Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Aplikasi BPOM Mobile Kemudahan Cek Produk di Era Industri 4.0


Halo Sobat Blogger semua.
Trend industri 4.0 atau yang bisa disebut sebagai tren otomasi, di mana terjadinya perputaran data terkini dalam teknologi pabrik yang mencakup sistem siber fisik, IoT (internet of think), komputasi awan dan komputasi kognitif. Semua telah berbenah diri, institusi pemerintah hingga swasta. Termasuk di sini BPOM (Badan Pengawasan Obat Makanan).

aplikasi bpom mobile


Industri 4.0 dengan segala kecanggihan teknologi yang mampu menyalin dunia fisik secara virtual melalui IoT, sistem siber fisik komputasi awan dankognitif mampu menghasilkan sistem kerja yang cerdas, efisien dan efektif.

Ada 4 prinsip rancangan dalam indutsri ini:
1. kesesuaian. melalui teknologi IoT (di dalamnya ada mesin, perangkat, sensor dan manusia) yang dapat saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain.
2. transparansi informasi.
3. bantuan teknis. Hal paling diuntungkan dari prinsip ini adalah kecanggihan dari kemampuan sistem IoT dalam menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan model digital melalui sensor data.
4. keputusan mandiri.


Sebagai Badan Pengawasan Obat dan Makanan tentu saja memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga dan melinngi setiap konsumen yang ada di Indonesia. Sehingga, penting sekali bagi BPOM untuk terus bekerja cerdas dalam mewujudkan konsumen cerdas.

Aplikasi BPOM Mobile, menjadi salah satu langkah tepat di era industri 4.0 mewujudkan masyarakat cerdas. Bagi saya pribadi aplikasi tersebut akan menjadi suatu kebutuhan yang barangnya sangat dekat dengan masyarakat, dalam genggaman tangan.

Lalu, dengan adanya aplikasi ini. Mampukah BPOM mewujudkan masyarakat cerdas?

BPOM dan Cek KLIK

Hai Sobat Blogger. Keterblibatan BPOM dalam mewujudkan masyarakat cerdas sepertinya terus dilakukan dari tahun ketahunnya. Sebelumnya, saya pernah menjumpai sosialisasi yang sedang dilakukan oleh mereka pada tahun 2018 lalu menjelang lebaran di Mall Pejaten Village.

aplikasi bpom mobile
Sosialisasi BPOM di Lippo Mall Kemang

Tentu, fokus utama pada saat itu adalah cerdas dalam memilih pangan aman lebaran dengan Cek KLIK. Cek Klik sendiri memiliki  singkatan sebagai berikut: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Tanggal kadaluwarsa.


BPOM memiliki tugas dan fungsinya sebagai pengawasan obat yang sudah tertera dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2017. Adapun bahan obat dan makanan yang diawasi oleh BPOM terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik dan pangan olahan.

BPOM sebagai pengawas obat dan makanan  memiliki peranan yang sangat penting sesuai perpres di atas. Tentunya, poin-poin yang sudah dibuat dari perpres di atas ini benar-benar tidak bisa disepelekan oleh masyarakat. Ada 11 tugas dan fungsi BPOM sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2017 dan 7 di antaranya sangat penting terhadap keamanan masyarakat dari setiap produk yang telah beredar dan akan dikonsumsi.

1. Menyusun kebijakan nasional dalam pengawasan Obat dan Makanan.
2. Melaksanakan kebiakan nasional di bidang pengawasan.
3. Menyusun dan penetapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengawasan baik sebelum beredan dan pengawasan selama bereda.
4. Mengawasi produk sebelum beredar dan selama beredar.
5. Adanya koordinasi pengawasan obat dan makanan dengan instansi pusat dan daerah.
6. Bimbingan teknis dan supervisibidang pengawasan obat dan makanan.
7. Melakukan penindakan terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan bidang pengawasan obat dan makanan.

Dengan memastikan kalau produk yang akan kita pakai terdaftar di BPOM. Menjadi satu langkah untuk kita sendiri mencegah dari peredaran dan penggunaan obat-obatan dan makanan yang berbahaya untuk tubuh.

Nah, sekarang ngecek produk yang udah terdaftar di BPOM gampang banget loh. Bisa pake aplikasi di dalam smartphone aja. Di mana dan gimana caranya? Baca ulasan selanjutnya.

Aplikasi BPOM Mobile

Sekarang, banyak masyarakat yang hampir segala aktivitasnya mengandalkan smartphone. Belanja, pesan makanan, transaksi perbankan, pembayaran transportasi umum ataupun ojek online, transaksi pembayaran di mall-mall, bahkan sampai makan di warteg pun sudah bisa dilakukan dalam aplikasi smartphone.

aplikasi bpom mobile
Download Aplikasi BPOM Mobile di Playstore

Smartphone kini menjadi barang yang sangat penting untuk dibawa. Sehingga, dengan adanya aplikasi BPOM Mobile ini langkah tepat dan cerdas yang dilakukan BPOM kepada masyarakat. Tentu, dengan adanya aplikasi ini. BPOM mampu mendekatkan diri kepada masyarakat tanpa harus mendatanginya satu per satu.

Hadirnya aplikasi BPOM ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat untuk dapat mengecek secara pribadi setiap produk yang akan dikonsumsi atau digunakan. Baik itu makanan maupun obat-obatan.

Aplikasi ini sudah bisa didownload melalui playstore dan app store dengan nama BPOM Mobile. Selain dapat melakukan pengecekan, melalui aplikasi ini masyarakat juga dapat melakukan pengaduan suatu barang.

Ada 3 fungsi BPOM Mobile:
1. Melakukan verifikasi produk dengan scan 2d barcode.
2. Pengaduan terkait produk.
3. Memberikan informasi terkini terkait pengawasan obat dan makanan.

aplikasi bpom mobile


Penggunaan aplikasi sangat mudah. Bila sudah mendownload, Sobat Blogger tinggal membuka saja aplikasinya. Lalu akan ditampilkan 4 pilihan menu, Cek Produk scan 2d, Riwayat Scan, Berita dan Pengaduan.

Bila ingin mengecek produk, silahkan pilih menu Cek Produk dan scan barcode yang tertera. Nantinya akan ditampilkan data lebih detail mengenai informasi produk tersebut.

aplikasi bpom mobile


Bila produk tidak memiliki barcode, Sobat Blogger bisa banget melakukan pengecekan dengan pindai nomor izin edar BPOM. Cara sama, klik menu Cek Produk dan arahkan camera scan ke garis-garis hitam di belakang kemasan dan di bawah garis selalu ada nomor. Tunggu, hingga muncul tulisan Cek NIE. Dan klik.

aplikasi bpom mobile


Lalu pilih Nomor Registrasi dan masukkan nomor registrasi produk tersebut. Nomor registrasi akan tertera dengan tulisan BPOM RI dilanjutkan kode registrasi seperti MD619228128066. Masukkanlah nomor registrasi tersebut. 

aplikasi bpom mobile
Jika sudah, klik oke dan akan muncul cek detail produk. Bila tidak muncul cek detail produk. Maka kita bisa melakukan pengaduan kalau produk yang kita akan/beli ini tidak dikenali oleh BPOM.

aplikasi bpom mobile


Jadi, bagaimana? Mudah bukan menggunakan aplikasi ini. Sangat penting untuk memastikan dahulu produk yang akan kita kenakan aman aman saja. oleh sebab itu, jadilah konsumen cerdas dengan Cek Klik atau dengan aplikasi BPOM Mobile.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

1 komentar untuk "Aplikasi BPOM Mobile Kemudahan Cek Produk di Era Industri 4.0"

Okapi note 16 September 2019 pukul 15.33 Hapus Komentar
wah baru tahu ada aplikasi BPOM
jadi langsung bisa download dan melindungi konsumen dari produk2 palsu yg mengatasnamakan bpom.
membantu bgt ada aplikasi ini.