follow us

11 Keunggulan Beli Mobil Bekas di Lelang IBID Astra


Halo Sobat Blogger semua. Beli mobil bekas di IBID Astra bisa jadi alternatif bagi yang ingin memiliki kendaraan roda empat namun terhalang oleh dengan dana besar. Engga ada salahnya tidak membeli mobil baru. Selama bisa tahu tips membeli mobil bekas, kita bisa aman-aman saja dengan kendaraan tersebut.

beli mobil bekas


Mobil bisa terbeli, dana yang dibutuhkan tidak mencekik kebutuhan primer lainnya dan yang terpenting fungsi dari si mobil sendiri adalah sama baik baru maupun bekas. Itu sebabnya, penting apabila memutuskan membeli mobil, pikirkan terlebih dahulu apakah ini menjadi kebutuhan yang harus dimiliki? Bila iya, maka pilihan dengan mobil bekas bisa jadi solusinya.

Nah, ada beberapa hal yang diketahui untuk Sobat Blogger semua yang ingin membeli mobil bekas.

Tips Beli Mobil Bekas

Setiap ingin membeli barang ataupun produk bekas, terkada membawa sebuah kegelisahan dan tanda tanya dikemudian. Apakah barang yang akan dibeli bagus kualitasnya? Apakah terpercaya tempaya? Dan banyak lagi.  Nah, untuk menjamin itu semua, kita mesti tahu tips-tipsnya sebelum membeli.

beli mobil bekas


1. Beli di tempat yang sudah terpercaya
Memilih tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas jadi hal paling penting dari sisi keamanan dan kualitas mobil. Selain itu, harga pun bisa menentukan murah tidaknya membeli mobil bekas di suatu tempat. Baik di showroom, perantara, tempat lelang IBID sampai langsung pada pemilik mobil.  

2. Ketahui kelengkapan surat-surat
Perlu diperhatikan membeli mobil bekas adalah kelengkapan dokumen seperti BPKB dan STNK asli. Tentu, selain untuk memastikan mobil ini asli miliki seseorang sesuai nama yang tertera. Kelengkapan dokumen penting untuk mempermudah proses balik nama nantinya.

3. Asuransi
Tentu, jadi nilai tambah bisa beli mobil bekas yang masih ada asuransinya. Pastinya, beberapa informasi menyebutkan kalau asuransi mobil ini bisa dipindah tangankan setelah proses balik nama. Pastikan, saat membeli pembeli mobil bekas mengurus dengan baik kepada pihak asuransi bersama penjual mobil.

4. Cek fisik; eksterior dan interior
Selanjutnya, hal yang harus diperiksa saat membeli mobil bekas dengan melakukan pengecekan ekterior dan interior mobil. Bagian ekterior sendiri bisa melihat kondisi cat. Body mobil apakah ada goresan atau tidak, bagian kaca  yang masih bagus, lampu dan lainnya. bagian interiornya sendiri bisa mengecek dashboard, ac, karpet, jok, langit-langit, kaca mobil, tombol wiper, lampu hazard, lampu depan dan lampu rem apakah semuanya berfungsi dengan baik atau tidak.

5. Cek performa mesin
Pastinya, saat membeli mobil wajib untuk melakukan test drive. Hal ini guna bisa memastikan suara mesin masih mulus dan mobil mudah di strater atau tidaknya. Melalui test drive juga membuat Sobat Blogger bisa merasakan langsung oper gigi berjalan dengan lancar atau tidak. dan banyak lagi yang bisa dirasakan dari test drive ini.  

6. Beli mobil bekas bisa bawa teman
Tentu, buat yang baru mau beli mobil terkadang belum paham betul soal dunia otomotif. Akan sangat riskan bila baru pertama kali beli mobil, dan bekas pula. Oleh sebab itu, bisa banget saat mau melakukan pengecekan bawa teman yang mengerti soal mobil ini. pastinya akan sangat membantu memilih mobi berkualitas.

Jadi itu dia tips-tipsnya. Memenuhi semua itu, ada loh tempat jual beli mobil bekas yang sudah terpercaya. Namanya Balai Lelang Serasi (IBID) yang merupakan menjadi anak perusahaan dari PT. Serasi Auto Raya di bawah group Astra. Lebih lengkap soal IBID yuk cek ke bawah lagi.

Apa itu Balai Lelang Serasi (IBID)?

Berdiri sejak tahun 2007, IBID menjadi tempat untuk melelang produk-produk otomotif seperti roda dua dan empat. Tapi, seiring berjalannya waktu dan tumbuh kembangnya. Perusahaan di bawah naungan grup Astra ini menambahkan jenis produk lelangnya dengan kendaraan berat hingga produk elektronik.


beli mobil bekas


Pelelangan di IBID sendiri bisa dilakukan secara offline maupun online di website (baca;klik) IBID sampai aplikasinya yang sudah bisa diunduh di playstore. Pencapaiaan IBID sendiri hingga tahun 2016 mampu menjual 27.000 kendaraan roda empat dari lebih 500 lelang di setiap bulannya. Dna hingga kini, lelang rutin diadakan setiap minggunya di 10 kota besar dan yelah mencapai 30 kota besar lelang terlaksana di Indonesia.

Selain menjadi tempat lelang atau bisa membeli aneka produk kendaraan dan gadjet. IBID bisa juga menjadi pilihan untuk menjualkan aset baik perusahaan ataupun individual. Baik dalam skala besar maupun satuan.

Jaringan IBID sendiri yang sudah ada di 10 kota besar seperti di Jakarta, Ciputat. Bandung, Karapitan. Semarang, Wolter Mongosidi. Surabaya, Raya Gilang. Balikpapan, MT. Haryono. Banjarmasin, A. Yani KM. 17. Makassar, Gudeg SELOG. Medan, Jl. Asrama. Pekanbaru, Jl. Soekarno Hatta dan Palembang di jl. Soekarno Hatta.

Sebagai tempat lelang, IBID telah banyak memperoleh penghargaan. Seperti mendapatkan penghargaan Balai Lelang dengan tingkat kinerja terbaik sektor kendaraan Dirjend Kekayaan Negara KEMENKEU RI, 2013-2016.

Mendapatkan penghargaan 5-Star World Class Quality Achievement kategori Balai Lelang Mars Indonesia & SWA Group, 2013-2014. Mendapatkan penghargaan sebagai Rekor Bisnis Indonesia 9REBI) Penyelenggara lelang mobil terbanyak dengan kota pelaksanaan terluas di Indonesia, Tera foundation & Majalah Marketing, 2015. Dan sebagai Balai lelang dengan tingkat inovasi terbaik, Dirjen kekayaan Negara KEMENKEU RI, 2016.

Sebagai tempat lelang, apa sih keuntungan yang bisa kita dapat di IBID ini? Berikut banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti lelang di IBID. Termasuk bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

11 Keunggulan Beli Mobil Bekas di Lelang IBID

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari ikut lelang mobil bekas di IBID ini.
1. Jumlah unit lelang banyak.
2. Harga lebih kompetitif dan variatif. Bahkan, disebut-sebut menyediakan harga yang lebih murah. Mengingat, banyak showroom mobil yang mengikuti lelang di sini dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. 



beli mobil bekas

3. Dilengkapi dengan data harga pasaran yang selalu terupdate.
4. Dilengkapi dengan informasi kelengkapan dokumen penting.
5. Transaksi pembayaran lebih transparan.
6. Lelang aman karena dihadiri pejabat  lelang.
7. Barang yang dilelang telah melewati tahapan inspeksi secara menyeleuruh. Bahkan, inspektor yang memeriksa berdasarkan standar teknologi aplikasi dari Jepang.
8. Fitur aplikasi yang memudahkan.

beli mobil bekas

Ada live auction yang mampu mebawa siapa mengikuti lelang tanpa harus hadir di lokasi lelang. Cukup memantaunya melalui smartphone secara realtime. Bahkan, bisa menngikuti di 4 jadwal lelangs ekaligus.
Melalui aplikasi IBID pun disediakan informasi detail seputar kendaraan, rincian spesifikasi, tampilan indterior dan eksterior yang disajikan 360 derajat, sampai jadwal kapan mobil dan dokumen bisa diambil.


beli mobil bekas


9. Akan ada open house dari IBID 3 hari sebelum jadwal lelang. Sehingga, waktu tersebut bisa Sobat Blogger manfaat untuk melakukan pengecekan secara langsung.
10. Pembelian NPL (Nomor Peserta Lelang) sampai pembayaran pun bisa dilakukan melalui aplikasi. Tanpa harus datang ke kantor. Hal ini menjadi satu keuntungan bagi Sobat Blogger yang disubukkan dengan pekerjaan harian.  



beli mobil bekas


11. Apabila Sobat Blogger kalah dalam lelang tersebut. Nomor NPL yang sudah dibeli nantinya akan dikembalikan 100% dari biaya yang sudah dikeluarkan.

7 Langkah Beli Mobil Bekas di Lelang IBID

Sekarang, bagi Sobat Blogger yang mau membeli mobil bekas di IBID ada beberapa langkah atau cara mengikuti lelang baik via website ataupun aplikasi.

1. Pastikan sudah masuk ke website atau aplikasi IBID.

2. Sobat Blogger bisa mencari kendaraan dan cek jadwal lelang di dalamnya.  Daftar lot kendaraan lelang sendiri bisa dilihat dan diunduh di dalamnya, termasuk semua jadwal di berbagai kota.

beli mobil bekas

3. Mulai melakukan pengecekan kendaraan melalui aplikasi dan tentunya jangan lupa ikuti open housenya. Agar semakin yakin terhadap IBID dan kendaraan yang akan dibeli.


4. Setelah Sobat Blogger telah menentukan jadwal lelang dan mobil yang akan dibeli. Langkah selannjutnya adalah melakukan registrasi dan membeli NPL. Pembelian NPL ini bisa dilakukan dengan virtual account, kartu kredit atau mesin EDC di loket IBID.

beli mobil bekas

5. Mengikuti lelang sesuai jadwal baik secara langsung di tempat ataupun online menggunakan vitur live auction.

beli mobil bekas

6. Melakukan pelunasan paling lambat 5 hari kerja setelah lelang berlangsung. Dan bagi yang kalah lelang, pembelian NPL akan dikembalikan 100% ke nomor rekening terdaftar paling lambat 3 hari kerja setelah lelang. Menarik bukan!


7. Apabila Sobat Blogger berhasil memenangkan lelang. Sobat bisa mengambil kendaraan beserta dokumennya setelah melakukan pelunasan pembayaran.

Dan selamat menikmati mobilnya.
Jadi, itu dia Sob, informasi seputar beli mobil bekas di tempat lelang IBID milik grup Astra ini.  Oh ya, jangan lupa Sobat Blogger juga bisa mendapatkan gadjet di IBID. Semoga bermanfaat dna selamat mencoba.

1 Response to "11 Keunggulan Beli Mobil Bekas di Lelang IBID Astra"

  1. Wah ternyata banyak sekali keunggulan membeli mobil bekas di lelang Ibid Astra, nice info gan. Jika anda sudah membeli mobil bekas tersebut dan ingin melakukan perubahan pada lampu mobilnya, ini dia tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perubahan pada bagian lampu mobil.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel