follow us

Blogger Indonesia: My Big Wish is Becoming a Qualified Writer

Blogger Indonesia – Halo Sahabat Blogger, trend profesi menjadi blogger Indonesia nampak sudah mulai merebak ke penjuru kota belakangan ini. Begitulah yang saya pahami, hingga saya memutuskan untuk resign bekerja dan memilih menjadi full time blogger. This is my last big wish to becoming a qualified writer (and useful writer).
----
Dini Fitria
First impression. Besi kokoh yang dibuat sebagai sandaran duduk di depan sekarang sudah terisi. Bisa kulihat, sketsa garis wajahnya tegas, mengisyaratkan sosok pekerja keras. Namun begitu, tak menghilangkan seni keindahannya saat wanita di depan melemparkan senyum. Dini Fitria, ialah sosok mantan kuli tinta di salah satu televisi Indonesia yang saat ini siap menuangkan pengetahuannya ke masing-masing kepala kami, para peserta seminar “Menulis dengan Cinta” bersarang di kantor Blibli yang diselenggarakan oleh komunitas Indonesia Social Blogpreneur.
---
Mulai menduduki di bangku kuliah saya menekuni bidang tulis menulis. Mengikuti organisasi FLP Cabang Ciputat, menjadi freelance tetap di salah satu Majalah di Surabaya hingga terjun bebas nyemplung ke dalam dunia blogger.

Saya ingat sekali, motivasi awal saya masuk FLP adalah ingin menjadi seorang penulis yang karyanya banyak dibaca orang, dan memberikan manfaat untuk orang banyak. Itulah yang ada di benak saya pada saat itu. Oleh sebab itu, terpilihlah kelas perbukuan pada tahun pertama, dan tahun kedua hingga seterusnya baru masuk ke kelas sastra FLP.

Perjalanan saya berlanjut saat mencoba menjadi freelance journalist di salah satu majalah. Sedikit kerepotan di sini. Mengingat, tulisan saya yang sudah terbawa mengikuti alur diksi sastra, harus dirubah mengikuti gaya bahasa intelek khasnya artikel media cetak. Lepas dari itu, saya pun akhirnya betah menjalani profesi sebagai kuli tinta ini, hingga saat ini sudah masuk tahun keempat.

Lantas apa saya sudah menjadi penulis? Pada saat itu, saya tidak sadar bila sebenarnya saya sudah menjadi seorang penulis. Tanpa harus muluk-muluk dengan target menerbitkan buku. Setelah saya berpikir, melahirkan sebuah karya ternyata memiliki tanggung jawab besar. Hal inilah yang akhirnya memutuskan saya untuk berhenti membuat buku. Apalagi buku yang saya buat ternyata basicnya adalah buku agama. Dan saya pun merasa ilmu yang dimiliki masihlah secetek air laut di bibir pantai.
“Jadilah Blogger yang mampu mempertanggung jawabkan tulisan,” ungkap Dini Fitria saat memaparkan materinya.

Lama bergelut dalam urusan wawancara narasumber sana sini, bukan berarti saya sampai mencintai apalagi tergila-gila dengan profesi sebagai jurnalis ini. Saya pun mulai menemukan minat dan bakat di bidang social media dan menulis. Dapatlah saya ilham, bahwa keduanya bisa disatukan melalui sebuah profesi yang baru-baru ini sedang trendi di Indonesia, Blogger.

Harapan Besar Menjadi Blogger Indonesia Berkualitas dan Cara Mewujudkannya
Bisa atau tidak, saya harus bisa. Begitulah yang saya yakini saat tekad dan keyakinan menjadi Blogger Indonesia sudah berdiri kokoh mematung dalam jiwa. Bila mendengar kata blogger, bisa kita kenali bersama ialah seorang yang mempunyai blog di mana ia menulis di dalamnya. Sehingga, tulisan yang dibuat bisa dibaca dan dinimati banyak orang dalam waktu bersamaan. Maka, berdasarkan teori dasar tersebutlah saya mulai menggantungkan mimpi saya menjadi penulis berkualitas, yang karyanya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Setelah mimpi saya di FLP menjadi penulis buku telah lama pudar, maka This is my big wish in 2018.

Blogger Indonesia tentu sudah banyak. Bahkan, bisa dibilang di masing-masing kota ada saja yang menggeluti profesinya sebagai blogger. Perlu digaris bawahi, tujuan utama seorang blogger adalah berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Bila kita fokus dalam memproduksi konten, dan terus memperbaiki kualitas tulisan, percayalah bonus job-job sebagai blogger akan terus mengalir. Begitulah wejangan-wejangan yang saya dapatkan dari para Blogger Indonesia yang suda lama terjun di bidangya.

Dalam memperoduksi tulisan, kita hanya bisa mengenal satu cara saja, yakni terus menulis. Yang banyak caranya adalah memperbaiki kualitas tulisan. Salah satunya, dengan mengikuti seminar “Menulis dengan Hati” bersama Dini Fitria di kantor Blibli yang diselenggarakan oleh Komunitas ISB.
Peserta Seminar Menulis dengan Hati
Dini Fitria, wanita yang saat itu duduk di hadapan saya memulai seminarnya dengan berkisah mengenai pengalamannya menjadi seorang jurnalis. Tanpa ragu, ia mulai menuturkannya, yang mana kata demi kata tak nampak itu berjalan hingga ke kursi peserta paling belakang. Kami semua pun terhipnotis saat rangkaian kata sudah masuk ke telinga.

Ia memulai kisahnya saat liputan Bocah Petuangan. Menurutnya, dalam tugas tersebut, ia ditantang liputan seputar dunia anak, dan mesti punya ektra tenaga karena harus berjalan ke sana ke mari hingga ujung Nusantara. Cerita semakin seru saat dirinya bercerita pernah mendapatkan job liputan di Jogja seputar dunia ular. Sesambil bercerita, ia tak lupa mempraktikan gayanya saat bergidik ngeri berhadapan dengan ular-ular.

Cerita semakin jauh, ketika Dini Fitria liputan tugas di India. Di cerita ini, ia mengatakan pengalaman liputannya di India, menjadikannya kunjungan terakhir untuk tidak lagi singgah ke negara yang dikenal dengan produksi film Bollywoodnya.

Singkat cerita, saat keputasaan untuk melepas karirnya tidak lagi berjibaku sebagai jurnalis, ia diharuskan kembali ke India dengan profesi baru, penulis novel. Ya, keputusan ini didapat dari hasil rapatnya dengan pihak penerbit untuk melanjutkan serial cerita dari dua novel sebelumnya; Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta dan Islah Cinta.

Novel Trilogi Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta dan Islah Cinta
Menulislah dengan Hati. Taburkan Rasa di dalam setiap kata.
Sebagai seorang Blogger Indonesia, tuangkan isi hatimu di dalam tulisan. Sehingga, tulisan yang dibuat menimbulkan emosional. Oleh sebab itu, taburkan rasa dalam setiap kata, untuk menghipnotis pembaca.

Blogger pun, tak boleh lupa membuat tulisan dengan goal yang jelas, relevan dan buatlah tulisan yang membuat penasaran dan penghayatan mendalam. Maka, untuk menghindari ketidakjelasan sebuah tulisan, buatlah premis atau benang merah terebih dahulu. Dalam menulis, lihatlah pesan yang disampaikan, jangan sampai berhamburan tak karuan.

Tulisan dalam blog biasanya bergaya feature. Perlu diketahui ciiri-ciri feature stories 1. Bertutur. 2. Deskriptif. 3. Informatif. 4. Mempunyai gaya tulisan dan 5. Human interest. “Feature stories dalam blog emang soal fakta, tapi ada hal yang lebih penting dari soal menulis dengan bercerita. Yakni tentang emosi/rasa,” ungkap Dini Fitria.

Dini Fitria
Membuat feature story pun ada tekniknya. Seperti menentukan lead, angle, point of view, daya pikat melalui karakter tulisan, bahasa yang rapi dan terjaga, lihai bermain kata, edutainment, full of value, tak lupa sentuhan hati dan jiwa.

Contoh langsung dari menentukan point of view adalah ketika kita sebagai seorang blogger, ingin mereview acara yang mana di dalam ada sponsor produknya. Maka, sebisa mungkin tidak mencampurkan review acara tersebut dan produk. Sehingga, pembaca akan tertarik membaca tulisan kita sesuai dengan judul yang dibuat. Jangan sampai, menulis review yang hard selling, belum apa-apa, di awal sudah menonjolkan produk sponsor. Jangan heran bila pembaca langsung kabur.

Dini Fitria
Hal penting lainnya yang mampu meningkatkan kualitas tulisan adalah dengan memainkan diksi atau pemberdaharaan kata. Sebagai seorang novelis, Dini Fitria sangat menyukai tulisan yang bisa membuatnya orgasme melalui diksi kata-kata. Sehingga, menurutnya diksi inilah yang mampu memperkuat emosi/rasa dalam sebuah tulisan.

My Big Wish Deal: Wujudkan Harapan Besarmu dan Raih Grandprizenya
Promo My Big Wish
Sebagai salah satu ecommers besar di Indonesia, Blibli mempunyai penawaran menarik yang mampu membahagian pelanggan setia seperti Sahabat Blogger sekalian. Di bulan Maret ini, ada penawaran program My Big Wish yang mana ada banyak promo yang bisa didapat. Seperti promo tiket pesat dan hotel.

Kelebihan lainnya dari My Big Wish selain ada promo menarik. Sahabat Blogger juga bisa mendapatkan token yang bisa ditukarkan dengan ragam hadiah. Seperti nonton final sepak bola di Rusia, mobil Mitsubishi Xpander, paket liburan pasangan, iphone dan banyak lagi.

Bagaimana, apa Sahabat Blogger tertarik? Info menarik ini bisa Sahabat Blogger dapat di promo My Big Wish. Buruan deh belanja. Kapan lagi bisa belanja, dapet banyak promo berbeda setiap harinya, dan berkesempatan jalan-jalan gratis dan mendapatkan hadiah menarik lainnya. Jangan lewatkan juga promo menarik dari Zoya Kosmetik. Semua penawaran menarik ini diberikan spesial untuk Sahabat Blogger dan seluruh Blogger Indonesia.

13 Responses to "Blogger Indonesia: My Big Wish is Becoming a Qualified Writer"

Ani Berta mengatakan...

Kalau tulisan kita dibuat sesuai yang Mba Dini anjurkan pasti akan makin cetar konten nya :)

me mengatakan...

Wah, tulisan dari Blogger Syariah lengkap. Semoga harapannya terkabul yah!

Semangat berkarya*

Lita Chan Lai mengatakan...

segera praktekin ah...

Pekebundodol mengatakan...

Keren, ini pun cara bertuturnya cakep banget

nursaidr mengatakan...

Iya teh Ani. Saya jadi penasaran kalo Mba Dini bikin blog. Pengen baca tulisannya.

nursaidr mengatakan...

Aamin. Sukses juga blogger eksis.

nursaidr mengatakan...

Semangat mba.

nursaidr mengatakan...

Terima kasih.

Christine Lie mengatakan...

Hai mbak..Terima kasih untuk sudah menyempatkan mampir ke Blibli.com. Semoga workshopnya penuh manfaat :)

nursaidr mengatakan...

Terima kasih juga mba Christine atas supportnya. Jgn bosan buat kasih support acara2 lagi. Suka sama kantor Blibli soalnya. Hehe Kemaren belum sempat foto2....

kabarilman mengatakan...

Keren mas nur.. acaranya seru ya mas, apalagi mas nur disebut berapa kali ya sama mba dini.. keren dah blogger kece

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Ayo kak belanja di Blbli biar bisa dapet kesempatan nonton bola di Rusia.

Shiva Devy mengatakan...

Lead in-nya udah joss banget nih kak,, ilmu kemaren emang gak nangung-nanggung yes, sungguh berfaedah bagi blogger.. smoga big wish-nya bisa tercapai...aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel