follow us

Investasi Reksa Dana Indopremier Mudah dan Menguntungkan


Investasi Reksa Dana Indopremier- Halo Sobat Blogger semua. Sebagai seorang freelancer. Sekarang ini gue lagi dirundung kecemasan dalam mengatur keuangan. Ditambah lagi, sekarang gue yang lagi suka banget belanja entah itu pakaian, celana, sepatu dan lainnya.

reksa dana indopremier


Walau kebutuhan saving tetap terpenuhi, gue tahu betul kalau kebiasaan ini gak bagus. Makanya, sekarang lagi nyari kegiatan buat muterin uang selain nabung yang bisa ngeajag kondisi keuangan sekaligus ngasih pendapatan juga.

Selain mikirin tabungan, tentu gue sekarang yang masih bujang ini udah harus mikirin tabungan hidup kedepannya. Misalnya, tabungan pernikahan, tabungan pergi haji/umrah, tabungan beli rumah sendiri. Pastinya, keperluan yang saya sebutkan akan menjadi hal yang harus dipenuhi dan akan dihadapi.

Pikir gue, selagi masih muda dan sedang fokus bekerja. Mengatur keuangan jadi langkah bagus buat  merencakan semua tabungan yang harus disiapkan guna memenuhi biaya hidup di kemudian hari.

Mengatasi semua ini, gue lagi tertarik banget sama yang namanya investasi saham dan reksa dana. Ketertarikan gue sama dunia investasi ini karena semakin banyaknya seminar, talkshow dan lainnya yang ngasih edukasi pentingnya berinvestasi sejak dini. Beberapa kali ikutan seminar soal investasi, mulailah gue tertarik buat ikutan.

reksa dana indopremier


Salah satu yang lagi baru aja gue ikutin kemaren ada seminar dari Ruphiah x Indopremier yang diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia. Ya, walau masih gak terlalu paham banget soal dunia investasi saham dan reksa dana. Setidaknya, di acara kemaren semakin memantabkan gue buat mulai berinvestasi di Indopremier melalui aplikasi IPOTGO di IPOTFUND sebagai supermarket reksa dana online.

Sebelum ngomongin investasi di Indopremier. Mungkin gue mau sedikit ngejelasin beberapa perbedaan antara menabung dan berinvestasi. Karena kalau sudah tahu ini, pasti Sobat Blogger di sini akan mulai berpikir ulang untuk ikut juga mulai berinvestasi.

Investasi Saham dan Reksa Dana Indopremier VS Menabung, Apa Bedanya?

reksa dana indopremier

Ada perbedaan mendasar yang terlebih dahulu bisa kita pahami mengenai kegiatan menabung dan berinvestasi. Secara mendasar, menabung menjadi cara dalam memisahkan uang yang akan sewaktu-waktu akan digunakan dalam waktu dekat. Sedangkan berinvestasi, menjadi kegiatan memisahkan uang untuk jangka waktu yang lama.

Berikut beberapa perbedaan lainnya:
1. Menabung menjadi kegiatan yang sifatnya hanya menitipkan uang kepada bank yang kemudian bisa diambil. Sedangkan investasi menjadi kegiatan menanamkan modal dengan harapan mendapatkan pertumbuhan nilai dalam waktu jangka panjang sehingga mampu menambahkan penghasilan.
2. Menabung di bank hanya akan mendapatkan keuntungan dari bunga bank setiap tahunnya dengan jumlah yang tidak besar. Sedangkan investasi memiliki keuntungan yang lebih besar dengan pertumbuhan nilai investasi jangka panjang.
3. Tabungan hanya menitipkan uang ke Bank. Sedangkan investasi ada dua jenis, aset ritel yang didapat secara fisik seperti emas dan properti. Sedangkan satu lagi ada investasi dalam bentuk keuangan melalui pasar modal seperti Reksa dana, saham dan obligasi.
4. Kelemahan menabung adalah nilai mata uang yang akan tergerus/ pada dasarnya semakin menurun dari waktu ke waktu akibat kenaikan inflasi. Sedangkan investasi bisa mengimbangi laju inflasi seperti emas ataupun membeli saham dan reksa dana Indopremier.

Jadi, menabung dan investasi sebenarnya dua hal yang berbeda. Bila Sobat Blogger ingin melakukan perencanaan keuangan untuk jangka pendek. Maka pilihan menabung menjadi hal yang pas.

Namun, apabila ada perencaan keuangan untuk kemudian hari dalam waktu yang lama. investasi menjadi pilihan yang tepat. Mengingat, keuntungan berinvestasi bisa dirasakan dalam kurun waktu yang lama. Mungkin kisaran 5 sampai 6 tahun. Itu pun tergantung besaran jumlah uang yang kita investasikan juga.

Mulai Investasi Reksa Dana Indopremier di IPOTGO Yuk

Menabung di bank dan investasi. Ada hal menarik yang baru saja gue dapati soal menabung. Menurut perbincangan gue dengan seorang teman bahwa menabung di bank itu cukup dijadikan sebagai dana darurat. Dengan perhitungan 3 dikali penghasilan kita perbulan. Jadi, semisal pemasukan perbulan kita sebesar Rp 5 Juta. Maka, tabungan yang wajib dimiliki sebesar Rp 15 Juta.

reksa dana indopremier


Lalu jika sudah mencapai target dikemanain sisanya? Ya berinvestasilah di reksa dana. Investasi reksa dana bisa dialokasikan untuk perencanaan apa saja dalam waktu jangka panjang. Seperti menikah, membeli rumah, membeli mobil dan banyak lagi.

Salah satu aplikasi investasi online yang saat ini mau gue coba berinvestasi ada IPOTGO dari Indopremier yang di dalamnya ada IPOTFUND sebagai supermarket reksa dana online terbesar dan terlengkap di Indonesia. Penting, investasi di Indopremier ini sudah dalam terdaftar dan dalam pengawasan OJK. Jadi aman!

reksa dana indopremier


Oh ya, keuntungan Apabila kita berinvestasi melalui aplikasi IPOTGO ini kita memiliki 1 akun RDN (Rekenening Dana Nasabah) yang bisa digunakan sebagai transaksi investasi reksa dana di IPOTFUND dalam 1 kali transaksi sekaligus.

reksa dana indopremier


Berinvestasi di IPOTFUND juga sangat membantu dan memudahkan penggunanya dalam merencakan keuangan kedepannya. Karena, melalui IPOTFUND ini. Kita bisa membuat beberapa perencanaan investasi yang dipisahkan dalam 1 akun. Artinya, akan ada sub menu perencanaan investasi yang bisa dikategorikan sesuai planning yang dibuat. Seperti yang gue sebutkan investasi buat nikah, beli rumah atau pun pergi haji/umrah.

Reksa dana ada 4 macamnya nih Sob. Tentu, sebelum memulai investasi. Kita bisa banget mengenal 4 jenis reksa dana ini dan bisa memilah mana investasi yang cocok untuk perencanaan kita.

Bila gue buka aplikasi IPOTGO dan masuk ke IPOTFUND bagian list reksa dana. Di sana akan muncul tulisan MM, FI, BF dan EF. Singkatan itulah yang menjadi 4 jenis reksa dana.

reksa dana indopremier


Pertama ada MM (Money Market) artinya reksa dana pasar uang. Reksa dana pasar uang bisa dibilang jadi investasi dengan resiko yang paling rendah dan memiliki return yang rendah juga. Reksa dana ini tentu cocok untuk investor yang ingin berinvestasi mengambil resiko rendah dan memiliki tujuan investasi di bawah satu tahun.

Kedua ada FI (Fixed Income) reksa dana ini memiliki resiko dan keuntungan yang lebih tinggi dari pasar uang. Dan reksa dana ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka waktu 1-3 tahun.

Ketiga ada BF (Balanced Fund) artinya reksa dana campuran cocok buat investor yang memiliki investasi jangka waktu cukup lama 3-5 tahun.

Keempat ada EF (Equity Fund) artinya reksa dana saham. Investasi di reksa dana ini memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi di antara reksa dana lainnya. Investasi ini cocok digunakan untuk yang punya perencanaan berinvestasi di atas 5 tahun.

Sekarang kalau mau investasi bagaimana caranya? Tentu yang perlu diperhitungkan adalah akan berinvestasi untuk apa dan digunakan berapa lama uang hasil investasi tersebut? Di sini gue ambil contoh untuk perencaaan menikah 3 tahun kedepan dengan dana yang dibutuhkan 30 juta.

Seperti yang udah gue sebutkan di atas perbedaan investasi dengan menabung salah satunya adanya tantangan dari laju inflasi yang terus naik sehingga menurunkan nilai mata uang. Sehingga, untuk berinvestasi ini kita harus memikirkan kira-kira dalam satuh akan ada kenaikan inflasi berapa persen? Misal kita ambil 3.5%. Maka, kita hitunglah jumlah Rp 30 juta ini di masa sekarang dengan 3 tahun ke depan dalam waktu 3 tahun kedepan dan kenaikan inflasi pertahun 3.5%.

reksa dana indopremier


Cara ngitungnya gimana? tenang, gak usah repot-repot ngitung manual pake kalkulator dan pusing sendiri. Di IPOTGO udah tersedia fitur perhitungannya dengan cek di MAIN MENU, FITUR UMUM dan klik nilai waktu uang. Di dalam fitur tersebut kita sudah bisa melihat perhitungan nilai uang di masa depan.

Selanjutnya, setelah bisa melihat nilai mata uang di masa mendatang 3 tahun kemudian. Gue akan masuk ke tahap pemilihan investasi reksa dana Indopremier. Seperti yang gue bilang diawal, untuk memilih reksa dana apa yang cocok. Kita mesti tahu dulu perencanaan inevstasi kita membutuhkan waktu berapa lama. Baru pilih jenis reksa dana apa yang cocok di dalamnya.

Selannjutnya, setelah memilih reksa dana yang tepat. Perlu dilihat dari reksa dana apa yang akan dipilih melihat asumsi tingkat pertumbuhan investasi atau kalau di dalam aplikasi reksa dana IPOTFUND akan ada keterangan NAV.

reksa dana indopremier

Gimana caranya supaya kita bisa melihat pertumbuhan reksa dana secara berkala ini? Di IPOTGO semua sudah bisa didapat dengan membuka Menu, masuk ke Reksa dana dan pilih Ipot Evaluator. Di sana nanti kita bisa lihat pertumbuhan investasinya untuk waktu 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dan seterusnya.

Melalui menu Ipot Evaluator, kita juga bisa melihat naik dan turunnya ranking dari reksa dana tersebut atau naik turunnya fluktuasi harga reksa dana di dalamnya dalam hitungan 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Enak banget sih ini menurut gue, semua rekam jejak bisa dipelajari dari setiap reksa dana yang mau dibeli.

Kalau udah milih reksa dananya dan melihat nilai pertumbuhan investasinya. Sekarang tinggal menghitunng saja target dana biaya menikah 3 tahun ke depan dengan asumsi pertumbuhan investasi.
Cara ngitungnya juga gampang. Masuk ke IPOTGO dan pilih menu Fitur Umum, pilih Pemenuhan Impian dan kita tinggal isi kolomnya saja seperti gambar di bawah ini.

reksa dana indopremier

Maka hasilnya akan muncul keterangan seperti ini. Target dana investasi 3 tahun kedepan senilai Rp 33.261.536, dengan simpanan dana awal Rp 3 juta akan menjadi Rp Rp 3.675.129 di 3 tahun kedepan. Sehingga, kita memiliki kekurangan dana Rp 29.586.407. Sehingga, dana yang perlu diinvestasikan setiap bulannya sebesarnya Rp 740.955.

reksa dana indopremier


Hasil ini ditinjau dengan melihat tingkat pertumbuhan investasi dari reksa dana yang dipilih sebanyak 7%. Tentu, kita bisa banget mengotak atik untuk mencocokkan nilai investasi dengan dana kita.

Jadi itu dia nih kira0kira gambaran perencanaan investasi dana menikah untuk 3 tahun kedepan. Oh ya, buat yang muslim bisa banget nih memilih investasi reksa dana Indopremier syariah. Beberapa informasi yang saya dapat, reksa dana syariah memiliki tingkat resiko pertumbuhan investasi yang tidak terlalu beresiko atau memiliki fluktuasi harga yang terbilang stabil.

Sedikit informasi tentang saham syariah ini memiliki usaha yang halal, di mana perusahaan yang diinvestasikan tidak memiliki menjual produk yang banyak mudhorotnya serta tidak ada unsur ribanya. Dan IPOTSYARIAH di Indopremier ini sudah tersertifikasi DSN-MUI dengan No. 001.58.02/DSN-MUI/I/2018.

Satu lagi, di dalam IPOTGO nanti Sobat Blogger juga bisa menemukan yang namanya reksa dana ETF Umum dan ETF Syariah di IPOTFUND. Info lebih lanjut soal ETF bisa dicek di (baca:klik) IPOTNEWS.

Jadi, itu dia nih bahasan soal investasi reksa dana Indopremier. Sampai di sini ada yang sudah mulai tertarik buat berinvestasi? Semoga bermanfaat.

0 Response to "Investasi Reksa Dana Indopremier Mudah dan Menguntungkan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel