follow us

Gak Pake Ribet! Cuma 3 Langkah Perpanjang STNK Motor di Samsat Blok M Square Loh


Perpanjang STNK- Halo Sobat Blogger, saya mau berbagi pengalaman nih soal bagaimana caranya perpannjang STNNK/cara bayar pajak motor di Samsat Blok M Square. Dulu, saya termasuk orang yang males ngurus beginian. Jujur aja, di tahun pertama, kedua dan ketiga. Urusan biaya pajak motor saya ini minta tolong diurus sama orang lain. Tentu, bakal ada biaya tambahan sebagai jasa dia.

perpanjang stnk di samsat blok m square
Samsat Blok M Square
Nah, karena mikirnya bakal ribet ngurus pajak STNK motor ini. Akhirnya saya pun jadi males buat bayar pajak. Dan nunggaklah setahun pajak STNK ini di tahun 2017.

Akhirnya, saya pun coba searching mbah google gimana caranya bayar pajak STNK di Blok M Square. Dan ketemulah. Ada beberapa hal berkas yang mesti disiapkan. Walau ternyata, dari info tersebut ada yang gak valid. Akhirnya, bikin saya dua kali bolak balik ke Samsat Blok M.  Yah, pada intinya sih. Setelah saya jalani. Ternyata, mudah dan gak butuh waktu lama kok. Paling 15 menit selesai.

Syarat Perpanjang STNK di Samsat Blok M Square

Sebelum berangkat ke Samsat Blok M, Sobat Blogger harus memastikan terlebih dahulu nih berkas-berkas yang dibawa sudah komplit dan benar. Jangan sampai kejadian seperti saya, ada yang kurang dan mesti dateng lagi besoknya.

perpanjang stnk
Syarat berkas
Lalu apa berkas yang mesti dibawa?
1. BPKB Asli.
2. STNK dan SKPD Asli,
3. Identitas diri (KTP).
4. Foto copy KTP 2, BPKB 1, STNK 1 dan SKPD. Kalau kurang, di sana ada foto copy juga kok. Oh ya, Btw SKPD apa ya? Ada yang tahu?

Berkas nomor 1 sampai 3 wajib banget nih dibawa. Jangan sampai ketinggalan. Kalau gak bawa, silahkan pulang kembali ke rumah. Karena pihak Samsat gak akan mau menerimanya.

3 Cara Bayar Pajak Motor/Perpanjang STNK Motor

Setelah berkas-berkas sudah saya persiapkan. Pada Senin (7/5) kemaren saya kembali ke Samsat Blok M untuk bayar pajak. Sebelumnya, saya kekurangan berkas BPKB yang awalnya saya baca tidak ada keterangan wajib dibawa. Cukup foto copynya saja. Ya setelah gak bawa, saya pun disuruh pulang.

Senin pagi, sekitar pukul 09.00 saya berangkat dari rumah. Sampai Blok M sekitar pukul 09.30an. masih sepi dong mall. Pikir saya begitu. Tapi, pas saya sampe di Samsat mallnya. Ternyata udah rame aja di sana.

perpanjang stnk, gerai samsat blok m square


Lokasi Samsat di Blok M Square ada di lantai GF. Untuk jam bukanya hari kerja pukul 09.00 sampai 16.00. tapi nanti saya update lagi informasi benarnya. Saya lupa motoin jadwal jam operasional Samsat di sana. Oh ya, di sana ada 2 loket. Satu untuk perpanjang SIM dan satu lagi untuk perpanjang STNK. Tinggal tanya aja perpanjang STNK yang mana.

cara bayar pajak motor, standar pelayanan samsat blok m square
Standar waktu pelayanan 
Buat perpanjang STNK ini gak ribet kok. Serta gak memerlkukan waktu lama. 15 menit doang mungkin prosesnya. Jadi cara bayar pajak motor di Samsat Blok M ini Sobat Blogger harus melalui 3 tahap dahulu.

1. Mengisis formulir
formulir perpanjang stnk
Formulir 
Kalau Sobat Blogger udah sampai di gerai Samsat Blok M. Hal pertama yang harus dilkukan adalah mengambil formulir pendaftaran yang diletakkan di kursi deket tukang foto copy di dalam gerai. Formulir tinggal ambil dan isi aja. Kalau Sobat mau foto copy, ya bisa sekalian di sana. Mungkin harganya yang akan mahal aja. Saya kurang tahu sih tarifnya berapa di sana.

2. Menyerahkan berkas
berkas perpanjang stnk di samsat blok m square
Berkas yang harus diserahkan
Bila formulir sudah diisi, Sobat silahkan antri untuk menyerahkan berkas-berkas perpanjangan STNK. Berkas sebagaimana yang saya sebutkan di atas: BPKB Asli, STNK Asli, KTP Asli dan semua atas nama sendiri. Lalu 2 foto copy ktp, 1 foto copy BPKB dan 1 foto copy STNK.

antri perpanjang stnk di samsat blok m square
Antri penyerahan berkas
Mungkin, nanti bakal terlihat antriannya banyak dan padat. Tapi sebenarnya, Cuma lokasi gerai samsatnya aja kok yang kecil. Jadinya keliatan banyak antri. Kurang lebih saya antri Cuma 5 menitan saja. Setelah itu menyerahkan berkas sama pak polisinya. Dan keluar barisan, nunggu nama dipanggil untuk bayar pajaknya.

3. Melakukan pembayaran
bayar pajak perpanjang stnk
loket bayar pajak
Setelah antri menyerahkan berkas. Saya keluar barisan, dan merapat ke sisi pojok dekat tempat pembayaran agar tidak mengganggu dan bikin sumpek antrian. Di sini juga gak perlu nunggu lama. cukup 5 menit, nama saya sudah terpanggil. Dan total pembayaran saya murah meriah Rp 169.000 untuk biaya administrasi pajak STNK motor, dan denda Rp 58.800. Total pembayaran Rp 227.000.

Selesai sudah cara bayar pajak motor dan pembayaran perpanjang STNK di Samsat Blok M Square. Sedikit tambahan, bagi Sobat Blogger yang super sibuk atau sedang dinas luar kota. Perpanjangan STNK bisa diwakilkan dengan yang satu rumah dengan menunjukan identitas diri. Tapi saya tidak tahu proseduralnya ini bagaimana.

Ya jadi itu dia pengalaman saya bayar pajak di Samsak Mall Blok M. Semoga bermanfaat infonya dan gak ada yang males lagi buat ngurus pajak. Atau ini Cuma saya aja ya yang males. Hehe salam, nursaidr blogger Jakarta.

0 Response to "Gak Pake Ribet! Cuma 3 Langkah Perpanjang STNK Motor di Samsat Blok M Square Loh"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel