Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Pabrik Danone AQUA-Mekarsari


Hai Sobat Blogger, Sudah tahu belum kalau pada Selasa (21/9/2021) Danone Indonesia  telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Industri yang dipasang untuk pabrik AQUA-Mekarsari. Tentu ini menjadi kabar baik di tengah upaya pemerintah terus mendorong pemanfaatan Energi Baru terbarukan (EBT).


Indonesia khususnya Sebagai negara yang memiliki garis khatulistiwa, sudah semestinya bisa mengoptimalkan sumber energi baru terbarukan (EBT), khususnya tenaga surya. Mengingat, tenaga surya menjadi EBT dengan potensi paling besar yang bisa dimanfaatkan selain air, angin, panas bumi, bioenergi dan arus laut.




Disampaikan oleh Vera Galuh Sugijanto, selaku VP General Secretary Danone Indonesia menyebutkan PLTS Atap di pabrik AQUA-Mekarsari ini sudah dibangun sejak tahun 2017 dengan kapasitas 2.112 kWP. Perlu diketahui, bahwa pabrik AQUA-Mekarsari menjadi pabrik Danone terbesar di Indonesia. Pembangunan PLTS Atap ini menjadi perwujudan dari komitmen Danone Aqua dalam menjadikannya sebagai perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon.

Pembangunan PLTS Atap di Industri ini seharusnya juga bisa menjadi contoh kepada perusahaan lainnya dalam merealisasikan upaya pemerintah yang menargetkan peningkatan bauran energi baru terbarukan mencapai 23% di tahun 2025. Di mana per tanggal 21 April 2021, Indonesia terus meningkatkan penggunaan EBT dengan kisaran angka 13.51%.




Sehingga, Danone Aqua juga terus berupaya meningkatkan target pemerintah dengan melanjutkan pembangunan PLTS Atap di 21 pabrik Danone yang tersebar di Indonesia. Di mana saat ini, sudah ada 4 pabrik yang telah menggunakan energi listrik solar panel tersebut. “Danone memiliki tujuan membangun yang lebih sehat, gaya hidup sehat dan ekosistem yang sehat,” ungkap Novan Yulianto Plant Director Pabrik DanoneAQUA-Mekarsari.

Sehubungan dengan peresmian PLTS Atap Pabrik Danone AQUA-Mekarsari, maka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil menjadi tokoh yang meresmikan serta menandatangani peresmian PLTS Atap tersebut.



Dengan adanya PLTS Atap di pabrik Danone AQUA-Mekarsari menurut Kang Emil bisa menjadi nilai tambah adanya komitmen Jawa-Barat dalam memanfaatkan EBT.  Kang Emil pun sangat mengapresiasi terhadap Danone AQUA yang sudah membangun PLTS Atap Industri ini. menurutnya, ini bisa menjadi percontohan pertama bagi perusahaan lainnya.

“kami ucapkan apresiasi kepada Danone Indonesia yang telah berpartipasi dalam program pemerintah dengan membangkitkan EBT berupa tenaga surya di fasilitas Pabrik mekarsari, dengan kapasitas sebesar 2,1 mWP yang direncanakan akan menghasilkan 2,3 gWH energi listrik pertahunnya, dan mampu mengurangi emisi karbon sebesar 1.916 ton co2 yang setara dengan 9.580 batang pohon. Kami berharap hal tersebut mampu mendorong penggunaan energi baru terbarukan serta menjadi contoh bagi pelaku industri,” ungkap Kang Emil.



Gubernur Jawa Barat itu pun semakin bersemangat membuat wilayah yang dipimpinnya menjadi kota yang ramah lingkungan. Sehingga Kang Emil berencana membuat aturanseluruh pabrik menerapkan apa yang sudah dilakukan Danone AQUA. Ia akan meninjau lagi prospek di lapangannya seperti apa? Apakah mudah untuk instalasinya dan sebagainya?

Kang Emil pun menyebutkan konsep energi yang harus dikejar ada 3: 1. Harus murah untuk rakyat. 2. Harus bersih, karena untuk apa murah apabila mengotori. Dan 3. Energi itu harus sustainable atau berkelanjutan. Sambungnya, di Jawa Barat Kang Emil terus berupaya menciptakan serta memanfaatkan sumber energi yang ada yang bisa didapatkan dari alam. Seperti membangun pembangkit listrik tenaga angin, menciptakan konsep sampah kota menjadi listrik maupun batu bara.  

Wah, apa yang disampaikan Kang Emil sepertinya menjadi sebuah perencanaan yang progresif sekali ya. Semoga Kang Emil bisa terus menjalankan program-program berkelanjutannya dengan baik serta mampu membuahkan hasil untuk warga Jawa Barat.

Nah Sobat Blogger, setelah membahas peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Industri milik pabrik Danone AQUA-Mekarsari. Kamu tertarik gak sob untuk memasang PLTS Atap untuk rumah kamu?

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Pabrik Danone AQUA-Mekarsari"