follow us

Gak Pake Ribet! Begini Mudahnya Analisa Laporan Keuangan di Smartphone


Sebagai seorang Blogger, dengan penghasilan yang tiap bulan gak nentu ini. Saya dituntut untuk pintar-pintar melakukan analisa laporan keuangan. Kenapa harus ada laporannya? Ya kalau engga pake laporan, bisa-bisa penghasilan bulanan saya minus. Dan rekening gak bakal gendut-gendut isinya.

analisa laporan keuangan
Sumber: Pixabay
Oh ya, sebelumnya, saya mau bilang kalau postingan ini bukan endorsan. Ini sih iseng-iseng saya aja bereksperimen dengan salah satu aplikasi di playstore yang membantu saya mengontrol isi dompet.
Beberapa keuntungan setelah saya membuat laporan analisa keuangan:
1. Bisa tahu rata-rata pemasukan bulanan berapa.
2. Bisa mengontrol pengeluaran bila sudah over bajet. Ini di pertengahan bulan saya bakal cek laporan, melihat selisih pemasukan dengan pengeluaran. Kalo masih banyak selisih dan melihat next day masih ada job. Saya masih bisa ber-hedon ria. Kalau udah over bajet, auto merakyat.
3. Sebagai warning kalau pemasukan masih kurang. Iya dong, sebagai freelancer saya gak bisa santai-santai juga tanpa  mikirin pemasukan. Saya selalu punya target minimal untuk pemasukan bulanan, serta target maksimal pengeluaran.
4. Saya jadi punya data, perbulannya. Pengeluaran apa saja yang bisa dipangkas untuk ke depannya bisa lebih berhemat.


4 keuntungan di atas pastinya sudah sangat membantu saya dalam mengelola pengasilan saya sebagai freelancer. Satu hal positif yang bisa saya rasakan adalah punya gairah untuk ngejar job lainnya. Semangat mencari rezeki, Sob!

Langsung ada yuk Sob, ke topik utamanya.

Mudah dan Praktis Analisa Laporan Keuangan dengan Aplikasi Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian ini yang sekarang jadi andalan saya buat ngejagain isi dompet. Kalau gak ada doi, duit saya bisa ngacir ke mana bae. Ke cafe Cuma buat nongkrong, atau belanja-belanja lainnya yang sebenarnya masih bisa dibeli sebagai kebutuhannya nanti-nanti.

analisa laporan keuangan
Aplikasi Catatan Keuangan Harian di Playstore
Apliaksi android ini punya ukuran memory yang sangat kecil. Cuma 17MB, Sobat Blogger sudah bisa instal. Sehingga, sangat hemat kapasitas memori di hp Sobat Blogger. untuk mendownloadnya, cukup masuk ke playstore, dan masukan kata kunci Catatan Keuangan Harian, dan akan muncul seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya, download.

Setelah berhasil mendownload, di dalam ada fitur apa saja?

1. Analisa laporan keuangan: Halaman utama

analisa laporan keuangan, Catatan Keuangan Harian

Di halaman utama ini, Sobat Blogger bisa memasukkan pemasukan dan pengeluaran apa saja yang terjadi di hari itu. Biasanya, saya selalu memasukan catatan ini di malam hari. Bila sedang pulang terlalu malam, saya akan input data esok pagi hari.

Membuat laporannya pun mudah.
[Step 1] Klik tambah
[Step 2] atur tanggal
[Step 3] pilih tipe laporannya. Mau pengeluaran atau pemasukan
[Step 4] pilih kategori. Jadi, bakal ada 2 kategori pemasukan dan pengeluaran. Tiap kategori ini, bisa kita setting. Misal kategori pengeluaran, dan bisa kita setting. Laporan pengeluarannya apa saja. Seperti Keperluan makan, pulsa, cicilan, dan lainnya.
[Step 5] kolom judul bisa diisi dengan lebih spesifikasi. Misal tipe pengeluaran saya ada kategori makanan. Nah, dijudul saya bakal isi makannya di mana. MCD, warkop, eat and eat atau warteg (biasanya ini saya tulis makan aja).

analisa-laporan-keuangan, catatan keuangan harian


Nanti, laporan yang sudah dibuat. Akan muncul tampilan hasil yang sudah diinput. Laporan tersebut bisa dilihat pemasukan dan pengeluaran hariannya secara ringkas. Bila ingin melihat lebih detail lagi, tinggal klik aja tanggal harian yang mau diintip laporannya.

2. Analia laporan keuangan: Laporan

analisa laporan keuangan, catatan keuangan harian

Pada fitur ini, Sobat Blogger akan menemukan tabel laporan bulanan. Bisa disetting mau bulanan, mingguan, bulan lalu, semua laporan sampai menhgatur sendiri. Sebagai mana yang saya gunakan. Laporan bulanan saya tidak dimulai di awal bulan, tapi di tanggal 30. Jadi, kalau mau melihat laporan bulanan, saya harus set dulu mulai tanggal 30 bulan lalu.

Bila sudah dipilih, laporan yang ingin dilihat berdasarkan mingguan atau bulanannya. Sobat Blogger akan dipaparkan dengan 3 sub tampilan. Pertama, Total: pemasukan dan pengeluaran. Kedua, Top kategori pengeluaran. Dan ketiga, top kategori pemasukan.


analisa laporan keuangan Catatan Keuangan Harian

3 sub inilah yang nantinya bisa saya pelajari pengeluaran mana yang paling boros dan bisa diminimalisir  kembali. Misal, pada bulan ini saya ternyata punya banyak laporan pengeluaran yang mana pada bulan sebelumnya tidak ada. Seperti biaya berobat, pajak kendaraan. Maka, sebisa mungkin saya harus meminimalisir pengeluaran tersebut dengan tidak sakit. Dan bulan depan saya juga tidak akan ada biaya bayar pajak kendaraan ganti kaleng lagi. Berarti, bulan depan saya bisa menghemat sekitar 700ribu. Atau, biaya makan sehari-hari yang mungkin bisa diminimalisir kembali. gtw dah, ini itungannya boros apa kaga. Menurut kalian gmn? 

Oh ya, karena laporan pengeluaran yang ditampilkan base on top terbanyak aja. Jadi, yang ditampilkan hanya 5 pengeluaran terbesar saja. walau begitu, laporan bisa di klik. Sobat Blogger tinggal klik menu Top Kategori Pengeluarannya aja. Nanti, semua laporan bisa dicek satu-satu selama satu bulan kepake buat apa aja dan berapa jumlah dari tiap kategori yang sudah dikeluarkan.

Menarik bukan?!

3. Analisa laporan keuangan: Setelan

analisa laporan keuangan, catatan keuangan harian

Pada fitur ini, Sobat Blogger nanti bakal ditampilkan dengan 6 menu.
1. Edit kategori pengeluaran. Pada menu ini, Sobat Blogger bisa menambahkan kategori pengeluaran apa saja yang ingin dibuat.
2. Edit pemasukan. Bila Sobat Blogger punya banyak pemasukan, misalnya punya banyak bisnis. Wah, ini bisa banget ini dipisah2kan kategori pemasukan bisnisnya.
3. Atur pin masuk. Menu ini dibuat sebagai pengamanan saja. Jadi, gak bakal deh sembarang orang bisa buka-buka data keuangan kita. Tinggal atur aja pake pin masuk aplikasinya.
4. Atur warna tampilan.
5. Tentang aplikasi.
6. Setelan lainnya. Pada menu ini berisi alarm pengingat (mengingatkan Sobat Blogger untuk input laporan), manual backup, manual restore dan format. Ya sampai saat ini sih, saya baru sampai menggunakan fitur edit pengeluaran dan edit kategori pemasukan. Lainnya, belum pernah saya coba.
Nah, jadi itu dia review saya soal aplikasi pengatur keuangan “Catatan Keuangan Harian”. Bagi Sobat Blogger yang tertarik menggunakannya. Bisa langsung didownload aja aplikasinya. Sangat bermanfaat buat ngatur keuangan.

Aplikasinya sangat simpel, sangat membantu buat ibu-ibu yang baru melek teknologi dan pengen pake aplikasi ini gampang buat dipelajarinya. Dengan adanya aplikasi ini di smartphone. Saya jadi bisa ngecek uang masuk dan keluar. Bisa ngatur-ngatur pengelauran menjelang akhir bulan. Dan jadi punya target buat cari duit. Hehe

Jadi, selamat mencoba. Dan selamat mengelola keuangan Sobat Blogger. Salam saya, nursaidr Blogger dari Jakarta.

21 Responses to "Gak Pake Ribet! Begini Mudahnya Analisa Laporan Keuangan di Smartphone"

Daruma mengatakan...

saya juga pake mas. bisa mengatur pembukuan keuangan dengan sangat mudah gak perlu cape buka laptop dan ngitung pake kalkulator. semuanya sudah otomatis. hihi

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

Iya ka... simpel bgt kan ya penggunaannya.

liana mengatakan...

wih, menarik ya mas Said.
gak perlu bikin catetan di buku lagi ini mah :D
simple banget juga buat masukin semua detail pengeluaran dan pemasukan.
langsung download ah Catatan Keuangan Harian ~

Catcilku mengatakan...

Wah harus rajin entri pemasukan dan pengeluaran ya. Aplikasinya keren nih

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

Yap. Kuncinya rajin2 entri pemasukan dan pengeluaran. Biar semua kedata jelas.

nursaidr mengatakan...

Iya betul ka liana. Simpel bgt gunainnya.

Kurnia amelia mengatakan...

Bener-bener kebantu banget ya kak..btw jadi pengen tau nih gajinya bang Said wkwkw .

maya rumi mengatakan...

aq juga pakai aplikasi dari playstore untuk atur keuangan, mirip-mirip seperti ini juga sih, zaman sekarang yah hp itu benar-benar harus diberdayagunakan untuk berbagai keperluan termasuk urusan financial, thanks for sharing bang said

Wian mengatakan...

Mas Said rajin banget deh. Tapi perlu banget sih ngatur pengeluaran kayak gini, karena klo enggak, uangnya jd uang setan yang tanpa sadar “hilang”.

Silvia Putri mengatakan...

Yaaaaah, analisis dan bikin aturannya gampang sih bang. praktek nyatanya susah. hiks hiks

Andiyani Achmad mengatakan...

Ini yang aku perlukan buat nyatetin pengeluaran setiap bulan juga arus cash hahahaha

Marga Apsari mengatakan...

Kalau aku pakai aplikasi You Need A Budget, jadi bisa budgetin juga pemasukan sebulan itu mau dipos-posin untuk apa aja. Sejauh ini efektif untuk aku, jadi lebih teratur keuangannya :D

Anesa nisa mengatakan...

Asiiiikk ada yang review detail begini. Seringkali pas belanja aku males bawa pulpen kertas buat catet apa aja yang keluar. Kalau di smartphone kan pasti bawa ke mana-mana ya. Okelah nanti ku donlod dan pake. Tengkyuuu!

Liswanti mengatakan...

Nah aplikasinya cakep ini, kalau yg gamau ribet ngitung2 bisa pake ini ya.

Sadewi mengatakan...

Banyak juga keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membuat analisa keuangan, aku jadi pengen buat deh, makasih sharing nya kakak

Melysa Luthiasari mengatakan...

oohh di play store sekarang sudah ada aplikasi laporan keuangan yah, wow makasih infonya ya mas said. Jadi gampang dong kalo mau iseng-iseng hitung pemasukan dan pengeluaran keuangan. kerennn....

Helena mengatakan...

Oh pernah lihat aplikasi yang ini tapi belum coba sih. Kudu konsisten ngisinya.

Honey Josep mengatakan...

senang deh sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa dipakai sehingga enggak ada lagi tuh alasan ga bisa mencatat pengeluaran!

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Wah ini baru tau aku, bisa langsung download nih. Membantu banget untuk tau post-post pengeluaran bulanan, apalagi modelan aku nih emak-emak yang ada aja pengeluarannya

PutriKPM mengatakan...

Wah baru tau! Ini kayaknya aplikasinya super useful ya buat dipakai sehari-hari. Walaupun kadang ada rasa males isinya kalau habis belanja dll.

PutriKPM mengatakan...

Wah baru tau! Ini aplikasinya wajib didownload ya, tapi kadang aku males buat isi kalau habis jajan T_T

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel