follow us

Ini Dia Pememenang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2017 Kemenpar Kategori Blogger

Halo Sahabat Blogger...
Peran media sebagai saran penyebaran informasi memang sagat tepat jika dipilih sebagai saran memperkenalkan wisatwa Indonesia. Terlebih, di era sekarang, kecanggihan internet yang memunculkan ragam media media online sangat membantu khalayak dalam menerima informasi dalam genggaman smartphone.

“Media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional. Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya.

Kecanggihan internet yang dibarengi dengan melek internet dan sifat kritis masyarakat masa kini memunculkan istilah citizen journalist. Di mana saat ini, siapa saja, di mana saja, dan kapan saja bisa menyampaikan informasi yang didapat melalui internet.

Hal ini pun tidak boleh disia-siakan dalam memperkenalkan aneka jenis wisata di Indonesia. Oleh sebab itu, beragam dan sedang maraknya bermucunlan para blogger, Kementerian Pariwisata turut memberikan apresiasi dalam ajang APWI (Anugerah Pewarta Indonesia) 2017 kepada Blogger.



Senin (11/12), saya berkesempatan menghadiri pengumuman APWI 2017 bersama Komunitas Tau Dari Blogger (TDB) di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Pada ajang APWI 2017 kali ini tema yang diangkat adalah “Pesona Destinasi Pariwisata Prioritas sebagai Bali Baru”. Pada ajang APWI ini, ada 10 destinasi wisata Indonesia yang menjadi pilihan pariwisata yang telah di promosikan oleh berbagai media.


Sepuluh destinasi wisata tersebut meliputi, Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Kawasan Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Madalika (Lombok/NTB), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara). Kesepuluh destinasi pariwisata tersebut telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai destinasi prioritas dan dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’.

Pada ajang APWI ini Kementerian Pariwisata memberikan apresiasinya kepada seluruh media yang turut meliput dan menyiarkan wisata di Indonesia. kategori dalam ajang APWI 2017 ini ada kategori Surat kabar, Majalah, Online, Televisi dan Blogger.

Peserta APWI 2017 merupakan segenap media massa yang telah mempublikasikan karyanya ke masing-masing media periode Januari 2017 sampai September 2017 lalu mengirimkan bukti karya, link dan copy tayang kepada Kemenpar. Sehingga terpilihlah beberapa nominasi dari setiap kategori termasuk 5 nominasi dari kategori blogger.
Adapun 5 nominasi kategori blogger tersebut:
  1. Aji Sukma – lagilibur.com dengan judul Lima Tempat Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi di Desa Wisata Nganggeran Gunung Kidul
  2. Cucun Suminar – kompasiana.com dengan judul Serunya Berwisata ke Negeri di Atas Awan
  3. Hannif Andy Al Anshory – insanwisata.com dengan judul Marsono, Pelestari Wayang Sada di Bejiharjo
  4. Teguh Sudarisman – TGIFmag.com dengan judul Surga Baru di Sisi Barat Bromo
  5. Ziadah – ziadahsjournal.blogspot.co.id dengan judul Ini Bukan di Luar Negeri, ini di Lombok

Sebelum pengumuman pemenang, para tamu undangan APWI 2017 dimanjakan dengan penampilan tarian-tarian khas daerah dan dimanjakan juga oleh group band D’Masiv. Di akhir acara pun ditutup sekaligus dimeriahkan kembali oleh D’Masiv.

Dan ini dia pengumuman pemenang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2017:
Pemenang pertama dengan hadiah uang tunai 10.000.000 dimenangkan oleh Teguh Sudarisman
Pemenang kedua dengan hadiah uang tunai 8.000.000 dimenangkan oleh Cucun Suminar.
Pemenang ketiga dengan hadiah uang tunai 6.000.000 dimenangkan oleh Ziadah
Harapan satu dimenangkan oleh Hannif Andy AL-Anshory
Harapan dua dimenagkan oleh Aji Sukma


Masing-masing pemenang mendapatkan trophy dan piagam penghargaan. Selamat kepada seluruh pemenang. Apakah kamu yang akan menjadi pemenang APWI tahun 2018 mendatang? 

Jangan lupa follow:
Twitter/Instagram: @nursaidr_ 

9 Responses to "Ini Dia Pememenang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2017 Kemenpar Kategori Blogger"

  1. Semoga ajang APWI 2018 Mas Said, salah satu nominasinya... Sukses dan semangat...

    BalasHapus
  2. Wah.. semakin semangat untuk jadi Travel Blogger nih !

    Jadi, untuk kategori blogger itu harus mengirimkan karya tulisannya yaa supaya bisa masuk nominasi?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya untuk semua kategori, sekarang sistemnya mengirimkan karyanya ke panitia.

      Kebetulan kategori blogger baru hadir di tahun 2017 ini.

      Hapus
    2. Nanti, kategori yg lolos seleksi, akan diseleksi lagi bila masuk nominasinya.

      Hapus
  3. Mantap nan renyah sekali! Sukses terus bang.. 😊☺😉 aamiin

    BalasHapus
  4. Mantap nan renyah sekali! Sukses terus bang.. 😊☺😉 aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Sama2 pak. Sukses buat ente juga.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel