Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Bukan Blogger Sekadarnya, Tapi Juga Dakwah Melalui Tulisan

Halo Sobat Blogger semua.

Sebelumnya selamat ulang tahun untuk Komunitas Bloggercrony yang ke-9. Maaf belum bisa berpartisipasi untuk acara offline, padahal udah pengen banget ikut. Selain acaranya dekat rumah di Carro Pondok Indah, kemeriahan BloggerDay 2024 juga dihadiri teman-teman dari luar Jakarta dengan menggunakan transportasi Bigbird. 

Thank you buat Bigbird yang -menjadi layanan bus Bluebird- sudah memfasilitasi teman-teman luar kota seperti Jateng, Jatim dan Bandung datang ke Jakarta.  Pastinya jadi pengalaman mobilitas teman-teman Blogger yang menyenangkan, nyaman dan bisa diandalkan.  



Doanya untuk Komunitas BloggerCrony... Sukses selalu, dan terus memberikan manfaat baik untuk anggota komunitas maupun di luar komunitas. Senang rasanya bisa bergabung di Bloggercrony ini. Bukan sekadar mendapatkan teman baru, tapi juga relasi pekerjaan sampai kegiatan bermanfaat.

Kalo diingat-ingat, pertama kali jadi Blogger Prorfesional itu tahun 2017 akhir tahun. Masih yang pemula banget, belum banyak teman. Senang, di lingkungan kerja sebagai blogger ini banyak teman-teman yang saling dukung, termasuk adanya Komunitas Blogger Indonesia seperti Bloggercrony ini.

Menjadi Blogger, Menebar Kebaikan Melalui Tulisan

Singkatnya, alasan saya menjadi Blogger adalah karena tujuan awal dari membuat blog ini ingin menjadikan blog yang dibuat sebagai wadah berbagi informasi yang bermanfaat untuk orang banyak.

Gak yang dibuat pusing harus ngisi blog dengan tulisan apa waktu itu. Buat blog dari masa kuliah, kepikiran saja untuk diisi dengan artikel kuliah, tulisan yang dirangkum dari buku bacaan. Yah, intinya niatnya cuma satu. Berbagi ilmu dari apa yang sudah saya dapatkan untuk bisa diambil manfaatnya untuk orang lain lagi. 

Menimbum Pahala Jariyah dari Menjadi Blogger, Kok Bisa?

Menjadi Blogger itu bukan "sekadarnya" loh. Sekadar hobi, sekadar kegiatan menulis cerita pengalaman pribadi, atau sekadar mereview. Disadari atau tidak, kita semua yg menjadi Blogger itu sudah berdakwah menebar kebaikan. 

Bukan Blogger sekadarnya, niatlah berbagi ilmu dan pengalaman pribadi untuk berbagi manfaat kepada orang banyak sehingga kamu bisa menimbun pahala.

Kalau kamu menganggap ngeblog itu hanya sebatas aktivitas menulis, cerita pengalaman pribadi dan kini sudah berkembang menjadi pekerjaan mereview suatu acara, produk, atau program pemerintahan/swasta. Nyatanya, kegiatan ngeblog ini bisa menjadi ladang amal jariyah loh. Kok bisa?

Satu hal yang emang sudah saya sadari sejak awal membuat blog, kalau platform ini bisa digunakan sebagai media dakwah.



Kuliah di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) membuat pikiran saya terbuka kalau dakwah itu bukan hanya sekadar berbagi ilmu soal nilai-nilai keagamaan saja. Tapi lebih luas lagi, siapa pun dengan latar belakang apa pun setiap orang bisa menjadi pendakwah (da’i) dengan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk orang lain (mad’u).

Yah, ini adalah cara yang bisa saya lihat kalo kegiatan berdakwah itu bukan sekadar ceramah di depan orang banyak, serta memberikan kajian keagamaan.

Sedikit mengingat kembali materi Ilmu Dakwah saat kuliah. Dakwah sendiri diambil dari bahasa Arab yang artinya ajakan, seruan, panggilan. Secara umum, Ilmu Dakwah menjadi ilmu yang berisi cara-cara dan tuntunan, di dalamnya ada upaya menarik perhatian manusia untuk menganut, menyetujui, sampai melaksanakan suatu ideologi atau pendapat tertentu.

Bila melihat definisi Ilmu Dakwah dari kajian Islam, mengajak mansuia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Allah Swt, guna mendapatkan kemaslahatan dan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Kajian ilmu dakwah pun menarik banyak perhatian nih Sob dari para ahli dan ulama, salah satu yang bisa saya ambil hadir dari pemikiran ulama Syaikh Ali Mahfuz (1952) dalam karyanya “Hidayatul Mursyidin” beliau menuliskan Dakwah ialah upaya menolong (memotivasi) manusia untuk melakukan kebaikan dan mengikuti petunnjuk dari perbuatan munkar agar manusia memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dalam kajian Ilmu Dakwah, dakwah dikategorikan dalam 3 bentuk:

1. Dakwah bi al-Lisan, Cara berdakwah yang biasa dilakukan dengan ceramah atau berkomunikasi langsung.

2. Dakwah bi al-Hal, cara berdakwah yang dilakukan dengan mengajak dan memberikan contoh secara langsung kepada orang lain.

3. Dakwah bi al-Qalam, terakhir cara berdakwah dengan menyampaikan pesan melalui tulisan. Baik buku, surat kabar, majalah, jurnal, artikel maupun internet seperti yang kita lakukan sebagai Blogger.


Jadi, mari merayakan kebahagiaan untuk diri kita sendiri yang saat ini sudah menjadi Blogger. Karena melalui tulisan, kita semua–baik cerita pengalaman pribadi, atau sharing ilmu atau informasi apa pun-  yang kemudian bisa dibaca orang dan memberikan manfaat, sudah bisa menjadi ladang pahala yang terus mengalir, Amin. 

Keren bukan jadi Blogger itu?! Tetap semangat ya menulis blognya dan selalu niatkan kalau apa yang kita tulis ini bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

Senangnya Menjadi Blogger Saat Tulisan Kita Dapat Feedback

Terakhir, salah satu keistimewaan dari menjadi Blogger adalah mendapatkan perasaan senang saat tulisan kita dibaca orang dan mendapatkan feedback positif. Teman-teman Blogger pastinya sudah pernah yang tiba-tiba ada pesan masuk entah melalui email atau social media yang isinya ucapan terima kasih dari pembaca blog kita.


Tahu kan pasti rasa senangnya seperti apa saat mendapatkan feedback demikian? Tulisan yang kita buat mendapatkan respon dari pembaca, dan mendapatkan apresiasi sampai dijelaskan kalau tulisan kita bisa memberikan manfaat, pengaruh, perubahan yang lebih baik untuk hidup orang lain.

Jadi, bangga untuk diri kita semua para Blogger yang sudah bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

Carro Automall Pondok Indah, Tempat Blogger Day 2024 Dilaksanakan

Seperti yang saya bilang di atas, satu hal yang saya agak sesali tidak bisa hadir ke acara Blogger Day 2024 ini karena lokasi kegiatannya. Berlokasi di Carro Automall sudah jadi keuntungan saya yang lokasi rumah dengan tempat kegiatan sangat dekat.


Dan menariknya, Carro Automall menjadi tempat offline store jual beli mobil bekas terbaik di Asia Tenggara. Sedangkan untuk online storenya bisa membeli mobil dengan mengunjungi ke website Carro, di sana Sobat Blogger bisa menemukan banyak mobil bagus layaknya baru! 

Dan pastinya bisa juga jual mobil bekas dengan harga tertinggi. Caranya gimana? Ada 3 cara simpel menjual mobil di Carro, isi formulir jual mobil di website Carro, booking inspeksi secara gratis dan dapatkan pembayaran secara instans. 

Baik di online maupun offline Carro jual beli mobil apa saja sih? Berbagai mereka mobil berkualitas dan bersertifikasi dijual di sini ada Toyota, Nissan, Honda, Volkswagen, Audi, Mercedes Benz dan BMW. Wah, pasti asik banget bisa ikut kegiatan BloggerDay 2024 sambil melihat-lihat mobil bekas berkualitas di Carro.



Apa sih jaminan yang bisa dikasih Carro untuk memastikan semua mobil bekas yang dijual ini berkualitas? Di sini Carro punya yang namanya #CarroCertified yang terdiri dari lulus 160 titik inspeksi, garansi uang kembali 5 hari, 1 tahun garansi mesin dan transmisi, bebas manipulasi jarak tempuh, mobil bebas banjir, kecelakan besar dan kebakaran.

Buat Sobat Blogger yang tertarik untuk jual beli mobil di Carro di Indonesia sendiri sudah tersebar di beberapa kota seperti:

1. Jabodetabek, Carro Pondok Indah. Pondok Indah, Jl. Sultan Iskandar Muda No.41, RW.4, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240.

2. Banten, Carro BSD. Sunburst, CBD Lot II, Jl. Kapten Soebijanto Djojohadikusumo No.10, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, BSD City, Banten 15322.

3. Jawa Barat, Carro Harapan Indah. Jl.Harapan Indah Boulevard Commercial Park I Kavl CP 1, Jl. Harapan Indah No.9H, RT.005/RW.010, Medan Satria, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 17132.

4. Tengah, Carro Semarang. Jl. Brigjen Sudiarto No. 229, Gemah, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50246.

5. Jawa Timur, Carro Surabaya. Jl. Raya Jemursari No. 29, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur, 60237.

6. Bali, Carro Bali. Jl. Gatot Subroto Barat Nomor 425, Kelurahan/ Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

7. Sulawesi Selatan, Carro Makassar. Jl. Metro Tj. Bunga, Maccini Sombala No 27 Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

8. dan Sumatera Selatan, Carro Palembang. Jl. R. Sukamto No.1335, 8 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114.

Wah, banyak ya sudah cabang Carro Automall di Indonesia. Jadi memudahkan konsumen untuk berkonsultasi langsung maupun bertransaksi nih. Dan pastinya bakal seru banget buat teman-teman Blogger yang bisa mengunjungi langsung Carro Automall Pondok Indah. 

_____

*BloggerDay 2024 mendapatkan dukungan dari Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF dan Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras dan didukung juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft.


nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

2 komentar untuk "Bukan Blogger Sekadarnya, Tapi Juga Dakwah Melalui Tulisan"

Djangkaru Bumi 11 Maret 2024 pukul 14.24 Hapus Komentar
Saya sering memperhatikan komunitas ini
super keren dan saya kagum
Ainun 13 Maret 2024 pukul 06.27 Hapus Komentar
seru banget ya acara offline kemarin, hiks sayang aku ga bisa ikutan. Tahun depan semoga bisa datang.
aku sendiri nggak nyangka bisa bertahan ngeblog sampe sekarang, disaat semua temen-temen seperjuanganku dulu memilih off dari dunia blogging.
Aku juga seneng kalau dapet feedback dari temen-temen saat ada yang berkunjung ke blogku, kayak memberi semangat gitu buat aku sendiri buat rajin update