Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Sharing Materi Belajar SEO dan Content Writing Blog Gathering bersama Ani Berta dan CNI Indonesia

Halo Sahabat Blogger...
Semangat Senin semuanya.

Foto: Ono Sembunglango
Menjadi seorang blogger tentu gak hanya sekedar menulis blog saja. Tapi memang sudah ada tuntutan atau mungkin “kewajiban” dari sang penulis agar tulisannya enak dibaca dan bisa masuk ke posisi teratas mesin pencarian google.

Tentu, siapa yang gak mau tulisannya masuk mesin pencarian google di posisi paling atas. Agar sampai pada tahap ini, ternyata banyak hal yang harus dipelajari, seperti teknik SEO & SEM dan Content Writing sebagaimana agenda yang saya hadiri Minggu (10/12) Blog Gathering bersama CNI Indonesia di Burger King Plaza Festival.


Sharing Teknik Optimalisasi SEO: On Page dan Off Page
Foto: Ono Sembunglango

Pada sesi pertama Blog Gathering kemaren, materi diisi oleh Mas Niko dengan sharing materi optimalisasi SEO. Secara singkat, Mas Niko menyampaikan SEO itu sesuatu yang organik, gratis, hasil pencarian di google, melihat konten dan update dari website.

Keberhasilan dari menerapkan teknik SEO ini bisa dilihat dari hasil pengunjung pada suastu artikel yang diupdate. Lantas, apa yang mesti diterapkan dari teknik SEO ini? Ada 2 cara. Optimalisasi SEO On Page dan Optimalisasi SEO Off Page.

SEO On Page ini merupakan teknik yang berkaitan dengan optimalisasi berada pada website kita. SEO On Page menjadi upaya dalam membidik kata kunci yang pas agar semuanya menadi selaras dan jelas kata kuncinya dilihat oleh google.

Ada 5 hal yang bisa dilakukan dalam mengoptimalisasikan teknik SEO On Page:
1.       Struktur website yang jelas
2.       Format url/link dan judul mengandung kata kunci
3.       Memperhatikan kecepatan website baik versi website maupun mobile
4.       Melihat konten website
5.       Menyajikan konten yang berkualitas

Penting dalam membangun website mempunyai struktur yang jelas. Seperti penggunaan nama dan deskripsi website yang mempunyai kata kunci. Misal, Sahabat Blogger di sini ingin membuat artikel tips liburan yang seru. Maka, buatlah nama website beserta deskripsi yang mengandung kata kunci liburan tersebut. Misal, nama websitenya liburanserudotcom dengan deskripsi tips liburan seru dan hemat. Untuk mengganti nama judul blog bisa dicek di setelan dan cari judul. Lalu edit dah judul blog kamu sesuai dengan minat tulisan yang akan ditulis.

Selanjutnya mengatur format url dan judul tulsian yang mengandung kata kunci. Ternyata, url ini juga pengaruh dalam optimalisasi SEO. Sehingga, usahakan dalam membuat judul sudah mengandung kata kunci, dan format url yang akan kita share pun mengandung kata kunci pada judul tulisan. Mengganti format url agar tidak berantakan bisa dicek saat membuat artikel di sebelah kanan, bawah label ada tulisan Tautan Permanen, klik dan kita bisa set url sesuai dengan judul artikel kita.

Langkah selanjutnya optimasliasi SEO On Page dengan memperhatikan kecepatan website. Nah, untuk mengecek kecepatan website kita, bisa dilihat di PageSpeed Insigghts. Di sana kita bisa melihat seberapa bagus website kita berdasarkan kecepatan dan ada masukan-masukannya juga untuk meningkatkan website kita.

 


Selanjutnya tidak melupakan konten yang berkualitas serta menggunakan foto, video yang berkualitas pula. Oh ya, saran kalau upload foto atau video sebaiknya di perkecil juga ukuran filenya. Agar tidak terlalu besar dan mengurangi kecepatan performa website.
Selanjutnya optimalisasi SEO Off Page. Kalau SEO On Page optimalisasi SEO yang berada di dalam website, maka SEO Off Page ini optimalisai SEO di luar website. Apa saja?
1.       Membangun backlink.
2.       Blogwalking (BW)
3.       Submit url website
4.       Share di social media
5.       Perpanjang domain 2-3 tahun

Secara mudahnya, backlink itu saling terikatnya satu situ dengan situs lain. Hal perlu diketahui, bahwa backlink mempunyai peranan besar terhadap teknik SEO. Salah satu artikel saya pernah dimuat di media online dan dilakukan backlink ke blog saya. Dan dengan cepat, artikel saya tersebut meningkat ribuan viewers.

Nah, hal ini bisa dilakukan juga oleh Sahabat Blogger. Caranya bisa saling tukar link dengan teman untuk dilakukan backlink, berkomentar di blog orang lain, mendaftar di forum diskusi.

Optimalisasi lainnya dari SEO Off Page melakukan BW. BW merupakan kegiatan kunjungan ke blog orang lain, lalu kita meninggalkan komentar. Sehingga, secara tidak langsung Sahabat Blogger di sini telah mempromosikan blognya di website orang lain. Oh ya, dalam melakukan BW, jangan asal komen singkat saja. Usahakan, berkomentar sesuai isi tulisan.

Optimasi SEO Off Page lainnya tidak lupa share url ke social media. Saya kira ini emang memberikan pengaruh banget dalam meningkatkan pengunjung blog. Pasalnya, saya sering melakukan share tulisan ke social media. Dan hal ini saya lihat banyak dilakukan oleh teman-teman blogger juga. Dan jangan lupa perpanjang domain ya. Ternyata, google memperhatikan juga domain yang diperpanjang jangka panjang, dianggapnya sebagai pemilik yang profesional.

Demikian, teknik SEO yang saya pelajari kemarin. Kalo masih belum puas, Sahabat Blogger bisa banget beli buku blogging yang memuat teknik SEO. Sudah banyak beredar informasi teknik SEO ini, di mba google? Jangan tanya. Langsung cari aja, selamat mencoba. Baca juga Asuransi Kebangetan Murah

Sharing Content Writer Bersama Ani Berta
Foto: Ono Sembunglango
Sebagai blogger pemula, rasanya sulit sekali bagi saya untuk berjalan beriringan dengan blogger lama. Bukan gak mungkin, tapi tentu akan ada proses panjang yang harus lalui. Dan semua agenda blogger itu gak selama berbayar. Mungkin, kalo blogger-blogger lama sudah bisa menghasilkan pemasukan dompet mereka dari banyaknya job review, endorse dan atau bahkan sering menang lomba.

Lah kalo saya? Fokus ngeblog aja baru. Lalu gimana menyiasatinya? Saya setuju banget sama yang materi Teh Ani sampaikan kemaren. Ngeblog itu salah satu cara dari seorang penulis/blogger untuk menghasilkan pemasukan. Kalau job blogger sepi, bisa dikatakan kita kurang familiar di dunia perhelatan blogger, maka carilah job yang lainnya. Apa? Content writer.

Sebelum terjun ke dunia blogger, alhamdulillah, saya berkesempatan sejak kuliah dan sampai saat ini menjadi freelance content writer di salah satu majalah berpusat di Surabaya dan Malang. Jadi, di dunia blogger ini, saya gak perlu khawatir kalo sepi job. Lagi pula, saya juga masih belajar. Sehingga, belum pantaslah kalau orientasinya langsung ke ranah profesional yang menghasilkan. Sambilan belajar saja, seperti ikut gathering blog ini. Silaturahim bersama teman-teman blogger, dan nambah wawasan.
Jadi, menjadi seorang content writer itu punya banyak peluang. Seperti menjadi freelance di media cetak dan online. Kontributor konten web perusahaan dan bisa juga menjadi ghost writer.

Bila menjadi content writer, biasanya kita diharuskan mempunyai kualitas tulisan yang bagus serta sesuai dengan media yang diikuti. Lalu, bagaimana caranya menjadi seorang kontributor website?
Hal pertama yang perlu dilakukan menjadi kontributor website adalah menentukan tujuan. Apakah Sahabat Blogger mau secara sukarela atau ingin yang berpenghasilan? Ada saran dari Teh Ani, buat yang mau berpenghasilan, bisa mengisi di menikmatiindonesiadotcom.

Langkah selanjutnya, kenali website yang diminati. Ya, hal ini agar Sahabt Blogger bisa mengikuti alur dan gaya tulisan website tersebut. Jika sudah mempelajarinya, ajukan proposal dan bisa mencoba dengan mengisi konten secara gratisan sebagai portofolio.

Sahabat Blogger di sini bisa banget menmanfaatkan kanal citizen journalist di media mainstream seperti: Kompasiana, Indonesians, Vivalog, Citizen6. Jika sudah, seperti biasa, jangan lupa promosi di social media sebagai ajang branding diri.

Selanjutnya, untuk mengisi konten website, Sahabat Blogger perlu kentahui tipsnya. Pertama menulislah minimal 500 – 1000 kata. Pengalaman saya yang pernah 1 bulan mengisi konten website media online, minimal 4 paragraf maksimal 6 paragraf. Kedua sesuaikan gaya bahasa penulisan dengan website tersebut. Jangan disamakan nulis status, nulis blog, nulis artikel dengan nulis website. Ketiga bila tulisan berupa reportase, jangan lupa merujuk pada 5w+1h.

Lalu, sebagai seorang content writer atau konten website ada hal yang tidak boleh kamu lakukan. Apa saja? Plagiat, menggunakan bahasa alay/singkatan, opini terlalu personal, dan ada unsur kepentingan pribadi.

Sebagai seorang content writer, kita dituntut untuk selalu tahu tentang apa pun. Itu sebabnya, terkadang ada saja seorang content writer yang bukan berpendidikan di kajian ilmu tertentum tapi dia bisa memahami mungkin sampai menguasai. Hal ini, karena seorang content writer selalu mencari dan menambah ilmunya sebagai bahan refenresi tulisan.

Nah, bahan renferensi bisa dicari di mana sih? Kalo kata Teh Ani mah, banyak. Seperti workshop, talkshow (bahkan acara-acara talkshow televisi), wawancara narasumber, buku, majalah, surat kabar, diskusi forum, dan event.

Demikian sharing ilmu SEO dan Content Writer yang disampaikan oleh Mas Niko dan Teh Ani. Sebenarnya banyak yang dibagi. Tapi, kalau saya nulis semuanya, nanti kebanyakan. Gak efektif juga kan. Ya, anggap saja, itu rahasia saya udah ngikutin blog gathering. Hehe aslinya mah, males nulis panjang-panjang. Hehe

Oh iya, makasih buat Teh Ani dari Indonesia Social Blogpreneur dan CNI indonesia yang sudah menyelenggarakan Blog Gathering. Saya setia menunggu Blog gathering selanjutnya. Terima kasih.

Jangan lupa follow:
Instagram/twitter: @nursaidr_
Instagram/twitter: @komunitasISB
twitter: @CNI_ID
nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

27 komentar untuk "Sharing Materi Belajar SEO dan Content Writing Blog Gathering bersama Ani Berta dan CNI Indonesia"

Dede Ariyanto 11 Desember 2017 14.04 Hapus Komentar
Keren nih acaranya! Nyesel pas lagi nggak bisa ikutan acara ini. Untung mase nulis liputan ini. Makasih mas, bisa dipelajari jadinyakan biar pun aku belum bisa gabung. 👍
ikhsan keren 11 Desember 2017 14.42 Hapus Komentar
Terus SEM itu apa? Saya masih blm dpt gambarannya. Atau apakah ada artikel lanjutan setelah SEO dan berbagi pengalaman ini?
@blogger_eksis 11 Desember 2017 15.04 Hapus Komentar
Materinya kece, jadi membuat semangat ogut untuk terus meniti karier jadi blogger profesional. Btw itu yang page insight ada link yang bisa dicek kah?.. Mau langsung menuju ke link tersebut untuk cek performa blog ogut*
Ani Berta 11 Desember 2017 23.48 Hapus Komentar
Terima kasih sudah hadir di acara ini Mas Said :)
Unknown 12 Desember 2017 19.48 Hapus Komentar
Mantep Mas Said.... Engga salah belajar sama master blogger Teh Berta. Dijamin sukses... Btw.. Setuju dgn pernyataan kamu.... masih belajar dan terus belajar.... Job selalu mengikuti orang yang mau belajar... Slowly but sure
nursaidr 13 Desember 2017 17.32 Hapus Komentar
Sip mas Dede. Semoga bermanfaat.
nursaidr 13 Desember 2017 17.33 Hapus Komentar
Yang SEM nya gue lewati, gak gue tulis. Belum paham betul. Jadi, daripada salah jabarinnya, lebih baik gak ditulis dulu. Maap Kaka. Hiks
nursaidr 13 Desember 2017 17.34 Hapus Komentar
Googling aja pak PageSpeed Insights
nursaidr 13 Desember 2017 17.34 Hapus Komentar
Sama2 teh. Ditunggu undangan materinya selanjutnya.
nursaidr 13 Desember 2017 17.34 Hapus Komentar
Sip Pak Sob. Saling belajar dan berbagi aja ya pak Sobari.
Ucig 13 Desember 2017 19.01 Hapus Komentar
Wah mau blajar materi ini.. pagespeed tool ku blm pernah cek. Habis ini coba ah �� Makasih yaa
Leyla 14 Desember 2017 05.55 Hapus Komentar
Saya juga masih fokus ke konten dulu. Lelah utak-atik seo wkwk
nursaidr 14 Desember 2017 10.53 Hapus Komentar
Sip, boleh nih dikabari lagi di sini score nya. Pasti lebih kece.
nursaidr 14 Desember 2017 10.54 Hapus Komentar
Iya ka leyla. Konten menarik, pembaca tertarik. Semangat.
Tulisan Blogger Indonesia by Febriyan Lukito 14 Desember 2017 11.42 Hapus Komentar
SEM itu Search Engine Marketing alias menjadi nomor 1 di pencarian menggunakan iklan alias bayar ke Google
Ovianty 15 Desember 2017 06.57 Hapus Komentar
Wah, udah jadi content writer mas. Kereenn.. Ini juga lagi lirik-lirik job content writer, soalnya jalan terus kadang tepar, hehe..
Ovianty 15 Desember 2017 06.57 Hapus Komentar
Wah, udah jadi content writer mas. Kereenn.. Ini juga lagi lirik-lirik job content writer, soalnya jalan terus kadang tepar, hehe..
nursaidr 15 Desember 2017 10.05 Hapus Komentar
Hihi makanya job blogger kadang saya kasih jeda mba Ovi biar ada waktu santai di rumah sekalian waktu buat nulis eventnya. (Padahal emang sepi job) hehe
AyahMaster 15 Desember 2017 15.21 Hapus Komentar
wiiih keren nih materinya tentang content writer, saya lagi fokus nih pas kearah situ, boleh dongs tipsnya biar bisa menjadi content writer yang handal
https://www.junjoewinanto.com 15 Desember 2017 23.44 Hapus Komentar
Jadi, makin paham yah sama SEO-SEM. Bermanfaat banget ini ilmunya.
Dewi Nuryanti 16 Desember 2017 15.32 Hapus Komentar
Mamak bnyk PR ini utk benerin tampilan blog Mak biar makin caem spt Mak gitu wkwkwk biar bisa nangkring tuh di hal pertama mbah gugel. SEO ini penting bgt yah
Ngayap.com 17 Desember 2017 09.50 Hapus Komentar
Indonesians baru tahu malahan, selain itu sudah pernh semua,, memang seo penting bngt baik on fage dan off page
Unknown 25 Desember 2017 18.14 Hapus Komentar
panutanque
nursaidr 26 Desember 2017 11.32 Hapus Komentar
Terimakasih tambahannya mas Febriyan
nursaidr 26 Desember 2017 11.32 Hapus Komentar
Ayo semangat ngeblog.
nursaidr 26 Desember 2017 11.33 Hapus Komentar
Hihi kalo ngomongin tampilan blog saya juga banyak pr mak. Hihi
nursaidr 26 Desember 2017 11.34 Hapus Komentar
Monggo mas bisa sharing sama teh Ani yg sudah lebih berpengalaman berkecimpung di dunia content writer. Bisa join di komunitas Indonesia Social Bloggerpreneur