follow us

Atasi Mual Saat Naik Bus dengan 8 cara Ini


Halo Sobat Blogger, ada yang suka naik bus saat berpergian? Saya sendiri bila pergi jarak dekat masih suka, tapi bila sudah jarak jauh, saya emoh sepertinya. Bus memang jadi kendaraan umum yang tiketnya cukup terjangkau bukan. Sehingga, Sobat Blogger bisa membeli tiket bus baik yang biasa maupun yang ber-AC. Tiket juga bisa didapat dengan mudah di dalam terminal maupun melalui agen wisata perjalanan.

ayo naik bus
sumber: pixabay

          Namun saat berpergian dengan bus, kadang kita merasa pusing dan mual. Istilah lainnya adalah mabuk darat. Mengapa bisa merasa sakit seperti itu ya? Hal ini saja terjadi karena supir mengendarai bus terlalu cepat. Sehingga bus berguncang-guncang dan membuat kita ingin muntah. Faktor lainnya bisa disebabkan karena tidak menyukai aroma pengharum bus atau tidak biasa naik kendaraan ber-AC. Jadi inget teman saya yang mabok kalau naik bus atau mobil ber-AC.
Nah, mengatasi semua itu. Saya punya cara mengatasi rasa mual saat harus berpergian dengan transportasi umum bus.

Berikut 8 tips Agar Tidak Mabuk Darat Saat Naik Bus

1. Makan Dulu

Sebelum naik bus, pastikan perut sudah terisi makanan. Jika Sobat Blogger terpaksa harus menggunakna transportasi umum bus di pagi buta dan tidak sempat sarapan nasi, pastikan perut terisi dengan makan roti atau beberapa keping biskuit. Jika perut terlalu kosong, hal tersebut akan memudahkan kita masuk angin. Lalu Anda merasa mual saat berada di perjalanan.

2. Sediakan Minyak Gosok

Minyak gosok seperti minyak kayu putih dan minyak aromaterapi lain rasanya jadi pilihan tepat dan wajib dibawa saat ingin berpergian dengan bus. Sediakan satu botol kecil minyak gosok beserta tiket bus di dalam tas tenteng atau ransel sebelum Anda berangkat ke terminal. Saat mulai pusing, oleskan sedikit minyak kayu putih ke tengkuk, perut, dan pelipis. Gosok dan hirup aromanya agar Anda merasa rileks dan rasa mual akan berkurang.

3. Minuman

Bawa sebotol minuman di dalam tas, bisa air putih atau sari jeruk. Tapi jangan bawa susu cair, karena malah membuat gampang mual. Saat haus, tak perlu membeli minuman di pedagang asongan. Minuman yang dibawa sendiri lebih terjaga dan aman. Ketika mulai merasa pusing, minum sedikit demi sedikit. Cara ini mampu menghindari dari dehidrasi dan mual loh.

4. Permen

Sediakan beberapa bungkus permen rasa mint atau kopi di dalam tas selempang. Makan permen-permen saat di dalam bus menjadi salah satu cara menghindari dari rasa ingin muntah.

5. Koyo

Selain mengoleskan minyak kayu putih, Sobat Blogger juga bisa mengurangi rasa mual dengan menempelkan koyo di atas pusar, perut pun akan terasa hangat. Sehingga, Sobat Blogger bisa menikmati jalan-jalan dengan bus yang aman dan nyaman. Saat di rumah, sediakan beberapa lembar koyo di dalam tas tenteng atau selempang. Jangan lupa untuk menyiapkan tiket bus sebelum berangkat.

6. Buka Jendela

Jika memungkinkan, buka jendela bus yang dinaiki. Sehingga ada udara segar yang masuk. Dan ini bisa jadi cara bebas dari mabuk darat.

7. Makanan Ringan

Sediakan beberapa bungkus makanan ringan di dalam tas, seperti roti kering atau wafer. Saat mulai merasa pusing, makanlah jajanan itu sedikit demi sedikit. Perasaan ingin muntah akan teralihkan dengan aroma makanan loh.

8. Jangan Buka Gadget

Usahakan untuk tidak membuka handphone atau gadget lain saat berada di atas bus. Ketika menatap layar, bus yang berguncang akan menyebabkan pusing dan ini bisa menyebabkan kita akan muntah. Selain mengantisipasi, kita juga bisa membawa kantong kresek untuk berjaga-jaga jika tidak bisa menghentikan mabuk darat. Kresek itu bisa jadi tempat muntah, dan pastinya tidak perlu bingung mencari kamar mandi. Jika bus yang dinaiki tidak punya toilet di dalamnya.
Naik bus memang menyenangkan, namun kita juga perlu berhati-hati agar tidak muntah. Sebelum naik, pastikan Sobat Blogger sudah punya tiket bus. Sehingga tidak bingung mencari tiket di dalam terminal atau malah dikerubungi calo.
Ngomongin soal transportasi umum bus, saya jadi teringat kaka sepupu saya yang jadi pecinta kendaraan bus. Waktu saya pergi ke Gili Trawangan Lombok, doi ngotot banget mau pulang dengan transportasi umum bus. Bahkan, sampe berburu tiket bus bekas. Kaka sepupu saya sampe punya album foto isinya kumpulan tiket bus loh! Gila sih ini. Dan ternyata ada juga yang namanya bus maniak.
Oh ya, sekarang ini, di era serba online, bisa  loh mendapatkan tiket bus dengan mudah hanya dengan membuka smartphone. Di Bukalapak, tidak hanya menjual baju dan sepatu, tapi juga tiket yang butuhkan. Download aplikasinya atau buka situs Bukalapak.
Di sana juga bisa membayar lewat kasir minimarket yang dekat dari rumah. Untuk mendapatkan tiket sangat mudah dengan Bukalapak. Butuh tiket bus? Buka saja Bukalapak.

0 Response to "Atasi Mual Saat Naik Bus dengan 8 cara Ini"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel