Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Baru! Ada Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET di Jawa Timur


Hai Sobat Blogger, sudah tahu belum kalau ada pabrik daur ulang botol plastik PET di Jawa Timur? Ya, tempat recyle yang digadang-gadang sebagai pabrik daur ulang plastik terbesar dan termutakhir di Indonesia ini diresmikan PT Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) dan didukung oleh PT Tirta Investama (Danone Aqua sebagai customer utama).

Sumber Pixabay

Dimulai sejak tahun 2019, Danone Aqua mendukung penuh Veolia Indonesia dalam membangun pabrik daur ulang botol plastik PET dan dapat selesai serta beroperasi pada April 2021. Adapun lokasi pembangun pabrik daur ulang ini terletak di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Kec. Rembang, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur.

Sumber IG Aqua Lestari

Dukungan Danone Aqua terhadap Veolia Indonesia ini sebagaimana dukungan terhadap kepeduliannya pada lingkungan dari ancaman dampak buruk sampah plastik. Bahkan, sudah dimulai tahun 1993 Danone Aqua mempelopori daur ulang plastik di Indonesia melalui program PEDULI.

Dilanjutkan pada tahun 2010, Danone Aqua mendirikan model Recycling Model Business (RBU) Unit Bisnis Daur Ulang yang tersebar di Tangerang Selatan, Bali, Lombok dan Bandung. Melalui model bisnis ini, Danone mengumpulkan botol plastik bekas dari para pemulung, bank sampah, drop box yang nantinya botol ini ada diubah menjadi cacahan plastik dan dikirim sebagai bahan baku industri daur ulang.

Dan di tahun 2018 Danone Aqua bersama Veolia Indonesia dan mitra lainnya mengembagkan pengelolaan sampah di Tempat Pengelolaan Sampah berbasis Reuse, Reduce dan Recyle (TPS3R) dan fasilitas pengumpulan sampah plastik. Dan sampailah di tahun 2019 dimulainya pembangunan pabrik daur ulang botol plastik PET di Jawa Timur.


“Semoga PT Veolia bisa terus membantu Indonesia dalam menjaga lingkungan yang lebih baik. Apa yang sudah kami lakukan saat ini selaras dengan upaya pemerintah, memberikan kontribusi positif kepada masyarakat baik melalui daur ulang maupun program-program berkelanjutan,” Christophe Maquet Senior Executive VP – Aisa Veolia.

Saat ini, pabrik daur ulang Veolia Indonesia mampu memproduksi 25.000 ton per tahun recyled PET (rPET). Melihat dari perkembangan inovasi Danone Aqua, saat ini mereka memiliki kemasan botol plastik daur ulang yang 100% plastik PET sebesar 25%. Besar harapan, dengan adanya pabrik daur ulang ini. Dapat meningkatkan produksi botol daur ulang sebesar 50% pada tahun 2025.


Karyanto Wibowo selaku Sustainable Development Director Danone Indonesia menjelaskan, kalau produk kemasa botol plastik daur ulang ini akan aman untuk diedarkan. Sehingga, botol daur ulang yang sampai di tangan konsumen sudah memenuhi standar pangan BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.


Menanggapi adanya pabrik daur ulang dari Veolia Indonesia yang didukung oleh Danone Indonesia, Dr. Ir. Novrizal Tahar IPM selaku Direktur Pengelolaan Sampah Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK menyebutkan, “Dengan adanya pabrik daur ulang akan memperbesar kapasitas ekosistem sirkular ekonomi. Dengan demikian, sirkular ekonomi bisa kita wujudkan dalam permasalahan sampah, khususnya limbah plastik.”

Tambahnya, “Melihat masalah sampah nasional saat ini, adanya peningkatan sampah plastik yang sangat tajam di masa pandemi serta tidak semua sampah bisa didaur ulang. Harapan saya kepada Danone dan Veolia bisa mengembangkan teknologi lainnya selain menjadikan daur ulang botol plastik PET.”

Tentunya, harapan dari Bapak Novrizal menjadi harapan kita semua. Sehingga, indonesia bisa mengurangi menumpuknya limbah sampah plastik yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Namun, di balik itu semua. Ada peran penting dari kita juga sebagai masyarakat untuk andil Bijak Berplastik. Seperti mengurangi penggunaan kantong plastik, membawa alat makan dan minum sendiri, membuang sampah pada tempatnya serta memilah sampah sebelum dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Oh ya, buat Sobat Blogger yang pengen tahu lebih lengkap perkembangan dari tahu ke tahun komitmen Danone Indonesia dalam pengelolaan daur ulang limbah plastik bisa dicek #BijakBerplastik ya Sob.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Baru! Ada Pabrik Daur Ulang Botol Plastik PET di Jawa Timur"