follow us

Victor Wirawan: Orang Sukses itu Memberikan Manfaat untuk Banyak Orang


“Kenapa orang bisa besar? Karena dia ingin mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan itu diberikan untuk banyak orang, bukan dirinya sendiri,” Victor Wirawan.

Senja yang menguning itu menebar semburat cahaya jingga di langit. Membawa saya pada perjumpaan yang kedua kali dengan seorang Victor Wirawan. Namanya kini semakin banyak diperbincangkan. Saya pun mengenalnya melalui undangan beliau dalam mengenalkan hasil karyanya di bidang energi terbarukan, Baran Energi.

victor wirawan orang sukses

Pertemuan saya dan 14 Blogger lainnya kali ini tidak seserius sebelumnya. Tak ada lagi baris berbaris kursi bersandar meja buku di atas dan 2 orang dengan bangkunya masing-masing di depan, yang  memberikan nuansa kuliah di dalam kampus.

victor wirawan orang sukses


Pertemuan bincang hangat ini sebagai upaya mengenal lebih dekat dengan Victor Wirawan yang punya cita-cita besar menjadi salah satu anak bangsa berprestasi yang mampu bersaing dengan tokoh-tokoh besar di luar negeri sana.

Victor Wirawan: Orang Sukses Elon Musknya Indonesia

Lelaki dengan celana jeans, berkaos biru dibalut setelan jas abu-abu di depan saya menawarkan pikiran untuk menilai sebagai penampil orang besar yang santai dalam urusan berpakaian. Apalagi, penampilannya ini didukung dengan warna kulinya yang putih dan badannya yang tinggi proposional.

Victor wirawan orang sukses

Saya jadi teringat dengan seorang Mark Zuckerberg pendiri facebook yang terkenal sebagai orang sukses dengan penampilan sederhananya, jeans dan kaos.

Suasana semakin cair ketika kami semua para Blogger bisa berbincang dengan Victor Wirawan secara santai dalam artian yang sebenarnya, sesambil makan bersama. Nasi kotak, berisi ayam kremes dengan sayur asam dipadu sambal terasi dan sambal bawang ini menyatukan kami.


victor wirawan orang sukses
sumber: ig @baranenergy
Pria kelahiran 23 November 1983 ini pun semakin asik membeberkan kata demi kata yang tak perlu dirangkai namun sudah mantab tersusun menjadi sebuah kalimat yang menjelaskan siapa dirinya.

Victor Wirawan adalah Elon Musk Indonesia

Beliau memulai cerita dengan menyampaikan visi misinya dalam mengembangkan maha karya energi terbarukan. Yakni memberikan alternatif baru dengan gaya hidup sehat melalui produk-produk energi baru terbarukan dalam negeri, Baran Energi.

Sebagai seorang Chief Executive Officer (CEO) dari PT Aldebaran Rekasaya Cipta ini berfokus pada produk energi terbarukan. Melalui (baca; klik) Aldebaran Indonesia, Victor Wirawan menciptakan Baran Powerwall, Baran Cube dan Baran EV.

Victor wirawan orang sukses

Pak Victor sadar betul, karyanya di bidang energi terbarukan ini terbilang sangat baru di Indonesia. Tapi, tidak di luar negeri. Hal ini pun sejalan dengan banyaknya orang yang membicarakan kalau karyanya ini mirip dengan Tesla, yang menjadi maha karya (baca; klik) Elon Musk di Amerika.

Tak ambil pusing akan perbincangan negatif, ia malah senang bisa disamakan dengan orang hebat. Selama berkarya, Victor Irawan hanya menjalankan panggilan hati atau adanya sebuah rasa rindu untuk Indonesia dalam memberikan karya besar. Dan ini membuktikan, kalau dirinya bisa setara dengan negara-negara maju, dan menjadi sebuah kebanggan.

Terakhir, menanggapi karyanya ini yang dianggap ingin menyaingi perusahaan besar energi listrik, PLN. Victor Irawan menjelaskan, kalau dirinya dalam menciptakan karya-karyanya seputar energi terbarukan ini tidak ada niatan untuk menjadi kompetitor. Tapi ingin membantu banyak orang.

Victor Wirawan yang Ternyata Mengidolakan Elon Musk, Tesla

Memiliki rekam pendidikan yang kurang bagus. Victor Irawan hanya tercatat sebagai lulusan SMP saja ini dikenal dengan seorang anak yang bandel, dan sering mendapatkan hukuman. Berpendidikan seadanya, bukan berarti membuatnya pasrah dengan hidup sekadarnya.

Di salah media online, ia menceritakan sudah memulai bisnis sejak di banngku sekolah SMP, dimuai berjualan ikan cupang. Tak tanggung-tanggung, ia pun menjual cupang ekspor. Lalu, kepada kami semua 15 blogger, Victor Wirawan pun menceritakan pernah berbisnis pada usia 17 tahun dengan membuat pabrik rokok. Sayang, pabrik yang dibuatnya tersebut hanya bertahan 3 bulan, menghilangkan 60 armada karena bangkrut ditipu orang.

Pantang menyerah, ia tak gentar untuk terus berbisnis. Di usia yang ke 22 tahun, ia mendapatkan projek rekanan dari angkatan darat jendral pangkat 2/pangdam. Project per 3 bulan yang dijalankan itu pun sukses, dan membuah hasil mendapatkan pemasukan dana 50 miliar. Padahal, saat memulai, ia sama sekali tidak ada modal.

Setelah itu, ia terus mengembangkan bisnisnya di bidang properti. Seperti membuat apartemen dan semakin berkembang dengan memulai bisnis energi terbarukan, Baran Indonesia. Lalu, kenapa bisa terpikirkan oleh (baca:klik) Baran Energi?

victor wirawan orang sukses
sumber: ig @baranenergy
Perbincangan yang semakin hangat dan mencair itu pun mengeluarkan fakta kalau ternyata Victor Wirawan sudah sejak lama mengidolakan Elon Musk, Tesla. Sehingga, iya mempelajari semua biografinya tersebut. Tak tanggung-tanggung, ia pun sampai rela mendatangi Elon Musk di negeri Paman Sam tersebut. Namun sayang, usahanya menginjakkan kaki di Amerika tak memberikannya kesempatan untuk bertemu dengan sang idola, Elon Musk, Tesla.

Seiring berjalannya waktu, Victor pun merasa kalau dia gak bisa terus menerus mengejar Elon Musk. Ia bisa menjadi dirinya sendiri di Indonesia. Dan membawa kesuksesannya sendiri dengan memulai perjalanannya sendiri.

Ia pun mulai berpikir, pertama harus menciptakan karya yang solutif untuk orang banyak. Dan yang kedua, karya yang digarap itu adalah sesuatu yang ia senangi.

Maka, keduanya pun menarik benang merah pada sebuah nama seorang Elon Musk, sang idolanya. Dan tergagaslah oleh Victor Wirawan untuk melakukan bisnis yang juga memberikan manfaat untuk orang banyak, yakni Baran Energi.

Baginya, hidup kadang tidak melulu bisa diukur oleh uang. Karenanya, itu bisa membawa manusia menjadi matrealis. Dan ia pun percaya, ada alasan kenapa seseorang bisa menjadi besar. “Karena dia ingin mengubah sesuatu menjadi yang lebih baik, dan itu untuk kepentingan banyak orang.”

Kini, Victor Wirawan sebagai Elon Musk Indonesia sedang menjalankan projek energi terbarukannya dengan membuat hunian rumah yang sudah menerapkan solar panel, bhuvana Village Regency. Tertarik beli? Saya sih tertarik.

“Cocok nih buat komplek Blogger, Pak.” Celetuk salah satu blogger yang imajinasinya membuat satu ruangan tertawa.

Follow:
instagram: @victorwirawan
instagram: @baranenergy

1 Response to "Victor Wirawan: Orang Sukses itu Memberikan Manfaat untuk Banyak Orang"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel