follow us

Snapseed apk, Memperbagus Foto ala Selebgram Indonesia di Instagram


Snapseed apk- Halo Sobat Blogger semua. Bisa posting foto bagus di instagram tentu menjadi idaman semua orang para pengguna socmed. Beragam selebgram Indonesia satu per satu kita follow untuk dijadikan bahan rujukan berfoto. Tapi faktanya, begitu kita mengikuti. Hasil tidak sesuai ekspektasi.

snapseed apk
Diambil menggunakan smartphone saat mengikuti kelas fotografi bersama Ikka Malika
Ragam faktor menjadi pertimbangan kenapa foto kita kadang tidak sesuai ekspektasi. Seperti penggunaan kamera apa yang kita gunakan? Kamera atau menggunakan smartphone. Jelas, 2 alat foto ini sudah menjadi pembanding yang sangat saklek dalam menentukan hasil kualitas foto.

Tapi, bukan berarti kita tidak bisa membuat konten foto bagus layaknya selebgram walau hanya bermodalkan smartphone. Ada kok caranya agar kita bisa menghasilkan foto bagus dengan smartphone.

Nah, sekitar 1 bulan yang lalu. Saya senang sekali bisa mendapatkan kesempatan mengikuti kelas fotografi yang diundang oleh sekaligus sebagai pemateri, Ikka Malika. Wanita yang kebetulan saya kenal melalui instagram ini memberikan materinya seputar penggunaan smartphone sebagai media fotografi. Tak lupa, aplikasi tambahan dalam memperbagus konten foto.

Lalu, ada tips apa agar kita bisa menghasilkan foto bagus walau hanya menggunakan smartphone?

Hasilkan Foto ala Selebgram Indonesia Modal Smartphone

Menciptakan foto bagus hanya bermodalkan kamera smartphone memang terbilang susah gampang. Tapi, bukan berarti hal tersebut menjadi suatu kemustahilan. Apalagi, banyak dari brand smartphone masa kini sudah banyak yang mendukung dan memperbagus kualitas kamera guna memanjakan penggunanya untuk kebutuhan berfoto.

snapseed apk
Kelas Fotografi bersama Ikka Malika
Saya pun terbilang yang sering memanfaat kamera smartphone untuk mengisi konten foto di instagram. Nah, untuk menghasilkan foto-foto yang bagus. Pastinya ada ilmu dasar yang harus dipahami. Materi inilah yang saya dapatkan dari Mba Ikka Malika di kelas ‘Smartphone Photography’.

Bisa kaya selebgram Indonesia modal smartphone photography

Ada 6 dasar smartphone photography yang bisa dijadikan sebagai teknik dasar untuk berfoto dengan gawai kita.

1. Perhatikan lighting atau cahaya.

Cahaya jadi kunci utama dari mendapatkan kualitas foto yang bagus. Mengingat, istilah fotografi memiliki arti melukis dengan cahaya. Sudah bukan rahasia umum, kalau rahasia dalam berfoto ada pada cahaya matahari di pagi hari atau sore. Oleh sebab itu, saat ingin melakukan foto. Perhatikan kondisi cahaya sekitar. Apalagi di ruangan indoor.

2. Temuka objek foto yang menarik.

Saya jadi teringat, seorang teman yang pernah coba memberikan saran kepada saya untuk follow selebgram cowok untuk menjadikan referensi gaya berfoto atau style fashion yang pas. Selain itu, memfollow selebgram juga berguna menambah referensi mencari objek-objek foto bagus lainnya di tempat-tempat wisata.

snapseed apk
Salah satu view di belakang Hotel pracimantoro yang diambil menggunakan smartphone dan diedit dengan snapseed
Gak hanya berpatok pada selebgram saja. Bisa saja akun-akun pariwisata lokal bisa dijadikan referensi. Tapi, ya banyakan sih memang objek-objek foto ditemukan oleh selebgram traveller yang sudah pernah mengunjungi wisata lokal lalu menggunggahnya di sana.

Nah, objek foto yang menarik mampu menjadi daya tarik dari hasil foto yang dijepret. Tentu saja, orang akan suka bila kita mendapatkan objek foto yang bagus. Seperti pemandangan laut yang biru, foto di atas ketinggian gunung khas dengan awan yang menyelimutinya. Atau pemandangan malam dengan bintang-bintang yang bergemilang yang susah ditemukan di ibu kota.

Atau objek foto lainnya. Seperti kuiner, human interest dan lainnya.

3. Objek foto tidak bergerak.

snapseed apk

Yap, memilih objek foto yang tidak bergerak bisa meminimalisir kecacatan pada hasil foto yang dijepret dengan smartphone. Yah, maklum saja. Kemampuan gawai tidak secanggih kamera DSLR atau mirroless yang memiliki kemampuan membekukan objek dengan kecepatan tinggi.

4. Jaga posisi tangan agar tidak bergerak.

Kadang saat berwisata kita sudah lelah karena banyak melakukan aktivitas foto sana dan sini. Ditambah, bila harus bergantian saling memfotokan kawan.

Oleh sebab itu, mungkin beristirahat sejenak untuk melemaskan tangan juga diperlukan. Biar aman, jepret banyak foto sekalian untuk mendapatkan banyak pilihan foto. Karena pasti bakal ada beberapa foto yang blur akibat ketidak sengajaan tangan yang bergerak.

5. Mengatur komposisi atau angle foto.

Foto yang biasa kadang bisa menjadi tidak biasa bila bisa mendapatkan komposisi atau angle yang tepat. Komposisi sendiri memiliki arti susunan gambar dalam satu ruang foto. Bisa diartikan, komposisi dalam foto ini menyusun elemen-elemen objek foto apa saja yang harus ada dalam satu ruang foto.  

snapseed apk
Lapangan Banteng, diambil menggunakan smarthphone dan diedit dengan snapseed
Dalam dunia fotografi, setidak ada 4 komposisi foto yang biasa dikenal. Rule of third, golden triangles, spiral dan pola. Ulasan ke-4 komposisi foto ini. Bisa dicari di google ya akak. Hehe
Eh iya, tapi percayalah. Saya sendiri suka gak mikirin komposisi ini. Hehe



Sedangkan angle pada foto adalah sudut pengambilan foto yang ditekankan pada posisi kamera saat memotret suatu objek. Dalam dunia fotografi, ada 5 angle dasar yang umum digunakan. Pertama, Eye Level, Low Angle, High Angle, Bird Eye View, dan Frog EyeView.

6. Editing itu penting

Kekuatan editing untuk menghasilkan foto yang semakin baik memang tidak diragukan lagi. Saya sendiri termasuk orang yang awalnya tidak melek dengan editing foto. Ya dulu sih editing foto yang saya tahu Cuma dengan photoshop di laptop saja. Sedangkan saya gak bisa, dan males buat belajar photoshop. Jangan diikutin yang ini. Tapi pengen sih bisa photoshop.

Nah, sekarang itu udah semakin banyak aplikasi edit foto melalui aplikasi smartphone. Salah satunya snapseed. Saya pun sudah menggunakannya sekitar satu tahun yang lalu. Dan memang aplikasi ini sangat membantu sekali.

Memang apa sih yang bisa dilakukan aplikasi ini dalma edit foto?

Keajaiban Snapseed Apk Hasilkan Foto Ala Selebgram Indonesia

Kelas fotografi yang diisi Mba Ikka ini benar-benar menyadarkan saya tentang perlu editing pake aplikasi Snapseed. Jujur saja, walau sudah setahun aplikasi ini ada di smartphone saya. Terbilang jarang untuk digunakan. Biasanya langsung saja edit pake fitur editing bawaan instagram saja.

Tapi, ya setelah dikupas satu per satu fitur editing Snapseed ini. Saya makin tahu kalau ternyata memang ada yang tidak bisa dilakukan oleh fitur editing bawaan instagram dari si Snapseed ini.

Ada 2 fitur unggulan yang menurut saya jadi kelebihan aplikasi Snapseed ini.

1. Fitur selektif.
Fitur selektif ini bisa menentukan bagian-bagian mana yang lebih terperinci ingin diatur; tingkat kecerahan, kontras, saturasi dan struktur. Beda dengan fitur meningkatkan kecerahan yang lainnya. Fitur selektif memungkinkan kita menaruh 8 titik area yang mau diatur dengan 4 fitur di dalamnya.

Sedangkan, fitur Poles Gambar yang di dalamnya terdapat tools kecerahan, kontras, saturasi, ambience, highlight, bayangan, dan warmth ini akan mengatur area secara keseluruhan dari foto tersebut.  

2. Fitur healing.
Fitur ini bisa digunakan untuk menghilangkan objek yang dianggap mengganggu. Seperti sampah yang berserakan dan tidak sengaja masuk frame foto. Yah, intinya sih. Fitur ini mampu menghilangkan objek. Tapi, gak semua objek bisa dihilangkan. Karena ada beberapa aturan dasar dalam menggunakan fitur ini untuk bisa menghilangkan suatu objek.

3. Pose wajah.
Fitur wajah ini dapat memutar wajah 3D dalam objek foto. Jadi, pose mukanya nanti atur maju mundur, atas bawah, kiri dan kanan secara 3D. Yah, tapi saya jarang menggunakan fitur ini sih.

Selebihnya, fitur yang ada di dalam Snapseed seperti, Poles Gambar, Detail, Kurva, Keseimbangan, Crop, Putar, Luaskan, Selektif, Kuas, healing, HDR Scape, Glamour Glow, Tonal Contrast, Drama, Vintage, Film Berbintik, teks untuk memberikan credit title pada foto kita dan banyak lagi deh.

Banyaknya fitur di dalamnya jadi keunggulan aplikasi ini. Di mana kita bisa mendapatkan aplikasi editing dengan banyak fitur dalam 1 aplikasi saja.

Nah, pada penggunaan aplikasi ini. Beberapa fitur yang sering saya gunakan:
Pertama, Poles Gambar.
Kedua, Detail.
Ketiga, Keseimbangan.
Keempat, Selektif.
Kelima, Healing.

Beberapa contoh hasil editing foto dengan Snapseed.
1. Kopitok

snapseed apk




2. Masjid

snapseed apk
Menerangkan area tangga bawah, dan memperindah warna langit dan gold dari masjidnya dengan Snapseed


3. Crown Plaza Bandung

snapseed apk
Menerangkan bagian orang yang semula nampak seperti foto siluet


4. Asian Games 2018

snapseed apk
Menajamkan warna kembang api dan menghilangkan kabut asap dengan snapseed 
Jadi, itu dia yang bisa saya bagikan dari kelas Smarphone Photography bersama Ikka Malika. Semoga bisa membantu Sobat Blogger semua di sini agar bisa memanfaatkan smartphonenya menghasilkan konten foto bagus ala selebgram Indonesia. Jangan lupa, pake aplikasi Snapseed apk -nya. Selamat mengutak-atik dan mencoba.

0 Response to "Snapseed apk, Memperbagus Foto ala Selebgram Indonesia di Instagram"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel