Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Resiko Diabetes Bisa Diminimalisir Jika Kamu Lakukan Kebiasaan “CERDIK” Ala Kemenkes


Halo Sahabat Blogger semua. Pada tanggal 29 November 2017 kemaren, saya mendapatkan undangan dari Kementrian Kesehatan dalam rangka menghadiri acara Simposium Hari Diabetes Sedunia 2017 atau World Diabetes Day 2017 di Hotel Ritz Carlton.


Saya kira, diabetes ini menjadi topik yang menarik untuk kita simak. Pasalnya, 10juta masyarakat Indonesia terkena penyakit diabetes dan 1 dari 3 orang terkena penyakit hipertensi.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, penyakit diabetes menduduki posisi ke-3 sebagai penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Saat ini, 10juta masyarakat Indonesia, terkena penyakit diabetes. Fakta diabetes di Indonesia lainnya, pada tahun 2030, diperkirakan meningkat 2-3 kali menjadi 36juta jiwa.

Data SRS Balitbangkes, 2014; dari 41.590 kematian di Indonesia sebanyak: 8775 orang meninggal akibat stroke, 5365 orang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, 2786 orang meninggal akibat diabetes melitus dan komplikasinya, 2204 akibat hipertensi dan komplikasinya.

Diabetes dapat dikenali dengan melihat gejalanya, seperti: Sering kencing, sering haus, sering lapar, berat badan turun drastis, muda lelah, daya konsentrasi menurun, sering kebas & kesemutan di kaki, dan penglihatan kabur.


Penderita diabetes yang tidak ditindaklanjuti atau disepelekan semakin besar mengalami kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan amputasi kaki. Oleh sebab itu, penyakit diabetes ini harus segera diatasi sejak dini dengan melakukan pemeriksaan dii, mengatur pola makan sehat, dan upaya menurunkan berat badan serta lebih aktif dan rutin berolahraga.


Sebagai upaya pencegahan dari pemerintah, khususnya kementerian kesehatan telah membuat program terencana dalam menanggulanginya. Seperti, Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu), Pandu (Pelayanan Terpadu) dan Cek kesehatan berkala.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dalam sambutannya mengajak kepada seluruh hadirin untuk memulai hidup sehat. “Mulailah dari diri sendiri untuk sadar menjaga kesehatan. Hidup sehat bisa dimulai dengan memperhatikan pola makan. Seperti mengkonsumsi buah, sayur dan ikan.”

Menteri Kesehatan pun sebenarnya tengah mempopulerkan gerakan sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat dalam memerangi diabetes, CERDIK. Kata itu pun mempunyai makna sebuah ajakan positif dalam dan setiaknya mengurangi resiko diabetes.

C: Cek Kesehatan Secara Rutin
E: Enyahkan Asap Rokok
R: Rajin Aktivitas Fisik. Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan.
D: Diet Seimbang
I: Istirahat Cukup
K: Kelola Stres

Nah, itu dia sebuah kampanye positif yang sahabat blogger lakukan. Ayo perangi dan minimalisir resiko terkena penyakit diabetes. Jangan lupa konsumsi makanan yang sehat, dan jangan malas untuk melakukan aktivitas fisik. Salam sehat.
Baca juga: Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi H2 Tepung Kelapa

Jangan lupa share dan komen.
Follow twitter dan instagram: @nursaidr_
Follow juga instagram: @kemenkes_ri
Follow twitter: @kemenkesRI 
nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

4 komentar untuk "Resiko Diabetes Bisa Diminimalisir Jika Kamu Lakukan Kebiasaan “CERDIK” Ala Kemenkes"

Okapi note 6 Desember 2017 pukul 22.27 Hapus Komentar
CERDIK bgt deh postingannya. Alhamdulillah walaupun saya makan banyak tapi saya olahraga gym sminggu 3 sampai 4 kali..
nursaidr 6 Desember 2017 pukul 22.36 Hapus Komentar
Mantan ka. Olahraga penting banget nih, agar tubuh makin sehat.
Tira Soekardi 7 Desember 2017 pukul 02.33 Hapus Komentar
makasih sharingnya bermanfaat
Nurul Sufitri 16 Desember 2017 pukul 19.36 Hapus Komentar
CERDIK ini mesti direalisasikan secara rutin ya, mas. Olahraga mesti konsisten dan pola makan pun harus sesuai anjuran dokter apalagi dokter gizi. Wah bisa meminimalisasi segala penyakit terutama diabetes.