follow us

Kerenn! Program Citizen Journalist Academy Diminati 1000 Lebih Mahasiswa Semarang


Kemunculan Citizen Journalist Academy tahun 2017 ini sepertinya menarik banyak perhatian dari mahasiswa Semarang. Hal ini terbukti dengan sudah diselenggarakannya di dua kota. Jakarta, dengan jumlah pendaftar sekitar 970an digelar di Lotte Shopping Avenue, Ica Palace, dan Semarang yang mendapatkan pendaftar dari mahasiswa sebanyak lebih dari 1000 peserta dan digelar di Gedung Balai Kota Semarang.

Berlokasi di gedung Balaikota Semarang, antusiasme yang sangat tinggi terlihat dari kehadiran peserta yang sudah datang 1 jam setengah sebelum acara dimulai. Sekitar pukul 11.30 peserta sudah berdatangan, dan mulai padat pukul 12.00.

 


Citizen Journalist Academy yang mengangkat tema Mobile Digital Journalist & Community Public Relations ini memang menjadi kajian praktek keilmuan yang sudah mulai atau secara tidak langsung dilakukan oleh kalangan masyarakat Indonesia. Hidup serba digital, munculnya wadah-wadah bagi masyarakat dalam menyajika berita atau yang sekarang dikenal dengan citizen journalist ini memberikan kesdaran bahwa acara CJA inilah, tempat mereka menuntut ilmu. Tak ayal bagi saya kalau acara ini bisa mendapatkakn respon positif dari kalangan mahasiswa.

Bahkan, karena porgram yang dijalankan oleh Pertamina dan Liputan6 ini hanya dilakukan di 3 kota, banyak mahasiswa di kota lain yang juga meminta untuk diselenggarakan di kota mereka. Bayangkan saja, kalau 1 kota mendapatkan antusias pendaftar lebih dari 1000 mahasiswa, dan di setiap kota ada. Acara ini mungkin bisa menjadi acara besar bertaraf nasional yang sifatnya rutin satu tahun sekali. Keren gak tuh?

Lanjut ke acara CJA. Acara mulai pukul 13.00 dibukan dengan hiburang dancing, dan lanjut ke sesi pertama yakni diskusi dengan para mentor mengenai program CJA di masing-masing bidang. Seperti Nurul Cinta yang akan menjadi mentor jurnalistik, Danny Maulana yang akan menjadi mentor visual videography, Jemmy Darusman yang menjadi mentor pada kelas public speaking dan lainnya.



Di acara Cirizen Journalist Academy Semarang kemaren pun turut dihadiri oleh Vice President Corporate communication, Adiatma Sardjito di mana beliau menyampaikan seputar bagaimana menjadi generasi milenial dan mempersiapkan diri di era digital dengan kreativitas dan pikiran positif. VP Corporate Communication PT. Pertamina, Adiatma, yang akrab disapa Pak Adim ini pun juga shsaring seputar profil pertamina dengan background energi, bahan bakar minyak dan gas.



Pada sesi kedua, dengan tema Creative Energy Class diisi oleh Timi pendiri kitabisa.com dan Aditya Wira Santika dari Investor Realtions Pertamina. Pada sesi ini Timi berbicara seputar jurnalisme, yakni jurnalisme kebaikan. Di mana dengan kekutan kata-kata dan social media, mampu membawa perubahan positif bagi orang-orang yang membutuhkan.



Hal menarik mungkin bagi saya adalah dengan adanya materi sesi 3 yakni Starting Your Career in Media Industri. Pada sesi dipandu oleh Coach Ryan Wiedaryanto berbagi kisahnya mengenai pengalamannya awal pertama kali mencoba masuk dunia industri media. Sharing ini mungkin bisa menjadi gambaran langsung bagi para mahasiswa seperti apa dunia industri itu. Dan tidak kalah penting, pada sesi 3 ini juga dijelaskan tahapan-tahapan standar mengikuti perekrutan lowongan pekerjaan sampai bagaimana mempersiapkan diri agar lulus uji seleksi pekerjaan. Menurut saya ini penting, karena mahasiswa dan para calon mahasiswa tentu belum mendapatkan pengalaman tersebut secara langsung, dan materi ini bisa memberikan gambaran kepada mereka bagaimana memulai karir dari awal perekrutan hingga saat bekerja di industri media nanti.

Semoga acara CJA Semarang ini memberikan manfaat kepada seluruh peserta mahasiswa yang hadir. Dan semoga peserta yang terpilih menjadi 30 besar finalis perwakilan Semarang yang berkesempatan mengikuti program CJA mampu mengembangkan diri dan menghantarkan menuju kesuksesan di masa depan.

Terima kasih Pertamina,
Terima kasih Liputan6.

1 Response to "Kerenn! Program Citizen Journalist Academy Diminati 1000 Lebih Mahasiswa Semarang"

  1. terimakasih banyak atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-brightening/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel