Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) Tampilkan Kupu-Kupu Bersolek

 

Hai Sobat Blogger, mau ngumpulin teman-teman di sini yang udah gak sabar nunggu rampungnya revitalisasi Taman Islamil Marzuki (TIM)? Percayalah, kesabaran kamu semua nunggu TIM jadi yang diperkirakan pada Februari 2022 ini worth it banget!

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Gedung Panjang

Kenapa gue bilang gitu? Buat gue pribadi, TIM ini bisa diibaratkan sebagai kepompong tertidur yang di waktu yang tepat ia akan bangun menjadi kupu-kupu bersolek. Pembangunan yang dipercaiyai kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ini akan me-makeover wajah baru TIM menjadi taman terbuka, pusat kesenian dan kebudayaan serta pusat edukasi yang lebih kekinian, minimalis, menyatukan dengan alam.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Gedung Panjang nampak depan

Revitalisasi yang dikerjakan oleh Jakpro ini akan merepresentasikan TIM yang baru sebagai The New Creative Hub & Art Center and The New Urban Tourism Destination. Sehingga, pembangunan ini membawa sebuah harapan kalau TIM bisa menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat urban (TIM Urban Tourism).

Bahkan nih ya Sob, diawal masa pembangunannya Gubernur DKI Jakarta pernah menyampaikan harapannya kalau Taman Ismail Marzuki bisa menjadi pusat seni dan kebudayaan bukan untuk negara-negara Asia bahkan dunia. Menjadi wadah untuk saling bertukarnya ide serta pengalaman kepada para seniman di dunia.

Wah, kalau ini bisa benar-benar terjadi bakal keren banget sih. Karena wajah baru TIM akan menjadi tempat wisata mancanegara tanpa menyingkirkan esensinya sebagai  pusat kesenian dan kebudayaan serta pusat edukasi.

So, setelah rampung revitalisasi ini. Ada fasilitas apa saja dan pembaharuan apa saja yang ditawarkan dari pembangunan Taman Ismail Marzuki oleh Jakpro ini sehingga bisa merepresentasikan sebagai tempat wisata yang juga pusat kesenian dan budaya serta pusat edukasi?

Fasilitas Baru Pasca Ravitalisasi Taman Ismail Marzuki

Kemaren pada Jumat (19/11/2021), saya beserta rekan blogger lainnya berkesempatan melihat-lihat secara langsung progres pembangunan dari revitalisasi TIM yang dilakukan oleh Jakpro. Bersama Ka Bunga perwakilan dari Jakpro, saya beserta rekan-rekan blogger lainnya diajak berkeliling untuk melihat sudah sejauh apa pembangunan TIM yang saat ini masih dalam fase kepompong tidur.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)


Sambil mengarahkan kami pada setiap rute site visit, dengan telaten Ka Bunga menjelaskan dan mempersilahkan rekan-rekan blogger bertanya terkait revitalisasi TIM ini. Adapun rute site visit kami kunjungi sebagai berikut:

Gedung Teater Jakarta

Gedung yang berdiri sekitar tahun 2000an ini terdiri dari, 2 teater; teater besar dan teater kecil. Gedung ini pun sudah mengalami 2 masa renovasi yang dilakukan oleh Jakpro, dan tahun ini menjadi renovasi ke 2. Teater besar memiliki kapasitas 1200, dan teater kecil 240 kursi ini mengalami renovasi seperti ac yang bocor, ac sentral, basement, eskalator dan lainnya.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Gedung Teater Jakarta
Oh iya, buat yang pengen tahu berapa sih biaya sewa gedung teater di TIM ini? Untuk teater besar sendiri dikenakan biaya Rp 30 juta/hari, dan teater kecil Rp 3 juta/hari. Buat kamu yang mau sewa, usahakan jangan mepet tanggal, mengingat ada masa kurasi terlebih dahulu untuk bisa aprove sewa teater ini.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Teater Besar

Gedung Teater Jakarta ini juga terdiri dari Graha Bakti Budaya, Gedung Kesenian Jakarta, dan Gedung Wayang Orang Bharata. Btw, kalau inget teater besar ini, inget nonton konser Musikal Puisi-Puisi Cinta  dan bisa foto bareng chelsea Islan yang cantiknya parah banget sih gak ada obat. Hehe



Masjid Amir Hamzah

Tempat ibadah sekaligus juga sebagai pengingat terhadap sastrawan Indonesia, Amir Hamzah yang diangkat sebagai pahlawan Nasional menampung 250 jamaah dengan luas 800m persegi. Menariknya, masjid ini pada saat siang hari atau waktu salat zuhur akan ada cahaya masuk dari atas yang secara alami membentuk barisan shaf solat.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Masjid Amir Hamzah; (kiri) Kegiatan solat ashar dan (kanan) pengajian

Menariknya, sekeliling area masjid ada kolamnya. Saya lupa bertanya di sini, kolam ini nantinya akan dijadikan kolam ikan atau bukan? Namun, ada artikel yang saya temukan menjelaskan kalau kolam ini bisa digunakan sebagai penampungan air di kala musim hujan.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)


Gak lupa, kalau kamu ke Masjid Amir Hamzah. Bakal menjumpai pohon besar di pelataran. FYI saja, sebelumnya pohon ini tidak ada. Namun, dipindahkan menggunakan sistem earth balling.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)


Wajah Baru TIM Hadirkan Gedung Panjang

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Patung Ismail Marzuki
Baru dan keren! 2 kata yang mewakili gedung panjang. Bentuknya yang terinspirasi oleh Kapal Phinisi ditambah penggambaran not balok dari ciptaan Ismail Marzuki berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” ini terdiri dari 14 lantai.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Foto taman di atas parkir latar Gedung Panjang 

Lantai 1-3 ada ruang publik, yang diisi dengan retail/food court dan galeri.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Lantai dasar area retail


Lantai 4-7 akan ada Perpustakaan Daerah dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Perpustakaan

Lantai 8-12 ada wisma dan juga kolam renang.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Kamar wisma

Lantai 12-14 ada kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Ruang Diskusi Komite Seni.

Ini menarik sih bagi saya. Thats why TIM yang baru bisa merepresentasikan sebagai tempat wisata sekaligus pusat seni dan budaya serta pusat edukasi. Hadirnya gedung panjang ini menjawab itu semua.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Kolam renang wisma
Gini gini gini, sekarang Sobat Blogger bayangin. Di satu tempat kamu bisa mengunjungi galeri seni, perpustakaan dan dilengkapi area retail. Bahkan apabila area wisma ini dibuka untuk umum juga bukan hanya seniman yang sedang pentas, apa ada lagi tempat menginap yang menyajikan retail, galeri seni dan perpusatakaan? Gak ada kalo bukan di Taman Ismail Marzuki yang direvitalisasinya ini dibangun oleh Jakpro. Menarik bukan?

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Gedung Panjang yang ramah disabilitas

FYI, gedung panjang lantai 4-7 ini akan menjadi pusat dokumentasi sastra terlengkap di dunia. Amazing!

Pusat Sastra HB jassin memiliki koleksi sastra antara lain:
1. 21.300 judul buku fiksi.
2. 17.700 judul buku non fiksi.
3. 475 buku referensi.
4. 875 naskah drama.
5. Biografi pengarang 870 buku.

Oh ya, sama tambahan lainnya. Di perpusatkaan lantai 4-7 ini kamu nanti bisa baca buku sambil menikmati pemandangan luar Gedung Panjang yang bagian pinggirnya full kaca. Cahaya ilahi masuklah nanti terang benderang.

Wajah Baru TIM Hadirkan Taman Parkir Taman Ismail Marzuki

Balik lagi ke pusat wisata. Mau ngabuburit santai dan murah? Dateng aja ke TIM, dan nongkrong cantik sore hari atau kalau hari libur nongkrong pagi hari di taman parkirnya. Di sini kamu bisa menikmati Ruang Terbuka Hijau yang luasnya 27,2% dengan hamparan rerumputan hijau, serta melihat pemandangan Gedung Panjang sekaligus jalan utama depan pintu masuk/keluar TIM.

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Taman di atas parkiran diambil dari Gedung Panjang

Dengan adanya taman di atas lahan parkir sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan berkelanjutan.

Beberapa bangunan di area komplek tentu juga sedang masa renovasi. Ingat di TIM ada planetarium. Hayo, siapa yang kangen ke sana? Biasanya jadi tempat wisata study tour untuk anak-anak SD dan SMP nih. Hehe

revitalisasi taman ismail marzuki (tim)
Renovasi Planetarium dilihat dari Gedung Panjang 

Oh ya, mau sedikit nambahin. Buat kamu yang memang tinggal di luar Jakarta dan pengen menghabiskan waktu liburan di Jakarta, khususnya ingin menjadi bagian dari TIM Urban Tourism. Di sekitar TIM itu ada 5 spot wisata kuliner legendaris yang bisa kamu kunjungi. Seperti Soto Betawi H. Maruf, Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman, Tjikini Lima, Warung Daun Cikini dan Gado-Gado Bon Bin.

Jujur sih saya baru sempat mampir ke Gado-Gado Bon Bin. Selebihnya saya belum pernah kunjungi juga. Mungkin, Sobat Blogger di sini tertarik buat kulineran bareng. Eh tapi nanti aja ya, nunggu selesai pembangunan revitalisasi TIM Februari 2022. Biar bisa kulineran, setelah itu wisata ke TIM deh. Bakal banyak spot foto yang Instagram able banget sih di sana nanti. Worth it buat kamu kunjungi!

So exited buat saya nunggu selesai revitalisasi Taman Ismail Marzuki pada Februari 2022. Semoga apa yang diharapkan dari awal pembangunan bisa tercapai. Bisa menjadi destinasi wisata, serta pusat seni dan budaya serta menjadi pusat edukasi baik di Indonesia maupun untuk seluruh dunia. Aamin.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) Tampilkan Kupu-Kupu Bersolek"