follow us

Rahmatan lil Alamain: Yayasan Yatim Piatu Mencetak Generasi Muda Berbakat

Rahmatan lil Alamin- mempunyai makna sebagai rahmat bagi setiap umat manusia. Artinya,umat Islam yang menerapkan ajarannya, akan mendapatkan kemanfaatan di dunia dan di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana yang tercermin oleh sebuah yayasan yatim piatu dan dhuafa, yang diberi nama Rahmatan lil Alamin.
Santunan Rahmatan lil Alamin
Santunan Yayasan Yatim PIatu, Rahmatan lil Alamin
Memberdayakan SDM anak-anak yatim dan dhuafa akan memperoleh manfaat di dunia dan akhirat pastinya. Manfaat di dunianya adalah pengembangan bakat anak-anak. Dan manfaat akhiratnya adalah amal jariyah yang akan terus mengalir bila ilmu yang didapat oleh setiap anak terus berkembang dan disalurkan kembali kepada orang lain.

Oh ya, saya mau cerita nih soal yayasan yatim piatu Rahmatan lil Alamin. Jadi, kemaren pada Minggu (8/4), saya berkesempatan menghadiri acara Isra Miraj yayasan tersebut. Banyak hal menarik yang ingin saya sampaikan mengenai yayasan tersebut. Yuk lanjut bacanya ya Sahabat Blogger.

Mengenal Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa, Rahmatan lil Alamin

Yayasan yatim piatu dan dhuafa, Rahmatan lil Alamin merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Konsentrasi mereka di bidang kesejahteraan sosial. Bantuan yatim dan dhuafa.

Yayasan yang berdiri sejak 8 April 2005 ini sudah punya anak binaan kurang lebih 400 anak yatim di 7 wilayah dan dhuafa 244 orang. 7 Wilayah yayasan ini tersebar di Jakarta, Tambelang-Bekasi, Karawang, Jonggol, Cibubur, Rajeg, dan Kedung. Halang-Bogor. Lokasi yayasan yatim pitu Rahmatan lil Alamin pusat berlokasi di Jl. H. Naman No. 60. RT/RW: 12/03. Pondok Kelapa, Duren Sawit. Jakarta Timur.13450.

Sebagai yayasan yang fokus dalam kesejahteraan sosial, Rahmatan lil Alamin pun fokus pada pembinaan SDM anak-anak yatim dan dhuafa. Di mana anak-anak binaan ini berasal dari beragam daerah terpencil.

Cerita dari Pak Erin, selaku ketua umum yayasan Rahmatan lil Alamin, latar belakang pembinaan ini karena ia melihat banyak anak-anak yang kurang mampu, sejak kecil tidak mendapatkan pendidikan yang seutuhnya. Di usia yang menjadi haknya untuk belajar dan bermain, banyak anak-anak yang seperti diekploitasi oleh orangtuanya sendiri untuk bekerja. Bahkan, yang lebih miris, disuruh turun ke jalan untuk mengamen atau minta-minta. Oleh sebab itu, YRLA ini hadir mengajak keluarga dan anak-anak dari desa untuk mau dibina dan belajar bareng bersama.


Baca juga: Kisah Inspiratif Motivator Internasional Asal Indonesia, Onggy Hianata

Lahirnya Benih-Benih Anak Berbakat dan Sholeh dari Yayasan Rahmatan lil Alamin

bersama anak anak rahmatan lil alamin
Bersama Anak-Anak Rahmatan lil Alamin
Pada acara Minggu (8/4) kemaren menjadi bukti bagi saya bahwa didikan anak-anak yayasan yatim pitu Rahmatan lil Alamin sangatlah bertalenta. Banyak dari mereka yang mempunyai bakat dan minatnya masing-masing.

Beragam penghargaan atas kemenangan di berbagai lomba yang diadakan menjadi bukti, bahwa anak-anak dari desa ini mampu meraih cita-citanya selama ada yang mau membantu membawanya pada jalan yang benar.

Pada acara kemaren, dalam memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1439H dan Tasyakuran Milad YRLA ke-13, banyak menghadirkan penampilan pentas seni dari berbagai keahlian anak-anak binaan. mulai dari pidato 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), Marawis, Seni Musik Angklung, Tari Nusantara sampai Menyanyi Nasyid.

Oh iya, banyak foto-foto bagus saat anak-anak ini tampil sebenarnya kemarin. Sayangnya, memory kamera saya harus eror. Jadi, semua foto di hari H harus hilang. Padahal banyak banget foto-foto yang menampilkan bakat anak-anak sedang unjuk gigi.

Diacara tersebut pun, YRLA memebrikan apresiasi dengan mengadakan lomba dan memberikan penghargaan dengan para pemenang dari berbagai kategori lomba. Lomab Azan, Lomba Qiroah, Lomba Tahfidz Al-Qur’an, Lomba Kaligrafi, Lomba Do’a, Lomba Pidato (Indonesia, Arab dan Inggris), Lomba Melukis, Lomba Puisi, Lomba Desain Grafis, Lomba Seni Suara/Vocal dan Lomba Stand up Comedy.

Sekiranya, ada 107 peserta anak-anak didik yang mengikuti dan memenang lomba. Apresiasi hadiah pun diberikan kepada anak-anak didik Rahmatan lil Alamin dengan kategori: Juara 1 bidang Akademik, Juara 1-3 bidang Olahraga dan Juara 1-3 bidang Seni.

Oh ya, dari hiburan acara kemaren saya suka dengan penampilan tari tradisional dan vocal wanita yang membawakan lagu “Assalamualaika”. Tari tradisional yang pamerkan menurut saya sangatlah kreatif dan indah untuk ditampilkan. Hijab mereka tidak membatasi dalam berkarya. Kreatifiitas dan bakat terasah sesuai keinginan mereka. Begitupun dengan tarik suara vocal yang dibayakan. Sungguh merdu tanpa harus membawakan lagu cinta-cintaan. Oh ya, gak kalah keren dengan tim angklungnya. Kalian luar biasa.

Yayasan Yatim Piatu Rahmatan lil Alamin Bangun Rumah Sakit Yatim Dhuafa

cek kesehatan rahmatan lil alamin
Cek Kesehatan Yayasan Yatim Piatu Rahmatan lil Alamin
Pengabdiannya tak pernah henti dan puas dalam melayani umat ini patut diacungi 4 jempol. Setelah berhasil membina 400 anak yatim dan 244 dhuafa, yayasan yati piatu Rahmatan lil Alamin kembali membentangkan harapan besar untuk kemanfaatan banyak umat. Rumah Sakit Yatim dan Dhuafa.

Rumah Sakit Yatim ini akan menjadi Rumah Sehat Anak Yatim Dhuafa Rahmatan lil Alamin. Rumah Sakit tanpa Kasir yang diharapkan mampu meringankan dan bebas masyrakat kurang mampu untuk berobat. Pastinya, filosofi yang yang diangkat adalah setiap masyarakat bisa berobat secara gratis.

Rumah Sehat Anak Yatim Dhuafa memiliki Visi:
1. Perintis model pelayanan kesehatan yang konprehensif bagi anak yatim-dhuafa.
2. Rumah Sehat Rujukan dengan pelayanan yang humanis dan profesional.
3. Model dalam pemberdayaan sumber daya serta institusi kesehatan yang peduli kepada anak yatim dhuafa.
4. Lebih menekankan aspek preventif dan promotif tanpa meninggalkan kuratif dan rehabilitatif.

Dan Misi dari Rumah Sehat Anak Yatim Dhuafa:
1. Memberikan pelayanan yang profesional dan komprehensif yang dikhususkan bagi anak yatim dhuafa.
2. Meningkatkan derajat anak yatim dan dhuafa.
3. Memperluas cakupan pelayanan kesehatan dengan membentuk satelit pelayanan.
4. Meningkatkan pengetahuan dan kepedulian Anak Yatim Dhuafa tentang kesehatan.
5. Bekerjasama dengan pemerintah dan NGO dalam program kesehatan Anak Yatim Dhuafa.

Dalam mewujudkan program ini, dibuatlah Program Wakaf Pembebasan Lahan yang pastinya, akan cepat terealisasikan dengan uluran dan bantuan segenap masyarakat luas se-Indionesia. Nantinya, akan ada Rumah Sehat Anak Yatim Dhuafa, Rahmatan lil Alamin dengan spesifikasi 1500 m2 , luas bangunan 1200 m2, dengan jumlah 2 lantai, 4 bangsal kamar besar, 16 kamar, 2 ruang periksa, ruang rawat inap 16-20 tempat tidur dan berlokasi di Jakarta Timur. Tepatnya,  di depan yayasan yatim piatu Rahmatan lil Alamin.

Bila sudah terwujud, Rumah Sakit Yatim ini insya Allah akan memberikan pelayanan kesehatan standar nasional. Di mana akan ada Poli Umum yang dibuka pada Senin-Sabtu pukul 08.00 sampai 20.00 wib dan minggu 08.00 sampai 14.00. Sedangkan pelayanan luar gedung ada Pengecekan Kesehatan Gratis dengan akomodasi Bus Keliling setiap Senin-Kamis pikul 09.00 sampai 17.00.

Yuk jadi manusia yang bermanfaat untuk seluruh umat dengan turut membantu dan mengenal  lebih jauh yayasan yatim piatu Rahmatan lil Alamin.

4 Responses to "Rahmatan lil Alamain: Yayasan Yatim Piatu Mencetak Generasi Muda Berbakat"

sobari mohammad mengatakan...

Perlu diteladani juga pengurus Yayasan Rahmatan Lil Alamin yang terus berinovasi..... demi kemajuan anak-anak yatin dan dhuafa

zata mengatakan...

adem banget bacanya, semoga yayasan ini makin besar dan bisa mencetak semakin banyak anak2 muda berbakat ya mas..

Daruma mengatakan...

alhamdulillah ya kabar gembira untuk anak-anak yatim dan dhuafa. semoga yayasan semakin sukses dan diberikan banyak kemudahan untuk setiap visi dan misi mulia ini. Pemerintah dan warga juga harus turut berpartisifasi membantu dalam kemajuan dan meningkatkan taraf hidup apara anak yatim.

Hatta Blog's mengatakan...

Good article

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel