follow us

7 Solusi Sakit Maag untuk Anda yang Suka Minum Kopi


Halo Sobat Blogger... Kebiasaan ngopi, belakangan udah jadi tradisi saya dalam mengerjakan kewajiban sebagai blogger. Emang gak takut sakit pada lambungnya apa? Hmm, untuk ini sih saya enggak takut. Karena emang sudah punya rahasia solusi sakit maag bila datang menyerang.

solusi sakit maag


Ya, menjalani profesi sebagai blogger membuat saya memiliki kewajiban demi kewajiban memuat hasil reportase di setiap undangan liputan. Entah apa yang bikin saya jadi keranjingan sama kopi. Rasanya, kalau gak ngetik sambil minum kopi, kayak ada yang kurang.

Bila diingat-ingat, kebiasaan ngopi ini mulai terbentuk sejak saya memutuskan untuk menyelesaikan DL tulisan di coffee shop. Ya, selain saya, pasti banyak juga Sobat Blogger di sini yang suka sekali menyelesaikan kerjaannya di coffee shop. Sambil ngopi, sambil buka laptop. Demikian juga saya.

Setiap mampir ke coffee shop, saya pastinya mesen kopi. Bahkan, sering emang sengaja Cuma mesen kopinya aja. Tidak pesan makanan di sana. Selain menghindari makanan cepat saji, ya itung-itung berhemat juga sih. Sing penting mah, tujuan saya nongkrong, ngerjain kewajiban saya menyelesaikan tulisan liputan.

Dulu, sebelum keranjingan ngopi. Saya suka berpikir kalau lagi ngeliat orang-orang minnum kopi itu pasti gak sehat, karena setiap hari ngopi. Sampai pada akhirnya saya coba. Dan ternyata baik-baik saja. dan bahkan ada yang menyebutkan minum kopi ada manfaatnya bagi kesehatan.
Kopi acap kali dijadikan sasaran sebagai penyebab penyakit maag. Ya, hal ini merujuk pada kandungan kafein pada kopi yang mampu meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung.

Lalu, benarkah terlalu sering ngopi ini bisa menimbulkan sakit maag? Dan apa solusi bagi yang ingin tetap ngopi? Untuk menjawab ini semua, kita perlu mencari tahu terlebih dahulu asal muasal kopi, serta memahami pemrosesan kopi itu diolah. Karena kafein pada kopi yang menjadi penyebab penyakit maag pun punya tingkatan kadanya sendiri. Jadi, untuk menjawab itu semua, yuk ah lanjut ke asal muasal dan kadar kafein pada kopi.

Suka Minum Kopi? Begini Awal Mula Kafein Ditemukan

Kafein yang biasa kita kenal punya nama asli dari senyawa kopi nih Sob, yakni Kafeina. Ia ditemukan pertama kali oleh Friedrich Ferdinand Runge seorang kimiawan asal Jerman yang mengambil nama Kaffein dari senyawa kopi itu sendiri. Dan pada tahun 1819 inilah Kimiawan asal Jerman tersebut berhasil mengisolasi kafein yang relatif murni.

solusi sakit maag


Selain ada dalam kandungan pada kopi, kafein juga bisa dijumpai dari tumbuhan daun teh, buah kola, guarana dan mate. Bila kita sering mendengar kopi sebagai penghilang rasa takut, hal ini sebenarnya kurang tepat juga. Karena, yang lebih tepat bahwa kandungan dalam kopi yakni kafein ini adalah senyawa yang mampu merangsang sistem saraf pada manusia dan mampu mengusir rasa kantuk untuk sementara waktu. Bukan menghilangkan kantuk.

Jauh sudah sejak zaman batu, disebutkan kalau manusia pada saat itu sudah menemukan kebiasaan mengunyah biji-bijian, ranting dan daun tumbuhan guna meringankan rasa lelah, merangsang kesadaran dan memperbaiki suasana hati.

Lalu, penggunaan kafein semakin berkembang efek yang dihasilkan dengan menyeduh bagian tumbuhan dengan air panas. Hingga sampai saat ini, mulai bermunculan metode pemanggan dan cara penyeduhan kopi yang beragam dan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

3 Cara Pemanggan Kopi yang Menghasil Kafein Berbeda-beda

Proses pematangan pada kopi hingga kini bisa dikenal dengan 3 macam. Light Roast, Medium Roast dan Dark Roast. Secara lebih spesifik lagi ada French Roast, Vienna Roast, Cinnamon Roast dan lainnya.

Jadi, dalam dunia kopi, ada istilah proses pematangan yang dilakukan dengan cara dipanggang. Nah, hasil dari proses pemanggan ini Sob yang punya tingkat kematangan berbeda-beda. Masing-masing proses roasting ini akan menghasilkan efek yang berbeda-beda dari biji kopi yang disajikan, termasuk kandungan kafein yang dihasilkan.

solusi sakit maag


Sehingga, tingkat kematangan pada proses pemanggan inilah yang nantinya menentukan seberapa bahaya kopi bagi lambung kita. Lalu apa bedanya ketiga proses pematangan tersebut?

Light roast

Memanggang kopi pada tingkatan ini merupakan proses pematangan yang tidak menggunakan suhu tinggi. Pada proses ini nantinya akan menghasilkan biji kopi berwarna coklat muda dan memiliki tekstur tidak berminyak. Pada jenis kopi ini, memiliki efek yang dihasilkan seperti cita rasa original, tingkat keasaman dan kafein tinggi serta memiliki rasa blitter.

Medium roast

Medium, sesuai namanya. Proses pematangan biji kopi berada pada tingkat tengah-tengah setelah melewati proses light roast atau sampai pada letupan pertama/first crack. Pada proses ini nantinya akan menghasilkan warna biji kopi yang lebih gelap namun tetap tidak berminyak atau beberapa menyebutkan sedikit mengeluarkan minyak. Biji kopi yang dimasak dengan metode ini memiliki kadar kafein yang lebih rendah atau lebih seimbang dengan rasa yang intens dan komposisi pas.

Dark roast

Terakhir proses pemasakan dengan metode dark roast dipanggang dengan suhu yang paling tinggi hingga mengahasilkan warna pada kopi menjadi coklat tua kehitaman serta memiliki tekstur biji yang berminyak. Cita rasa yang dihasilkan dari pematangan ini akan cenderung memiliki rasa terbakar dan menghasilkan rendah kafein.

Solusi Sakit Maag Ala Barista Profesional Muhammad Aga

Kebiasaan ngopi di era sekarang rasanya sudah menjadi trend gaya hidup. Bukan lagi menjadi prilaku orangtua yang suka dengan kopi. Kini, anak-anak remaja hingga dewasa pun gemar sekali ngopi. Ya, tentu ini tak elak dari berkembangnya coffee shop di setiap sudut kota yang menjadikannya tempat nongkrong bagi generasi millenial.

Tak kalah, menjamurnya kedai kopi yang berada di area mall, pinggir jalan semakin merebak menjajahkan aneka kopinya. Apalagi, kopi yang semakin bervariasi. Tak hanya sekadar kopi hitam atau original. Kini, juga sudah banyak aneka rasa kopi yang menciptakan tidak sekadar rasa pahit atau asam saja yang pekat dengan khas biji kopi. Hal ini yang juga mendukung semakin banyaknya generasi millenial yang menyukai kopi. Ya, setidaknya ini ilmu kira-kira saya aja. Hehe

solusi sakit maag
3 penyebab sakit maag karena rutinitas hidup yang salah. (sumber: web promag)
Ya, kegemaran generasi millenial yang menyukai kopi ini pun sudah menarik perhatian profesor terkemuka Chung Yang dan seorang ahli farmasi John L. Colaizzi yang mengatakan kalau generasi Z ini memiliki tingkat kebiasaan ngopi lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Disebutkan sebagai upaya meningkatkan produktivitas mereka.

Tidak salah bila saat ini banyak generasi Z yang memilih kafe, kedai kopi atau coffe shop sebagai tempat berkumpul untuk mengerjakan tugas. Dan membawa generasi sebelumnya yang hidup di era gen Z ikut berpartisipasi memilih coffe shop sebagai tempat mengerjakan tugas atau sekadar nongkrong bersama teman.

solusi sakit maag


Berbicara soal kopi saya pun jadi teringat dengan salah seorang Barista yang baru saya ketahui telah berhasil memenangkan ajang perlombaan Indonesia Barista Championship 2018, Muhammad Aga.
Ya, perkenalan saya dengan barista profesional Muhammad Aga saat menghadiri acara Promag di cafe Liberica Pasaraya. Saat itu, ia hadir sebagai pembicara untuk sharing pengalamannya memenangkan ajang perlombaan IBC 2018. Di sanalah, banyak kisah yang diceritakan termasuk memberikan solusi sakit maag saat minum kopi.

Aga sendiri bercerita kalau dirinya terjun ke dunia barista ini bukanlah cita-cita yang direncanakan. Ia sendiri memiliki latar belakang pendidikan sebagai anak kampus yang kuliah di kejuruan seni musik. Jelas, jauh sekali dari profesi yang kini ia jalankan.

Karena kondisi kepepetlah yang akhirnya memutuskan dirinya terjun bekerja sebagai seorang barista. Ia pun bercerita pernah bekerja di coffee shhop Tanamera yang disebut-sebut sebagai “rumah para pengopi” yang mneyajikan kopi terbaik Indonesia. Dan dimulai pada tahun 2015 lalu iya mulai membangun bisnis kedai kopinya sendiri.

solusi sakit maag
Muhammad Aga, Barista Profesional Pemenang Indonesia Championship 2018
Barista yang mengaku sudah bisa sangat bahagia hanya dengan melihat gelas kosong ini bercerita faktor kemenangannya di kompetisi barista profesional Indonesia Barista Championship.

“Profesi saya sebagai barista yang sudah digeluti sejak lama, terjun langsung mengenal aneka biji kopi dari sumber petaninya langsung membuat saya memiliki referensi untuk berstory telling dalam ajang IBC tersebut. Sehingga, pengalaman saya terjun langsung ke kebun kopi dan bertemu aneka petani kopi menjadi keunggulan value tersendiri dalam penilaian saya. Tentu, hal ini tanpa mengurangi sajian kopi yang saya buat. Mengingat, menjadi seorang barista yang profesional dinilai 100% dari cita rasa kopi yang dibuat.”

Sebagai seorang barista, Aga memberikan sarannya bagi yang tidak terbiasa minum kopi tidak mengkonsumsi kopi yang terlalu asam. Ia menyebutkan, kalau kafein memang ada dalam setiap kopi, tapi ada cara untuk kita tetap bisa menikmati kopi.

“Saran saya, bagi yang tidak terbiasa ngopi jangan pilih jenis kopi yang espresso mengingat memiliki tingkat cita rasa kopi yang sangat kuat. Atau juga jangan membeli kopi Bali yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi. Asam pada kopi atau yg bisa disebut Acid inilah yang memberi dampak pada perut,” ungkapnya.

solusi sakit maag


Aga pun menuturkan, salah satu penyebab penyakit maag saat ngopi terjadi karena pola makan yang kurang baik. Ia menuturkan, biasanya lambung yang tiba-tiba menjadi sakit sesaat minum kopi, sebelumnya tidak mengisi perutnya dahulu dengan makan nasi.

Dalam hal ini saya pun setuju. Hal yang membuat saya baik-baik sejak mulai terbiasa minum kopi adalah karena teratur menjaga pola makan. saya sendiri selalu memastikan pola makan (mengisi perut dengan nasi) atau perut tidak kosong sama sekali sebelum minum kopi.

Tapi, pekerjaanya sebagai barista nyatanya memang mengharuskannya minum kopi di pagi hari yang notabenenya ia sendiri belum sarapan. Sebagai bentuk antisipasinya bila terserang sakit maag, Aga menceritakan kalau ia mengandalkan yang namanya Promag. Ia percaya, Promag ahlinya lambung ini sudah terpercaya dan terbukti menyembuhkan sakit maag.

7 Solusi Sakit Maag dengan Mengurangi Kafein Tanpa Perlu Berhenti Minum kopi

Pada pembahasan di atas, sudah saya jelaskan sedikit banyaknya nih Sob awal mulanya ditemukannya kafein, bagaimana mengatasi sakit maag ala Muhammad Aga pemenang Indonesia Barista Championship 2018. Nah, sekarang saya mau ngasih tips cara mengurangi kafein saat sedang ngopi.

solusi sakit maag

1. Mengurangi takaran bubuk kopi

Upaya mengurangi kafein yang pertama adalah dengan seduh kopi dengan sedikit bubuk kopi. Ya, karena memang sumber utama kafein adalah biji kopi. Maka, salah satu cara adalah dengan menguranginya agar terhindar dari sakit maag. Secara umum, 1 biji kopi mengandung 40mg kafein, dan 100mg kafein untuk 1 cangkir kopi.

2. Pilih kopi dengan tingkat pemanggangannya tinggi atau Dark Roast

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, kalau proses pemanggangan pada kopi semakin matang, maka semaking mengurangi kadar kafein di dalam biji kopi. Jadi, bagi yang khawatir mau ngopi takut jadi penyebab sakit maag, bisa pesan kopi yang diroasting sampai dark Roast.

3. Pilih Kopi dengan teknik Cold Brew

Kopi yang diseduh dengan teknik Cold Brew rupanya memiliki kadar kafein yang lebih rendah, bahkan dengan teknik ini bisa menghasilkan asam pada kopi lebih rendah mencapai 67%. Ya, memesan kopi Cold Brew akan sangat cocok banget sebagai upaya mengindari sakit maag.

4. Pilih kopi susu

Membeli kopi susu biasanya jadi pilihan saya saat ingin meminum kopi hitam tapi tidak 100% rasa biji kopi orisinil. Hal ini juga sebagaimana yang disarankan oleh Muhammad Aga, bila ada yang tidak begitu suka nngopi tapi ingin minum kopi. Bisa dicoba kopi susu.  

5. Seduh sendiri biji kopi? Jangan terlalu halus ya

Perihal menyeduh kopi sendiri di rumah dengan membeli biji kopinya langsung. Hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kehalusan kekasaran dan kehalusan biji yang dihaluskan. Jadi, semakin halus biji kopi yang digiling, semakin banyak kafein yang dihasilkan. Dan untuk menjaga kenikmatan kopi, tidak juga menggiling kopi terlalu kasar.

6. Memilih kopi Arabica bisa jadi solusi mengurangi kafein saat ngopi

Perlu Sobat Blogger ketahui, yang saya sendiri juga sebenarnya baru tahu. Hehe kalau ternyata kopi Arabica memiliki kadar kafein yang lebih rendah daripada kopi Robusta. Jadi, bisa banget nih beli kopi jenis Arabica saja.  

7. Hindari kopi espresso

Sebagaimana yang dikatakan Barista Profesional Muhammad Aga, untuk menghindari sakit maag, sebaiknya tidak meminum kopi espresso. Kenapa? Hal ini karena pada jenis kopi tersebut memiliki proses penggilingan yang terlalu halus. Sehingga, mampu menghasilkan kopi dengan kadar kafein tinggi.

Promag Ahlinya Lambung Solusi Sakit Maag

Rasanya, bila ditanya soal obat yang bisa mengatasi sakit maag, saya akan menjawab Promag ahlinya lambung. Dan saya pikir ini juga berlaku untuk kebanyakan masyarakat. Brand ini menurut saya memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Tapi, bukan sekedar populer saja, melainkan sudah terpercaya selama 45 tahun dan uji klinis.

solusi sakit maag
sumber: web promag
Kafein sebagaimana yang banyak ditudingkan penyebab sakit maag, bisa diatasi dengan Promag. Ya, langkah ini diambil kalau Sobat Blogger sudah berusaha mengurangi kafein tapi masih tetap kena sakit maag.

Dalam dunia kesehatan, dijelaskan kalau kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan produksi asam dan peradanagn pada lambung. Bahkan, asam lambung ini bisa naik ke kerongkorangan sebagaimana yang dialami oleh penderita refluks asam lambung (GERD).


solusi sakit maag
Hydrotalcite yang mampu meredakan sakit maag (sumber: web promag)
Kafein sebagai penyebab penyakit maag akan semakin diperparah apabila ada di antara kita yang minum kopi dalam keadaan perut kosong. Dalam kondisi ini, penderita akan mengalami mulas dan gangguan pencernaan karena keasaman dalam perut meningkat. Hal ini akan diperparah dengan dada atua tenggorokan terasa panas dan terbakar, heartburn.

Mengatasi ini semua, promag ahlinya lambung sangat tepat untuk dipilih sebagai pereda yang mampu menyembuhkan sakit maag. Kemasan yang hadir kini pun semakin beragam dengan adanya promag cair.


solusi sakit maag
sumber: web promag
Keunggulan dari promag yang bisa saya rasakan sih ini:
1. Promag ini benar-benar bisa diandalkan sebagai obat sakit maag karena mampu bekerja cepat atas maagdan melindungi lebih lama. Hal ini karena adanya formula hydrotalcite yang membentuk lapisan dinding lambung.
2. Promag ahlinya lambung uji klinis dan survey mebuktikan obat ini efektif untuk menangani sakit maag.
3. Mudah didapat, harga terjangkau, mudah dibawa ke mana saja dengan pilihan tablet maupun Promag cair.

solusi sakit maag
sumber: web promag
Jadi, itu dia pembahasan mengenai 7 solusi sakit maag untuk Sobat Blogger  yang suka minum kopi. Salam, nursaidr Blogger Jakarta yang suka ngetik sambil minum kopi di coffee shop. Ngopi bareng yuk! 

36 Responses to "7 Solusi Sakit Maag untuk Anda yang Suka Minum Kopi"

  1. Waw...ku baru tahu nih yang teknik pemrosesan kopi yang light, medium sama dark...nice info.. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap..saya pun baru tahu juga setelah baca sana sini... dunia kopi itu luas pake banget. Hiks.

      Hapus
  2. untung aja ikutan hadir acara ini jadi bisa meluruskan kealahn ngopi yang bisa bikin mag akut.

    BalasHapus
  3. Waww lngkap sekali penjelasannya. Saya juga pecinta kopi yang tidak pernah ada keluhan maag karena mugkin sama yang dikatakan mas Aga si masternya kopi yang menyatakan harus mengisi perut dulu dengan makanan. Kopi favorite saya salah satunya cold brew dan baru tahu ternyata teknik ini bisa mengurangi kadar asam pada kopi

    BalasHapus
  4. Loh sekarang promag ada bentuk cairnya? Selama ini gue kira dalam bentuk tablet aja ternyata ada cairnya juga. Makin praktis aja ya promag.

    BalasHapus
  5. Aku banget nih,karena aku penyuka kopi.
    Pernah disarankan oleh dokter mengurangi porsi minum kopi, jadinya aku cukup 1 kali sehari ngopinya.

    Ternyata kopi jenis Arabica paling rendah kafeinnya,ya.
    Bisa kujadikan referensi memilih jenis kopi selanjutnya kalau begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas. Memperhatikan kadar kafein juga penting untuk memcegah maag bagi pecinta kopi.

      Hapus
  6. Kadang pada takut ngopi tapi nggak takut makanan asem atau pedes ya. Padahal ngopi bisa pilih yang nggak asem dan perut jangan kosong. Beres

    BalasHapus
  7. bermanfaat sekali karena saya minum kopi juga kadang kebanyakan. Sebelumnya saya ngga cocok sama promag tablet, pernah malah sakit, kayaknya yang ini formulanya beda sama yg tablet yak

    BalasHapus
  8. Aku jarang banget ngopi malah bahkan kalo bisa ngindarin banget kopi. Soalnya kalo abis minum kopi perutnya kacau... Itu tanda2 maag bukan ya? Tapi bukan mual sih... Lebih cenderung ke pencernaannya.. .

    BalasHapus
  9. Aku punya maag. Tapi suka kopi. Aku jadinya milih kopi susu atau latte. Tapi kalo pun maag kambuh, tinggal minum Promag. Alhamdulillah cocok.

    BalasHapus
  10. Info yang berfaedah nih apalagi kita udah sering ngopi bareng sambil ngelarin DL.
    Emang si Kafein itu bandel yaa kalau gak kuat iman bisa menggoda kita terus :D

    Thanks yaa untuk 7 tips'a dengan begitu aku tak takut lagi untuk ngopi meski punya sakit maag*

    BalasHapus
  11. Promag selalu jadi andalan banget nih usir sakit maag. Jadi bisa ngopi - ngopi deh karena selalu ngantongin promag

    BalasHapus
  12. Promag Solusi Sakit maag agar kita dapat menikmati hari dengan kopi ya

    BalasHapus
  13. aku punya maagh mbak, jadi nggak berani konsumsi kopi sama sekali. tapi semenjak baca ini, jadi lebih paham mbak, ternyata penyakit magh bisa konsumsi kopi

    BalasHapus
  14. gila kopi bisa bikin sakit maag ya?? baru tau gue.. gue kira bikin sakit hati juga bisa.. kopinang dia dihadapanku hahhha

    BalasHapus
  15. Bermanfaat nih. Semoga membantu bagi para pembaca yang punya penyakit maag.
    Semoga sehat selalu yang sakit segera sembuh. Aamiin.

    BalasHapus
  16. " terjadi karena pola makan yang kurang baik. Ia menuturkan, biasanya lambung yang tiba-tiba menjadi sakit sesaat minum kopi, sebelumnya tidak mengisi perutnya dahulu dengan kopi." Mngkn typo ya harusnya dgn nasi?

    BalasHapus
  17. Edukatif banget acaranya. Buat mereka yang sudah hrs mulai hati-hati mengonsumsi kopi di saat ngopi menjadi trend.

    Dulu saya kira barista itu sebutan buat mereka yang kerjanya di bar saja ternyata peracik kopi pun ya.

    BalasHapus
  18. Saya juga gak berani ngopi kalau perut masih kosong. Mendingan makan dulu, baru ngopi

    BalasHapus
  19. Sebagai penggemar kopi, hari tuh rasanya gak lengkap kalau gak ngopi deh. Tapi saya memang lwbih memilih kopi susu atau cold brew sih, terutama kalau belum makan berat. Kadang2 aja pilih single origin, tapi tiu juga jarang sih. Promag?? Itu mah selalu ada dalam tas. Sisa 3 biji aja langsung beli buat stok darurat.

    BalasHapus
  20. aduh babang,aku jadi pengen minum kopi nich

    BalasHapus
  21. waiyaaa? suamiku paling suka espresso pokoknya yang model begitu lah. oh gt makanya dy kadang suka kumat maag nya

    BalasHapus
  22. Cakep tulisannya. Info bermanfaat bust penyuka kopi YG bermasalah dong lambung

    BalasHapus
  23. Klo berdasarkan pengalaman Mak mah, klo tepat memilih jenis kopi, insya allah akan aman aman saja itu maag. Mak sendiri punya maag akut krn itu menghindari kopi dg tingkat keasaman yg tinggi dan kopi sachet/kemasan. Jd aman aman saja minum kopi. Ih itu cakep amat Baristanya. Ajak Mak dong ktemu baristanya hahahaha

    BalasHapus
  24. Aku ga suka kopi, tapi aku punya maag. Sekalinya minum kopi di starbuck, muntah-muntah.

    BalasHapus
  25. Jd penyebab maag atau mungkin asam lambung tinggi ya kafein tinggi ya?
    Aku tu kalau minum kopi sachetan suka sakit perut tapi kalau minum kopi racikan sih alhamdulilah gak (tapi dompet yg sakit) haha. Btw tengkyu tipsnya.

    BalasHapus
  26. Saya suka kopi tapi harus dicampur susu hehe. Btw baru kepikiran kudu mencegah penyakit lambung jih apakagi sy emang ada bawaan maag.

    BalasHapus
  27. Kopi itu kadar asamnya akan hilang jika pematanganya lebih lama. Tapi efeknya ke rasa, rasanya kurang krn asamnya sudah hilang.

    Saya lebih suka kopi dari biji kopi yg terpanggang alami di tanah yg panas.asamnya berasa banget, krn begitu diluar ga perlu lama2 di roasted. Kalau sakit lambing kan sidah ada promag.. xizizi

    BalasHapus
  28. aku sekarang jadi suka minum kopi juga nih, untung udah punya solusi sakit maag nih pakai promag juga

    BalasHapus
  29. alhamdulillah selama ini aman2 aja klo minum kopi, tapi klo minum kopi item liong yg kental kadang jantung berdebar2 apalagi klo habis terima transferan *eaaa

    soal kopi yg dipanggang ini bikin aku penasaran sama rasanya, maklum aku sukanya kopi sachetan wkwkwkwk

    BalasHapus
  30. semasa sekolah dulu aku udah akrab banget sama promagh, sering kumat sakit lambung kalau telat makan atau salah makan, mangkanya dirumah selalu sedia ini untuk jaga-jaga.

    BalasHapus
  31. Aku suka minum promag, soalnya punya maag juga

    BalasHapus
  32. Ih pas banget nih, lambung aku suka keot keot kalo abis ngopiiii. huhuhu. Alhamdulillah sekarang tau solusinya.. Makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
  33. Satu lagi keunggulannya Promag, rasanya enak! Hehehe. Jadi andalan banget memang nih kalo maag lagi kambuh. Cepet pun reaksinya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel