follow us

Mengenal Pinjaman Online Terpercaya, Mudah dan Praktis


Pijaman online terpercaya- atau dalam bahasa lainnya financial technology peer to peer lending kini tengah menjadi tren baru di Indonesia yang sedang mencuat. Jujur, bagi saya sendiri ini menjadi suatu hal baru. Kalau yang selama ini sering saya dengar adanya sistem kredit online. Ternyata, sekarang juga ada dan bisa meminjam uang secara online dan tanpa harus melakukannya di Bank.

pinjaman online terpercaya


financial technology peer to peerlending (p2p lending) merupakan suatu proses pinjam meminjam dengan cara yang baru dan lebih modern. Secara garis besar, p2p lending adalah memberikan pinjaman dana secara online. Dalam fintech p2p lending, terdapat 3 belah pihak yang bersangkutan. Peminjam, investor dan penyedia layanan fintech p2p.

Tapi, yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah aman gak sih minjem uang secara online? Jangan-jangan nanti zonk lagi, minjem duit secara online, data-data kita bocor ke mana-mana, dan malah kena diporotin dan lainnya. Eitss tunggu dulu. Sobat Blogger minjemnya di p2p mana nih? sudah terdaftar belum di OJK?

Karena tujuan dari adanya p2p lending adalah untuk memudahkan dalam melakukan proses pinjam meminjam. Pastinya, dengan segala kemudahan ini banyak manfaat yang bisa didapat. Lantas apa saja? Dan bagaimana bisa mencari tahu meminjam uang secara online yang terpercaya?

Pinjaman Online Terpercaya Sudah Terdaftar di OJK

Dikutip dari Wikipedia yang menjelaskan apa itu financial technology Peer to peer lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Layanan p2p merupakan penyelenggaraan bada hukum Indonesia yang mneyediakan, mengelola dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

pinjaman online terpercaya


Di Indonesia sendiri, kini telah banyak menyeruak p2p lending. Pertanyaannya sendiri sekarang adalah, apakah semua sudah legal? Apalagi sistem pinjam meminjam online masih terbilang baru ya kan. Sayangnya, dari banyaknya p2p yang ada di Indonesia, dan terdaftar aplikasinya di playstore. Hanya ada sekitar 73 p2p legal. Di mananya 71nya p2p konvensional dan 2 nya adalah p2p syariah. Selebihnya, ada sekitar ratusan p2p ilegal.

Bila Sobat Blogger ingin melihat fintech p2p lending yang legal ada di mana, sangat bisa dilihat melalui website Otoritas Jasa keuangan (OJK). Mereka yang telah terdaftar inilah, yang bisa dijadikan rujukan platform peminjaman online dengan aman dan mudah yang telah mengikuti segala peraturan OJK 77/POJK.01/2016.

Bagaimana Sistem Pinjaman Online Terpercaya ini Bekerja?

Sebagai penyedia layanan peminjaman modal berbasis online, p2p lending bekerja dengan sangat mudah. Sobat Blogger yang ingin meminjam dana cukup mendaftarkan diri pada aplikasi layanan platform legal yang sudah ada di playstore maupun ios.

Proses peminjaman dilakukan serba online hanya dengan mengisi verifikasi data melalui aplikasi saja. Bila verifikasi data berhasil, maka Sobat Blogger bisa mendapatkan dana pinjaman tersebut dengan kurun waktu yang relatif cepat.

Sebagaimana yang saya temui pada aplikasi Pinjam Gampang sebagai p2p lending yang sudah terdaftar di OJK ini. didalamnya dijelaskan untuk melakukan peminjaman dana, cukup mengisi data:
1. Memilih nominal serta tenor pinjaman
2. Menyelesaikan 3 langkah proses verifikasi data
3. Mengirimkan permohoman peminjaman
4. Menunggu proses verifikasi

Apabila lolos verifikasi, maka dalam waktu 1 sampai 5 hari. Dana pinjaman bisa dikirimkan ke rekening pribadi. Dan akan ada biaya pengembalian minimal 1 minggu maksimal 14 hari. terhitung sejak dana sudah masuk ke rekening pribadi.

Manfaat Pinjaman Online Terpercaya (Peer to Peer Lending)

Sejalan dengan perkembangan fintech, platform pinjam dana online ini, pastinya memiliki banyak manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat. Lalu apa saja manfaatnya?

Pertama, untuk konsumen. Adanya p2p lending memberikan manfaat dalam memperluas pilihan produk, peningkatan kualitas layanan serta penurunan harga.
Kedua, manfaat bagi pelau bisnis. Fintech pp2p lending mampu memperpendek rantai transaksi, meningkatkan efisiensi modal, meningkatkan inklusi keuangan, memperlancar arus informasi.
Ketiga, manfaat untuk ekonomi. Mempercepat transmisi kebijakan moneter, menngkatkan kecepatan uang yang beredar, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kelebihan Pinjaman Online Terpercaya

Kalau Sobat Blogger termasuk orang yang kurang suka meminjam uang di bank. Maka, dengan mengenal fintech p2p lending adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, ada beberapa kelebihan yang saya suka dari sistem pinjaman online p2p lending ini yang tidak dimiliki oleh pinjaman oleh bank. Apa saja?

Pertama, meminjam di p2p lending memiliki suku bunga yang lebih rendah dibanding lembaga keuangan resmi, seperti bank.
Kedua, proses pengajuan seperti yang sudah saya contohkan di atas. Sangatlah mudah dan cepat.
ketiga, tidak membutuhkan agunan.
Keempat, melalui p2p lending, proses penagihan sudah di atur oleh OJK, dan masing-masing kedua belah pihak peminjam dan investor sudah diikat oleh kekuatan hukum yang berlaku. Oh ya, kembali lagi. Cari pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar oleh OJK. Sehingga, p2p lending ini bila melakukan hal-hal yang tidak mengenakan bisa diadukan ke OJK.
Kelima, kelebihan p2p lending lainnya. Data-data yang kita miliki, tidak akan disebarluaskan, ataupun diambil paksa secara diam-diam bila kita ada tunggakan melewati batas. Beberapa pengalaman yang pernah terjadi pada pinjaman online tidak terpercaya atau tidak terdaftar di OJK adanya terjadinya kebocoran data. Oleh sebab itu, penting adanya untuk memilih dengan bijak p2p lending yang terdaftar oleh OJK

1 Response to "Mengenal Pinjaman Online Terpercaya, Mudah dan Praktis"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel