara JKT48 mendapatkan kesempatan bermain di film horor ini. apakah cocok Zara bermain di film ini?

ratu ilmu hitam
sumber: Instagram ratuilmuhitan.official
Peran yang ditampilkan Zara dilepas dari usia dan penampilannya yang masih remaja. Ia diperankan sebagai seorang anak remaja dari anak orang kaya yang asik, ceria dan gampang bergaul dengan dengan orang lain.

Justru ada 1 pemain yang menurut saya tidak menonjol di sini. Sandi yang diperankan oleh Ari Irham ini sangat sedikit perannya ada di film ini. Perannya sebagai salah satu anak yang bersaudara dengan Dina (Zara JKT48) dan Haqi yang diperankan oleh Muzakki ini ketiban dengan peran mereka berdua.

6. Mengangkat tema kekerasan seksual terhadap anak kecil

Gak kalah penting dari film ini adalah pengambilan cerita yang mengangkat soal kekerasan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh oknum yang dilihat dari luar adalah orang terpandang. Sehingga, kekerasan dan pelecehan seksual ini sulit terungkap. Tentu saja, ini menjadi pesan moral dari film ini terus berjuang melawan kekerasan seksual terhadap anak.  Karena, kalau tidak dilawan. Kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak akan terus berulang.

ratu ilmu hitam


Jadi, itu dia review film Ratu Ilmu Hitam dari saya. Selamat menonton buat kamu yang belum menyaksikan. Dan buat yang udah nonton, gimana pendapatmu? 

4 Responses to "Review Film Ratu Ilmu Hitam: Huek, Bikin Saya Muntah"

  1. Kayaknya harus mikir mikir lama nih sebelum menonton film ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, klo ga suka film gore sih jangan nonton. Parah bgt soalnya.

      Hapus
  2. Plot twist-nya gue suka. Di antara pak Subandi, Bu Mirah, Siti dan Maman. Ehh nggak tahunya Ratu Ilmu Hitamnya dia. Si Adi Ihram kayak nggak ada gunanya di film ini, flat aja gitu aktingnya. Mungkin dia memang Terlalu Tampan buat main film thriller begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, adi irham pelengkap aja lah di sana. Hihi

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel