follow us

Kementerian PUPR Hadapai Era Industri 4.0 Ciptakan 4 Aplikasi


Halo Sobat Blogger. Di zaman sekarang, yang semua sudah serba digital ini. Tentu kita semua pasti sudah mengetahui adanya trend yang bernama Era Industri 4.0. industri 4.0 sendiri menjadi sebuah tren atomasi industri serta pertukaran data terkini dalam segala aspek teknologi industri. Seperti teknik otomasi dalam industri yang memiliki arti hasil dari penggunaan teknologi digital lebih cepat, lebih baik dari kuantitas dan kualitas dari penggunaan tenaga manusia.

era industri 4 kementerian pupr
Foto di taman Kementerian PUPR
Tren revolusi industri 4.0 ini nanti menuntut setiap industri menjadi pabrik cerdas. Di mana di dalamnya meliputi sistem siber-fisik, internet, komputasi awan dan komputasi kognitif. Secara lebih jelas. Menciptakan pabrik cerdas yang terstruktur adalah yang mampu menciptakan sistem siber fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak berpusat.

Mengandalkan internet dalam segala hal, Internet of Thing (IoT). Dan sistem siber-fisik berkomuniasi serta bekerjasama satu sama lain bersamaan dengan sumber daya manusia di dalamnya. Sedangkan untuk sistem komputasi awan, kini segala layanan internal ataupun lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Indonesia sendiri telah memantapkan sebuah cita-cita dalam menyambut revolusi industri 4.0. Melalui program Making Indonesia 4.0, menjadi sebuah cita-cita menjadi sebuah negara yang masuk dalam top 10 ekonomi global dunia di tahun 2030.

Oleh sebab itu. Tak heran, bila saat ini telah banyak instansi pemerintahan atau industri swasta yang berbenah diri menyambut industri 4.0. Tidak mau kalah ada Kementerian PUPR yang sambut era internet ini dengan membuat aplikasi penunjang kerja. Lalu, aplikasi apa saja yang dibuat? Dan apa manfaat yang sudah didapat?

Kementerian PUPR Sambut Era Industri 4.0 dengan Ciptakan Aplikasi

Sadar akan perhelatan trend revolusi industri 4.0 yang terus berkembang. Kementerian PUPR melalui BPPSPAM mencoba berbenah diri dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai upaya meningkatkan kinerja SDM dalam menyelenggarakan SPAM di Indonesia pada era industri 4.0 saat ini.

era industri 4 kementerian pupr


Penyediaan air minum menjadi pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh temeh. Pasalnya, air minum menjadi kebutuhan primer yang dibutuhkan banyak masyarakat. Bahkan, menjadi penentu tingkat kesehatan masyarakat melalui air bersih dan berkualitas. Sehingga, penting bagi Kementerian PUPR melalui BPPSPAM melakukan pengembangan infrastruktur air minum dalam memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai penyedia layanan air minum di setiap daerah. Telah mendapatkan pembaharuan bekerja melalui aplikasi yang dibuat oleh BPPSPAM. Sehingga, melalui aplikasi ini menjadi fasilitas bagi PDAM dalam mengelola dan melakukan evaluasi data meningkatkan kinerjanya.

Ada 4 aplikasi yang dibuat oleh:
1. Aplikasi manajeman aset, yang kini sudah dimanfaatkan lebih dari 14 PDAM untuk mengolah data informasi asetnya. Sehingga, PDAM mampu mengelola asetnya secara efektif dan efisien dalam memberikakn pelayanan air minum dengan memegang teguh prinsip berkualitas, kuantitas dan kontinuitas.

2. Aplikasi pojok konsultasi. Aplikasi ini menjadi media bagi PDAM sebagai ruang belajar, berinteraksi dan berkonsultasi dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan SPAM terhadap BPPSPAM.

3. aplikasi game interaktif. Ada 2 aplikasi games informasi dan edukasi yang dibuat, Game Make Air dan Game Game Tirta. Sesuai maksud dan tujuan menjadi layanan game berbasis informasi dan edukasi, game ini dibuat untuk masyarakat untuk melihat proses kerja PDAM.

era industri 4 kementerian pupr
Aplikasi Game Games Tirta
Seperti game yang saya coba mainkan ini, game Make Air. Game ini seperti permainan Pac Man. Bedanya, game ini berisi kuis yang nanti harus dijawab oleh user agar dapat menambah poin. Yah, sebagai game edukasi, tentu kuis yang ada dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang edukatif seputar pemanfaatan dan penggunaan air.

era industri 4 kementerian pupr
Game Make Air
Oh ya, kedua game ini sudah bisa di download di google play dan app store loh. Jadi, Sobat Blogger semua bisa mencoba game nya. Selamat mencoba.

Cerita PDAM Kota Malang yang Bagi-Bagi HP kepada Karyawannya

Agung Putra Kusuma S.Kom sebagai tim IT PDAM Kota Malang bercerita. Bagaimana para pekerja PDAM Kota Malang pada saat itu harus dibiasakan menerima pembaharuan dalam bekerja mengikuti trend era industri 4.0 yang serba digital.

era industri 4 kementerian pupr
Pak Agung Putra Kusuma S.Kom
Pak Agung bercerita, memancing para pekerjanya aktif bekerja dalam jangkau internet. PDAM Kota Malang melakukan inisiatif dengan memberikan smartphone gratis kepada karyawannya beserta fasilitas internet di dalamnya. Tentu, dalam gelak tawa Pak Agung lanjut bercerita kalau itu merupakan taktik untuk ke depannya memberikan job-job yang harus dikerjakan melalui smartphone.

Mendapatkan smartphone beserta fasilitas internet membuat para pekerja senang. Sehingga, setelah berhasil membuat pekerjanya senang dan menambah semangat kerja. Dimulailah smartphone tersebut digunakan sebagai pembagian job pekerjaan. Sehingga, kata Bapak Agung Putra, setiap bangun tidur atau hendak masuk kantor. Smartphone setiap pekerja sudah ada pembagian jobdesk pekerjaan yang harus dikerjakaan.

Awal-awal diberikan sedikit pekerjaan. Setelah sudah semakin terbiasa dan mengerti penggunaan aplikasi dari smartphone di dalamnya. Barulah, jobdesk ditambah sesuai perhitungan dan kemampuan waktu dan tenaga pekerjanya.

Melalui aplikasi PASPAM, PDAM Kota Malang dapat melihat proses monitoring aset, gambar aset, kondisi aset, status aset, lokasi aset serta keterangan aset. Dalam hal ini seperti pemeriksaan aset alat pemadam api hydrant.

Menurut Bapak Agung Putra Kusuma, ada 5 manfaat yang bisa didapat dari menerapkan manajeman aset di era industri 4.0.
1. Lebih akurat, detail dan cepat.
2. Mampu melakukan dan mendapatkan analisa data secara periodik.
3. Lebih transparansi, terkontrol dan akuntabilitas.
4. Meningkatkan kinerja SDM.
5. Lebih mudah dalam melakukan pengambilan keuputusan dengan data yang lebih mudah dikontrol.

era industri 4 kementerian pupr
Foto bersama pada acara talkshow di gedung Kementerian PUPR bersama BPPSPAM dan PDAM
Sepertinya, bekerja dengan arus trend era industri 4.0 lebih menarik ya. Data-data lebih akurat didapat, serta memberikan hasil yang efisien dan detail pada hasil pekerjaan. Semoga semakin banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang sudah terlibat dalam revolusi industri 4.0 ini. Sehingga, cita-cita making indonesia 4.0 menjadikan Indonesia masuk dalam daftar top 10 ekonomi global dunia tahun 2030 ini bisa terwujud. Aamin.

18 Responses to "Kementerian PUPR Hadapai Era Industri 4.0 Ciptakan 4 Aplikasi "

  1. wow kiprah kementerian sekarang maju bgt ya mas
    jangan kalah di era milenial hrs selalu up date

    BalasHapus
  2. wah seru juga ya acaranya bareng Kementerian PUPR

    BalasHapus
  3. Semoga penggunaan aplikasi2 dgital tsb juga dibarengi dg peningkatan mutu layanan

    BalasHapus
  4. Banyak ya industri ya sudah menerapkan 4.0 .Ikut mendoakan juga semoga Indonesia masuk dalam daftar top 10 ekonomi global dunia tahun 2030.

    BalasHapus
  5. hebat ih, launching 4 aplikasi sekaligus buat hadapai era industri yang so digital

    BalasHapus
  6. Era Revolusi Industri 4.0 memang membuat semua pelaku industri, termasuk pemerintahan dan BUMN, mesti berbenah ya demi tak tertinggal dan bisa terus mendukung kinerja yang lebih produktif, data lebih akurat, analisis dan data yang terupdate cepat, dan aliran informasi yang lebih cepat. Keren Kementerian PUPR juga cepat tanggap dalam hal ini.

    BalasHapus
  7. Cita-cita making Indonesia 4.0 bisa saja terwujud, karena sudah mulai siap dan Kuy kita dukung bersama

    BalasHapus
  8. Bagus nih sudah menerapkan teknologi di berbagai bidang pekerjaan. Inovasi yang berbasis digital menyambut industri 4.0

    BalasHapus
  9. Wah seru bangeet ya acaranya dan makin hebat ya kementrian sekarang di era milenial.

    BalasHapus
  10. Sekarang serba aplikasi. Smartphone juga harus yang bisa diandalkan. Tetapi, mau gak mau memang harus siap

    BalasHapus
  11. Sudah siap dong ya menyambut industri 4.0.
    Pak, saya juga mau pakk dikasih hp supaya semangat kerja saya nambah. Hahahaha

    BalasHapus
  12. Keren! Sekarang lembaga pemerintahan juga apa-apa udah digital. Mempermudah masyarakat banget~

    BalasHapus
  13. Moga aplikasinya bermanfaat buat konsumen yes.

    BalasHapus
  14. Wiiihhhh... Keren amat ini punya 4 aplikasi dan aku penasaran sama gamesnya seperti apa ini ya? Sudah downloadkah Id?

    BalasHapus
  15. oh, game Make Air ini punya Kementrian PUPR. Aku udah pernah coba nih. Seru!

    BalasHapus
  16. Sayangnya PDAm kota Depok dan Tangerang belum di setting bisa bayar pakai ebanking. Sedih deh, kapan ya bIsa lebih simple lagi. +circol

    BalasHapus
  17. Nah iya nih bener.. hadapi industri 4.0 harusnya digitalisasi layanan juga. sip lah!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel