follow us

Olahraga di Kantor, Tips Sehat dan Jadi Pekerja Produktif


Olahraga di kantor- Saya jadi teringat semasa ‘pernah’ menjadi seorang karyawan selama 4 bulan. Masuk pagi pukul 08.00 dan pulang pukul 17.00 sore. Terkadang, bila sedang banyak kerjaan, ya harus pulang lembur sampai malam hari. Bahkan, terkadang di hari libur pun saya masih harus berkutat dengan kerjaan.

Olahraga di kantor



Selama 4 bulan bekerja, terhitung cukup banyak perjalanan dinas luar kota yang saya jalankan. Asik sih, tapi siapa sangka kalau perjalanan dinas luar kota bisa meninggalkan jejak lelah dan capai. Hingga membuat badan saya tumbang. Yah, pastinya semuanya bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang baik. Lebih spesifik, olahraga yang tidak pernah, dan badan terporsir dengan jumlah intensitas kerja yang banyak memakan waktu dan tenaga.

Dua kali terkena gejala typus, saya selalu hapal nasehat dokter dan manajer di kantor. “Olahraganya jangan lupa. 30 menit sampai 1 jam, disempatkan. Kalau engga bisa sehari sekali, seminggu sekali olahraga. Berjemur di matahari. Biar badan terasa fit kembali.”

Bisa saya akui, selama saya menjalani aktivitas sebagai seorang karyawan. Rasanya memang saya malas berolahraga. Selain karena dirasa waktu habis untuk bekerja, setiap hari libur rasanya saya hanya ingin menghabiskan waktu di atas kasur saja untuk bermalas-malasan. Dan karena inilah, akhirnya membuat kondisi badan saya mudah drop. Ada yang sama dengan saya?

Tapi tahu gak Sobat Blogger. kalau ternyata berolahraga itu sebenarnya bisa loh dilakukan di kantor. Dan gak ada alasan lagi sih untuk gak punya waktu untuk olahraga. Pada dasarnya, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. termasuk di ruangan kantor. Nah, pengen tahu bagaimana caranya bisa olahraga di kantor dan manfaat apa saja yang dirasakan? Serta olahraga apa saja yang bisa dilakukan di kantor? Berikut penjelasannya.

Manfaat Olahraga di Kantor

Salah satu hal yang saya suka dari berolahraga di pagi hari ada 2. Udara yang masih segar sehingga mampu merefresh pikiran, dan kedua berjemur matahari. Berjemur sinar matahari sebelum pukul 10.00 punya banyak manfaat, seperti mendapatkan vitamin D yang bermanfaat pada tubuh dalam menjalankan fungsi metabolisme kalsium, menjaga imunitas tubuh, serta menetralisir kerja otot dengan saraf.

Olahraga sendiri dalam melakukan banyak pergerakan seluruh anggota tubuh tentu mampu merenggangkan kerja otor sehingga mampu merileksasikan badan dari aktivitas rutinitas kerja. Dalam sehari, kita dianjurkan untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik minimal 30 sampai 45 menit.



Aktivitas fisik sendiri terbagi 2 macam. Aktivitas fisik terukur dan tidak terukur. Aktivitas fisik terukur seperti olahraga yang dilakukan 30 sampai 45 menit dalam sehari. Sedangkan tidak terukur seperti kebiasaan yang dilakukan di rumah, mencuci, menyapu, memasak.

Aktivitas lelah karena bekerja tidak dapat diukur sebagai aktivitas fisik. Mengingat, hal tersebut tidak memberikan efek pada kesehatan/jantung.

Sedangkan aktivitas fisik yang terukur seperti aneka macam olahraga sendiri mampu memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Bahkan, olahraga mampu meningkatkan kesehatan mental yang mampu menghasilkan kemampuan berpikir yang lebih fokus dan mengurangi tingkat stress pada seorang karyawan.

Seorang karyawan yang setiap paginya berolahraga, tentunya akan mendapatkan sistem peredaran darah yang lancar ke otak sehingga mampu memicu kreativitas dan inovasi dalam menjalankan tugasnya di waktu bekerja.

Selain itu, manfaat lainnya dari berolahraga untuk seorang karyawan mampu menimbulkan jiwa kompetisi yang sportif, pemikiran strategis dan meningkatkan skill daya saing. Terbiasa melakukan aktivitas olahraga juga mampu menjernihkan pikir dan jiwa sportifitas tinggi sehingga mengurngangi jiwa curang pada seorang pekerja (fair play).

Terakhir, berdasarkan hasil riset penelitian di Inggris dan Amerika, manfaat karyawan yang rajin berolahraga melakukan aktivitas fisik teratur terbukti lebih produktif dan kooperatif. Hal ini membuktikan sebuah bahasa latin yang sudah lama kita kenal sejak di bangku sekolah dasar, Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Olahraga di kantor apa bisa?

setelah membahas manfaat berolahraga, pertanyaan selanjutnya adalah apakah bisa seorang karyawan/pekerja kantoran melakukan aktivitas fisik teratur setiap hari? bahkan melakukannya di kantor? Jawabannya bisa.

Melakukan olahraga di kantor tentu bisa dilakukan. Misal, Sobat Blogger yang bekerja kantoran bisa memutuskan berangkat kerja dengan menggunakan sepeda. Tentu, harus berangkat lebih pagi agar terhindar macet.

Atau berangkat lebih pagi agar bisa berolahhhraga di dalam kantor. Lantas, aktivitas fisik apa saja yang bisa dilakukan di dalam kantor? Nah, tenang, setelah saya mebaca beragam sumber. Ternyata sudah ada banyak ulasan yang membahas ini. sekiranya, ada 7 aktivitas fisik yang bisa dilakukan di dalam kantor.
1. Duduk berdiri berulang-ulang
2. Peregangan leher
3. Memutar bahu dan angkat bahu
4. Putar badan
5. Perengangan punggung
6. Push up dengan meja
7. Peregangan kaki
8. Dan lainnya.

Sobat Blogger juga bisa melihat video olahraga simpel di dalam kantor di bawah ini.


Lakukanlah peregangan badan setiap 2 jam

Ngerasa gak sih Sobat Blogger yang bekerja kantoran berjam-jam duduk di kursi dan memandangi layar laptop kadang membuat mata lelah, badan pegal juga? Nah, untuk  mengurangi kelelahan dan memulihkan konsentrasi dalam bekerja.

Menurut drg. Kartini Ristandi, M.Kes. Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, setiap diharuskan melakukan perenggangan jika ingin menghilangkan lelah dan mengembalikan konsentrasi bekerja kembali seperti semula. Adapun perenggangan yang bisa dilakukan, bisa dilihat di dalam video tersebut.



Datang Pagi ke Kantor untuk Olahraga? Ini Manfaatnya

Adakah di sini Sobat Blogger yang suka datang pergi ke kantor lebih pagi? misal sampai kantor 1 jam sebelum jam masuk kerja? Tentu saja ini bukan saya banget dulu. Hehe tapi, setelah saya pikir-pikir kembali. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berangkat kerja lebih pagi untuk memilih berolahraga di kantor.

Sebagaimana yang saya ketahui, kalau ternyata di kantor Kemenkes RI terdapat ruang gym untuk karyawannya berolahraga yang jam operasionalnya pad apagi hari dibuka pukul 06.00 sampai pukul 08.00 dan sore hari dibuka mulai pukul 17.00 setelah jam kantor.

Pastinya, selain manfaat di atas yang saya sebutkan dari karyawan yang berolahraga. Ada manfaat lain yang bisa didapat. Manfaat tersebut dalam cocoklogi penghayalan saya seperti:
1. Terhindar macet. Siapa yang gak suka macet sih? Pastinya pukul 07.00 pagi itu udah jam-jamnya rawan macet pake banget bukan? Nah, merubah kebiasaan berangkat kerja lebih pagi bisa jadi solusi menghindari macet dan menambah kegiatan berolahraga pagi hari di kantor.
2. Punya waktu olahraga di kantor lebih dahulu. Pastinya, alasan utama berangkat kerja pagi hari adalah untuk memiliki waktu berolahraga 30-45 menit di kantor setiap pagi. Badan sehat dan pikiran pun jernih.
3. Bebas Stres. Berangkat pagi terbebas stres dari kemacetan parah, dan terpikirkan bayang-bayang takut telat. Ditambah paginya bisa memulai olahraga yang mampu menjernihkan otak.
4. Punya waktu me time buka socmed. Hmm, siapa yang setiap pagi suka mantengin socmed? Menurut beberapa statistik data socmed yang pernah saya temui. Masyarakat di Jakarta itu gemar membuka social media pada pagi hari pukul 08.00 sampai pukul 09.00, sore hari pukul 16.00 sampai malam pukul 21.00.

Nah, daripada ganggu aktivitas kerja buka socmed. Mending dateng aja lebih pagi, buat menghabiskan waktu berselancar di social media melihat perkembangan di socmed. Bisa juga dimanfaat membaca berita online juga kan. Produktif sekali pastinya kegiatan ini.

Pentingnya Pekerja Olahraga di Kantor untuk K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja)

Ngomongin soal olahraga, jadi ternyata ada loh yang namanya memperingati bulan K3 Keselamatan Kesehatan Kerja dalam sebuah instansi dan untuk kualitas kesejahteraan dari seorang karyawan.

Bulan K3 sendiri yang akan berlangsung pada Januari sampai Februari nanti diperingati sebagai upaya memastikan adanya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja untuk meningkatkan perlindungan pekerja dari aneka macam bahaya.

Kesehatan kerja sendiri ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguang kesehatan dan pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja. Misal, seorang pekerja kantoran memiliki sumber masalah yang mampu memberikan dampak buruk pada kesehatan: terlalu lama duduk di depan komputer, bekerja dalam ruang ber-ac dengan ventilasi yang kurang baik, adanya tekanan dan psikolo sosial yang menyebabkan stres, kurang aktivitas fisik, dan makanan kurang seimbang.

K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) sendiri memiliki standar yang tercantum dalam buku pedoman sebagai berikut:
a. Peningkatan pengetahuan kesehatan kerja
b. Pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja
c. Penyediaan ruang asi dan pemberiaan kesempatan memerah ASI
d. Aktivitas fisik meliputi;
- aktivitas fisik harian kerja pekerja minimal 30 menit setiap hari.
- peregangan di tempat kerja yang dilakukan 2 jam sekali selama 10 – 15 menit.
e. Pemeriksaan kesehatan bagi pekerja
f. Menerapkan ergonomi di tempat kerja

Menutup, berdasarkan data WHO yang menyebutkan kalau angka kematian tertinggi di dunia disebabkan oleh darang tinggi, diabetes, kebiasaan merokok dan kurang aktivitas fisik. Dan dijelaskan kalau 26.1% penduduk Indonesia usia di atas 10 tahun kurang aktivitas fisik.

Melihat data di atas, sudah sepatutnya untuk kita sadar dan melek akan perubahan kemajuan teknologi yang –disadari atau tidak- menuntun kita malas banyak bergerak. Segala kecanggihan dan kesibukan yang ada membuat lalai untuk aktif bergerak. Sehingga, hal sepele (kebiasaan aktif bergerak) yang saat ini ditinggalkan menimbulkan efek buruk di masa depan yang tidak bisa diprediksi.

Mari, mulai aktif berolahraga setiap hari di pagi hari atauu sepulang kerja. Dan sepatutnya setiap perusahaan memberikan fasilitas layanan olahraga untuk karyawannya. Saya jadi teringat seorang teman yang bekerja di group Astra di mana setiap malam, selpas jam bekerja. Ia selalu menggunakan fasilitas gym untuk berolahraga.

Dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Benny Priyatma Kusumah, Head of Group Support Departmen ESR Division PT Astra Internasional Tbk menjelaskan kalau Astra menerapkan hidup sehat dengan GERMAS. Termasuk memberikan reward promosi kesehatan untuk karyawan. Dijelaskan reward ini seperti tingkat sakit yang sangat rendah akan diberikan hadiah baik berupa barang maupun ikut sertaan ke unit olahraga.

Jadi, yuk olahraga pagi di kantor. Mulai hari ini dan hari esok.


Olahraga di kantor


Btw, walau saya udah gak jadi pekerja kantoran. Saya sekarang menjalankan prinsip jalan sehat minimal 6000 langkah. Walau yang disarankan 10000 langkah. Dan saya juga tetap aktiv olahraga mingguan renang dan jalan sehat di Car Free Day (CFD). Yuk, hidup sehat dengan aktiv bergerak. Salam sehat, untuk kita semua.

1 Response to "Olahraga di Kantor, Tips Sehat dan Jadi Pekerja Produktif"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel