follow us

Menanam Tanaman atau Pohon Mendatangkan Pahala dan Manfaat


dari Anas Ra. bahwasannya Rasulullah Saw, bersabda:
“Tidaklah seorang muslim yang menanam suatu tanaman baik tanaman tahunan atau tanaman musmiman, lalu tanamannya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang melainkan hal itu merupakan sadaqah bagi penanamnya.”
            Menanam pohon di kota-kota besar seperti Jakarta ini sudah mnejadi sesuatu yang seharusnya wajib untuk dilakukan. Pohon sangat dibutuhkan sebagai sirkulasi udara segar, pencegah banjir dan erosi, menyejukkan pejalan kaki dari terik matahari, mengurangi polusi udara, penghijauan. Kita juga bisa menanam tanaman obat yang bermanfaat untuk orang banyak. Selain bermanfaat untuk manusia, pohon pun dapat juga bermanfaat bagi binatang lain yang membutuhkan. Seperti burung yang membutuhkan pepohonan sebagai tempat bersarang, atau binatang lain yang mencari makan dari pohon tersebut. Sangat banyak manfaat yang diberikan dari pohon untuk kita semua, termasuk para binatang.
            Sayangnya, saat ini manusia lebih banyak berlomba-lomba membangun rumah tanpa menyisahkan lapang tanah untuk ditanami pohon. Begitu padatnya kota-kota besar dipenuhi dengan rumah-rumah dan gedung-gedung bertingkat. Menjadikan kota besar sebagai kota yang gersang, tingkat polusi yang tinggi,  mudahnya terkena banjir, dan banyak lagi.
            Melihat keadaan saat ini. Seharusnya, kita sebagai menausia bisa membuka hati kita. mengapa bumi ini semakin panas? Mengapa banjir mudah didapat? Mengapa polusi sangat tinggi? Semua tergantung pada kita. karena semuanya, kitalah yang menentukan.
            Dalam hal ini, kaitannya dengan menanam pohon. Dilihat dari banyaknya manfaat yang diberikan, pantaslah jika menanam tanaman ataupun pohon ini menjadi menjadi sedekah dan amal jariyah kita di akhirat nanti. Ya, selama pohon ini masih bermanfaat untuk orang banyak, maupun binatang lain, hal ini bisa menjadi serta mendatangkan pahala amal ibadah kita di dunia.
            Dari Jabir bin Abdullah Ra. menyebutkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

            “Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu menjadi sedekah baginya. Apa yang dicuri  dari tanaman tersebut menjadi sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seseorang itu dikurangi melainkan sedekah baginya.” (HR. Muslim).

#JSKD  

3 Responses to "Menanam Tanaman atau Pohon Mendatangkan Pahala dan Manfaat"

Fatinah Munir mengatakan...

Jadi, menanam itu untuk bersedekah pada alam dan diri sendiri ya.

Nice posted. Saya baru tahu hadits ini. Thanks for write this, Said :)

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

bukan kepada alam saja. melainkan untuk semua makhluk yang merasakannya.manusia dan binatang. menanam pohon pun termasuk amal jariyah. karena nilai manfaatnya terus menerus bisa dirasakan oleh makhluk hidup. subhanallah.....

sip sama2....

picifauziah mengatakan...

👍

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel