follow us

Cara Membuat Iklan di Facebook dan Instagram


Halo Sobat Blogger semua....
Cara membuat iklan di Facebook- Pernah gak sih sebelumnya Sobat Blogger mencoba untuk mengiklankan postingan instagram atau facebok untuk mendapatkan kunjungan pemirsa yang lebih banyak?

cara membuat iklan di facebook


Beberapa bulan belakangan ini, saya sudah mulai aktif mempromosikan postingan saya melalui iklan. Tentu saja, tujuannya untuk mendapatkan engagement yang lebih bagus. Seperti postingan instagram yang mampu menaikkan jumlah like dan impression. Dan mengiklankan postigan blogpost yang mampu mendapatkan pembaca organik lebih banyak dan cepat.

Mungkin buat yang belum pernah mencoba beriklan. Akan sedikit bertanya-tanya, apa sih keuntungannya beriklan atau seefisien apa sih mendapatkan pemirsa dengan mengiklankan postingan. Karena, pada pastinya kita gak mau dong dibuat rugi dengan mengeluarkan duit untuk memasang iklan.

Di sini saya mau sharing sedikit pengalaman beriklan di instagram dan facebook.

Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

cara membuat iklan di facebook

Sebagai seorang yang mnejalani blogger atau orang yang ngeblog dan menjadikannya sebagai profesi, ditagih pageview sama klien itu suka bikin ketar ketir. Kalian suka gitu gak sih? Apalagi kalau ditagihnya baru 3 hari publish. Welah dalah...

Sebagai blogger yang masih baru dan belum punya pengunjung banyak. Saya sadar betul, untuk 1 artikel bisa mendapatkan minimal 100 pengunjung itu kadang butuh waktu 1 bulan. Ini bekerja kalau misalnya saya gak share ke mana-mana artikel tersebut. Tapi kalau saya share, ya lain cerita.

Faktanya, emang sekarang saya sudah kurang rajin share-share tulisan. Dulu tuh rajin banget share tulisan ke wag, group Facebook, line, twitter dan google+. Sekarang palingan Cuma share ke fb dan twitter. Oh ya, beruntungnya sih sekarang instagram udah bisa swipe up. Jadi, membantu sekali mempromosikan tulisan blog di IG Story.

Singkat cerita, mengatasi meningkatnya jumlah pengunjung blog khususnya 1 tulisan secara cepat adalah dengan beriklan. Iya, saya memulainya dengan mengiklankan tulisan blog yang sudah saya share di fanspage.

Hal ini pun juga berlaku untuk postingan saya di Instagram. Pastinya, setiap ada kerjaan mewajibkan post di IG. Bakal ada laporan yang insight. Semua data engagement bakal terlihat di sana. Bersyukurlah kalau punya data insight bagus.

Oh ya, buat yang belum tahu atau bukan seorang blogger. mesti bertanya-tanya seberapa pentingnya sih angka-angka insight ini. Simpelnya, ini penting banget buat seorang blogger apalagi kalau sudah harus dikirim sebagai laporan. Karena, dengan data tersebut bisa dijadikan rujukan standar rate card harga jasa seorang blogger untuk dipakai.

Beberapa keutungan yang bisa saya dapatkan dari mengiklankan tulisan di Facebook:
1. Menambah pageview secara organik.
2. Tulisan kita dibaca tepat sasaran oleh orang yang membutuhkan. Ya, pasalnya sebelum mengiklankan. Ada pilihan untuk mengatur target audien pembaca. Sehingga, Facebook akan menerbitkan iklan tulisan kita pada orang-orang yang sudah ditargetkan. Seperti  kesamaan interest, usia dan kota mana saja yang dituju.
3. Mempromosikan blog kita secara lebih luas kepada khalayak. Bagi saya sih, ini jadi salah satu cara juga agar dilirik calon klien.
4. Menurunkan bounce rate. Iya, selama beriklan. Saya mendapatkan laporan pembaca paling kecil itu 1 menit 30  detik. Tidak ada yang membaca tulisan saya di bawah 1 menit. Bahkan, saya pernah mendapatkan rata-rata pembaca 7 sampai 10 menit.
5. Jumlah pengunjung organik, dan bisa hampir dipastikan terbaca oleh google analytic. Karena kadang juga gak sesuai sih data beriklan pengunjung artikel yang diiklannya dengan yang ada di data blogpost ataupun GA.
6. Menambah interaksi fanspage seperti like dan komentar.

Lalu dengan instagram sendiri:
1. Menambah jumlah likes, impression dan engagement pastinya.
2. Mendapatkan kunjungan profile.
3. Mempromosikan Instagram kita secara lebih luas kepada khalayak umum.

Oh ya, pada dasarnya manfaat atau keuntungan dari beriklan ini juga bisa dimanfaat buat Sobat Blogger yang berjualan. Baik mau mengiklankan postingan di Fanspage Facebook ataupun postingan di Instagram.

Karena melalui layanan beriklan, kita bisa membuat pilihan untuk pengunjung nanti diarahkan ke website, profile, kontak pemesanan, menambahkan jumlah orang-orang yang melike fanspage kita dan banyak lagi.

Sebagai seorang blogger, tentu saya biasanya melakukan iklan di fanspage untuk mempromosikan tulisan saya di Facebook. Sedangkan beriklan di Instagram, guna menambah impression dan like dan sebagainya untuk satu postingan foto.

Saya sendiri biasanya memasang tarif standar beriklan di Facebook sebanyak Rp 50.000 dan Instagram minimal Rp 10.000. Murah banget bukan dilihat dari manfaat yang didapat? Sampai di sini sudah ada yang mau mencoba?

Cara Membayar dari Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

Mungkin ini bagian yang paling banyak ditanya oleh Sobat Blogger semua. Kalau mau beriklan, gimana cara bayarnya? Harus pake kartu kredit ya? atau bisa gak pake kartu debit? Jawabannya semuanya bisa.

Saya sendiri biasanya membayar pake rekening bersama yang sudah disediakan oleh facebook. Jadi, setiap ingin mengisi saldo untuk akun iklan Facebook saya. Saya akan mengisi dan mentransfernya ke rekening bersama.

Nah, untuk cara bayarnya begini langkahnya:
1. Pastikan sudah memiliki akun fanspage.
2. Masuk ke akun Facebook, dan masuk ke halaman fanspage Sobat Blogger yang terhubunga instagram juga.
3. Setelah masuk ke halanman fanspage. Klik Pusat Iklan, lalu cari menu bantuan di pojok kanan atas dan klik Pusat Bantuan Iklan.
4. Setelah itu, cari menu di pojok kiri Pengelolaan Iklan, dan cari submenu Tagihan.
5. Lalu cari menu dipojok kanan atas Pengaturan Pembayaran.
6. Nanti akan ada tampilan gambar Metode Pembayaran dan Tambah Uang. Silahkan klik tulisan Tambah Uang.
7. Setelah masuk, akan ada pilihan Kartu Kredit atau Debit berlogo Master Card atau Visa. Dan pilihan pembayaran dengan Bank Transfer. (Sampai di sini optional. Sobat Blogger bebas mau pilih pembayaran lewat mana.)
8. Saya pilih pembayaran Bank Transfer. Lalu akan ditujukan nominal yang ingin dimasukkan. Lanjutkan pembayaran. 

cara membuat iklan di facebook

9. Dan setelah itu akan diarahkan ke rekenaning untuk transfer ke Bank Permata. Klik lanjutkan. 

cara membuat iklan di facebook

10. Selanjutnya, akan diarahkan ke halaman Doku payment. Di sana akan tertera no rekening yang harus ditransfer dan jumlah transfernya.

cara membuat iklan di facebook

11. Setelah itu tinggal transfer saja bisa via atam ataupun m-BCA.
12. Setelah selesai membayar, tinggal cek lagi ke akun iklannya dengan masuk ke langkah 3 dan 4. Akan menampilkan saldo Prabayar yang sudah diisi.

Jika semua langkah-langkah di atas telah diikuti. Sobat Blogger sudah bisa memasang iklan di fanspage ataupun instagram.

Cara Membuat Iklan di Facebook

Sekarang kita langsung aja yuk gimana caranya buat beriklan di fanspage ini. Pertama pastikan sudah punya akun fanspage ya. Kalau sudah punya, share artikel Sobat Blogger di fanspage tersebut. Kalau sudah, tinggal dipromosikan deh. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih postingan yang ingin diiklankan.
2. Jika sudah, klik Promosikan Postingan.
3.  Selanjutnya, Sobat Blogger akan ditampilkan pada tampilan: Tujuan beriklan apa? Akses ke website atau mendapatkan banyak tanggapan, komentar dan like. Piluh akses ke website.
4. Akan ada tampilan Tombol Tambahan, dan pilih tombol Selengkapnya.
5. Di bawahnya ada pilihan Pemirsa atau target audiens. Maka di sini klik edit Pemirsa dan Sobat Blogger bisa atur sendiri target audiens yang diinginkan.
6. Jika, sudah. Nanti di bawahnya ada pilihan lagi untuk penempatan iklan otomotis. Maksudnya di sini. Facebook akan menempatkan iklan Sobat Blogger secara otomatis baik di Facebook, Mesengger sampai Instagram. Saya biasanya dimatikan pilihan ini. dan pilih manual saja. Bisa hanya beriklan di Facebook, atau Facebook dan Instagram. Tinggil pilih aja nanti.
7.  Selanjutnya menentukan hari beriklan dan nominal yang ingin dikeluarkan. Sobat Blogger tinggal pilih saja berapa lama hari dan mau beriklan berapanya. Nanti dari pilihan tersebut akan ditampilkan perkiraan jangkauan orang yang bisa dicapai berdasarkan nominal dan hari yang dimasukkan. 

cara membuat iklan di facebook

8. Jika sudah, klik tombol Promosikan.

Selanjutnya tinggal menunggu persetujuan beriklannya saja deh. Selamat mencoba.

Cara Membuat Iklan di Instagram

cara membuat iklan di instagram

Sekarang kita masuk ke cara beriklan di Instagram. Pertama yang harus dipastikan adalah akun Instagram yang ingin diiklankan sudah menjadi akun bisnis. Artinya, akun sudah didaftarkan dan dikoneksikan ke halaman fanspage yang tadi kita isikan saldo.

Bila ini sudah, kita tinggal pilih saja satu postingan yang ingin diiklankan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pada postingan yang ingin diiklankan. Akan muncul tampilan Promote. Maka, klik lah tombol tersebut. 
cara membuat iklan di instagram

2. Akan ada tampilan di mana kita memilih, orang-orang yang melihat iklan kita akan diarahkan ke mana nanti saat mereka mengklik iklan tersebut. Apakah ke profile? Website? Atau DM? Saya pribadi selalu diarahkan ke Profile. 
cara membuat iklan di instagram


3. Setelah itu, kita akan diarahkan untuk memilih target audiens. Maka, nanti pilih menu untuk membuat audiens baru sesuai postingan yang ingin diiklankan. DI sini Sobat Blogger bisa memilih target audiens sesuai dengan ketertarikan, usia, jenis kelamin, sampai memilih kota mana saja yang ingin ditarget.
cara membuat iklan di instagram


4. Jika sudah, klik target audiens yang sudah dibuat. Dan tentukan anggaran dana yang ingin diiklankan. Seperti jumlah uang yang ingin dikeluarkan dan jumlah harinya. Saya biasanya untuk beriklan di Instagram cukup dengan Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja untuk 1 atau 2 hari.
cara membuat iklan di instagram


5. Jika sudah, klik lanjut. Dan klik Creat Promotion dan lakukan pembayaran. 
cara membuat iklan di instagram

6. Tunggu persetujuan iklan Sobat Blogger.

Selesai sudah cara beriklannya. Mudah bukan? biasanya nanti akan ada beberapa yang tidak bisa diiklankan. Apabila iklan ditolak, nanti akan diberi keterangan kenapa iklan tersebut ditolak.
Jadi, itu dia nih Sobat Blogger Cara Membuat Iklan di Facebook dan Cara Membuat Iklan di Instagram. Sampai di sini semoga Sobat Blogger semua bisa paham dan mudah dimengerti ulasannya. Dan selamat mencoba.

4 Responses to "Cara Membuat Iklan di Facebook dan Instagram "

  1. Gue pernah coba buat iklan blog di FB. Bener sih PV naik. Kalau IG belum nyoba nih. Nanti ah coba iklanin postingan.

    BalasHapus
  2. Ngiler lihat temen-temen yg pv naik dari FB Ads. Aku kudet banget. Mau nyobain step-stepnya. Wis mi lak. :)))

    BalasHapus
  3. Wuih, saldonya banyak id...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel