follow us

Ngopi Yuk di Kopi Sugeng dan Nikmati Cita Rasa Nusantara

“Mas, Ngopi yuk minggu nanti?” sebuah ajakan di siang hari yang masuk melalui pesan chat whatsapp saya dari Mas Dedy. Setelah kami chit chat lebih lanjut, doi ngajakin kulineran di Kopi Sugeng yang baru buka di Eat Street Jakarta Mall Artha Gading. Pikir saya, udah lama gak liputan kuliner di Jakarta. Bolehlah sambil jalan-jalan santi ngemall biar kayak orang Jekardah gitu. Hehe

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading

Ngopi Yuk di Kopi Sugeng!

Minggu pagi setelah saya bangun dan kembali tidur. Baru bangun lagi sekitar jam 11.00an siang, langsung tersadar jam 12.30 udah harus di Kopi Sugeng Mall Artha gading ketemu Mas Dedy. Jadilah gerabak gerubuk mandi seadanya, dan panik langsung naik ojol ke stasiun kebayoran.

Oh ya, kulineran kali ini juga bersama kawan-kawan Blogger BMI (Blogger Muda Indonesia) ada Sam dan Ikhsan. Jadi, makin seru aja sih bisa kumpul bareng BMI. Walau gak komplit berlima atau berenam atau bertujuh.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading bareng blogger kece
Setelah sampai terburu-buru naik ojol ke stasiun kebayoran – tanah abang, perjalanan dilanjutkan naik ojol lagi langsung ke Mall Artha Gading. Sumpah, ini gegara kesiangan jadi boros pengeluaran transportasi. Seharusnya akses menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan transjakarta aja yang Cuma ngeluarin duit Rp 3.500. karena ngejar waktu, jadi mesti naik ojol yang bila ditotal semua kena 32.500. hiks, sedih hampir 10x lipat dari naik TJ. Ya mungkin istilah “time is money” berlaku pada kasus ini.

Lanjut, sekitar pukul 13.10 saya sampai di lokasi. Dan langsung berkabar ke Mas Dedy dan kawan BMI kalau saya sudah sampai. Saya pun izin untuk solat terlebih dahulu, gak langsung ke Eat Street Jakarta.

Selesai solat, saya pun langsung mencari lokasi eat street yang berada di lantai 2 Mall Artha Gading ini. Wah, begitu sampai, udah nampak ramai aja antrian Kopi Sugeng. Pembukaan yang laris pikir saya.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading


Begitu sampai, dan bertemu dengan Mas Dedy. Doi sudah mengajak saya untuk memesan kopi. Saya pun yang melihat antusias pengunjung pada antri juga semakin antusias ingin mencicipinya.

Diawal-awal, saya memesan Ice Coffee Florest Bawaja yang diproses dengan cara V60. Harga satu kopi yang saya pesan ini Rp 35.000 untuk ukuran gelas yang sudah cukup besar. Terbilang murah menurut saya untuk ukuran kedai kopi di Mall.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
Kopi Florest Bawaja
Soal kopi Florest yang saya pesan. Sejujurnya ini coba-coba aja. Ya, ceritanya sih pengen gitu ngerasain aneka kopi Nusantara berbagai daerah. Terus rasanya kaya apa? Rasanya sungguh mengagetkan lidah. Si kopi Flores ini punya cita rasa yang asam dan enteng diminum. Buat saya yang masih belum terbiasa, tiap seruput ini kopi. Ada sedikit rasa kaget dilidah yang langsung ngena soal keasaman kopi tersebut.

Setelah puas dengan Kopi Sugeng Florest Bawaja, saya kembali memesan Avocado Coffee. Mesen ini pun juga coba-coba. Di benak saya, kopi ini bakal pekat rasanya nih dengan alpukat. Begitu hidangan tersaji. Dan coba rasanya.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
Avocado Coffee
Wah, ini sih enak. Jadi, si Avocado Coffee ini punya rasa yang seimbang antara alpukat dan kopinya itu sendiri. Keduanya seimbang, tidak ada yang saling mengungguli. Harga satu Avocado Coffee Rp 30.000 berlaku untuk hot maupun ice.

ngopi yuk di kopi mall artha gading
Hot Hezalnut Coffee
Untuk kopi cita rasanya Nusantaranya sendiri di sini ada Aceh Gayo, Papua Wamena, Flores Bawaja, Enrekang Latimojong, Java Ijen, Bali Kintamani, Toraja Dandang Batu, Sumatera Mandheling, Java Andongsari, Java Temanggung, Luwak Liar.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading

Buat yang suka kopi rasa-rasa. Bisa banget icip-icip Vanilla Blend, Hazelnut Blend, Caramel Blend, Moccca Blend atau Avocado Blend. Rasa lainnya ada Espresso, Long Black, Cappucino, Cafe Latte, Vanilla Late, Hazelnut Latte, Caramel Latte, Mocca Latte, Avocado latte dan Affogato. Lainnya cek gambar menu ya Sob. Nampak cemilan roti bakar dan kukus juga loh.

Mengenai best menu, dari yang kemaren saya perhatikan banyak yang memesan Avocado Blend maupun Avocado Coffee. Dan gak kalah menarik juga ada Caramel Latte. Sedangkan dari kopi khas daerahnya, yang familiar saya lihat banyak pesan Florest Bawaja dan Enrekang Latimojong.

Rata-rata harga di Kopi Sugeng ini memang kisaran Rp 30.000 dan Rp 35.000 saja, gak lebih. Setelah puas memesan kopi. Saya dan rekan-rekan kulineran kali ini memesan makanan Gudeg. Sayangnya, saya kurang begitu suka dengan makanan tersebut. Alhasil saya cuma nemenin mereka saja. selebihnya, gak berminat makan karena kembung kopi. Hehe

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
Nampak Depan Eat Street Jakarta

Oh ya, seperti yang saya bilang. Kalau lokasi kedai Kopi Sugeng ini berada di Eat Street Jakarta. Jadi, sebuah konsep tempat makan yang sama kaya eat & eat. Jadi, kalau ada yang laper, gak perlu khawatir. Banyak kuliner makanan lainnya yang berjualan di lokasi. Tinggal beli kartunya aja. Ada yang harian kok, jadi bisa ambil kembaliannya lagi nanti kalau masih ada sisi deposit.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
Eat Street Jakarta cocok buat kasih makan instagram
Kulineran icip-icip kopi saya di Kopi Sugeng sebenarnya masih penasaran denagn rasa lainnya. Tapi karena sudah bega duluan perut. Tidak dipaksakan melanjutkan kulineran kopinya. Tapi, emang nextnya sih mau balik lagi. Oh ya, mereka nanti juga mau opening lagi loh di cabang kedua Mall Bassura City Lantai 2. Kalau ada yang dekat Mall Basurra bisa tuh dateng jadi pelanggan pertamanya.

Ngopi Yuk Sambil Mengenal Kopi Sugeng

Sob, sedikit cerita mengenai Kopi Sugeng ini. Diacara pembukaan kedai mereka kemaren. Juga diadakan acara talkshow dan sambutan dari owner. Kopi Sugeng sendiri pun diambil dari nama pemilik yang bernama Sugeng.

ngopi yuk di kopi sugeng mall artha gading
Pak Sugeng dan Istri
Di bawah manajeman PT. Annisa Gaharu Indonesia, kedai yang memiliki tag line Selera Kopi Indonesia berkomitmen menyajikan kopi khas nusantara yang dipetik dan diolah langsung oleh para petani Indonesia. Kopi di kedai ini pun ternyata diracik langsung oleh tangan-tangan barista berkompeten yang memiliki sertifikat.

Pada acara talkshow dijelaskan, kalau Kopi Sugeng nantinya akan terus berjalan maju dan ingin mengembangkan konsep edukasi/pendidikan dan sertifikasi khusus untuk profesi Barista, Trading & Retail Biji Kopi, EO Coffee Industries & Konsultan.

Kopi Sugeng memiliki harapan besar, semoga langkah yang mereka ambil ini bisa memajukan Industri kopi baik lokal maupun internasional. Pastinya, saya berharap semoga petani-petani kopi Indonesia semakin termakmurkan dengan adanya industri kopi asli Indonesia ini.

Yah, selamat buat Kopi Sugeng atas pembukaan kedai kopinya yang pertama. Ditunggu loh buka cabang di daerah Jakarta Selatan. Banyak anak gahol gitu yang katanya banyak ngomong bahasa campuran Inggris Indonesia.

9 Responses to "Ngopi Yuk di Kopi Sugeng dan Nikmati Cita Rasa Nusantara"

Maseko Sakazawa mengatakan...

Demi ke sini utk cobain kopi Indonesia, saya rela mengojol hongga 50 ribu..

Mugniar mengatakan...

Saya bisa membayangkan rasa Avocado Coffe. Dulu ibu saya suka campur alpukat dengan gula, susu, dan ditambahin kopi sedikit. Rasanya enak :)

Daruma mengatakan...

suka banget deh cafe nya..
saya juga pecinta kopi beraaaaaatttt
tempat congcow yang asyik banget nih kayaknya.
dari kopinya sih paling suka latte artnya yang hazelnut kayaknya menggoda banget.
langsung deh ke artha kalo gitu!

nursaidr mengatakan...

Wah coffee addict nih maseko kayaknya.

nursaidr mengatakan...

Rasanya balance nya itu bikin enak. Pas dilidah.

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Loh, foto yang sama lukisan wanita itu mana, nggak dipajang di blog? Enak nih makanan lagi kedai ngopi, tapi jauh amat dari Depok ke MAG, semoga pak Sugeng berkenan buka outlet di Depok

Maseko Sakazawa mengatakan...

ewh.. iya.. walau pernah kena maag, tapi susah kapoknya..

Ilham mengatakan...

Jujur aja saya nggak terlalu suka sama kopi. Tapi entah kenapa baca menunya bikin penasaran dan jadi pengen coba hehehe.

Gita Siwi mengatakan...

senang banget ya bisa menikmati kopi sugeng Indonesia. Rasa asli kopi dan paduan masa kini.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel