follow us

Tak Sekedar Menyoal Pengeboran Minyak, Ini Dia Sisi Lain Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field


"Halo Sobat, bagaimana kabarnya nih?"
Eeaaa, nanya ala-ala aksen adminnya @pertamina hehe...

Mengawali bulan Agustus, alhamdulillah bisa jalan-jalan dan makan-makan, GRATIS. Siapa yang gak suka kalo diajak jalan-jalan gratis, nginep di hotel, makan-makan. Surga duniaaa.... Apalagi jalan-jalannya berfaedah.

Bersama rekan-rekan blogger hits, saya berkesempatan berkunnjung ke Pertamina EP Asset 3 Jatibarang filed. Ya, pastinya ini menjadi sesuatu hal yang gak pernah saya bayangkan. Bisa menyaksikan langsung proses pengeboran minyak bumi. Dan yang terpenting, bisa foto-foto keren ala-ala instagram gtu deh...(follow bisa kali @nursaidr_) 



Menyoal dunia persilatan si Pertamina. Ini menjadi hal yang baru bagi saya untuk menyelam sedikit lebih jauh. Pasti, bayangan kita soal Pertamina ya seputar bahan bakar saja. Ditambah dengan kehadiran Pertalite, yang menjadi bahan bakar alternatif saat ini di mana masyarakat mulai banyak pindah ke Pertalite. Apakah kamu salah satu yang sudah pindah ke Pertalite? Kalo saya sudah mulai setia dengan Pertamax selama dua tahun ini.

Lanjut cerita mengenai Pertamina EP. Pertamina EP ini merupakan perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan usaha pada sektor hulu bidang minyak dan gas bumi yang meliputi juga ekplorasi dan ekploitasi. Tepatlah kini saya dan rekan-rekan blogger hadir di sini untuk melihat seperti apa proses pengeboran sumur minyak tersebut.


Pertamnina Asset 3  mempunyai 3 field: Subang Field, Jatibarang Field dan Ramba Field. Berdasarkan informasi yang tercatat, Jatibarang memiliki 456 pengeboran sumur field dengan beragam macam sumur. Seperti sumur yang masih produksi berjumlah 200, sumur injeksi 36, dan sumur yang sudah tidak produksi berjumlah 256 dan 26 sumur dry hole. Oh ya,  beberapa informasi menyebutkan bahwa EP Asset 3 Jatibarang field ini menjadi tulang punggungnya Pertamina.


Mungkin ada yang berpikir kalau pengeboran minyak hanya ada di laut. Di darat pun sebenarnya bisa, hanya saja sumur di darat bisa menghasilkan 10juta, sampai 15juta dolar. Tapi kalo di laut, bisa 5, 6 bahkan 10x tergantung ke dalaman laut. Pengeboran paling dalam yang ada di Indonesia sebagaimana yang dijelaskan VP Corporate Communication, bapak. Adiatma Sardjito berada di laut Sulawesi, Lepas Pantai Balikpapan.

VP Corporat Communication, Bpk. Adiatma Sardhito mengungkapkan bahwa energi itu mahal. BBM itu sebetulnya mahal, kalau bisa menghemat kenapa tidak? Hal ini karena untuk mencari minyak itu susah dan butuh biaya mahal.



Pada 10 kali pengeboran, belum tentu mendapatkan hasil. Sudah dapat 1 saja, udah bersyukur. Dan jangan tanya lagi soal biaya yang dikeluarkan untuk ngebor 1 sumur berapa dengan alat-alat yang canggih itu. Ya, kalo ngebor di laut dan gagal, berasa buang duit ke laut.

Sisi Lain dari Pertamina

Nah ini yang perlu diketahui. Di sisi lain menyoal persoalan urusan minyak dan gas. Ternyata PT Pertamina EP Asset 3 juga berupaya dalam mengembangkan lingkungan di wilayah sekitar. Upaya pengembangan lingkungan ini mempunyai 2 fokus utama: Pendidikan Karakter dan Pemberdayaan Masyarakat.

Seperti workshop kesehatan lingkungan sekolah, pelestarian budaya tari,  pembangunan rumah cerdas, budidaya domba dan biogis, budidaya ikan nila, perbaikan jalan, bantuan lampu tenaga surya, dan banyak lagi. Oh ya, program CSR ini telah meraih penghargaan tertinggi kategori Gold pada ajang Public Relation Award 2017 pada bulan Maret lalu. Mantab jiwa!

Pastinya, semua program ini dilaksanakan untuk masyarakat dan kembali kepada masyarakat juga. Semoga Pertamina bisa terus memberikan manfaat kepada masyarakat, dan dapat mengembangkan kesejahteraan serta kemakmuran hidup masyarakat lokal.

Ditunggu jalan-jalan kece lainnya lagi.
Follow:
twitter/ig: @nursaidr_
twitter/ig/fb: @pertamina 

5 Responses to "Tak Sekedar Menyoal Pengeboran Minyak, Ini Dia Sisi Lain Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field"

  1. Menarik banget ya Pertamina buat program seperti ini...

    BalasHapus
  2. Pengalaman yang menarik bet yak, bisa jadi bagian dari orang pertamina hihi

    BalasHapus
  3. Wihh kakak melanglangbuana terus. Ikutan dong kaa

    Btw, semoga Pertamina bisa terus mengemban amanah menjadi BUMN yang kece

    BalasHapus
  4. , Iya ka. Sampe bisa dapet penghargaan gtu program mereka. keren...
    , sini sini kaka, main.
    , hihih iya ka menarik banget dan seru... dan jadi tahu juga kalo proses pencarian bahan bakar itu tidak mudah dan butuh danaa yang super besar...
    , sini ka yuk jalan2 bareng... Aamin...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel