Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021, Majukan UMKM di NTT

 

Gernas BBI (Bangga Buatan Indonesia) - Hai Sobat Blogger semua, siapa di sini yang suka belanja di UMKM/produk lokal? Jujur saja, dari salah satu brand fashion ternama. The Executive menjadi salah satu merek terkenal yang saya gemari. Sudah ada banyak produk fashion yang saya beli dari sana, mulai sepatu, kaos, celana, kemeja, jaket sampai gelang.




Harganya yang lumayan terjangkau dengan kualitas bahan tidak kalah dari brand ternama. Bikin saya jatuh hati untuk terus kembali ke toko tersebut. Tak jarang, beragam promo diskon mereka berikan mulai 30% sampai 70%. Kalau sudah begini, siapa yang tidak tergiur.

Selain The Executive, pastilah masih ada banyak brand dari UMKM lokal yang sering kita jumpai. Seperti DAMN I Love Indonesia atau yang sering saya jumpai di pameran Jakarta khas dengan produk kain tenunnya ada AWAN Ethnic Craf dan Ethnic Vibes.

Dari sekian banyak UMKM lokal, apakah bisa semuanya menjadi dikenal dan tumbuh besar? Apalagi bagi pelaku UMKM lokal di daerah? Tentu saja jawaban bisa. Semua kembali kepada kita sendiri masyarakatnya yang sudah seharusnya lebih bangga untuk membeli dan mengenakan produk lokal.

Sejalan dengan ini, tahu gak sih Sobat Blogger. Kalau Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sejak 14 Mei tahun 2020 lalu. Tentu saja, tujuan diluncurkannya program ini guna menyelamatkan UMKM lokal agar bisa bangkit melewati masa sulit pandemi Covid-19.

Selain itu juga, Gernas BBI ini juga bertujuan mendorong para pelaku UMKM unggulan untuk terus maju dan bertransformasi ke ekosistem digital. Oleh sebab itu, di tahun 2021 ini Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT dengan membangun 422 BTS (Base Transceiver  Station) 4G di 16 kabupaten NTT. Di antaranya, Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.

Gernas BBI Tahun 2021 di NTT, Kilau Digital Permata Flomabora

Sebagaimana yang saya jelaskan di atas, kalau Menkominfo melalui BAKTI (Badan Aksesibilitas Stasion Telekomunikasi dan Informasi) akan bangun BTS di NTT. Hal ini berkaitan dengan diadakannya Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Nusa Tenggara Timur dengan tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor).



Pada acara puncak Gernas BBI Jumat (18/6/2021), Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM RI menyampaikan, “Menghadirkan UMKM dalam ekosistem digital adalah sebuah keharusan. Dengan aspek teknologi mennjadi sebuah strategi yang relevan dan memiliki daya saing setara. Besar harapan Gernas BBI menghadirkan sinergi dan kolaborasi seluruh pihak yang melahirkan dampak berkelanjutan. Membeli produk unggulan UMKM NTT. UMKM bangkit, Indonesia maju.”



Harapan lainnya juga disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya ia mengatakan, “ Dengan adanya program ini, tidak hanya produk NTT yang jadi perhatian. Tapi dapat memicu pemerintah daerah dan pusat untuk melihat potensi-potensi yang memiliki nilai jual di daerah lain. Saya menyampaikan apresiasi kepada menkominfo. Kita harus mendukung penuh gerakan BBI. Bangkit, memulihkan bahkan melompat dan pulih menjadi bangsa yang besar.”



Dan sambutannya lainnya juga datang dari Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang tanpa basa basi langsung memesan 100 kopiah produk karya Manggarai Barat. Ia menuturkan, setiap menggunakan kopiah tersebut, selalu banyak yang berminta dan meminta. Oleh sebab itu, ia langsung memesan banyak lagi. Sandiaga Uno juga menjelaskan untuk dikembangkan lagi dari sisi kuliner daerahnya, seperti Kuah Ikan Asam Labuan Bajo.

Dukung Gernas BBI dengan Belanja Produk Lokal NTT

Buat Sobat Blogger yang mau mendukung penuh acara Gernas BBI tahun 2021. Salah satu caranya bisa banget loh dengan belanja di pameran virtual melalui website Gernas BBI Kilau Digital Flobamora. Caranya mudah banget:

1. Sobat Blogger bisa buka website kilaudigitalflobamora dot id.
2. Lalu pilih menu Pameran Virtual.
3. Silahkan registrasi kunjungan, mengisi nama, no hp dan email.
4. Lalu pilih menu Exhibition Hall dan pilih bagian mana yang ingin dikunjungi kategori UMKM; Food A, Food b, Craft dan Fashion.
5. Setelah itu akan ada banyak booth yang bisa dikunjungi secara virtual dan Sobat Blogger bisa melihat aneka produk dengan klik e-commers. 



6. Ada menu Chat untuk berbicara langsung dengan penjual.
7. Setelah memilih barang yang akan dibeli, silahkan isi data diri, alamat dan memilih metode pembayaran.
8. Setelah itu, pesanan yang kita beli akan dipersiapkan.



Yuk, dukung terus UMKM lokal dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Sekarang, sudah saatnya kita sebagai anak bangsa bangga membeli dan memakai produk buatan Indonesia.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021, Majukan UMKM di NTT"