follow us

3. Kebiasaan Menetapkan Tujuan

Edisi 3
10 Kebiasaan Menciptakan Kekayaan






       
     Tujuan adalah kalimat-kalimat yang selalu Anda tuliskan dalam buku, lamunan menunggu hujan, atau mimpi-mimpi kecil sebelum tidur. Tujuan adalah sesuatu yang membuat Anda merasa greget untuk segera mencapainya. Sekalipun harus gagal dalam seribu kali percobaan seperti Thomas Alfa Edison, atau jatuh dari ketinggian puluhan kaki seperti Wilbur bersaudara, hingga saat mencapainya Anda seakan tak dapat berhenti tersenyum dan diberi standing applaus seperti Shakespeare sesuasi drama Romeo and Juliet.
            Tujuan adalah mimpi yang ditidak lanjuti. Tujuan tidak sekedar berandai-andai, namun menetapkan sesuatu yang akan Anda kerjakan. Tanpa tujuan, orang hanya akan mengembara dalam hidup. Mereka tidak pernah mengetahui akan ke mana sehingga tidak pernah sampai di mana pun. Tujuan sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan karena bagaimana kita tahu bahwa kita akan berhasil, kalu tidak tahu apa yang ingin dicapai.
            Itulah perspektif penulis pada pengertian “Tujuan”, etss penulisnya bukan saya. Tapi penulis buku 10 Kebiasaan Menciptakan kekayaan, jangan lupa kita lagi ngebahasa buku tersebut. Ya, perspektif penulis memang benar, bahkan sangat benar. Tujuan tidak sekedar berandai-andai, namun menetapkan sesuatu yang akan Anda kerjakan. Tanpa tujuan, orang hanya akan mengembara dalam hidup. Mereka tidak pernah mengetahui akan ke mana sehingga tidak pernah sampai di mana pun. Logikanya seperti ini, Anda ingin menjadi orang yang sukses. Ya, sukses adalah tujuan Anda. Namun sayang Anda tidak menetapkan sesuatu untuk melakukan tindakan yang membawa Anda menjadi orang yang sukses, Anda hanya berdiam diri saja menunggu sukses mendatangi Anda! Apakah dalam hal ini sukses akan mendatangi Anda? Tentu tidak. Oleh karena itu, dalam setiap tujuan, wajiblah dari Anda untuk menetapkan hal-hal apa saja yang harus Anda kerjakan. Sehingga pada saatnya tujuan itu akan datang menghampiri Anda, entah kapan kita tidak tahu. Kita hanya ditugaskan untuk  mengatur strategi dan memastikan apa yang kita targetkan dari strategi tersebut, serta menjalan strategi tersebut dengan baik.
Itulah tujuan, catatan kecil yang kita tulis, namun kita juga menetapkan serta bertindak dari apa yang akan kita kerjakan. Tujua tidak akan tercapai tanpa adanya penetapan dan tindakan. Oleh karena itu kita harus benar-benar berusaha keras untuk mencapai tujuan tersebut.
Adapun tips-tips mencapai tujuan adalah sebagai berikut:
1.      Kenali diri Anda.
2.      Mulailah dengan selalu membuat definisi tentang kebahagiaan Anda untuk kemudian dapat menentukan tujuan yang sebenarnya.
3.      Membuat sebuah perencanaan mencapai tujuan.
4.      Menentukan sebuah prioritas, mana yang harus Anda lakukan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya untuk mencapai tujuan.
5.      Dan banyak lagi. Sisanya baca sendiri pada buku “10 Kebiasaan Menciptakan Kekayaan.”

0 Response to "3. Kebiasaan Menetapkan Tujuan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel