follow us

Hobi Menjadi Profesi, Begini Cara Menjadi Blogger Pemula


Satu tahun tidak bekerja. Alias, di bulan November ini, genap sudah satu tahun yang lalu saya resign dari pekerjaan saya yang baru berusia seumur jagung. 4 bulan bekerja di sebuah agency sebagai seorang social media digital, nyatanya tidak membuat saya ingin bertahan menyandang status sebagai seorang karyawan. Mendapatkan penghasilan tetap, bonus dinas dan jalan-jalan luar kota dengan segala fasilitasnya. Tetap tidak cukup membuat saya bertahan menjadi pekerja kantor.

cara menjadi blogger pemula
Dok saat mendapatkan hadiah lomba blog jalan-jalan ke Jogja bersama Dompet Dhuafa
Sejujurnya, selalu ada rasa ingin untuk saya kembali bekerja kantoran. Apa yang saya mau? Ilmunya. Jujur, selama saya bekerja di kantor itu banyak banget pengalaman-pengalaman baru yang saya temui. Yah, pastinya banyak belajar dari sana juga. Terima kasih untuk kesempatan bekerjanya.

Lepas, bekerja. Saya pun bertekad bulat untuk menjadi seorang fulltime blogger. Menarik sih untuk saya bahas. Mengingat, banyak sekali yang bertanya-tanya ke saya jadi blogger itu enak gak? Ngapain aja? Bagaimana cara menjadi Blogger? Bisa menghasilkan uang gak? mencukupi gak? dan lainnya.

Untuk menjawab itu semua, saya akan coba membahasnya satu persatu. Dan cerita ini berdasarkan pengalaman saya saja selama satu tahun telah berkecimpung di dunia blogger, fulltime.

Apa itu Blogger?

Secara singkat, untuk yang saya pahami ialah mereka yang punya hobi menulis dan menuangkannya di dalam blog. Sehingga, mereka disebut sebagai seorang blogger. Saya sedniri telah membuat blog sejak tahun 2012.

Awal mula membuat blog, saya memasukkan konten-konten materi makalah kuliah yang saya buat. Karena saya pikir, untuk apa buat makalah kalau hanya sebatas sampai di kertas foto copian yang dibagikan, lalu dibuang? Akhirnya, saya berpikir kenapa gak saya masukkan saja ke dalam blog. Sehingga, akan banyak orang yang bisa mengaksesnya dan membacanya.

cara menjadi blogger pemula
Dok saat jalan-jalan ke Bandung 
Lalu, seiring berjalannya waktu, saya mulai mengisinya dengan puisi-puisi saat saya aktif mengikuti komunitas FLP Ciputat. Oh ya, kegemaran saya membaca buku, saya kembangin lagi dengan belajar menulis lewat komunitas FLP Ciputat ini sejak tahun 2012. Sehingga, menulis pun sejak 2012 itu menjadi hobi baru saya.

Oh ya, tulisan saya lainnya yang waktu itu saya masukkan ke dalam blog ada tulisan-tulisan di saat saya bekerja di majalah cetak (sejak 2015-2018), dan beberapa tulisan refleksi diri. Hingga, akhirnya memutuskan jadi fulltime blogger. saya pun mulai memfokuskan diri mencoba mengulas seputar trend lifestyle, traveling dan kuliner. Walau saat ini masih banyak tulisan katalognya. Hehe

Jadi, ya untuk jadi blogger. Pada intinya, Sobat Blogger memerlukan alatnya yakni platfom blogspot ataupun wordpress dan aktif menulis di dalamnya. Kalau ada yang nanya lagi gimana jadi blogger, jawabannya satu. Nulis di blog. Hehe

Lalu, Enak Gaknya Jadi Blogger Apa?

Jadi blogger bagi saya enak, pake banget malah. Kenapa?
Pertama, dengan jadi blogger saya dapet banyak teman baru, di seluruh Indonesia blogger tuh ada. Kedua, adanya kebabasan waktu. Di sini bukan berarti gak ada waktu bekerja. Tapi, biasanya durasi waktu kerja blogger lebih fleksibel, bisa dilihat dan diatur dari jauh-jauh hari. Tergantung bagaimana kita manajeman waktunya saja.

cara menjadi blogger pemula


Ketiga, jadi blogger itu belajar banyak hal. Iyap, bila dapet undangan liputan, di situ kita bisa dapet informasi-informasi terupdate mengenai suatu perkembangan lebih dahulu. Entah dari pemerintahan, instansi swasta dan lainnya. Keempat, punya kesempatan jalan-jalan ke luar kota hingga ke luar negeri juga secara gratis. Bahkan, bisa juga dapet uang saku. Enak kan!

Gak enaknya apa sih jadi blogger? Beberapa poin bisa saya sebutkan adalah pendapatan yang tidak tetap. Sebagai seorang freelancer, yang bekerja sebagai content writer gak setiap hari ada panggilan job blogger. Oleh sebab itu, penghasilan pun tidak pasti. Apalagi, ada saja kontrak kerjasama yang memberikan fee minimal 1 minggu hari kerja atau maksimal 1 bulan hari kerja.

Dan yang gak enaknya lagi. Jadi blogger tuh masih dilihatnya sebagai pengangguran. Karena jam kerja yang gak beraturan, dan istilah ‘blogger’ gak bisa menjelaskan sebagia seorang pekerja tetap yang kerja disuatu instansi. Kalau ditanya kerja di mana dan apa, saya masih suka bingung mau jawabnya. Bila menjelaskan sebagai blogger, belum tentu semuanya paham. Jadi, kadang mesti ngejelasin lagi dari awal apa itu blogger. Begitu Sob.

Abis ini saya mau lanjut ke beberapa pertanyaan netijen yang udah pada nanya lewat instastory saya.

Begini Waktu Pertama Kali Saya Jadi Blogger

Sejak memutuskan untuk jadi fulltime blogger. Sudah sedari awal saya menganggapnya ini sebagai sebuah profesi yang akan saya geluti. Berarti, jelas orientasi saya adalah bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah pekerjaan blogger.



Tapi, apakah awalnya semua itu bisa terpenuhi? Bagaimana awal mula mengawalinya? Pasti sulit awal memulainya?

Yap, benar banget. Awal mula terjun bebas jadi blogger itu saya banyak banget enggak tahu apa-apa soal lingkup blogger. Saya pelan-pelan belajar dari nol di sana. Kenalan dari satu komunitas ke komunitas lagi. Ikut Event apa aja, termasuk event-event yang ngebahas bagaimana caranya jadi blogger profesional, event menulis blog menarik dan diminati pembaca, event SEO, mengelola socmed, fotografi dan lainnya.

Tentu, semua itu gak bisa dilihat dari sekadar materi yang didapat. Tapi, saya lebih melihat ilmu soal dunia perbloggerannya yang sudah seberapa banyak saya dapat. Selama proses belajar jadi blogger, saya menemukan jawaban bagaimana menjadi blogger profesional.

Perbaiki terus kualitas tulisan, pahami perangkat perang ngeblog (SEO), dan mengerti materi pemasaran yang baik dalam menulis blog (akan digunakan untuk konten-konten endorse/sponsore post sebuah produk).

Seiring  berjalannya waktu, banyak banget masukan-masukan yang saya dapati. Seperti membuat domain blog sehingga tidak pake domain gratisan/bawaan blogspot atau wordpress. Perbaiki kualitas tulisan enggak asal tempel kaya press release. Belajar soal SEO. Belajar soal etika blogger. memperbagus konten foto, mengelola socmed, dan banyak lagi.

Bila ada yang bertanya bagaimana bertahan jadi blogger? Jawabannya satu. Konsisten menulis. Bagaimana caranya bisa konsisten? Ya tulis aja apa yang pengen ditulis, bahkan kalau bisa sesuai niche yang sudah ditentukan. Misalnya kaya menjadi travel blogger, ya update-update seputar pariwisata, tips traveling murah dan hemat, pengalaman jalan-jalan ke suatu lokasi dan lainnya. 

Saya sendiri pun termasuk orang yang memulai menjadi blogger ini butuh banyak perbaikan kualitas diri dari segi konten. Saya banyak belajar dari para blogger senior bagaimana menulis sebuah blog yang asik, menarik dan informatif. Karena mengemas ketiga paket itu tidaklah mudah. Tapi, ya sampai saat ini saya tetap terus berusaha untuk mengasah kualitas menulis  saya.

Percayalah, bila Sobat Blogger sudah menjadi blogger yang memiliki kualitas tulisan baik, mampu mebuat konten menarik, akan banyak instansi, brand maupun komunitas yang senang bekerjasama. Beginilah cara menjadi blogger pemula ala saya. 

Bagaimana Saya Mendapatkan Penghasilan dari Ngeblog?

Sejauh ini, yang bisa saya temui. Menjadi blogger bisa itu mendapatkan penghasilan dari beberapa pekerjaan:

cara menjadi blogger pemula
Dok undangan review kedai kopi Sugeng
1. Undangan liputan. Job ini hanya bisa didapat entah melalui sebuah pendaftaran yang diberikan oleh suatu komunitas blogger, ataupun mendapatkan undangan langsung dari instansi/agency yang berkaitan. Lagi lagi, yang paling utama diperlukan di sini adalah link komunitas dan branding diri.

Hal yang dilakukan dari pekerjaan ini adalah saya datanng ke sebuah event dengan tujuan meliput kegiatan acara tersebut dan mereviewnya ke dalam blog. Biasanya juga, hal ini sudah satu paket dengan share socmed seperti instagram, twitter dan facebook. Makanya, punya socmed yang menarik dan berkualitas bisa jadi nilai tambah sendiri buat blogger.

2. Job review. Job ini biasanya dilakukan tanpa perlu datang ke acara. Tugasnya hanya mereview suatu program atau produk dan lainnya. Sama seperti job liputan, bedanya ya ini gak mesti datang ke acara. Atau memang tidak ada acaranya.

3. Buzzer. Buzzer ini secara gampang diartikan sebagai mempromosikan suatu produk lewat social media. Biasanya, instansi atau brand yang mau menggunakan jasa buzzer ini sudah punya standar followersnya mereka. Jadi, kalau mau jadi blogger, jangan lupa ningkatin followers socmednya ya.

5. Lomba Blog atau socmed. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas tulisan, biasanya bisa dilihat dari berapa banyak lomba yang menangkan. Hehe kalau udah sering menang, ya biasanya bisa dilihat kalau tulisan dia bagus, memenuhi standar dewan juri. Tapi, balik lagi sih. Saya percaya, setiap blogger punya keunikannya masing-masing.

cara menjadi blogger pemula
Dok saat memenangkan lomba foto instagram 
Nah, lomba blog ini biasanya dijadikan blogger sebagai ajang berkompetisi berhadiah. Ya gimana gakmenarik, hadiah dari lomba blog suka gak tanggung-tanggung. Uang tunai 5juta, laptop, kamera dan lainnya. Enak kan? Hehe kalau menang sih enak. Kalau gak menang, Cuma bisa mupeng aja. Hehe

Oh ya, ada yang nanya, bagaimana caranya agar tetap semangat nulis, kan DL banyak banget?
Sebenarnya DL gak banyak sih. Kalau bisa di atur waktunya, gak numpuk dan banyak. Eh tapi bisa aja sih kalau blogger hits mah jobnya banyak. Dalam 1 hari bisa dapet undangan 3. Oh ya, balik lagi gimana caranya bisa tetap semangat nulis? Bagi saya, karena ini sebuah pekerjaan, jadi ya harus semangat untuk dikerjakan. Kembali lagi ke yang namanya profesionalisme bekerja.

Nah, yang membedakan adalah bagaimana tetap semangat nulis tulisan organik (tulisan tanpa sponsor)? Balik lagi yang saya bilang. Kalau bisa, sudah sejak awal dipikirkan ingin membuat blog dengan niche apa, buatlah blog dengan konten isi yang Sobat Blogger suka. Foodie, traveling, lifestyle, beauty, health, review film, otomotif, techno dan banyak lagi.

Belakangan ini saya mulai suka traveling dan kulineran. Akhirnya, saya buatlah branding sebagai lifestyle blogger yang mengulas juga soal traveling dan foodie. Ketika membuat ulasan, saya pun bisa menjalaninya dengan senang. Jalan-jalan, liputan kulineran dan diulas di blog. Biarpun gak dapet bayaran, tapi karena saya dengan kegiatan tersebut. Saya senang-senang saja bisa berbagi informasi tersebut. Begitu Sobat Blogger.

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Pemula?

Pertanyaan selanjutnya yang paling banyak ditanyakan adalah ini, kalau mau jadi blogger pemula gimana caranya? Gampang!

cara menjadi blogger pemula

1. Buat blog, tentukan niche yang ingin dibuat. Maksimal sih 3 ketertarikan yang mau dibahas. Lebih bagus, kalau bisa fokus 1 aja.
2. Aktif menulis di dalamnya.
3. Jangan lupa aktif di social media. Punya instagram, twitter, facebook yang aktif.
4. Masuk komunitas blogger. Ikut kegiatan-kegiatan workshop yang diberikan, apalagi kalau itu udah ilmu tentang dunia blogging.
5. Sering-sering ikut lomba blog. Biar dikenal juri, instansi dan komunitas.

Udah sih itu aja kayaknya caranya kalau mau jadi blogger. hal yang harus dijadikan sebuah pertanyaan adalah, mampukah kita bertahan berada dalam dunia perbloggeran di saat semakin banyak tumbuh blogger-blogger baru maupun blogger lama?

Jadi Blogger Sudah Bisa Mencukupi Kebutuhan Saya?

Jujur, di masa-masa awal saya memulai jadi blogger. Saya sudah harus mempersiapkan tabungan kerja saya selama kerja 4 bulan itu berkurang. Beli kamera adalah modal awal saya. Selanjutnya, beli domain jadi modal kedua.

cara menjadi blogger pemula


Kalau ada yang melihat saya jadi blogger enak, makmur dan sejahtera. Ketahuilah, tiga bulan awal pemasukan saya itu gak bertambah, ataupun berkurang. Alias stagnan. Hanya mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, sampai di titik hp saya hilang di copet. Saya harus rela mengucurkan sisa-sisa tabungan yang ada. Jebollll di sana. Dan saya sisain duit 1 juta doang buat bertahan hidup. Gak sedih sih, soalnya masih idup bareng mamake dan bapake. Hehe

Yah, berjalan di bulan ke 4 atau ke 5. Pemasukan mulai kembali terisi lagi. Dan alhamdulillah, tabungan saya yang ludes. Sekarang udah keiisi lagi dan saya manaj di 3 buku tabungan. Oh ya, jadi blogger dengan pemasukan yang gak menentu. Sangat penting untuk buat perencanaan keuangan. Saya pun sudah sekitar 5 bulan membuat perencanaan keuangan ini. Segala pemasukan dan pengelauran harian saya catat dengan rinci.

Sehingga, saya bisa tahu setiap bulannya saya bisa dan harus menabung berapanya dan target sebulan harus ada pemasukan berapa.

Terakhir, manfaat dari manajeman keuangan ini. Saya jadi gak tergila-gila untuk mencari job blogger. Saya selalu melihat, dalam sebulan itu penghasilan saya sudah mencukupi belum. Dana tabungan yang disimpan bulanan sudah tercapai belum. Kalau semua sudah terpenuhi, saya bisa aja gak ambil job blogger di selanjutnya. Karena biasanya, saya suka dengan hari yang gak ada job bloggernya. Kenapa?

Punya waktu luang, dan istirahat. Waktu luang tersebut, bisa saya manfaatkan untuk keliling kulineran atau jalan-jalan sebagai bahan tulisan organik post. Pokoknya, jangan lupa nikmati hidup jadi freelancer (blogger). Hehe

Demikian Sobat Blogger pengalaman yang bisa saya bagikan. Semoga ulasan ini bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara menjadi blogger pemula. Maaf bila apa yang saya ulas tidak terlalu terperinci. Setidaknya, ada gambaran yang bisa saya berikan. Dan teman-teman bisa mencaritahunya sendiri. 

6 Responses to "Hobi Menjadi Profesi, Begini Cara Menjadi Blogger Pemula"

  1. Pilihan blogger, juga penting buat para Aktivis Komunitas, yang bergerak di berbagai bidang contoh saja.... diawali sebagai Aktivis Kereta Api. Kegiatan kita bisa di tuliska sebagai bagian dari pengalaman... Karena blogger bisa berbagai profesi seperti saya juga seorang pekerja .. Jujur saja memang semua perlu konsisten... Naumu senagai seorang lelaki yang kedepan harus mencukupi kehidukeh keluarga... Artinya double job itu sudah harus.... Pada saatnya nanti kita bisa memilih ... Satu lagi yang jarang di lakukan blogger adalah menjadi EO untuk blogger karena ada keahlian kita untuu me managed teman2 blogger untuk sebuah even.... atau bentuk Komunitas yang berciri khas swmoga pengalaman saya bisa berbagi ..

    BalasHapus
  2. Keren mas. Daku suka belajar dari postingan blog maupun sosmed nya mas nursaid lho. Saya emak emak yang masih bayik banget di dunia per blog an ini. Terus berkarya dan berbagi ya mas. Sukses selalu

    BalasHapus
  3. Wah.keren kk ...memotivasi blogger nubie untuk tetap semangat dan konsisten berkarya.

    BalasHapus
  4. Hai Kak Said, Terima kasih atas sharingnya. Barokallah...

    BalasHapus
  5. Hai Kak Said,
    Makasih sudah sharing. Bermanfaat banget :) Aku juga pemula banget nih di dunia blogging. Salam kenal.

    BalasHapus
  6. ulasan'a panjang pak. mantap deh berbagi pengalaman'a..

    selamat membranding diri sebagai #BloggerEmas

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel