follow us

Serunya Menikmati Aneka Masakan Indonesia dengan Inovasi Produk USA


Memunculkan Kuliner Indonesia yang Tidak Memiliki Indentitas

Indonesia darurat identitas kuliner. Bila saya berkata demikian apakah Sahabat Blogger di sini semua setuju? Berbicara mengenai aneka masakan Indonesia, tentu kita tahu, begitu banyak aneka olahan kuliner Indonesia yang khas akan daerahnya masing-masing. Sabang hingga Maroke pasti punya ciri khasnya.

Aneka Masakan Indonesia, Sate Maranggi
Sate Maranggi
Berbicara mengenai keanekaragaman kuliner Indonesia, saya jadi teringat mengenai problematika kuliner di Indonesia yang dipaparkan oleh Menteri Pariwisata Ir. Arief Yahya pada kunjungannya pada bulan maret 2018 lalu di salah satu tempat nongkrong di Bintaro, Batavia Cafe.

Kue Klepon
Kue Klepon
Pada kunjungan bulan Maret lalu, beliau menjelaskan kalau Indonesia belum mempunyai ciri khas. Seperti Jepang yang dikenal dengan Sushie. Ataupun Malaysia yang dikenal dengan Nasi Lemak. Keanekaragaman inilah yang menjadikan kuliner di Indonesia memiliki identitas diri di kancah Internasional.

Oleh sebab itu, disampaikan bahwasannya pada saat ini menteri Pariwisata sedang mencoba mempopulerkan 1 makanan yang akan menjadi ciri khas Indonesia, yakni Soto dan Kopi.

Oh ya, kalau menurut Ir. Arief Yahya. Beliau menyebutkan, menurutnya ada 5 menu makanan Indonesia yang populer versi dirinya. Ada yang bisa sebut 5 makanan Indonesia yang populer apa saja? Kelima makanan tersebut adalah Rendang, Soto, Nasi Goreng, Sate dan Gado-gado. Kamu suka yang mana Sahabat Blogger?

Kue Talam
Kue Talam
Keanekaragaman kuliner di Indonesia bagi saya sendiri bukanlah menjadi hal yang buruk. Karena kita memang Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Biarlah orang mengenal Indonesia dengan surganya kuliner. Tapi, memang alangkah benarnya bila Indonesias bisa juga dikenal dengan ke khasan kulinernya. Jadi, kalau ada turis yang mampir ke Indonesia, dia punya rekomendasi  dan bisa menyebutkan kuliner Indonesia yang rekomendasi kepada kerabat di  negara asalnya.

Aneka Kuliner Indonesia yang Punya Masa Kejayaannya

Sahabat Blogger tahu gak, Indonesia sebagai negeri yang kaya akan rempah punya beragam jejak masa kejayaan kuliner, yang disebut sebagai seni kuliner Indonesia. Pemahaman seni kuliner ini pun beraneka ragam, mulai dari rempah-rempah dan bumbu, teknik mengolah dan memasak.

Nasi Kuning Kecombrang
Nasi Kuning Kecombrang
Salah satu kuliner yang punya masa jayanya seperti kecap manis. Disebutkan Tiongkok sebagai negara yang menciptakan kecap manis pada abad ke-2 Masehi. Namun, sampai di negeri Indonesia, kitalah yang terus mengembangkan dan melakukan inovasi hingga sampai sekarang dikenal sebagai kecap manis yang diperkaya dengan rempah-rempah. Hingga, dalam setiap masakan, hampir semuanya ada kecap manis.

Kuliner Indonesia yang punya masa jayanya lagi ada tempe. Kuliner ini masuk dalam buku Serat Centini di abad ke 16-17 sebagai produk ciptanaan asli Indonesia. Dan tahu gak Sahabat Blogger, tempe ini sedang diperjuangkan menjadi Warisan Budaya Dunia Unesco tahun 2021 loh. Keren kan!

Ngomongin soal aneka masakan Indonesia yang punya masa jayanya, di zaman now kaya gini Sahabat Blogger mungkin ada yang tahu kuliner yang sedang naik daun, Martabak. Ya, kuliner manis dan asin ini terus berkembang di Indonesia. Hingga banyak bermunculan aneka inovasi martabak baik manis maupun asin.

Sebut saja martabak kesukaan saya, Martabakku Menteng. Semua pasti tahu dan pernah nyobain. Inovasi yang terus dikembangkan menjadikannya populer hingga sekarang. Atau Markobar. Bukan sekedar karena pemiliknya anak dari Presiden RI kita, Gibran Rakabuming. Tapi, memang dia punya konsepnya tersendiri yang beda dari yang lain pada masa awalnya.

Pastinya, masih banyak lagi aneka kuliner Indonesia yang mempunyai takdir kejayaannya hingga sekarang. Seperti Indomie, Rendang dan lainnya. Semoga kuliner Indonesia bisa terus berkembang dan mampu melebarkan sayapnya hingga dikenal di kancah internasional. Yuk ah, jangan pernah ragu dan sungkan untuk memperkenalkan segala macam aneka produk Indonesia. Kita bangga jadi Indonesia.

Sajian Kuliner Ramadhan Aneka Masakan Indonesia Bersama Kedubes Amerika

Sahabat Blogger pernah coba tidak, aneka masakan Indonesia dipadupadankan dengan bahan olahan produk Amerika? Ya, kesempatan kemaren saya mendapatkan kesempatan icip-icip kuliner Indonesia yang sudah dimasak dengan kreatifitas dan inovasi perpaduan antar budaya Indonesia dan Amerika.


Inovasi penggabungan kuliner Indonesia – Amerika dilakukan dalam menjalankan program Sajian Kuliner Ramadhan oleh Kedutaan Besar Amerika bersama Peka Consult, Inc. Bersama Cheft Stefy, beliau menyebutkan beberapa olahan masakan yang telah disiapkan untuk saya dan rekan Blogger lainnya bisa nikmati.

Beberapa menu makanan yang telah disediakan seperti US Beef Sate Maranggi yang diolah dengan kekhasannya ketumbar, asam jawa dan kecap manis. US Potatto Fish Cup, Salad Tuna yang sudah dicampur dengan Apel Washington. Lalu ada Martabak yang diisi dengan kentang. Ada Sushie yang terbuat dari beras ketan dengan isian oncom. Gak sampai di situ, masih ada Gulai Ayam kurma dicampur apel Washington yang sudah di blend. Ada Klepon, Sentiling, Kue Talam, dan Dadar Gulung. Sedangkan dari jenis sambelnya yang ikut meramaikan ada sambal terasi mangga dan sambal matah.

Oh ya, menyambut Sajian Ramadhan pun Kedutaan Besar Amerika pun memperkenalkan produk kurma mereka yang disebut-sebut sebagai kurma organik, diproses tanpa pengawet tambahan. Bard Valley Natural Delights. Menu manisan lainnya ada  USA Blue Berry Pannacotta, dan aneka ragam buah-buahan seperti jeruk, apel maupun blueberry asal USA.

Lalu bagaimana soal rasa dari sajian kuliner yang disajikan? Selesai penjelasan seputar sajian kuliner ramadhan makanan pertama yang cicipi ada Braised USA Beef in Raz El Hanout Spices (Mashed Potato & Spring Vegetable). Intinya sih ini sajian menu daging sapi yang disantap dengan kentang halus dan sayuran segar.

Braised USA Beef
Daging Sapi dan Kentang Halus
Nah, pas icip-icip nih, saya suka dengan tekstur kelembutan dari si daging sapi. Gak kenyel, sehingga mudah disantap. Soal rasa, menurut saya sih kurang bumbu ya. mungkin karena kita lidah Indoensia, terbiasa makan daging sapi dengan banyak bumbu rempah-rempahnya seperti itu. Oh ya, kentang tumbuknya ini juara banget menurut saya. Rasa kentang dan susunya berasa sekali. Enak dimakan baik dicampur daging sapinya maupun digadoin. Mantab ini pokoknya.

aneka kuliner indonesia, martabak telor
Martabak Telor
Makanan kedua yang saya cicipi martabak telor isi kentang tumbuk halus. Wah, ini sih makan 2 potong martabak telornya aja udah bikin kenyang. Dijamin ngenyangin. Tapi, kalau saya sih tetap lebih suka tanpa kentang. Hehe Ya, kentang ini menjadi inovasi untuk makan kenyang tidak berlebihan. Bisa dicoba nih buat Sahabat Blogger yang mau ngurangin makan nasi.

Kuliner selanjutnya yang saya icip-icip ada sate maranggi. Ini sih selalu menjadi juara ya. dagingnya empuk, dan tidak amis. Berhubung saya makannya cuma digadoin tanpa bumbu kecap jadi rasanya ya tidak terlalu berasa banyak bumbu. Tapi tetap enak kok. ini lebih berasa bumbunya dari daging sapi yang saya makan pertama. Ceritanya, saya nyomot satu, pergi. Nyomot lagi satu, dua. Pergi. Ya begitu terus sampe gak tahu udah ngambil berapa. Hehe

Blueberry Panacotta
USA Blue Berry Panacotta
Untuk hidangan penutupnya, saya mencicipi USA Blue Berry Panacotta, Ice Cream Orange dan Ice Cream Kurma. Dan beberapa gelas jeruk peras tanpa pemanis tambahan. Rasanya segar gila. Tidak terlalu asam, tidak terlalu manis juga.  Enak dan segar.

kurma
Kurma Natural Delights
Oh ya, sebenarnya setiap blogger dapet kurma. Nah, pas saya bawa pulang kurmanya. Itu udah langsung ludes, dan saya belum icip-icip. Hihihi jadi, saya gak tahu nih rasanya seperti apa. Tapi, adik saya yang makan juga, dia nanya ke saya lagi. Masih ada gak kurmanya. Ya, saya bilang sudah habis. Cuma dapet jatah 1 box tiap blogger. Hmm, sepertinya enak nih kurmanya. Jadi, penasaran pengen beli lagi. Dan kurmanya ini sudah bisa dibeli seluruh pusat perbelanjaan Indonesia ya Sahabat Blogger

3 Responses to "Serunya Menikmati Aneka Masakan Indonesia dengan Inovasi Produk USA"

Uci mengatakan...

Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

nursaidr mengatakan...

Enak ya mba uci...

himawan sant mengatakan...

Ikut merasa senang kuliner traditional negara kita makin mendunia ...
Kekayaan kuliner khas daerah2 di Indonesia wajib dilestarikan, jangan sampai generasi penerus ngga mengenal, tergantikan total dengan makanan kekinian.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel