follow us

Yuk Cegah Angka Kematian Kanker Serviks Pada Wanita Bersama RS Mayapada! Bagaimana Caranya?


Fakta mencengangkan berdasarkan data WHO yang menyebutkan kalau Indonesia menjadi negara tertinggi terkena kanker serviks. Percaya atau tidak, setiap menitnya, ada 40 perempuan terkena kanker serviks, dan 20 di antaranya meninggal dunia. Semoga Sahabat di sini semua bukan di antara 40 perempuan tersebut ya. Aamin.

Di Indonesia, kasus kanker serviks mulai menjadi fenomenal setelah meninggalnya almh. Julia Peres. Padahal, virus ini sudah menjangkit di Indonesia lama sebelumnya. Ya, hal ini dikarenakan semata karena minimnya pengetahuan ataupun kesadaran masyarakat akan pemeriksaan rutin tahunan kanker serviks, vaksin, pap smear, HPV.



Kemarin, Kamis (30/11) di restoran The Hook saya bersama Rumah Sakit Mayapada melakukan kegiatan sharing “Mengenali Bahaya kanker Serviks” bersama dr. Yuslam Fidianto, Sp.OG. Wah, sepertinya rumah sakit lainnya perlu mengikuti jejak RS Mayapada ini untuk melakukan sosialisasi kanker serviks.

Mengenal kanker serviks. Biasa juga disebut kanker mulut rahim, virus ini menyerang mulut rahim, yakni pintu masuk dari vagina menuju rahim. Perlu diingat dan direnungkan kalau kanker serviks menyerang setiap wanita dari segala usia yang sudah pernah berhubungan seksual. Kanker serviks yang biasa menyerang pada umumnya virus  HPV 16 dan 18.

Lantas bagaimana kita bisa mengenal virus HPV 16 dan 18 dapat menyerang? Virus kanker serviks ini bisa menular jika dalam keseharian kita dekat dengan higesanitas yang buruk, kebiasaan merokok, menikah muda atau hamil di bawah umur, hamil lebih dari 3 kali, serta berhubungan badan dan sering berganti-ganti pasangan. Catat ini, hati-hati bagi yang menajalani kehidupan seks bebas.

Lalu bila sudah terkena kanker serviks, bagaimana mengenalinya? Penting untuk ditindaklanjuti, apabila kanker serviks sudah menyerang, hal ini harus segera di atasi. Karena, pasien kanker serviks stadium 1, mempunyai angka harapan hidup dalam 5 tahun 80% sampai 93%. Harapan hidup pasien stadium 2 mencapai 60% dan pasien stadium 3, harapan hidupnya 32%-35% saja, dan kanker ini sudah menyerang ke rongga panggul. Dan untuk pasien yang emncapai stadium 4, mempunyai harapan hidup 15%-16% saja.

Cara mengenali kanker serviks, hal paling umum terjadi adalah
  1. Pendarahan abnormal pasca senggama, pendarahan di luar haid, atau pendarahan setelah menopause.
  2. Keluarnya cairan kekuningan  atau keputihan yang terus menerus dan berbau.
  3. Nyeri panggul yang tidak berkaitan dengan siklus haid serta gangguan BAK.



Penting bagi masyarakat Indonesia khususnya perempuan untuk melakukan pengecekan kanker serviks. Sangat disarankan oleh dr. Yuslam melakukan vaksin, atau pap smear atau tes HPV. Kamu bisa banget cek semua itu di RS Mayapada ya.

Terakhir, adalah peran laki-laki di sini dalam membantu wanita mengurangi resiko terkena kanker serviks seperti apa? Jawaban melakukan hubungan seksual yang sehat. Seperti melakukan sunat terlebih dahulu. Menurut dr. Yuslam, dan banyak saya dengar juga berdasarkan pakar kesehatan lainnya, bahwa penis yang belum disunat memiliki kotoran yang gak bagus dilakukan saat berhubungan badan. (silahkan googling sendiri seputar kotoran penis yang belum disunat).

Ayo, sudah saatnya kita semua peduli dengan kanker serviks. Dengan mengikuti sharing pengetahuan ini menjadi bukti kalau #SayaPeduliKankerServiks


Buktikan aksi kepedulian kanker serviks kamu dengan minimal berbagi informasi ini kepada orang lain. Dan jangan lupa vaksin atau pap smear atau tes HPV di RS Mayapada. Mari perangi kanker serviks dan turunkan angka kematian akibat kanker serviks.

Follow us:
instagram/twitter: @nursaidr_
instagram: @mayapdahospital
twitter: @rsmayapda


17 Responses to "Yuk Cegah Angka Kematian Kanker Serviks Pada Wanita Bersama RS Mayapada! Bagaimana Caranya?"

  1. Ngeri ya ... btw 10 tahun lalu imunisasj utk cegah kanker serviks harus bayar loh. Sekarang dah disubsidi ya alhamdulillah

    BalasHapus
  2. Beberapa temanku ada yang kena kanker serviks. Mereka ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya. Ngeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada info ka, knp suaminya bisa menularkan virus kanker serviks?

      Hapus
  3. Kenapa nikah muda di katakan sebagai salah satu penyebab kanker serviks???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikah yg terlalu muda, spt usia di bawah 17th. beberapa diskusi kemaren menerangkan, lebih ke hubungan seksual nya. Spt anak remaja yg sudah melakukan hub seksual. Selebihnya, sptnya kemaren dokter tidak menerangkan detail knp nikah muda bisa menyebabkan kanker serviks. Atau saya yg tidak dengar. Hehe

      Hapus
  4. Penyakitnya serem bgt ya....semoga Indonesia bisa bebas Kanker Serviks ini

    BalasHapus
  5. Acara yang bermanfaat bgt! Seneng deh kalau ada acara dengan tema yang penting seperti ini.

    Dan terbuka buat cowok juga, jadi kita tahu sesuatu yang baik juga untuk disebarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas blogger lah buat sharing ilmu ke masyarakat luas ini.

      Hapus
  6. Jika pasangan kita sayang harusnya setia pada pasangan ya, nah kalo ada acara gini enaknya ajak suami biar ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju nih. Saya bersyukur bisa ikutan acara ini. Awalnya sempet kikuk lihat yg ikut acara mayoritas cewe. Tapi, ilmunya yg bikin gak sayang. Sangat bermanfaat.

      Hapus
  7. terus terang, sebelum tau papsmear sepertinya memang menakutkan. tapi rupanya ga sakit koq ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you mba Diah sharingnya. Bisa nih dishare ulasan pengalaman ikut program pap smear.

      Hapus

  8. Sayang saya datang telat karena macet dan hujan nyari ojeg online lebih setengah jam baru dapat, tidak kebagian melihat presentasi dokter.

    BalasHapus
  9. Terus meningkat yah angkanya dari tahun ke tahun bahkan sudah merambah ke usia dini. Mengerikan emang penyakit kanker serviks ini. 😱😭

    BalasHapus
  10. Kanker serviks jadi salah satu momok menakutkan utk perempuan. Tapi jika diketahiu secara dini msh bisa diobati krn kanker ini ada gejalanya. Tidak spt jenis kanker yg tanpa gejala awal. Tau tau sdh stadium akhir saja.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel