follow us

Belanja Murah di Jakarta? Ke Pasar Malam Aja


Bagi sebagian orang pasti tidak asing dengan yang namanya pasar malam. Atau bahkan selalu hadir di setiap jadwal pasar malam di rumahnya. Ada Sahabat Blogger di sini yang tiap minggu selalu ke pasar malam di Jakarta?

permainan pasar malam bianglala
Bianglala di Carnival Bintaro
Pasar malam merupakan lokasi jual beli yang dilakukan pada malam hari. Ya iyalah, namanya juga pasar malam. Lalu apa yang membedakan dengan pasar lainnya? Nah, selain menawarkan harga murah meriah. Pasar malam ini biasanya memiliki lokasi yang dekat dari rumah. Karena memang diadakan di dalam perkampungan masyarakat.

Karena di bangun di tengah-tengah pemukiman warga. Pasar malam di Jakarta pun biasanya diadakan dengan terjadwal. Ada yang dua minggu sekali, ada yang seminggu sekali. Biasanya juga, sebagian jalan akan ditutup dan tidak bisa dilewati mobil dan motor sekalipun. Hal inilah yang menyebabkan tidak bisa buka setiap hari. Walau demikian, terkadang ada saja kok pasar malam yang buka setiap hari. Biasanya, lokasi pasar malam ini berada di lapangan besar, dan tidak berlokasi di tengah-tengah pemukiman warga.

Saya mau nanya deh sama Sahabat Blogger di sini. Kalau ke pasar malam pada suka belanja apa sih? Saya sejak melakukan survey kecil-kecilan kemaren. Ternyata tiap orang punya kebiasaan daftar belanja wajibnya masing-masing ya.

Ada yang suka jajan cemilan murahnya, ada yang suka beli kaos kakinya, minyak wangi 5.000an, ada yang suka beli kaos, kemeja, celana dalam, kaos kutang, sampai beha.

Kalau saya, biasanya beli kaos kaki yang harganya 10.000 dapet 3. Terus ada celana dalam yang harganya 10.000 sampai 25.000. Ada juga kaos kutang polos yang biasa dijual di pasar swalayan modern 30.000 sampai 50.000, di PM ini bisa saya beli dengan harga 20.000 saja. Murah meriah kan.
Jalan-jalan ke PM itu seru juga loh Sahabat Blogger. Gak Cuma sekedar belanja aja. Bisa jajan cemilan murah, atau menikmati wahana bermain yang ada. Minggu ini, saya mencoba keliling PM. Dan ternyata, setiap PM  punya sesuatu khususnya tersediri.


fitur cari aja
Fitur Penting di Cari Aja
Oh ya, lokasi pasar malam yang saya kunjungi sudah saya masukan ke aplikasi aplikasi pencari lokasi, Cari Aja. Modelnya sama seperti Local Guide. Kita bisa menambahkan tempat baru, cari tempat seperti restoran, atm, pom bensin atau lainnya. Di aplikasi tersebut  juga kita bisa kasih review soal tempat tersebut. Jadi, bakal seru banget nih. Dalam 1 aplikasi kita bisa mendapatkan informasi lengkap berbagai tempat. Sangat membantu pastinya sebagai aplikasi smartphone.

Seru-Seruan Menikmati Permainan Pasar Malam

permainan pasar malam di carnival bintaro
Permainan Pasar Malam di Carnival Bintaro
Nah, tahu gak sih Sahabat Blogger. Kalau di pasar malam itu kita bisa menikmati aneka wahana seru. Kalau ada PM yang besar, biasanya mereka punya beragam permainan pasar malam yang cukup banyak. Seperti Biang Lala, Komedi Putar, Mandi Bola, Istana Balon, Helikopter Putar, Tong Setan, Ombak Air, Rumah Hantu, Lempar Gelang/Bola dan Kereta Odong-Odong.

Saya kira, aneka wahana di atas menjadi permainan yang sudah melegenda. Pasalnya, permainan tersebut sudah ada sejak saya SD. Di antara semua wahana, paling seru adalah Ombak Air. Permainan yang super gokil dan gila. Uji adrenanlin banget!!

Beberapa wahana seru lainnya ada pertunjukan Tong Setan, Rumah hantu. Kalau Sahabat Blogger di sini, suka sama wahana apa?

Pasar malam dulu dan sekarang memang mengalami sedikit perubahan. Apalagi semakin berkurangnya tanah lapang, pastinya sudah semakin jarang permainan pasar malam yang punya wahana komplit. Beberapa permainan baru yang bisa saya jumpai di sini ada permainan Kemudi Truk Pasir. Entah nama permainannya apa. Kemudi Truk Pasir sih sebutan saya aja.

Sedangkan permainan yang sudah sejak dulu ada, dan banyak hadir di pasar malam ada Lempar Gelang. Kalau pun tidak ada, Lempar Gelang ini berganti jadi Bola Gelinding. Dasarnya sama-sama permainan yang mencoba peruntungan mendapatkan sebungkus rokok, minuman kaleng, indomie, dan termewah biasanya jam tangan. Ada yang pernah coba permainan pasar malam ini?

4 Jadwal Pasar Malam di Jakarta Selatan yang Bisa Sahabat Blogger Kunjungi

1. Malam Rabu, Pasar Malam H. Syaip

pasar malam di jakarta
Kemeja, Jaket di Pasar Malam

Oke, ini sih saya sekalian memperkenalkan nama jalan rumah. Saya yakin Sahabat Blogger di sini gak familiar sama yang namanya Jl. H. Syaip. Pasti lebih kenal Jl. H. Nawi atau Jl. Radio Dalam. Pasar malam di Jakarta pertama yang saya kunjungi ada Pasar Malam H. Syaip yang buka setiap hari selasa.

Lokasinya di Jl. Madrasah Cipete, Gandaria Selatan. Deket dari H. Nawi atau sebelum ke arah ITC fatmawati. Biasanya, saya kalau ke sini cukur rambut bulanan dulu, langsung mampir buat cari-cari updatean kemeja terbaru. Harga kemeja di pasar malam cukup murah mulai 60.000 sampai 70.000. Lumayan bisa hemat 20.000 sampai 30.000 dibandingkan harga swalayan.

pasar malam di jakarta, hamster
Hamster di Pasar Malam
Di PM ini ada permainan pasar malam kereta-keretaan, ada mancing ikan, ada juga bola gelinding. Oh ya, di sini juga ada yang jual hamster dan rumahnya. Kalau ada yang mau beli hamster, bisa mampir ke sini.

2. Selasa Malam, Pasar Malam Pandan

Apa bedanya selasa malam sama malam rabu? Ada bedanya menurut versi cewek. Ya, kejadian lucu dan jengkelin ini saya alami saat berkunjung ke Pasar Malam di Jakarta Jl. Pandan Kramat Pela. Oh ya, info lengkap cek aja aplikasi pencari lokasi, Cari Aja.

pasar malam di jakarta, tukang keong
Tukang Keong
Pasar malam di sini terbilang sempit, karena lokasinya berada di jalan kecil. Parkiran pun seadanya saja. Awal saya masuk, saya sudah bisa melihat keramaian anak kecil yang sedang bermain di kolam ikan atau mancing ikan. Di sana, gak kalah ramai oleh anak-anank ada yang jual keong dan rumah-rumahanya. Ada juga permainan keranjang basket. Seru sih ini. Kaya ada timezone di dalam pasar malam. cukup bayar 5.000, satu anak udah bisa main 1 keranjang bola yang akan di masukkan ke ring basket.

pasar malam di jakart
Kaos Kaki di Pasar Malam
Di pasar malam ini awalnya sih saya mau cari kaos kaki yang murah meriah 10.000 tiga. Tapi apalah daya, saya tergiur dengan kaos berkerah dengan corak kotak-kota kemeja. Harganya yang juga murah meriah Cuma 35.000, memutuskan saya beralih beli kaos ini.


pasar malam di jakarta tukang ikan
Tukang Ikan di Salah Salah Satu Pasar Malam di Jakarta
Setelah puas berkeliling, saya pun pulang ke tempat parkiran. Kejadian lucu dan jengkelingnya di sini nih Sahabat Blogger. Pas saya mau ngeluarin motor, saya sempat berbasa-basi dengan mba-mba tukang parkir. Bukan karena mba-mbanya cakep ya makanya saya berbasa-basi. Tapi, ya sekedar basa-basi aja sih.

Pas ada mba-mba tukang parkir datang, saya pun bertanya sama dia, “Mba, pasar malam di sini buka tiap malam rabu ya?” Sedikit jeda, si mba-mba nya menjawab dengan nada dan mimik wajah serius, “Engga, Mas. Tiap selasa malam.”

Tanpa basa-basi lagi, saya pun langsung ngasih duit dan pergi. Gak lupa sedikit terima kasih. “Oke, makasih mba.”

3. Malam Jumat, Pasar Malam Lebak Bulus

Pasa malam di Jakarta selanjutnya berlokasi di Jl. Lebak Bulus Raya. Lebih tepatnya, setelah Giant Lebak Bulus, depan Toko Kue Harvest Lebak Bulus. Pasar Malam Lebak Bulus hadir di setiap malam Jumat. Oke salah, saya ralat. Kamis malam. Pasar malam ini mulai buka jam 18.00. Tapi ini sedang proses persiapan. Jadi, waktu saya sampai di sini, saya sempatkan untuk magriban dulu di masjid terdekat. Solat di sini saya gak jadi imam kok. Kan, saya maunya jadi imam kamu. Eeaa.

pasar malam jual mie sakura
Penjual Mie Sakura di Pasar Malam Lebak Bulus
Waktu saya berkunjung ke pasar malam di Jakarta ini, ada hal yang membuat saya tertarik. Mie Sakura dan Jus Alpukat. Sahabat Blogger di sini pasti tahu dong, Mie Sakura yang melegenda itu. Jaman saya SD, ini populer banget. Pernah, di rumah ada yang jual. Dan saya selalu beli dengan porsi dobel. Soalnya, buat saya ini sih the best. Nah, pas ketemu Mie Sakura di pasar malam Lebak Bulus, saya pun langsung beli. Harganya juga murah meriah, Cuma 3.000 aja.

jus alpukat di pasar malam
Jus Alpukat di Pasar Malam
Kuliner yang gak kalah populernya ada Jus Alpukat. Kalau Sahabat Blogger perhatikan, Jus Alpukat di tukang jus pada umumnya berbeda dengan yang ada di PM. Bedanya, ad apada tekstur buah. Kalau di PM, tekstur buahnya masih terlihat seperti ada potongan seukuran batu kerikil. Beda dengan jus buah di tukang jus yang diblender halus. Dan harganya tentu murahan di PM, Cuma 5.000 aja.

tukang tahu di pasar malam
Tukang Tahu di Pasar Malam Lebak Bulus

Oh ya, ada yang menarik perhatian saya juga seaktu berkunjung ke PM Lebak Bulus. Yaitu tukang tahu. Sejujurnya, saya baru ngeliat ada tukang tahu di pasar malam. Dan ternyata, menurut salah satu netijen, ada yang bilang kalau dia juga sering beli tahu di PM. Katanya rasanya juara dan harga murah meriah. Wah, saya kalau tahu sejak awal, tahu jadi kuliner idola masyarakat. Pasti bakal saya cobain. Sayangnya, karena gak tahu. Ya, gak dicoba.

4. Setiap Hari Buka, Pasar Malam Pasar Pulo Jahe

rok cewek di pasar malam
Aneka Rok Cewe di Pasar Malam Kp. Pulo
Pasar malam di Jakarta selanjutnya ada di Jl. DR. KRT Radjiman Widyoningrat Kp. Pulo Jahe, Jakarta Timur mulai buka pukul pada 17.00 sampai sepi. Kalau malam hari, dia jadi pasar malam. Dan kalau pagi hari, tempat ini jadi pasar pagi. Apaan sih...

Ya, pokoknya Cuma mau ngasih tahu aja. Dia pagi dan malam berubah wujud. Jadi, mungkin bisa jadi rekomendasi, buat yang mau beli sayur, buah, kue basah paginya ke Pasar Pulo Jahe. Dan kalau mau beli baju, kemeja, kaos kutang, celana dalam, bisa ke pasar malam.

Mau Nostalgia Permainan Pasar Malam? Ke Bintaro Carnival Aja

permainan pasar malam bianglala
Permainan Pasar Malam di Bintaro Carnival

Ini sebenarnya bukan pasar malam. Tapi, saya mau ngasih tahu Sahabat Blogger aja, kalau di Bintaro Carnival ini ada permainan yang udah jarang ditemui di pasar malam di Jakarta sekarang. Berlokasi di parkiran Bintaro Plaza, karnaval ini hadir mulai 15 Maret sampai 30 April.


permainan pasar malam kora kora
Permainan Pasar Malam Kora-Kora di Carnival Bintaro
Beberapa permainan yang ada seperti ada Mandi Bola, Kereta-Keretaan, Ayunan Berputar seperti di Dufan, ada Biang Lala, Kora-Kora dan lainnya. Kalau ada Sahabat Blogger yang kangen sama permainan pasar malam, bisa banget mampir ke Carnival Bintaro. Di sana juga ada beberapa jajanan kok. Jadi, gak perlu takut laper.


cari aja di playstore
Download Cari Aja di Playstore

download-cari-aja
Aplikasi Cari Aja di Download 5000 User

Nah, jadi itu dia informasi terkini saya seputar pasar malam. Kalau Sahabat Blogger ke pasar malam lainnya, boleh banget di masukkan ke aplikasi pencari lokasi. Jangan lupa, download Cari Aja. Mudah, praktis dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Selamat menikmati barang murah pasar malam di Jakarta.

4 Responses to "Belanja Murah di Jakarta? Ke Pasar Malam Aja"

Liana mengatakan...

Mantap! Asik juga ya mas di Jakarta ada banyak pasar malam dan barangnya bener-bener murah >.<
Ditambah lagi makanannya yang enak-enak dan murah meriah.

Asik juga main ke sana hihi
Makasih sharingnya ya mas.

Alkalinda mengatakan...

Kok asik banget sih..pan kapan main dah ke Sana ya...seru banget trutama jajanan nostalgia ala ala anak esde yang murah meriah... Makasi ya infonya... :)

Rahman Arya mengatakan...

Jl. DR. KRT Radjiman Widyoningrat Kp. Pulo Jahe, Jakarta Timur tempat PM yg ini di sebelah mananya gan?

nursaidr mengatakan...

Kp. Pulo Jahe
Buaran
Jadi ada jalanan besar kanan kiri nah pasarnya itu letaknya ditengah-tengah jala besar itu kak. Semoga membantu.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel